Bacaterus / Film Barat / 10 Film Tentang Dunia Kedokteran yang Wajib Ditonton

10 Film Tentang Dunia Kedokteran yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 November 2019

Berbagai genre film memang sudah banyak ditawarkan sineas perfilman di seluruh dunia. Memiliki beragam tema cerita yang unik dan menarik, tak jarang beberapa film memiliki kesan yang dalam dan bisa menancap di hati para penonton.

Termasuk film bertema kedokteran yang akan Bacaterus bahas untuk kamu. Film yang mengangkat petugas medis sebagai tokoh dalam cerita memang sangat menarik dan seru untuk ditonton. Bagi kamu yang penasaran dengan film-film bertema kedokteran yang keren. Berikut adalah 10 film bertema kedokteran yang wajib kamu tonton.

1. Awakenings 1990

Awakenings 1990 (Copy)

Film pertama bertema dokter berjudul Awakenings yang dirilis tahun 1990. Bercerita tentang seorang peneliti bernama dr. Malcom Sayer menjadi seorang dokter psikiater di rumah sakit Brainbridge.

Keberadaan penyakit aneh yang diderita beberapa pasien di rumah sakit jiwa tersebut membuat dr. Sayer yang diperankan oleh Robin Williams mencoba melakukan penelitian lebih jauh dengan menjadikan Leonard yang diperankan Robert deNiro sebagai kelinci percobaan dalam penelitian. Leonard sendiri mengalami sakit aneh tersebut sejak berumur 11 tahun.

Chemistry antara dokter dan pasien yang diperankan dua aktor besar tersebut memang dapat membuat penonton terbius. Dengan jalan cerita yang tak bisa ditebak membuat film yang satu ini menarik untuk ditonton.

2. The Doctor 1991

The Doctor 1991 (Copy)

Film yang dirilis tahun 1991 ini salah satu film lawas yang memiliki cerita menarik tentang dunia medis. Diadaptasi dari kisah nyata sebuah novel berjudul ‘A Taste of My Own Medicine’ tahun 1988. Film ini berkisah mengenai dr. Jack Mackee, seorang dokter bedah yang memiliki etika kurang baik dalam pekerjaannya.

Hobinya mendengar musik rock serta melempar gurauan tak etis pada pasien saat operasi menambah deretan sikap kurang profesionalnya saat menangani pasien. Suatu hari terjadi sebuah peristiwa yang membuat dr Mackee harus merasakan hidup sebagai seorang pasien. Dr Mackee pun harus merasakan pelayanan buruk di sebuah rumah sakit.

Mulai dari sikap perawat yang jutek, dr THT yang kurang profesional sampai pada tindakan medis yang buruk. Kisah tentang dokter yang menjadi seorang pasien ini memang menarik untuk ditonton. William Hurt yang menjadi dr Mackee telah berhasil membawa Doctor 1991 menjadi tontonan yang menarik.

3. Doc Hollywood 1991

Doc Hollywood 1991 (Copy)

Film ini berkisah tentang Benjamin Stone, dokter muda yang melakukan perjalanan ke Los Angeles untuk melakukan wawancara kerja sebagai dokter bedah plastik di Beverly Hills. Ben mencoba mengambil jalan pintas untuk menghindari kemacetan. Namun hal tersebut malah membuat dirinya tersesat dan berakhir dengan sebuah kecelakaan di sebuah kota kecil Grady.

Benjamin pun harus menjalani hukuman berupa pelayanan masyarakat selama 32 jam dengan bekerja di sebuah rumah sakit lokal setempat. Ben yang menginginkan pergi dari tempat tersebut dipertemukan dengan seorang supir ambulan yang bekerja di rumah sakit. Ben pun jatuh hati padanya.

Akankah Ben meninggalkan tempat tersebut setelah semua hukuman selesai? Film komedi romantis antara dokter dan supir ambulan ini sangat cocok ditonton saat santai bersama keluarga.

4. Patch Adams 1998

Patch Adams 1998 (Copy)

Film yang satu memang dapat menginspirasi para penonton dengan jalan ceritanya yang apik. Bercerita tentang Patch Adam seorang yang memiliki kecerdasan namun menderita depresi akibat sang ayah meninggal.

Adam pada akhirnya harus menjalani perawatan di sebuah rumah sakit jiwa Fairfax. Pertemuan dengan seorang Jenius bernama Arthur telah mengubah jalan hidup Adam. Ia pun memutuskan untuk mendaftar menjadi seorang mahasiswa kedokteran setelah keluar dari tempat perawatannya.

Film Patch Adam adalah kisah nyata yang dibuat ke dalam sebuah film. Perjalanan Adam dalam meraih gelar kedokteran serta membantu para pasiennya ini memang sanggup membuat decak kagum para penonton. Kualitas akting Robin Williams yang memerankan Adam sungguh memukau. Maka tak salah bila film yang satu ini wajib masuk ke dalam list tontonan.

5. Something the Lord Made 2004

Something the Lord Made 2004 (Copy)

Film yang dirilis tahun 2004 ini diangkat dari kisah nyata tentang perjuangan warga kulit hitam untuk meraih mimpinya. Ia adalah Vivien Thomas, seorang tukang kayu yang bercita-cita menjadi seorang dokter. Keterbatasan biaya membuatnya harus mengubur impiannya menjadi seorang dokter.

Suatu hari Vivien dipertemukan dengan seorang dokter bedah bernama dr. Alfred Blalock di Universitas Hopkins tempatnya bekerja. Dr Blalock yang mengetahui minat besar Vivien dalam dunia kedokteran akhirnya menjadikan Vivien sebagai asisten dalam penelitian.

Lika-liku perjalanan Vivien dalam meraih mimpinya menjadi seorang dokter memang tidak mudah. Setelah keberhasilannya membantu operasi pada seorang bayi. Ia pun harus kecewa jasanya tak disebutkan.

Meskipun Vivien tidak dikenal sebagai seorang dokter medis namun karena ketekunannya Vivien mendapat kehormatan sebagai ‘Doctor of Law’. Film yang memiliki nilai positif untuk mengejar mimpi ini memang wajib ditonton.

6. The Last King Of Scotland 2006

The Last King Of Scotland 2006 (Copy)

Salah satu film yang cukup menyita perhatian berjudul The Last King of Scotland. Berkisah tentang perjalanan dokter muda keturunan Scotland bernama Nicholas Gariggan yang bertugas melakukan misi di Klinik David Merrit.

Gariggan yang kagum kepada sosok pemimpin Uganda yang kejam bernama Idi Amin pada akhirnya dipertemukan ketika mobil kampanye yang digunakan pemimpin kejam tersebut mengalami kecelakaan.

Persahabatan antara dokter dan presiden Idi Amin pun terjalin. Gariggan diangkat menjadi penasihat sekaligus dokter kepresidenan di Kampala. Situasi mulai rumit ketika Kay, istri ketiga Idi Amin menjalin hubungan terlarang dengan Gariggan.

Apa yang akan terjadi pada Gariggan selanjutnya? Film yang diangkat dari novel Giles Foden dengan judul sama ini berlatar tahun 1970, pada masa pemerintahan Idi Amin Dada Oumee yang terkenal sadis. Memiliki jalan cerita yang seru, film tentang sejarah yang satu ini memang wajib untuk ditonton.

7. The Painted Veil 2006

The Painted Veil 2006 (Copy)

Film The Painted Veil adalah remake dari film dengan judul yang sama pada tahun 1934. The Painted Veil bercerita tentang Kitty Garstin seorang bangsawan yang menemukan keinginannya setelah mengalami perjalanan yang berliku bersama suaminya dokter Walter Fane seorang ahli bakterial yang bertugas di Shanghai, China.

Kesibukan sang suami serta kesendirian Kitty di negeri orang membuatnya hilang akal hingga akhirnya menjalin perselingkuhan dengan pria lain. Walter yang mengetahui hal tersebut memberi dua pilihan menceraikannya atau Kitty ikut dengannya untuk meneliti wabah penyakit kolera yang ada di pedalaman China.

Kitty pun akhirnya memutuskan mengikuti suaminya tersebut. Dalam situasi yang sulit Kitty pun akhirnya merasakan makna kehidupan setelah bergabung menjadi tim relawan sekelompok biarawati dari Perancis.

Film drama romantis yang cukup memilukan ini mengambil lokasi syuting di dua negara yaitu London dan Shanghai. Naomi Watts yang berperan sebagai Kitty dalam film yang dirilis 2006 cukup mempesona dengan kemampuan aktingnya. Bagaimana kisah perjalanan Kitty selengkapnya bisa kamu tonton sendiri filmnya.

8. The Good Doctor 2011

The Good Doctor 2011 (Copy)

Film yang dibintangi Orlando Bloom ini memang bercerita mengenai sisi kelam seorang dokter bernama Martin. Perjalanan dimulai saat bertemu Diane, pasien berusia 18 tahun yang mengalami gagal ginjal. Di mata Diane dan keluarga sosok Martin adalah seorang pahlawan. Saat kondisi kesehatan Diane semakin menunjukkan perbaikan.

Dr. Martin perlahan malah merusak dan secara tak sengaja membunuh Diane. Di satu sisi, seseorang mengetahui rahasia kelam antara pasien dan dokter berusaha mengancam dr Martin. Dr Martin yang takut kariernya terancam karena masalah tersebut akhirnya berusaha melenyapkan orang tersebut.

Bagi kamu pecinta film bertema thriller psychology. Film yang dirilis tahun 2011 ini bisa menjadi film yang menarik untuk ditonton.

9. Contagion 2011

Contagion 2011 (Copy)

Film selanjutnya berjudul Contagion dirilis tahun 2011. Bercerita mengenai wabah virus berbahaya yang menyebar hampir ke beberapa negara. Film bergenre medical thriller memang cukup menarik selain menampilkan banyak istilah medis yang dapat menambah wawasan bagi para penontonnya.

Film yang diperankan oleh Matt Damon dan Gwyneth Paltrow ini sanggup membuat ketegangan. Wabah virus yang di duga berasal dari negeri tirai bambu, China ini di warnai konflik yang seru. Menampilkan banyak aksi tegang ini memang menyenangkan untuk ditonton.

Ingin tahu bagaimana para ahli medis menangani virus berbahaya yang mengancam umat manusia? Tonton film yang satu ini untuk mendapat jawaban lengkapnya

10. The Physician 2013

The Physician 2013 (Copy)

Film yang terakhir berjudul The Physician yang dirilis tahun 2013. Bercerita mengenai perjalanan kehidupan Rob Cole dalam mencari ilmu medis. Cole pun harus melewati jalan panjang di timur tengah.

Setelah kesembuhan akibat penyakit katarak yang dialaminya. Rob berusaha menemui Ibnu Sina yang terkenal karena kemampuan medisnya yang mumpuni. Rasa penasaran Cole terhadap ilmu pengetahuan, khususnya ilmu anatomi yang pada akhirnya membawa ke dalam masalah berat yang membuatnya di penjara.

Cole yang disukai oleh seorang pemimpin bernama Shah Ala Al Daula karena kemampuannya pada akhirnya dibebaskan dari penjara. Bagaimana kisah perjalanan Rob Cole selanjutnya? Film yang memiliki cerita sejarah perkembangan dunia medis di timur tengah ini menjadi film wajib yang harus kamu tonton.

Nah itulah 10 film bertema kedokteran yang wajib kamu tonton. Simak Bacaterus untuk mendapatkan informasi film menarik lainnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar