Bacaterus / Film Fiksi Ilmiah / 8 Rekomendasi Film Tentang Atlantis yang Menarik Ditonton

8 Rekomendasi Film Tentang Atlantis yang Menarik Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Oktober 2019

Atlantis adalah salah satu topik yang cukup sering dibahas di berbagai media. Cerita tentang kota atau benua yang hilang tersebut telah ada sejak Era Klasik. Meskipun sempat redup di Abad Pertengahan, cerita tentang Atlantis kembali mencuat di era modern hingga memengaruhi sejumlah literatur modern, mulai dari fiksi ilmiah hingga buku komik dan film

Saat ini sudah banyak film yang bertemakan Atlantis. Beberapa di antara film tersebut sudah ada yang dibuat dengan teknologi modern, sehingga menawarkan efek visual yang mengagumkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi film tentang Atlantis (termasuk serial televisi) yang menarik untuk ditonton.

1. Aquaman

Poster Aquaman

* sumber: www.imdb.com

Aquaman adalah salah satu film bertemakan Atlantis yang paling laris di pasaran. Film superhero yang didasarkan pada karakter DC Comics ini dirilis pada tahun 2018. Dari biaya produksi yang mencapai $200 juta dolar, film ini berhasil meraup pendapatan total lebih dari $1 miliar!

Film ini mengisahkan perjuangan Arthur Curry dalam melanjutkan upaya untuk mencegah perang antara dunia lautan dan daratan. Dia sendiri merupakan pewaris kerajaaan bawah laut Atlantis yang di dalam tubuhnya mengalir darah manusia. Secara keseluruhan, Aquaman adalah salah satu rekomendasi film tentang Atlantis terbaik yang layak untuk ditonton.

2. Hotel Transylvania 3: Summer Vacation

Poster Hotel Transylvania 3

* sumber: www.imdb.com

Seri ketiga dari franchise Hotel Transylvania ini juga mengangkat tema Atlantis. Di film ini Dracula beserta keluarga dan teman-temannya pergi liburan dengan menaiki kapal pesiar mewah, dengan destinasi utama kota Atlantis yang hilang. Sayangnya perjalanan mereka disertai oleh rencana jahat musuh bebuyutannya, Abraham Van Helsing.

Seperti dua seri sebelumnya, Hotel Transylvania 3: Summer Vacation menyajikan jalan cerita yang sangat menarik dan menghibur. Oleh karena itu, tidak salah jika film ini juga sangat sukses di pasaran dunia. Dengan budget produksi sekitar $80 juta, film keluaran tahun 2018 ini berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang hingga lebih dari $500 juta!

3. Journey 2: The Mysterious Island

Poster Journey 2

* sumber: www.imdb.com

Siapa yang tidak kenal dengan Dwayne Johnson? Aktor kawakan yang sudah membintangi banyak judul film populer ini adalah aktor utama (sebagai Hank) di film Journey 2: The Mysterious Island. Di sini dia bersama anak tirinya, Sean (diperankan oleh Josh Hutcherson) melakukan penjelajahan ke sebuah pulau misterius yang ternyata adalah Atlantis yang hilang.

Salah satu tujuan perjalanan tersebut adalah untuk menemukan kakek Sean yang sudah menghilang selama dua tahun. Tentu saja perjalanan mereka sangat tidak mudah. Di pulau misterius tersebut Hank dan yang lainnya harus berhadapan dengan bencana alam dan hewan-hewan raksasa yang berbahaya.

4. Ice Age: Continental Drift

Poster Ice Age 4

* sumber: www.imdb.com

Meskipun bukan sepenuhnya bertemakan Atlantis, namun bagian epilog film ini mengisahkan si tupai Scrat yang menemukan pulau di peta, yang dikenal sebagai Scratlantis (parodi Atlantis). Dia sangat senang berada di pulau tersebut karena dipenuhi dengan biji pohon ek kesayangannya (kesukaannya).

Sayangnya si Scrat sangat bernafsu ingin mendapatkan semua biji pohon ek tersebut. Akhirnya pulau itu harus kembali hilang (tenggelam) setelah dia mencabut salah biji yang berfungsi sebagai tutup drainase. Meskipun hanya sebentar, namun cerita utama film ini lebih menarik dari apa yang Anda bayangkan tentang si Scrat dan Scratlantis-nya.

5. Justice League

Poster Justice League

* sumber: www.imdb.com

Karena dibuat berdasarkan karakter DC Comics, film superhero Justice League tentunya memiliki sangkut paut dengan film Aquaman. Oleh karena itu, sejumlah adegan di film ini berlatarkan Atlantis yang merupakan rumah bagi superhero bawah laut Aquaman yang bernama asli Arthur Curry.

Kisah film Justice League sendiri berpusat pada Bruce Wayne Wonder Woman yang merekrut The Flash, Aquaman, dan Cyborg setelah kematian Superman dalam upaya untuk menyelamatkan dunia dari ancaman bencana Steppenwolf dan pasukannya dari Parademons. Dirilis tahun 2017, film ini cukup sukses di pasaran meskipun budget produknya sangat besar.

6. Stargate: Atlantis

Poster Stargate Atlantis

* sumber: www.imdb.com

Stargate: Atlantis adalah serial televisi fiksi ilmiah yang tayang pada tahun 2004 hingga tahun 2009. Stargate: Atlantis terdiri dari 5 musim dan 100 episode dengan running time 43 menit. Seperti judulnya, film ini mengangkat tema Atlantis. Namun, tempat tersebut tidak berada di bumi, melainkan di sebuah planet yang bernama Lantea.

Kisahnya sendiri berpusat pada sekelompok ilmuwan dan personel militer internasional yang menemukan jaringan Stargate (perangkat alien yang dibuat jutaan tahun yang lalu oleh ras manusia yang sudah maju) di Galaksi Pegasus. Mereka datang menjelajahi planet-planet di galaksi tersebut, namun tentu saja mereka harus berhadapan dengan banyak tantangan.

7. Atlantis: The Lost Empire

Poster Atlantis TLE

* sumber: www.imdb.com

Atlantis: The Lost Empire adalah sebuah film animasi garapan Walt Disney Feature Animation yang dirilis pada tahun 2001. Film ini dibuat dengan budget yang tergolong besar, yakni sekitar $120 juta. Meskipun tidak mengalami kerugian, Atlantis: The Lost Empire bisa dibilang gagal di pasaran karena hanya meraup pendapatan total sekitar $186 juta.

Film ini mengisahkan seorang petualang muda bernama Milo Thatch yang bergabung dengan sekelompok penjelajah untuk menemukan benua Atlantis yang hilang secara misterius. Sayangnya, petualangan mereka tidak berjalan lancar karena ulah pemimpinnya yang serakah.

8. Atlantis

Poster Atlantis

* sumber: www.imdb.com

Dari judulnya saja kita sudah mengetahui kalau film ini bercerita tentang Atlantis. Ya, Atlantis merupakan program televisi fantasi-petualangan yang tayang mulai tanggal 28 September 2013 hingga 16 Mei 2015. Film ini terdiri dari 2 musim dengan episode berjumlah 25.

Cerita film ini berpusat pada Jason, seorang pilot kapal selam yang pergi menyelidiki gangguan laut yang menyebabkan dirinya kehilangan sang ayah di waktu kecil. Ketika dia menemukan lokasi gangguan, kapal selamnya mulai bermasalah dan dirinya secara misterius ditarik oleh cahaya putih. Kemudian dirinya terdampar di suatu pantai yang berada di Atlantis.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film tentang Atlantis terbaik dari Bacaterus yang layak dan menarik untuk ditonton. Sebenarnya masih banyak rekomendasi lainnya yang layak tonton, namun film-film di atas sudah menawarkan efek visual yang bagus karena rata-rata dibuat di atas tahun 2000.

Sebagai informasi, Indonesia adalah salah satu negeri yang dianggap sebagai Atlantis yang hilang. Prof. Arysio Nunes dos Santos, Ph.D dalam bukunya yang berjudul “Atlantis, The Lost Continent Finally Found” menguraikan sebuah teori yang menempatkan secara definitif bahwa Atlantis berada di wilayah Indonesia, Malaysia, Thailand dan Brunei.

Tentu saja tidak sedikit orang yang kontra dengan fisikawan nuklir dan ahli geologi. Setelah buku tersebut keluar, banyak situs web yang membahas teori Prof. Arysio Nunes dos Santos. Banyak di antaranya yang tidak setuju dengan teori tersebut. Bahkan banyak orang yang percaya kalau Atlantis hanyalah sebuah mitos alias tidak nyata.

Meskipun demikian, sekali lagi, cerita tentang Atlantis memang menarik untuk dibahas. Jika dulu orang-orang hanya bisa menulis atau melukis tentang Atlantis, kini dengan peralatan modern mereka bisa membuat film tentang Atlantis yang dibuat berdasarkan kisah dan imajinasi sang pembuat film. Kira-kira film tentang Atlantis mana yang paling seru?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *