bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik tentang Teror Buaya Ganas dan Mematikan

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 18 Oktober 2021

Film bertema hewan buas selalu menarik perhatian, salah satunya adalah tentang buaya. Sejak puluhan tahun lalu, Hollywood sudah membuat beberapa film tentang teror buaya ganas yang bisa memangsa manusia. Meskipun beberapa filmnya memiliki alur cerita yang klise, film-film seperti ini tetap saja laris manis di pasaran.

Kalau kamu menyukai film-film tentang buaya, Bacaterus sudah merangkum 10 judul film yang bisa kamu tonton di akhir pekan. Tak usah berlama-lama, langsung saja simak sinopsisnya di bawah, yuk!

1. Crawl

Crawl

Cerita film berjudul Crawl ini berawal dari seorang perenang bernama Haley Keller (Kaya Scodelario) yang menerima telepon dari saudaranya tentang badai besar yang akan menghantam Florida. Khawatir dengan ayahnya, Dave (Barry Pepper), Haley kemudian pergi ke rumah sang ayah yang berada di wilayah pusat badai. Setibanya di sana, jalanan ternyata sudah tergenang banjir.

Haley menemukan ayahnya terluka di basement rumah dan berusaha menyelamatkannya, tapi ancaman yang mereka hadapi bukan hanya badai dan banjir. Kawanan aligator mendadak muncul dan menghalangi satu-satunya jalan keluar. Haley dan ayahnya pun terjebak, sementara banjir terus menerjang. Perlahan-lahan air semakin meninggi dan aligator semakin leluasa untuk bergerak.

2. Lake Placid

 Lake Placid

Film ini ber-setting di sebuah danau yang ada di kawasan Aroostook, Maine. Banyak kejadian janggal di danau ini seperti orang hilang atau penyerangan oleh makhluk buas yang misterius. Petugas perairan Jack Wells (Bill Pullman) bersama dengan Sheriff Hank Keough (Brendan Gleeson) dan beberapa orang ahli akhirnya pergi ke danau tersebut untuk melakukan penyelidikan.

Mereka menemukan potongan tubuh manusia dan berspekulasi bahwa ada beruang hitam yang menyerang manusia di sekitar danau. Namun teori ini langsung patah setelah buaya raksasa mendadak muncul dan menerkam seekor binatang. Mereka pun akhirnya mengatur strategi dan berusaha menghentikan teror buaya pemakan manusia tersebut.

Lake Placid sendiri termasuk film bertema buaya yang cukup sukses hingga dibuatkan sekuel berkali-kali. Beberapa sekuelnya adalah Lake Placid 2 (2007), Lake Placid 3 (2010), Lake Placid: The Final Chapter (2012), Lake Placid vs. Anaconda (2015), dan Lake Placid: Legacy (2018).

3. Primeval

Primeval

Film ini bercerita tentang seorang jurnalis bernama Tim Manfrey (Dominic Purcell) yang ditugaskan ke Burundi untuk meliput keberadaan Gustave, seekor buaya raksasa yang dipercaya sudah membunuh ratusan orang di Afrika selama bertahun-tahun. Tim yang awalnya enggan pergi akhirnya berangkat ke Burundi bersama beberapa orang.

Mereka adalah Aviva Masters (Brooke Langton), reporter yang akrab dengan kisah-kisah hewan buas, satu orang kameramen, dan seorang ahli reptil yang berniat menangkap Gustave hidup-hidup. Menangkap buaya raksasa tentu bukan perkara mudah, bahkan mengancam nyawa. Sementara itu, perburuan ini justru makin mematikan karena bahaya juga datang dari penduduk lokal.

4. Rogue

Rogue

Satu rombongan turis yang dipimpin seorang peneliti satwa liar bernama Kate Ryan (Radha Mitchell), sedang berlayar menyusuri sungai untuk melihat buaya secara langsung di Taman Nasional Kakadu, Australia.

Tiba-tiba sebuah tembakan flare gun terlihat di kejauhan. Rombongan turis ini kemudian berlayar ke arah tembakan itu untuk menyelidikinya dan menemukan kapal yang hampir tenggelam.

Saat itulah sesuatu menabrak kapal dan memaksa Kate mengemudikan kapalnya ke sebuah pulau kecil. Akan tetapi, Kate baru sadar kalau mereka terjebak di teritori buaya.

Mereka harus segera pergi dari sana secepat mungkin, setidaknya sebelum gelap. Ketika malam datang, air pasang akan menenggelamkan daratan pulau tersebut dan semakin membahayakan keselamatan mereka.

5. Black Water

Black Water

Grace (Diana Glenn) dan suaminya, Adam (Andy Rodoreda), sedang pergi berlibur ke Australia Utara. Mereka juga mengajak adik Grace yang bernama Lee (Maeve Dermody).

Mereka bertiga kemudian memutuskan untuk mengikuti tur Blackwater Berry dan menyusuri rawa-rawa untuk memancing. Dipandu oleh seorang tour guide bernama Jim, mereka berangkat dengan perahu motor kecil.

Setibanya di rawa, seekor buaya raksasa langsung menyerang mereka dan membalikkan perahu motor. Jim tewas, sedangkan ketiga penumpang lainnya berusaha menyelamatkan diri dengan memanjat pepohonan. Mereka akhirnya terjebak di rawa yang berlumpur dan tidak akan ada bantuan yang  datang, sedangkan buaya raksasa terus mengintai mereka dari bawah air.

6. Alligator

Alligator

Cerita berawal dari seorang gadis yang membeli bayi aligator saat berlibur ke Florida, dan bayi aligator tersebut ia beri nama Ramon. Saat pulang ke rumah, sang ayah yang tidak suka hewan reptil langsung membuang aligator tersebut di toilet sehingga Ramon pun terjebak di saluran pembuangan atau gorong-gorong. 12 tahun kemudian, Ramon ternyata masih hidup.

Ia bertahan dengan cara memakan bangkai binatang sisa eksperimen. Akibatnya, Ramon pun mengalami mutasi dan tumbuh menjadi aligator raksasa berukuran 11 meter. Hewan buas ini mulai menyerang dan membunuh para pekerja di saluran pembuangan. Masalah semakin rumit ketika aligator ini mulai naik ke permukaan dan menebar teror mematikan.

7. Dark Age

Dark Age

Seekor buaya air asin raksasa diketahui telah menyerang dan membunuh banyak orang di Australia bagian utara. Steve Harris (John Jarratt) yang bekerja sebagai penjaga hutan kemudian ditugaskan untuk menangani masalah ini karena buaya tersebut sudah memakan banyak korban. Akan tetapi, Steve mengalami sedikit masalah karena harus berhadapan dengan suku Aborigin.

Suku asli Australia ini berpendapat bahwa buaya adalah hewan yang harus dijaga dan dilestarikan. Mereka meyakini bahwa buaya tersebut adalah perwujudan dari roh/ jiwa dari masa lalu. Demi menghormati Suku Aborigin, Steve akhirnya menyusun strategi untuk melindungi penduduk dari teror buaya tanpa melanggar aturan suku.

8. Eaten Alive

Eaten Alive

Film ini juga dikenal dengan beberapa judul alternatif seperti Death Trap, Horror Hotel, atau Starlight Slaughter. Film Eaten Alive bercerita tentang Judd (Neville Brand) yang memiliki usaha hotel bernama Starlight. Hotel ini berada di tempat berawa dan Judd memelihara seekor buaya yang hidup tak jauh dari hotelnya.

Selama beroperasi, hotel Starlight sudah memakan banyak korban. Judd sendiri termasuk psikopat yang tak segan-segan menghabisi tamu hotel yang tidak disukainya. Tak hanya itu, sejumlah pengunjung hotel yang tak beruntung bahkan diserang hidup-hidup oleh buaya peliharaan Judd.

9. Crocodile

Crocodile

Film ini menceritakan sekelompok anak muda yang sedang berlibur ke danau terpencil di California Selatan saat libur musim semi. Di sana, mereka bersenang-senang dan membuat acara api unggun di malam harinya.

Saat itulah salah satu dari mereka memberitahu cerita lokal tentang sekte penyembah buaya di awal tahun 1900-an. Buaya tersebut bernama Flat Dog dan dipercaya sebagai perwujudan dewa buaya zaman Mesir kuno.

Tanpa sepengetahuan mereka, Flat Dog sebenarnya masih berkeliaran di sekitar danau. Bahkan di waktu bersamaan, saat itu ada dua pemancing yang diserang oleh si buaya ganas.

Keesokan harinya, anak-anak muda yang sedang berlibur tersebut tak sengaja menemukan sarang buaya setelah mengejar anjing mereka yang lepas. Dari sinilah teror bermula dan si buaya mulai memangsa mereka satu per satu.

10. Black Water: Abyss

Black Water Abyss

Cerita bermula ketika dua turis asal Jepang tersesat di hutan Australia dan terjebak di sebuah gua. Gua itu rupanya adalah sarang seekor buaya raksasa. Kedua turis Jepang tersebut akhirnya tak berhasil selamat dan dimangsa oleh si buaya ganas yang kelaparan.

Pasca kejadian itu, Cash (Anthony Sharpe) dan keempat temannya memutuskan untuk pergi berpetualang ke gua yang sama. Cash juga mengabaikan ramalan cuaca yang mengatakan kalau cuaca hari itu sedang tak bersahabat. Dan benar saja, setibanya di lokasi, hujan turun dengan sangat lebat dan mulai membanjiri gua.

Tak hanya itu, satu-satunya jalan keluar sudah terendam air sehingga Cash dan keempat temannya terjebak di dalam gua tersebut. Selama terjebak itulah mereka sadar kalau mereka tidak sendirian. Seekor buaya haus darah yang kelaparan kini mengincar Cash dan kawan-kawannya.

Film Black Water: Abyss menutup daftar kita kali ini. Film tentang buaya selalu memiliki cerita mengerikan dan sering berakhir dengan banyak korban. Kamu punya rekomendasi film bertema buaya yang lebih bikin deg-degan? Yuk, tulis judulnya di kolom komentar!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram