Bacaterus / Film Barat / 10 Rekomendasi Film Tentang Fotografi untuk Kamu Suka Foto

10 Rekomendasi Film Tentang Fotografi untuk Kamu Suka Foto

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 November 2019

Dunia fotografi semakin digemari. Apalagi, di zaman sekarang yang sudah semakin serba visual. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya karya fotografi yang biasa kita lihat di Instagram. Fotografi sendiri bisa dilakoni oleh sejumlah pihak mulai dari yang amatir hingga profesional.

Fotografi pun juga bisa dilakukan dengan jenis kamera apapun; entah itu kamera ponsel ataupun kamera analog. Mengenal dan mempelajari fotografi sendiri bisa dilakukan lewat media mana pun termasuk lewat film.

Ada sejumlah film tentang fotografi yang cocok untuk ditonton, utamanya untuk mengenal dan mempelajari fotografi. Sejumlah film tersebut adalah sebagai berikut:

1. Born into Brothels: Calcuttas’s Red Light Kids (2004)

Born into Brothels Calcuttas’s Red Light Kids

Film ini adalah film tentang fotografi pertama yang harus kamu tonton. Film ini berkisah tentang seorang fotografer wanita bernama Briski. Fotografer ini diceritakan hendak ke Kalkuta guna memotret kehidupan pelacur di sana.

Selama di Kalkuta, Briski tak hanya sekadar memotret. Tetapi, juga menjalin pertemanan dengan anak-anak pelacur yang ada di sana. Film yang dirilis pada 2004 ini berhasil mendapatkan piala Oscar pada tahun yang sama, untuk kategori Documentary Feature.

2. Baraka (1992)

Baraka (Copy)

Baraka adalah salah satu film tentang fotografi yang cukup lawas. Dirilis pada 1992, film besutan Ron Fricke ini dibuat dalam format dokumenter non-narasi. Kisah yang disajikan dalam film ini adalah peristiwa alam, kehidupan dan aktivitas manusia, dan fenomena teknologi yang tersebar di 24 negara.

Film ini secara apik memadukan gaya fotografi gerak lambat dengan gaya fotografi time-lapse. Perpaduan dua gaya fotografi itu membuat film ini begitu enak dinikmati secara visual. Film ini sangat cocok ditonton guna mempelajari fotografi sekaligus makna kehidupan manusia.

3. Salvador (1986)

Salvador (Copy)

Sama seperti film sebelumnya, film ini juga termasuk film lawas. Bahkan lebih lawas dari film sebelumnya. Adapun kisah yang disajikan film ini berkisar pada seorang mantan jurnalis foto yang bernama Richard Boyle.

Di film ini, Richard Boyle diceritakan pergi ke Salvador guna mencari pekerjaan lepas, setelah sebelumnya dia resmi berhenti dari pekerjaannya sebagai jurnalis foto. Di sana, bukannya mendapatkan pekerjaan lepas, Boyle justru tak sengaja terseret dalam perang sipil El Salvador yang bergejolak saat itu.

4. The Salt of the Earth (2014)

The Salt of the Earth (Copy)

Film berformat dokumenter ini berisi kehidupan Sebastiao Salgado, seorang fotografer legendaris asal Brazil. Dalam film dokumenter ini, kamu bakal mengikuti perjalanan Salgado mengelilingi dunia guna memotret objek-objek menarik.

Salah satu tempat yang dikunjungi Salgado dalam film ini adalah Papua. Di sana, fotografer Brazil itu memotret sejumlah objek menarik. Film dokumenter yang rilis pada 2014 ini sempat masuk nominasi Oscar untuk kategoris film dokumenter terbaik pada 2015 silam.

5. Bert Stern: Original Madman (2011)

Bert Stern Original Madman (Copy)

Seperti film sebelumnya, film yang dirilis pada 2011 ini juga mengisahkan seorang fotografer ternama. Adapun tokoh tersebut adalah Bern Stern. Seorang fotografer kelahiran Brooklyn yang berfokus sebagai fotografer spesialis fesyen dan gaya hidup.

Dalam film ini, kamu bakal menyimak perjalanan Bert Stern sebagai fotografer, mulai dari awal karier hingga pencapaian terbarik dalam kariernya. Film ini juga menceritakan reputasi Stern yang dijuluki sebagai madman lantaran ide-ide fotografinya yang unik, segar, dan agak tengil.

6. War Photographer (2001)

War Photographer (Copy)

War Photographer merupakan film yang mengisahkan James Nachtwey sebagai tokoh utamanya. James sendiri merupakan salah satu fotografer perang legendaris dunia. Pada film ini, akan diperlihatkan tempat-tempat di mana James mengambil foto-foto terbaiknya.

Salah satunya adalah Jakarta. Di ibukota negara kita ini, James dengan apik memotret insiden kerusuhan dan kelaparan yang terjadi di Jakarta pada beberapa tahun yang lalu. Film garapan Christian Frei ini masuk ke dalam 40 lebih nominasi penghargaan internasional, dan beberapa di antaranya berhasil dimenangkan film ini.

7. City of God (2002)

City of God (Copy)

Kamu perlu mempersiapkan mental dan nyalimu kala menonton film ini. Pasalnya, film garapan Fernando Meirelles dan Katia Lund ini penuh dengan adegan kekerasan dan kejahatan yang cukup kentara.

Adapun plot utama yang terkandung dalam film ini adalah peperangan antar geng yang penuh dengan aksi bunuh-bunuhan. Di antara dua geng itu, ada seorang fotografer yang turut andil dalam peperangan tersebut.

Film yang dirilis pada 2002 ini mendapat banyak respon positif dari pihak kritikus. Salah satunya dari Rotten Tomatoes yang memberi rating positif sebesar 91 persen pada film yang diproduksi di Brazil tersebut.

8. Chevolution (2008)

Chevolution (Copy)

Chevolution adalah film dokumenter yang menceritakan salah satu karya fotografi fenomenal yaitu Guerillero Heroico. Foto karya Alberto Diaz Guttierrez itu merupakan foto yang menggambarkan sosok presiden legendaris asal Kuba, Che Guevara.

Proses kreatif terciptanya foto ikonik itu digambarkan dengan apik lewat film ini. Tak hanya itu, film ini pun juga berisi pandangan beberapa pihak terhadap foto tersebut. Mulai dari fotografer, musisi, hingga aktor dan akademisi.

9. Smash His Camera (2010)

Smash His Camera (Copy)

Apakah kamu tertarik untuk mengetahui sepak terjak paparazzi yang ada di Amerika? Kalau ya, kamu harus menonton film satu ini. Film yang dirilis pada 2010 ini menceritakan kisah Ron Galella, seorang fotografer yang dijuluki sebagai “Godfather of US Paparazzi”.

Sepak terjang Ron Gallela sebagai paparazzi digambarkan cukup apik dalam film ini. salah satu momen menarik di film ini adalah saat Galella dituntut oleh istri mendiang J.F. Kennedy sebanyak dua kali lantaran mengganggu privasi keluarga mantan istri salah satu presidan Amerika Serikat itu.

Meski sudah dituntut dua kali oleh istri J.F. Kennedy, Ron Galella tidak menghentikan profesinya sebagai paparazzi. Dia justru makin terpicu untuk terus menjadi paparazzi, dan terus memotret objek apa pun yang dia anggap menarik.

10. An Unlikely Weapon (2008)

An Unlikely Weapon (Copy)

Rekomendasi film tentang fotografi yang terakhir ini diambil dari kisah nyata Eddie Adams. Seorang fotografer termasyur dunia yang terkenal lewat karya-karya fotografinya yang menyentil peperangan yang dilakukan Amerika terhadap Vietnam.

Adapun foto-foto yang dimaksud adalah foto seorang kepala polisi Vietnam yang mengeksekusi para pemberontak. Dan, foto seorang gadis kecil asal Vietnam yang berlari telanjang akibat terkena serangan bom napalm.

Dalam catatan sejarah Amerika, dua foto tersebut berhasil memengaruhi opini warga Amerika terhadap perang yang ada di Vietnam. Dan berkat dua foto tersebut kelak menjadi salah satu penyebab Amerika menghentikan peperangan mereka terhadap Vietnam.

Mengenal dan mempelajari fotografi bisa lewat medium apa pun, termasuk film. Dan sepuluh film yang kami rekomendasikan di atas adalah beberapa contoh di antaranya. Semoga rekomendasi film dari kami bermanfaat. Selain bertema fotografi, Bacaterus juga punya lho daftar film romantis yang nggak kalah seru. Selamat menonton ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *