Bacaterus / Film Kriminal / 10 Film Tentang Dunia Kriminal Terbaik Sepanjang Masa

10 Film Tentang Dunia Kriminal Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Tindakan kriminal selalu ada dan terjadi dimana saja. Dari seluruh negara, baik negara miskin sampai negara maju pun, tidak luput dari adanya perbuatan kejahatan dari para pelaku kriminal ini. Pencurian, pembunuhan, perampokan, pemukulan, dan masih banyak lagi tindak kriminal lainnya selalu saja menyibukkan petugas kepolisian. Apalagi jika aksi kriminal itu dirancang oleh penjahat berotak cerdas.

Berbagai macam aksi kriminal ini menginspirasi para sineas untuk menampilkan sosok pelaku kriminal dan kejahatannya ke dalam film. Pelaku kriminal ini tidak hanya berperan sebagai sosok antagonis, tetapi juga ada yang dijadikan protagonis dengan berbagai macam motif pribadi di baliknya.

Mayoritas film berjenis ini mengundang decak kagum dari para penonton karena proses kejahatannya ditampilkan secara detil. Nah, berikut ini kami pilihkan 10 film tentang dunia kriminal dengan segala tindak kejahatan yang mereka lakukan.

10 Film Terbaik Tentang Dunia Kriminal

1. Bonnie and Clyde [1967]

Bonnie and Clyde

Kisah sepasang kekasih perampok bank yang romantis ini adalah salah satu film klasik yang dianggap memiliki “one of the bloodiest death scenes in cinematic history”, dimana saat mereka berdua sudah terjebak dalam kepungan polisi tetapi mereka tidak menyerah dan tetap melawan.

Kedua tokoh ini menjadi sangat terkenal dengan aksi mereka yang pernah terjadi di tahun 1931-1935 saat masa The Great Depression melanda AS.

Dalam film, mereka diperankan oleh Warren Beatty dan Faye Dunaway dengan chemistry yang sangat baik. Dengan raihan dua Oscar di kategori Best Supporting Actress untuk Estelle Parsons dan Best Cinematography, film ini adalah salah satu dari 100 film pertama yang didaftarkan ke National Film Registry sebagai film klasik.

2. The Godfather [1972]

The Godfather film tentang dunia kriminal

Salah satu film terbaik yang pernah dibuat ini adalah karya sutradara Francis Ford Coppola yang merupakan adaptasi dari novel best-seller karya Mario Puzo.

Bercerita tentang kehidupan keluarga mafia Italia yang hidup di New York dalam menghadapi persaingan dari kelompok gangster lainnya yang juga ingin berkuasa atas dunia kriminal di kota tersebut di era 1945-1955. Kisah para mafia ini digambarkan secara detil sehingga memakan durasi film yang panjang hingga hampir 3 jam lamanya.

The Godfather banyak menuai pujian dan penghargaan, salah satunya adalah memenangi Oscar di tiga kategori, yaitu Best Picture, Best Actor untuk Marlon Brando dan Best Adapted Screenplay. Karena kesuksesannya, dibuatlah 2 sequel-nya, yaitu The Godfather Part II [1974] dan The Godfather Part III [1990].

3. Scarface [1983]

Scarface

Film yang menceritakan tentang Tony Montana, seorang imigran dari Kuba yang hidup di Miami, bagaimana dia memulai karir kriminalnya hingga mencapai puncak sebagai raja narkoba di AS. Al Pacino tampil dengan performa akting khasnya, yaitu banyak adegan yang penuh emosi tinggi. Selain itu, film ini juga menampilkan kekerasan yang tinggi untuk ukuran masa itu.

Sukses secara komersil dan kualitas, film yang merupakan remake dari film berjudul sama produksi tahun 1932 ini seringkali dianggap sebagai salah satu film gangster terbaik yang pernah dibuat dan salah satu karya terbaik dari sutradara Brian De Palma.

Ada kalimat populer yang berasal dari film ini yang diucapkan oleh Tony Montana, “Say Hello to my little friend!”, sambil menembakkan senapannya ke arah musuh-musuhnya.

4. Once Upon a Time in America [1984]

once upon a time in america

Film tentang dunia kriminal klasik karya sutradara legendaris Sergio Leone ini adalah adaptasi dari novel The Hoods karya Harry Grey.

Merupakan film terakhir yang disutradarainya, film ini menceritakan kisah mafia keturunan Yahudi yang menguasai New York dan persahabatan masa kecil yang menjadi persaingan di masa dewasa. Dengan bintang Robert De Niro dan James Woods, film ini memiliki banyak versi dalam penayangannya.

Versi aslinya memiliki durasi yang sangat panjang, yaitu 6 jam. Untuk versi bioskop Eropa hadir dengan durasi 229 menit, dan untuk distribusi di Amerika dibuat menjadi 139 menit dengan perubahan alur cerita yang dibuat secara kronologis. Versi Amerika ini dikritik banyak pihak, sehingga yang diakui terbaik adalah versi Eropa-nya.

5. The Untouchables [1987]

The Untouchables

Lagi-lagi Robert De Niro berperan sebagai tokoh mafia. Kali ini dia memerankan sosok nyata Al Capone, salah satu boss mafia terbesar yang pernah berkuasa di dunia kriminal AS. Kevin Costner berperan sebagai agen FBI yang berusaha menangkap Al Capone dengan membentuk timnya sendiri meski hanya terdiri dari beberapa rekannya yang terpercaya.

Diangkat dari buku berjudul sama terbitan tahun 1957, Brian De Palma menghadirkan film drama kriminal yang sangat baik dan berhasil membuat Sean Connery memenangi Oscar di kategori Best Supporting Actor.

6. Heat [1995]

Heat

Al Pacino dan Robert De Niro adalah dua aktor watak yang terbiasa bermain di genre kriminal dan mafia. Kali ini mereka dipertemukan dalam film thriller garapan Michael Mann yang menampilkan adegan action dengan tingkat adrenalin yang cukup tinggi, bahkan menyuguhkan salah satu adegan car chase terbaik dalam perfilman.

Dalam film ini, De Niro berperan sebagai pencuri profesional dengan tim kepercayaannya dan Al Pacino sebagai detektif yang berusaha membekuk mereka. Meski pernah berada di dalam satu film saat The Godfather Part II [1974], tetapi saat itu mereka tidak pernah berada dalam satu adegan yang sama. Kali ini mereka hadir dalam satu adegan yang ternyata dalam proses syutingnya mereka berakting secara terpisah.

7. L.A. Confidential [1997]

L.A. Confidential

Film yang saat ini sudah terdaftar di National Film Registry sebagai film klasik ini menceritakan kisah tiga orang polisi dalam kiprahnya menanggulangi kejahatan di Los Angeles pada era 1950an di tengah gemerlapnya dunia Hollywood.

Diadaptasi dari novel karya James Ellroy, sutradara Curtis Hanson dengan berani memasang dua aktor asal Australia yang belum terkenal untuk dipasangkan bersama Kevin Spacey, yaitu Guy Pearce dan Russell Crowe, yang ternyata menampilkan performa akting yang cukup memuaskan dan berhasil mencuri perhatian para sineas Hollywood.

Berhasil meraih dua Oscar di kategori Best Supporting Actress untuk Kim Basinger dan Best Adapted Screenplay, film ini masih memegang rating tertinggi dari mayoritas website review film sebagai film kriminal terbaik.

8. The Departed [2006]

The Departed

Begini kisahnya. Seorang polisi menyamar sebagai anggota mafia untuk mengungkap pengkhianat dan menangkap tokoh mafia Irlandia yang menguasai Boston, dan seorang polisi dengan pangkat tinggi merupakan anak didik dari tokoh mafia tersebut yang menjadi mata-mata di kepolisian dan menghapuskan jejak kejahatan sang boss mafia.

Ide cerita dari film terbaik karya Martin Scorsese ini berasal dari film sukses Hong Kong, Infernal Affairs [2002], yang dibintangi oleh Andy Lau dan Tony Leung. Film dengan tingkat ketegangan yang cukup tinggi ini dibintangi oleh Jack Nicholson, Leonardo Di Caprio dan Matt Damon.

Dari ajang Academy Awards, film ini meraih empat Oscar di kategori Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay dan Best Supporting Actor untuk Mark Wahlberg.

9. Sicario [2015]

Sicario

Untuk menangkap raja narkoba yang sadis dibutuhkan tim kepolisian yang juga sadis dalam memburu dan menumpas tindak kejahatan jenis ini. Ketika seorang agen FBI yang idealis dimasukkan ke dalam tim ini, pergolakan batin dalam dirinya menjadi masalah terbesar dalam pekerjaannya sebagai penumpas kejahatan.

Emily Blunt tampil memukau dengan performa acting yang belum pernah dia tampilkan sebelumnya, dibantu dengan Benicio del Toro dan Josh Brolin yang tampil dengan akting yang dingin dan terlihat natural. Kesadisan yang ditampilkan di film ini kabarnya berdasarkan kisah nyata yang pernah dan masih terjadi di perbatasan AS dan Meksiko.

10. American Gangster [2007]

American Gangster

Di era 1970an, seorang detektif kepolisian AS berusaha menangkap raja narkoba asal New York Frank Lucas yang mengambil bahan-bahan obat-obatannya dari Vietnam dengan menumpang pengiriman lewat pesawat militer AS.

Tidak ada yang meragukan kemampuan Denzel Washington dalam berakting yang dibuktikan kembali ketika memerankan sosok Frank Lucas di film ini. Kehandalan aktingnya juga mampu diimbangi dengan penampilan kelas Oscar lainnya dari Russell Crowe sebagai detektif Richie Roberts.

Meski film ini menuai kritikan dari para sosok aslinya karena terlalu banyak perubahan dari kenyataan yang terjadi, tetap saja film karya sutradara Ridley Scott ini menuai banyak pujian karena kualitas film yang sangat baik terutama dari performa akting, penyutradaraan dan cinematography-nya.

Film Tentang Dunia Kriminal Lainnya

Sudah menonton semua rekomendasi film di atas? Tenang saja, masih ada rekomendasi film terbaik lainnya yang juga bercerita seputar dunia kriminal. Berikut daftar filmnya:

11. Black Mass [2015]

Black Mass

Black Mass merupakan film tentang dunia kriminal terbaik yang mengisahkan tentang Whitey Bulger, mafia paling kuat dan kejam yang berasal dari Irlandia. Bulger menguasai bagian selatan Boston, Amerika. Anda pun pasti tidak percaya bahwa sosok Whitey Bulger diperankan oleh Johnny Depp. Pasalnya, di film ini Depp dirias sedemikian rupa agar tampak seperti sosok pria tua dan botak.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini tidak sepenuhnya menggambarkan Bulger sebagai sosok antagonis. Untuk menghindari jeratan hukum, Whitey justru bekerjasama dengan FBI untuk menangkap kelompok keluarga mafia asal Italia.

12. American Made [2017]

American Made

Siapa yang tak mengenal Pablo Escobar? Ia adalah gembong narkoba kelas kakap yang bertanggung jawab atas 80% kasus penyelundupan kokain di Amerika. Sudah banyak film yang menceritakan tentang Pablo Escobar, tetapi American Made yang rilis di tahun 2017 ini mengemas kisah Pablo Escobar dalam sisi yang berbeda.

Fokus utama dalam film ini adalah Barry Seal (Tom Cruise), yang merupakan pilot pesawat komersil yang dipindah tugaskan sebagai agen CIA. Barry menyamar menjadi kurir untuk Pablo Escobar. Petualangan Barry dalam dunia kriminal sangat seru karena ia harus menjadi kurir bagi raja narkoba sekaligus menjaga identitasnya sebagai agen CIA agar tidak ketahuan.

American Made adalah film tentang dunia kriminal yang diangkat dari kisah nyata. Pada kenyataannya, Barry meninggal karena dieksekusi oleh Pablo Escobar yang sudah mengetahui pengkhianatan Barry.

13. Goodfellas [1990]

Goodfellas

Old but gold, itulah kata-kata yang menggambarkan tentang film Goodfellas. Film tentang dunia kriminal ini mengisahkan tentang Henry Hill (Ray Liotta) yang meninggalkan sekolah untuk bergabung dalam kelompok mafia bernama Lucchese. Sejak hidup sebagai mafia, kehidupan Henry jadi serba berkecukupan. Dalam kelompok mafia, Henry belajar untuk tidak mengkhianati teman dan menutup mulut.

Lambat laun, Henry bersama kedua temannya, James Conway (Robert De Niro) dan Tommy DeVito (Joe Pesci) membentuk sebuah kelompok kecil yang sering melakukan kejahatan. Ketiganya semakin terlena dalam dunia kriminal yang kejam. Aksi saling bunuh sudah menjadi hal biasa bagi mereka.

Puncaknya, Henry dipenjara karena membunuh penjudi dan menjadi pengedar narkoba di penjara. Baik Jimmy dan Tommy pun semakin terjerumus dalam dunia kejahatan yang tiada akhir. Sampai ketika Henry kembali tertangkap polisi, istrinya membuang semua kokain senilai $ 60 ribu agar tidak ada barang bukti.

14. Reservoir Dogs [1992]

Reservoir Dogs

Sebelum menjadi sutradara terkenal seperti saat ini, Quentin Tarantino memulai debut pertamanya dengan membuat film Reservoir Dogs. Tarantino adalah salah satu sutradara yang banyak membuat film tentang dunia kriminal. Reservoir Dogs adalah salah satu masterpiece dari Tarantino.

Sinopsis film ini menceritakan tentang enam pria asing yang direkrut oleh seorang bos bernama Joe Cabot untuk merampok berlian. Keenam pria tersebut tidak saling mengenal satu sama lain. Sang bos memanggil mereka dengan nama samaran, seperti Mr. White, Mr. Blonde, Mr. Orange, Mr. Pink, Mr. Blue, dan Mr. Brown.

Sayangnya, skenario perampokan tidak berjalan dengan lancar lantaran salah satu dari keenam pria tersebut adalah polisi yang sedang menyamar. Mereka menghadapi masalah baru di mana mereka harus berhadapan dengan polisi yang siap menyergap atau mengutamakan kesetiaan dalam menjalankan tugas.

15. Baby Driver [2017]

Baby Driver

Sukses berperan dalam film Sci-Fi “Divergent” dan drama “The Fault in Our Stars”, Ansel Elgort mencoba untuk berakting dalam film tentang dunia kriminal. Menariknya, film tersebut sukses dan mendapat rating yang cukup tinggi.

Adalah Baby Driver, film yang mengisahkan tentang Baby (Ansel Elgort), pemuda biasa yang tiba-tiba harus terjerumus dalam dunia kriminal. Walaupun pendengarannya kurang baik, Baby memiliki kemampuan mengemudi yang sangat luar biasa. Ia direkrut oleh bos perampok untuk menjadi sopir yang mengantar jemput perampok-perampok profesional.

Ketika Baby bertemu dengan Deborah (Lily James), ia jatuh cinta dan memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya. Akan tetapi, hal tersebut membuat bos perampok marah dan mengancam akan menyakiti semua orang yang dekat dengan Baby.

Itulah 10 film tentang dunia kriminal terbaik yang pernah diproduksi Hollywood. Mayoritas tema yang sering diangkat adalah tentang aktifitas mafia, bandar narkoba dan perampok bank. Ketiga tema ini sampai sekarang masih sering dibuat dan ditampilkan dalam film.

Tingkat kriminalitas yang ditampilkan di film-film ini semoga tidak terjadi di Indonesia, meski negara kita ini termasuk dalam salah satu negara dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Asia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *