Bacaterus / Film Olahraga / Suka Balap Mobil? 10 Film Tentang Balapan Ini Seru Banget!

Suka Balap Mobil? 10 Film Tentang Balapan Ini Seru Banget!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Kalau kamu suka dunia balap mobil, keseruan balapan nggak cuma bisa kamu nikmati melalui siaran balapan saja. Kamu juga bisa menikmati keseruannya melalui film tentang balapan. Serunya nonton film tentang balapan itu kita nggak cuma menunggu hasil menang atau kalah, tetapi kita juga dikasih cerita dan konflik yang menguras pikiran dan perasaan.

Kalau nonton siaran balapan, kita cuma dapat melihat apa yang terjadi di lintasan. Kalau film tentang balapan, kita juga bisa tahu apa saja yang terjadi di luar lintasan. Cerita para pembalap di luar lintasan nggak kalah menarik dibanding aksi mereka di lintasan. Jadi, inilah 10 film tentang balapan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengisi waktu luang kamu! Apa saja? Simak artikelnya sampai tuntas, ya!

1. The Fast & Furious [2001]

The Fast & Furious (Copy)

Kalau bicara film tentang balapan, film ini nggak boleh ketinggalan. Salah satu film yang menceritakan balapan di jalan raya paling terkenal. Laku di pasaran membuat film ini terus dibuat dengan cerita yang terus berkembang. Vin Diesel dan Paul Walker yang menjadi pemeran utamanya berlanjut hingga film yang ketujuh. Nggak cukup sampai di situ, kini mereka mengembangkan ceritanya dalam versi spin-off.

Fast Furious menceritakan tentang Brian O’Connor yang merupakan seorang anggota LAPD yang diberikan tugas untuk menyelidiki kasus pembajakan truk. Kelompok yang terlibat dalam kasus tersebut disinyalir adalah jaringan balapan liar. Untuk mengungkapnya, O’Connor menyusup ke jaringan tersebut dan bertemu dengan Toretto, salah satu pembalap liar terbaik.

2. Rush [2013]

RUSH

Film ini dibintangi Chris Hemsworth dan Daniel Bruhl. Setting film di tahun 70-an digambarkan begitu sempurna di film ini. Untuk musiknya sendiri diotaki Hans Zimmer yang karyanya selalu memuaskan. Kalau kamu ingin tahu bagaimana dunia balap Formula 1 tahun 70-an, film ini akan banyak bercerita tentang itu.

Rush mengambil cerita dari salah satu rivalitas paling sengit di dunia balap Formula 1 yang melibatkan Niki Lauda dan James Hunt. Lauda merupakan pembalap ulung, penuh perhitungan dan seorang yang bertipe serius terhadap apa yang ditekuninya.

Sementara Hunt sebaliknya, dia begitu mengandalkan insting, seorang playboy dan senang berpesta. Perbedaan karakter tersebut kemudian membawa keduanya dalam persaingan ketat di arena balap.

3. Death Race [2008]

Death Race (Copy)

Bagaimana jadinya kalau di tengah situasi keputusasaan, penjara pun dijadikan alat untuk kepentingan komersil? Untuk mendapat kebebasan, penghuninya harus turun dalam turnamen mobil bersenjata. Itulah yang diceritakan dalam Death Race yang menampilkan Jason Statham sebagai tokoh utamanya.

Death Race yang dirilis pada tahun 2008 lalu bergenre science fiction action. Di dalamnya begitu banyak adegan-adegan mendebarkan. Bukan lagi piala yang dikejar, tetapi kebebasan. Taruhannya pun nggak main-main, karena balapan ini sengaja dibuat berbahaya dan mereka yang terlibat mempertaruhkan nyawa.

4. Talladega Nights: The Ballad of Ricky Bobby [2006]

Talladega Nights The Ballad of Ricky Bobby (Copy)

Kalau sebelumnya film balap identik dengan keseriusan, Talladega Nights: The Ballad of Ricky Bobby memberikan sebuah tontonan yang berbeda. Dibalut dengan komedi dengan adegan-adegan kocak serta lelucon yang ringan, film ini jadi sangat menghibur.

Bercerita tentang seorang pembalap sukses bernama Ricky Bobby yang bertemu dengan pembalap hebat lainnya yaitu Jean Girard dan mendapat kecelakaan. Ia harus mengatasi traumanya untuk kembali ke arena balap.

Will Ferrell, John C Reilly dan Sasha Baron Cohen menjadi pemeran utama di film ini. Nama-nama yang sangat lekat dengan dunia komedi, terutama Ferrell dan Reilly yang sebelumnya sudah sering bekerja sama. Kalau kamu lagi butuh sesuatu yang bikin kamu tertawa, coba nonton film ini ya!

5. Senna [2010]

Senna (Copy)

Senna diambil dari nama akhir salah satu pembalap legendaris Formula 1, Ayrton Senna. Dari akhir 80-an sampai awal 90-an dia merupakan nama besar yang mengantongi juara dunia sebanyak 3 kali yaitu pada 1988, 1990 dan 1991. Pembalap asal Sao Paulo, Brazil itu harus meninggal di usia 34 tahun pada 1994 lalu karena kecelakaan.

Film Senna sendiri adalah film dokumenter. Menceritakan bagaimana dari awal karir sang pembalap, bagaimana dia mencapai puncak karirnya, persaingannya dengan Alain Prost sampai kecelakaan tragis yang menewaskan dirinya. Ada pula beberapa footage yang jarang ditemui yang ditampilkan di film ini yaitu bagaimana drivers meeting sampai after party. Penggemar Formula 1 wajib nonton film ini pokoknya!

6. Need for Speed [2014]

Need for Speed (Copy)

Film ini pasti nggak asing kalau kamu seorang gamers. Apakah kamu pernah bermain game berjudul Need for Speed di Playstation? Film ini dibuat berdasarkan game tersebut. Aaron Paul, Dominic Cooper dan Remi Malek membintangi film rilisan 2014 ini.

Need for Speed bercerita tentang Tobey Marshall, seorang mekanik balapan yang dijebak oleh Dino Brewster dan harus mendekam di penjara selama 2 tahun. Begitu bebas, dia membeli mobil untuk dirakit lalu dijual. Nggak sampai di situ, dia pun berusaha untuk ikut dalam perlombaan bernama The DeLeon bukan hanya untuk balap namun juga membalaskan dendamnya pada Brewster.

7. Drive Hard [2014]

Drive Hard (Copy)

Bagaimana kalau seroang mantan pembalap terjebak dalam sebuah aksi kriminal? Film ini mengupas kehidupan seorang pembalap setelah dia memutuskan untuk berhenti dari dunia balap. Robert Petter yang diperankan oleh Thomas Jane ingin membuka sekolah balap setelah memutuskan pensiun. Namun, dia nggak punya cukup uang untuk dijadikan modal.

Jangankan buat bikin sekolah balap, buat biaya sekolah anaknya saja dia kesulitan. Maka, dia bekerja sebagai instruktur mengemudi. Suatu hari, dia mendapat pelanggan bernama Simon Kellar yang diperankan oleh John Cusack.

Saat dia menysuri jalanan kota, dia keluar sebentar. Lima menit kemudian, dia kembali membawa sebuah koper berisi uang beserta polisi yang mengejarnya. Bagaimana selanjutnya? Apa Robert yang nggak tahu apa-apa berhasil lolos dari kejaran polisi itu? Nonton filmnya, ya!

8. Redline [2018]

Redline (Copy)

Bagaimana jadinya kalau kemenangan bukan lagi soal piala tetapi juga soal hidup dan mati? Itulah yang dialami Natasha Martin. Dia seorang mekanik dan musisi yang tertampil. Karena punya Ayah yang merupakan seorang pembalap NASCAR, dia juga jadi seorang pembalap mobil yang terampil.

Satu waktu sebuah kejadian membuat dia terjebak dalam kompetisi drag race. Itu bukan kompetisi biasa, dia harus membalap demi mempertahankan hidupnya.

9. Trading Paint [2019]

Trading Paint (Copy)

Film tentang balap yang satu ini agak berbeda karena berfokus pada drama keluarga. Ini tentang persaingan antara seorang Ayah dengan anaknya. Sam adalah seorang pembalap veteran yang berprestasi. Sementara itu, Cam yang kecewa memilih berkarir bersama musuh bebuyutan Ayahnya. Film ini nggak cuma tentang balap, tetapi bagaimana Ayah dan anak itu mencari arti keluarga melalui balapan.

10. TT3D: Closer to the Edge [2011]

TT3D Closer to the Edge (Copy)

Kalau film-film lain menceritakan tentang balap mobil, TT3D: Closer to The Edge adalah dokumenter sebuah ajang balap The Isle of Man TT (Tourist Trophy). Seorang pembalap, Guy Martin mengikuti ajang tersebut. Disaat ajang lain mengutamakan keselamatan, ajang ini justru hanya dibatasi tembok, batu, pohon bahkan jurang.

Film ini juga membahas latar belakang ajang balapan tersebut. Kita bisa dibuat berdebar menontonnya, bukan hanya karena persaingan antar pembalap tapi juga karena mereka semua mempertaruhkan nyawa untuk balap dengan tingkat keamanan yang rendah.

Jadi, dari 10 film di atas film mana yang paling menarik buat kamu? Atau kamu punya rekomendasi film tentang balapan yang belum diulas? Kolom komentar sudah disediakan kalau kamu ingin menambahkan. Ingin tahu film action yang mendebarkan lainnya? Simak terus Bacaterus ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *