bacaterus web banner retina

10 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Kisah Cinta Pertama

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 17 Oktober 2021

Film tentang cinta pertama selalu meninggalkan kesan menggemaskan, manis sekaligus pedih. Tak jarang berakhir dan dijalani dengan bahagia tapi tak sedikit pula yang berakhir tragis. Cinta memang selalu jadi premis yang tak pernah habis dibuat menjadi sebuah film. Ada saja hal menarik darinya yang bisa dieksekusi jadi cerita seru, termasuk cinta pertama.

Jika kamu butuh film yang bisa menularkan perasaan bahagia karena jatuh cinta untuk pertama kali, daftar judul di bawah ini adalah rekomendasinya! Beberapa di antaranya berakhir sedih tapi ada juga yang happy ending. Penasaran apa saja judul film yang memuat cerita cinta pertama? Ini dia pilihannya!

1. The Perks of Being A Wallflower (2012)

1. The Perks of Being A Wallflower (2012)
Tahun Rilis 2012
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Logan Lerman Emma Watson Ezra Miller Mae Whitman

Charlie Kelmeckis, remaja 15 tahun yang berjuang dari Post Traumatic Stress Disorder mengalami kesulitan menemukan teman baru di tahun pertamanya memasuki bangku SMA. Hasilnya Charlie jadi sasaran empuk para tukang bully. Namun, semua mulai berubah ketika dia mulai kenal dengan dua seniornya, Samantha dan Patrick yang merupakan kakak tiri Sam.

Samantha dan Patrick mulai mengeluarkan Charlie dari ‘kegelapan’. Mereka semakin dekat, terutama Charlie dan Sam. Semua bermula ketika Charlie menawarkan bantuan belajar pada Sam agar dirinya dapat diterima di universitas favorit. Sebagai hadiah Sam memberikan sebuah mesin tik pada anak bujang itu.

Keduanya bicara banyak hal termasuk tentang ciuman pertama. Charlie yang tak pernah melakukan itu sebelumnya mendengar Sam bercerita bahwa ciuman pertamanya terjadi di usia 11 tahun oleh bos dari sang ayah. Di sinilah Sam mengatakan bahwa dia ingin mendapat ciuman pertama dari seseorang yang mencintainya. Sam lalu mencium Charlie.

2. Pride & Prejudice (2005)

Pride and Prejudice

Dibuat berdasarkan novel tahun 1813 karya Jane Austen, film tentang cinta pertama ini menampilkan dua orang dewasa yang berbeda latar belakang. Mereka adalah Elizabeth Bennet dan Mr. Darcy. Elizabeth merupakan putri kedua dari lima bersaudara yang semuanya adalah wanita. Kedua orangtua mereka, berusaha untuk mulai mencarikan jodoh bagi anak-anak gadisnya yang sudah dewasa.

Salah satunya dengan menghadiri sebuah pesta dansa yang turut dihadiri oleh Mr. Darcy, Charles Bingley dan Caroline Bingley. Ketiganya merupakan kalangan atas yang langsung menarik perhatian tamu-tamu di pesta dansa tersebut. Berbeda dengan Charles yang terbuka dan ramah, terutama pada kakak pertama Elizabeth, Jane Bennet, Darcy memperlihatkan sikap yang dingin.

Melihat pria dengan sikap demikian, Elizabeth sama sekali tak tertarik. Namun, siapa sangka, di balik kepribadiannya yang demikian pria itu hanya canggung karena tak tahu caranya bersikap di depan wanita. Lama-lama Darcy mulai menunjukkan perasaannya terhadap Elizabeth. Lantas apakah Elizabeth bersedia menerimanya?

3. The Notebook (2004)

The Notebook
Tahun Rilis 2004
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Ryan Gosling Rachel McAdams James Garner Gena Rowlands

Cinta pertama jadi pengalaman tak terlupakan bagi Noah dan Allie. Keduanya bertemu di sebuah karnaval di California Selatan ketika liburan musim panas. Allie yang sedang berlibur bersama kedua orangtuanya membuat Noah langsung jatuh cinta di pertemuan pertama. Cinta pun bersambut tapi karena perbedaan status ekonomi dan sosial, hubungan mereka ditentang kedua orangtua Allie.

Allie segera dibawa pulang ke Charleston tanpa sempat berpamitan langsung pada Noah. Masih berusaha untuk mempertahankan cintanya, setiap hari selama satu tahun Noah terus mengirimi Allie surat. Sayang, surat tersebut tak pernah sampai karena sudah lebih dulu dihalangi oleh ibu Allie. Apakah selamanya Allie dan Noah memang tak dapat bersama?

4. Titanic (1997)

Titanic

Salah satu film tentang cinta pertama yang sukses besar dan terus diingat penontonnya hingga kini adalah Titanic (1997). Disutradarai oleh James Cameron, film ini mengisahkan cerita pilu antara dua orang berbeda kasta yang jatuh cinta. Mereka adalah Rose DeWitt Bukater dan Jack Dawson.

Rose yang berusia 17 tahun dipaksa bertunangan dengan Cal Hockey, pria kasar yang kaya raya, untuk menyelamatkan ekonomi keluarganya. Rose sangat menolak rencana tersebut tapi tak bisa melakukan apapun hingga berpikir untuk bunuh diri dengan cara melompat dari kapal pesiar yang membawanya.

Beruntung seorang pemuda, seniman miskin bernama Jack berhasil mencegahnya. Keduanya semakin dekat karena Jack pandai memperlakukan Rose dengan baik hingga membuat sang gadis merasakan cinta untuk pertama kalinya. Mereka menjalani hubungan singkat yang berkesan sebelum akhirnya kapal besar yang ditumpangi tenggelam di lautan yang sangat dingin.

5. The Fault in Our Stars (2014)

The Fault in Our Stars

Menderita kanker tiroid, seorang gadis remaja bernama Hazel Grace Lancaster menarik diri dari lingkungan. Khawatir anaknya depresi karena tak punya teman, Frannie, sang ibu memaksanya untuk menghadiri sebuah patient support group.

Walau berat, Hazel tetap melakukan itu untuk menyenangkan ibunya. Siapa sangka di sana dia justru bertemu dengan seorang pria yang kelak jadi cinta pertamanya. Dia adalah Augustus Waters atau Gus.

Gus juga penderita kanker, sama sepertinya. Mereka punya hobi yang sama, yaitu membaca buku, hingga semakin dekat setiap harinya. Gus lalu berencana membuat kejutan untuk Hazel dengan membawanya menemui sang penulis idola yang diketahui berada di Amsterdam. Di sana pulalah Gus menyatakan cintanya pada Hazel.

6. Flipped (2010)

Flipped

Film tentang cinta pertama yang rilis tahun 2010 ini dijamin akan membuatmu gemas. Terutama ketika melihat tingkah Bryce Loski yang semula dingin berubah jadi tertarik dan jatuh cinta pertama kali pada Julianna Baker; gadis tetangga yang amat dihindarinya.

Sejak hari pertama pindahan keluarga Loski, Juli begitu ceria menyambut mereka. Dia juga berani memperlihatkan ketertarikannya pada Bryce. Melihat ada anak gadis yang begitu agresif, Bryce merasa terganggu.

Belakangan Juli memutuskan untuk tak lagi mengganggu Bryce. Anehnya hal tersebut justru membuat Bryce gelisah. Anak lelaki yang semula cuek itu pun berubah hangat dan malu-malu memperlihatkan ketertarikannya.

7. Brooklyn (2015)

Brooklyn

Sebagai gadis perantauan dari sebuah kota kecil yang terletak di Irlandia, Ellis Lacey cukup tertutup dan kikuk. Dia juga tak punya ketertarikan pada pemuda-pemuda di kampung asalnya.

Berkat surat yang dikirim kakak perempuannya, Rose, pada seorang pendeta Irlandia di Brooklyn, Ellis akhirnya merantau ke sana untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ellis tinggal di sebuah asrama dan mengalami kesulitan dalam beradaptasi.

Hingga suatu hari di pesta dansa dia bertemu dengan seorang pemuda, tukang ledeng yang cukup ramah bernama Tony Fiorello. Bersama Tony, Ellis merasakan cinta pertamanya dan mulai bisa beradaptasi dengan kehidupan di Brooklyn. Namun, kabar duka datang dari Irlandia dan Ellis pun harus kembali ke sana. Apakah kisahnya dan Tony berakhir karena hal ini? 

8. Little Manhattan (2005)

 Little Manhattan (2005)

Film tentang cinta pertama yang tak kalah menggemaskan dibanding Flipped (2010) karena fokus pada cinta khas remaja yaitu Little Manhattan (2005). Di sini kamu akan bertemu dengan Gabe, pria kecil berusia 10 tahun yang tinggal di Manhattan. Dia senang sekali berpetualang menggunakan skuternya.

Gabe mengenal seorang gadis cantik yang sudah berteman dengannya sejak di taman kanak-kanak. Dia adalah Rosemary. Kini keduanya berada di kelas yang sama. Pertemuan Gabe dengan Rosemary semakin sering karena gadis itu ikut kelas bela diri yang sama dengannya.

Gabe mulai menyukai Rosemary dan sering mengajaknya menjelajah kota. Dua remaja baru ini berbagi pengalaman yang menyenangkan. Selama menonton film ini kamu dijamin akan senyum-senyum sendiri!

9. The Edge of Seventeen (2016)

Edge of Seventeen (2016)

Nadine Franklin, gadis cantik berusia 17 tahun tidak punya hubungan harmonis dengan anggota keluarganya. Bersama sang ibu, Nadine kerap berselisih. Dia juga tak punya hubungan yang dekat dengan kakak laki-lakinya, Darian. Nadien hanya dekat dengan sang ayah yang meninggal saat gadis itu berusia 13 tahun. Untuk menemani hari-harinya, Nadine punya Krista, sahabatnya sejak kecil.

Krista ternyata menjalin hubungan dengan Darian dan hal itu membuat Nadine kembali kesepian. Beruntung ada Erwin Kim yang bersedia jadi teman Nadine. Belakangan diketahui bahwa Erwin punya perasaan spesial padanya, sayang Nadine justru menyukai Nick Mossman yang tidak menyukainya. Akankah Nadine bisa menerima Erwin pada akhirnya?

10. A Walk to Remember (2002)

A Walk to Remember

Film tentang cinta pertama yang selanjutnya ini boleh jadi salah satu favoritmu. A Walk to Remember (2002) memang membekaskan ingatan tentang cinta pertama yang singkat tapi dalam antara Landon Carter dan Jamie Sullivan. Tak heran walau sudah berlalu sekian tahun dan banyak cerita serupa bermunculan, film ini masih jadi pilihan.

Jamie Sullivan adalah putri seorang pendeta yang jauh dari kata modis. Hidupnya hanya untuk belajar dan melayani banyak orang dalam kegiatan amal. Sementara itu Landon adalah siswa populer yang kerap membuat onar dengan teman-temannya. Suatu hari Landon dihukum karena sudah mencelakakan salah satu siswa.

Hukuman itu yang perlahan membuat Landon semakin dekat dengan Jamie. Dari sana pula Landon mulai menyadari bahwa gadis tetangga yang sudah dikenal sejak lama tersebut ternyata cantik dan luar biasa. Sementara itu, bagi Jamie Landon adalah cinta pertamanya sekaligus yang terakhir karena gadis tersebut menderita leukemia dan tak lama lagi hidup di dunia.

Film tentang cinta pertama, baik cinta monyet atau cinta saat dewasa selalu bisa membuat para penonton terkesan dan hanyut dalam ceritanya. Tidak terkecuali sepuluh film yang kami pilihkan dalam artikel ini.

Kamu bisa memilih mau nonton film remaja dan cinta monyetnya atau cinta pertama saat mulai lebih mengerti segalanya. Jadi, di antara judul-judul di atas, mana yang membuatmu penasaran?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram