Bacaterus / Film Kerajaan / 10 Film Tentang Dewa Mesir yang Menarik untuk Disaksikan

10 Film Tentang Dewa Mesir yang Menarik untuk Disaksikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mesir Kuno merupakan sebuah peradaban yang cukup maju pada zamannya. Bukti majunya peradaban tersebut bisa dlihat dari berbagai peninggalan bersejarah yang masih ada hingga saat ini, seperti Piramida, patung Sphinx, hingga berbagai penemuan mumi.

Sejarah peradaban Mesir Kuno selalu menarik minat banyak arkeolog hingga saat ini yang masih terus mencari penemuan-penemuan baru. Kamu bisa mempelajari peradaban Mesir Kuno dari berbagai buku sejarah dan catatan para arkeolog.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari peradaban tersebut melalui berbagai film yang mengisahkan tentang dewa-dewa Mesir serta peradabannya. Berikut ini adalah 10 film tentang dewa Mesir dan peradaban Mesir Kuno yang bisa membuatmu mempelajari sejarah peradaban mereka.

1. The Prince of Egypt (1998)

The Prince of Egypt

* sumber: www.nytimes.com

Film The Prince of Egypt merupakan sebuah film animasi produksi DreamWorks yang mengangkat cerita semi sejarah. Soundtrack dari film ini adalah lagu When You Believe yang dinyanyikan oleh Mariah Carey dan sukses memenangkan kategori Best Original Song pada ajang penghargaan Academy Awards tahun 1999.

The Prince of Egypt menceritakan tentang kisah hidup Nabi Musa. Nabi Musa yang baru lahir disimpan dalam sebuah keranjang dan dihanyutkan di Sungai Nil. Hal tersebut dilakukan karena di zaman itu, bayi laki-laki akan dibunuh karena dikhawatirkan akan memicu pemberontakan pada Firaun yang merasa sebagai dewa. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 7,1.

2. God of Egypt (2016)

God of Egypt

* sumber: www.pinterest.at

Film God of Egypt merupakan film bergenre aksi fantasi karya sutradara Alex Proyas. Film ini diangkat dari kisah mitologi tentang para dewa-dewi Mesir Kuno dan dibintangi oleh Nikolaj Coster-Waldau. Film ini berhasil masuk dalam sejumlah nominasi di ajang penghargaan AACTA Awards, Golden Raspberry Awards, dan Houston Film Critics Society.

Film God of Egypt bercerita ketika Set, seorang dewa kegelapan yang jahat mengambil alih tahta Mesir sehingga keadaan dunia dan akhirat yang awalnya damai menjadi kacau balau. Seorang manusia biasa bernama Bek mencoba melawan dewa kegelapan tersebut demi menyelamatkan kekasihnya yang terjebak di akhirat. Film ini mendapat rating 5,4 di IMDb.

3. Stargate (1994)

Stargate

* sumber: www.imdb.com

Stargate merupakan film bergenre science fiction produksi Metro-Goldwyn-Mayer yang rilis tahun 1994. Film ini disutradarai oleh Roland Emmerich dan dibintangi Kurt Russel. Stargate berhasil memenangkan penghargaan sebagai film science fiction terbaik tahun itu, salah satunya pada ajang Sci-Fi Universe Magazine dan Academy of Science Fiction, Fantasy, and Horror Film.

Film ini bercerita ketika Dr. Daniel Jackson, seorang ahli bahasa diundang oleh wanita misterius untuk mengurai hieroglif kuno di Mesir yang ternyata merupakan sebuah alat canggih untuk membawa manusia berpindah tempat ke planet lain. Mereka kemudian menemukan orang-orang tengah menyembah Ra, dewa matahari Mesir. Film ini mendapat rating 7,1 di IMDb.

4. Cleopatra (1963)

Cleopatra

* sumber: www.hollywoodreporter.com

Cleopatra merupakan film yang rilis pada tahun 1963. Film ini mengangkat genre drama sejarah dan disutradarai oleh Joseph L Mankiewicz. Kisah mengenai Cleopatra diangkat dari buku berjudul The Life and Times of Cleopatra yang ditulis oleh Carlo Maria Fanzero. Peran Cleopatra sendiri diperankan oleh Elizabeth Taylor.

Film Cleopatra berfokus pada kisah mengenai Ratu Mesir yang sangat terkenal dalam sejarah tersebut. Dalam film ini, diceritakan bagaimana ketika seorang Cleopatra harus mengalami tragedi sekaligus kemenangan ketika ia harus melawan ambisi Kekaisaran Roma. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 7.

5. The Mummy (1999)

The Mummy

* sumber: beritagar.id

Berbicara mengenai mitologi Mesir Kuno tentu akan membuat orang-orang langsung teringat pada sosok mumi. Dari berbagai film yang mengangkat mengenai mumi, film The Mummy yang rilis pada tahun 1999 dianggap menjadi film mumi tersukses. Film ini disutradarai oleh Stephen Summers serta dibintangi oleh Brendan Fraser dan Rachel Weisz.

Film The Mummy bercerita tentang Rick O’Connell, Evelyn, dan Jonathan yang pergi ke sebuah kota di peradaban Mesir Kuno bernama Hamunaptra. Di sana mereka menemukan berbagai peninggalan sejarah termasuk Book of The Dead yang membangkitkan mumi Raja Imhotep. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 7.

6. The Mummy Return (2001)

The Mummy Return

* sumber: www.imdb.com

Di tahun 2001, film The Mummy mengeluarkan sekuel keduanya berjudul The Mummy Return. Masih dengan genre thriller fantasi yang mengangkat kisah mumi, sekuel kedua ini disutradarai dan diperankan oleh sutradara dan aktor yang sama seperti film pertamanya. Film ini juga masih bercerita tentang petualangan pasangan egiptolog, Rick dan Evelyn.

Rick dan Evelyn kembali ke Mesir untuk mencari rahasia bangunan kuno di sana. Namun mereka tak sengaja menemukan gelang Scorpion. Dalam mitologi Mesir, Scorpion dipercaya merupakan seorang raja yang mendapat kekuatan setelah menyerahkan jiwanya pada Dewa Anubis, dewa Mesir yang memiliki wujud kepada serigala. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 6,3.

7. The Scorpion King (2002)

The Scorpion King

* sumber: www.alternateending.com

The Scorpion King merupakan film karya sutradara Chuck Russell yang bergenre sejarah dan dibalut kisah fantasi. Film yang dibintangi oleh Dwayne Johnson ini mengangkat mitos mengenai Raja Scorpion, seorang raja Mesir yang menyerahkan jiwanya pada Dewa Anubis, dewa dalam mitologi Mesir Kuno yang memberinya kekuatan jahat.

Dalam film The Scorpion King, dikisahkan Memnon mencoba untuk menjadi raja kalajengking dengan menggunakan kekuatan jahatnya. Namun hal itu dihentikan oleh seorang pembunuh bernama Mathayus. Setelah kematian Memnon, Mathayus harus menggantikan takdirnya sebagai The Scorpion King. Di IMDb, film ini memperoleh rating 5,5.

8. Exodus: Gods and Kings (2014)

Exodus Gods and Kings

* sumber: www.imdb.com

Film Exodus: Gods and Kings merupakan sebuah film bergenre drama sejarah yang disutradarai oleh Ridley Scoot. Film ini dibintangi oleh aktor kawakan Hollywood, Christian Bale yang berperan sebagai tokoh Moses. Kisah dalam film ini terinspirasi dari kisah mengenai perlawanan Musa terhadap Firaun yang dikenal kejam dan mengaku dirinya seorang dewa.

Setelah mengetahui jati dirinya, Moses atau Musa kemudian bangkit dan melawan Ramses, Firaun Mesir. Ia memimpin sebanyak 600.000 budak untuk melakukan perjalanan monumental untuk keluar dari Mesir agar melarikan diri dari Firaun serta wabah mematikan yang menyerang Mesir. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 6.

9. Tut (2015)

Tut

* sumber: www.imdb.com

Tut merupakan film yang terinspirasi dari cerita sejarah mengenai Tutankhamun, seorang raja terkenal dalam sejarah Mesir Kuno. Film yang disutradarai oleh David von Ancken ini mengangkat genre drama sejarah yang dibalut kisah romantis. Film ini dibintangi oleh Ben Kingsley dan Avan Jogia yang berperan sebagai tokoh Tut.

Dalam film Tut, dikisahkan seputar konflik dan drama yang terjadi di kerajaan Mesir. Raja Tutankhamun terpaksa menikah dengan saudara perempuannya sendiri demi mempertahankan dinasti. Namun, Raja Tutankhamun juga dikendalikan oleh Wazir Agung yang kejam dan licik. Di situs IMDb, Tut memperoleh rating sebesar 7.

10. The Ten Commandments (1956)

The Ten Commandments

* sumber: www.imdb.com

Film The Ten Commandments merupakan film produksi Paramount Pictures yang rilis di tahun 1956 yang menggabungkan genre drama, sejarah, dan religi. Film ini disutradarai oleh Cecil B Demille. Di tahun 1957, film ini berhasil masuk ke dalam tujuh kategori Academy Awards termasuk kategori Best Picture.

Film The Ten Commandments mengisahkan tentang kejadian di masa Mesir Kuno ketika Musa telah mengetahui takdirnya sebagai bangsa Yahudi. Ia kemudian berangkat untuk memimpin bangsanya dan menjalankan misi sebagai pembebas bangsanya. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 7,8.

Itulah 10 film yang membahas mengenai dewa-dewa Mesir dan peradaban Mesir Kuno yang bisa membuat kamu mempelajari sejarah dan mitologi peradaban tersebut. Dari 10 film tadi, manakan yang menjadi favoritmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *