Bacaterus / Film Barat / 7 Film Tentang Fashion yang Seru untuk Para Pecinta Mode

7 Film Tentang Fashion yang Seru untuk Para Pecinta Mode

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Agustus 2019

Banyaknya film yang beredar membuat banyak orang menjadikan film tidak hanya sebagai hiburan namun juga dijadikan sebagai inspirasi. Beberapa orang lebih memilih tontonan yang sesuai dengan passion mereka. Seperti film tentang fashion yang memang dibuat berdasarkan ketertarikannya dalam dunia fashion.

Nah, buat kamu yang yang menyukai bidang fashion, Bacaterus ada beberapa rekomendasi film tentang dunia fashion. Film yang kami rekomendasikan ini memiliki ragam cerita yang menarik. Beberapa di antaranya tentang perjuangan menjadi designer, bagaimana bekerja sebagai jurnalis fashion, sampai film dokumenter di balik kesuksesan sebuah brand ternama. Penasaran ingin nonton film-filmnya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Phantom Thread

Phantom Thread

Phantom Thread merupakan film yang menceritakan tentang kehidupan seorang perancang pakaian terkenal bernama Reynolds Woodcock. Film ini memiliki latar waktu pasca peperangan pada tahun 1950-an. Pada saat itu kehidupan di London sangat glamor. Makanya, tidak heran jika di London banyak fashion-fashion menarik bermunculan pada tahun tersebut.

Salah satu yang memproduksi fashion glamor saat itu adalah The House of Woodcock. Ia merupakan rumah mode milik Reynolds yang berada di pusat fashion Inggris. Kebanyakan pelanggannya adalah para bintang film, sosialita, dan para anggota kerajaan.

Para wanita yang pernah singgah di kehidupan Reynolds merupakan sumber inspirasinya. Salah satunya adalah Alma, seorang wanita muda yang berkeinginan kuat. Alma kemudian menjadi satu-satunya inspirasi dan cinta di kehidupan Reynolds.

Namun pada akhirnya kehidupan Reynolds yang sudah ditata sesuai rencana mulai hancur karena terganggu oleh cinta antara dirinya dan Alma. Akibat perbedaan kontras itu membuat Reynolds terombang ambing antara kehidupan lamanya dan kehidupannya yang sekarang.

Selain disuguhi dengan kisah cinta antara Reynolds dan Alma, kamu juga tidak akan bosan dengan adanya berbagai macam desain pakaian menawan yang ditampilkan di dalam film ini.

2. Dior et Moi (Dior and I)

Dior and I merupakan sebuah film dokumenter yang akan membawa para penonton pada cerita dari rumah mode yang terkenal, Christian Dior. Cerita akan berpusat pada karya-karya designer dari rumah mode Christian Dior, yaitu Raf Simons.

Ceritanya sangat kuat karena film dokumenter ini juga menampilkan bagaimana pengerjaan adibusana pertama dari Raf Simons. Selain itu, film ini juga menceritakan bagaimana dirinya bekerja sebagai direktur artistik dan berkolaborasi dengan orang-orang yang berdedikasi tinggi.

Film ini merupakan perpaduan cerita dari kehidupan sehari-hari, tekanan bekerja di dunia fashion, dan juga bayang-bayang misterius dari masa lalu brand ikonik ini.

3. The Devil Wears Prada

The Devil Wears Prada

Film ini bercerita tentang Andrea Sachs, seorang jurnalis yang baru lulus kuliah dan kemudian bekerja di suatu majalah fashion terkenal. Dia kemudian diangkat menjadi asisten dari Editor in Chief, Miranda Priestley.

Kehidupan kerja Andrea selama bekerja bersama Miranda tidaklah mudah. Kesulitannya dikarenakan Miranda dikenal sebagai bos yang sangat berkelas namun juga sangat kejam dan tanpa belas kasihan yang sangat menuntut para pekerja.

Lingkungan kerja dunia fashion juga akhirnya menuntut Andrea untuk mengubah penampilannya. Dirinya yang dulu hanya berpakaian biasa-biasa saja, sekarang ia harus menyesuaikan diri dan berpakaian lebih trendy serta elegan agar diterima oleh bos dan teman-teman kantornya.

Perjuangan dan persaingan Andrea dengan orang-orang di bidang fashion akan mengajarkan kamu bagaimana cara bertahan di dunia kerja profesional, khususnya dunia fashion.

4. Yves Saint Laurent

Yves Saint Laurent

Saat mendengar Yves Saint Laurent tentunya yang teringat pertama kali adalah salah satu brand fashion ternama yang biasa dikenal dengan YSL. Sesuai namanya, film ini berkisah tentang designer Yves Saint Laurent dari awal karirnya.

Selain menceritakan perjalanan karir sang designer dan perkembangan dunia fashion, film ini juga menceritakan tentang kisah cintanya dengan sang kekasih, Pierre Berge. Dengan latar tahun 1950-an, film ini sangat cocok buat kamu penggemar fashion, khususnya fashion Eropa tahun 1950-an.

5. Coco Before Chanel

Film yang juga bercerita tentang perjalanan hidup seorang designer sebelum namanya terkenal di seluruh dunia. Dari judul filmnya tentu kamu sudah bisa menebak film ini tentunya tentang pendiri brand fashion ternama “Chanel” yaitu Gabrielle “Coco” Chanel.

Coco Chanel dulunya hidup di panti asuhan. Saat dirinya keluar dari panti asuhan, ia kemudian menjadi penyanyi di sebuah bar. Dari pekerjaan di bar tersebut dia bertemu dengan Baron Balsan yang kemudian membantunya mengembangkan bakatnya dalam mendesain baju.

Peluangnya kembali terbuka lebar saat dirinya jatuh cinta dengan pedagang dari Inggris, Arthur Capel. Perjalanan Coco Chanel bangkit dari kehidupannya sampai memuncaki dunia fashion ini dikemas sangat apik dengan sinematografi yang baik pula.

6. Confessions of a Shopaholic

Confessions of a Shopaholic

Bercerita tentang Rebecca Bloomwood, seorang jurnalis yang gila belanja barang-barang branded yang kemudian dihadapkan pada permasalahan ekonomi yang pelik. Namun, ia terselamatkan saat dirinya tiba-tiba diterima sebagai penulis di suatu majalah finansial. Tapi, sebenarnya ia bercita-cita menjadi penulis di majalah fashion terkenal, Alette.

Ironisnya, ia diminta untuk menulis seputar dampak negatif dari perilaku konsumtif berlebih yang dirinya sendiri tidak terapkan. Gaya tulisan Rebecca yang inovatif dengan perbandingan dan metafora yang mudah dimengerti membuat dirinya mendapat pujian dan berhasil dalam karirnya ini.

Tapi, semakin dekat dirinya dengan cita-citanya menjadi penulis di majalah fashion, justru membuat dirinya sadar akan sesuatu. Rebecca mulai mempertanyakan tentang ambisinya dan mempertanyakan kebahagiaannya. Apakah belanja benar-benar membuatnya bahagia? Ataukah lepas dari kebiasaan shopaholic akan membuat dirinya menemukan kebahagiaan yang sebenarnya?

7. The True Cost

The True Cost

Jika film-film sebelumnya bercerita tentang designer-designer fashion, film satu ini mengangkat masalah yang berbeda. The True Cost merupakan film dokumenter yang mengarah pada dampak industri fashion untuk manusia dan bumi.

Film ini mengisahkan tentang pakaian yang kita gunakan, orang-orang di balik produksinya, dan dampaknya di kehidupan. Jadi, dibanding fokus pada glamornya dunia fashion, film dokumenter ini lebih menceritakan tentang apa yang ada di balik dunia fashion sebenarnya.

Film ini akan membuat kamu sadar bahwa setiap item fashion yang kamu gunakan akan melibatkan banyak hal di dalam proses produksinya. Bahkan, kamu akan diajak berpikir soal industri fashion yang memberi dampak buruk pada lingkungan. Hingga muncul pertanyaan, siapa sebenarnya yang membayar untuk pakaian yang kita pakai?

Selain ceritanya yang unik, film ini juga berlatar di berbagai negara di seluruh dunia, mulai dari runway paling glamor sampai daerah paling kumuh. Film dokumenter ini juga menampilkan hasil wawancara dari para influencer dunia, seperti Stella Mccartney, Livia Firth dan Vandana Shiva.

The True Cost merupakan sebuah film dokumenter yang berbeda dari yang lainnya. Melalui film ini kita akan tersadar akan hidup orang lain dan tempat di balik produksi pakaian yang kita kenakan.

Itulah 7 film seputar dunia fashion dari Bacaterus. Gimana? Cukup menginspirasi, bukan? Lewat film-film di atas kita bisa mengetahui bagaimana perjalanan para designer papan atas dunia menjadi seperti sekarang, bagaimana sistem kerja dunia fashion, sampai mengetahui cerita di balik produksi pakaian yang kita kenakan.

Oh iya, selain membahas film tentang fashion, kami juga pernah membahas film bertema penyihir. Jika kamu tertarik untuk menontonnya, silakan baca referensi filmnya di artikel 10 Film Tentang Penyihir ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar