Bacaterus / Film Fiksi Ilmiah / Mengenal Astronot Lebih Dekat Lewat 10 Film tentang Astronot

Mengenal Astronot Lebih Dekat Lewat 10 Film tentang Astronot

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Kalau kita bertanya ke anak-anak kecil tentang cita-cita mereka, mungkin sebagian dari mereka akan menjawab mau jadi astronot. Mungkin juga waktu kecil punya jawaban seperti itu? Wajar, dengan cerita yang samar-samar kita sudah tahu betapa kerennya jadi astronot. Rasanya sampai saat ini, astronot masih jadi salah satu profesi paling keren di dunia.

Astronot bisa dianggap begitu keren karena jumlahnya yang sangat sedikit. Itu juga yang bikin informasi tentang astronot jadi terbatas. Selain lewat buku, kita bisa mengenal astronot lebih dekat lewat film tentang astronot. Untuk kamu yang tertarik, inilah 10 film tentang astronot yang bisa jadi pilihan.

1. The Martian [2015]The Martian

Sebuah misi Ares III yang dijalankan astronot asal Amerika harus menemui masalah. Mark Watney yang terjebak dalam puing dan debu dianggap tewas. Melissa Lewis yang berposisi sebagai komandan di misi ini terpaksa mengambil keputusan untuk meninggalkan Mars tanpa Mark. Mereka nggak tahu kalau Mark masih hidup.

Masalahnya, bagaimana Mark berusaha menghubungi NASA dan bertahan hidup sampai bantuan datang? Mark berhasil menghubungi NASA tetapi butuh waktu sekitar 4 tahun untuk memulangkan Mark. Apakah dia berhasil bertahan di sana? Itulah yang jadi keseruan film ini. Sebuah misi penyelamatan yang nggak biasa karena melibatkan dua planet yang berbeda.

2. Apollo 13 [1995]

Apollo 13 [1995]

Perjalanan manusia ke angkasa terus diupayakan oleh NASA. Apollo 1 yang diberangkatkan pertama kali ke bulan gagal karena terbakar. Misi selanjutnya, Apollo 12, berhasil membuat Neil Armstrong dan Buzz Aldin mendarat di bulan. Nggak cukup sampai di situ, Apollo 13 dikembangkan untuk perjalanan lain ke luar angkasa.

Sebuah tim astronot dibentuk untuk menjalankan misi Apollo 13. Untuk memperkecil kemungkinan gagal dilakukan simulasi, Jack Swigert yang menggantikan Ken Mattingly sempat gagal dan dia harus berangkat bersama Jim Lovell dan Fred Haise. Pada 11 April 1970, Apollo 13 diberangkatkan. Apakah mereka akan berhasil mendarat di bulan? Ikutin prosesnya di film ini!

3. Interstellar [2015]Interstellar (Copy)

Interstellar adalah film science fiction yang disutradarai Christopher Nolan. Menceritakan tentang bumi yang usianya semakin tua dan banyak terjadi kerusakan sehingga mengharuskan manusia untuk mencari tempat tinggal lain selain bumi. Sebuah tim dibentuk untuk mencari planet lain yang bisa ditinggali manusia.

Seorang ilmuwan NASA yang sudah melakukan penelitian berpuluh-puluh tahun menemukan adanya anomali gravitasi yang berada di dekat Saturnus yang disebut dengan lubang hitam. Untuk memastikan, 12 orang astronot dikirim untuk melintasi lubang hitam itu. Apakah yang mereka temukan di sana? Mereka mempertaruhkan nyawa untuk mencari jawabannya.

4. Contact [1997]

Contact [1997]

Ellie Arroway, seorang wanita pecinta astronomi berhasil masuk ke program satelit di observatorium Arecibo, Puerto Rico. Di sana dia berkenalan dengan Palmer Joss yang berprofesi sebagai penulis. Ellie adalah pengagung sains sementara Palmer adalah seorang yang relijius. Pendanaan untuk penelitian diputus karena dianggap nggak ada hasil nyata.

Ellie melanjutkan penelitian di New Mexico 4 tahun kemudian. Dia menemukan pesan yang berisi rancangan mesin dan membuatnya percaya ada kehidupan di luar angkasa. Tepatnya di bintang vega dengan jarak 26 tahun cahaya. Dengan bantun S.R. Hadden, Ellie berangkat untuk membuktikan penelitiannya sebagai awak tunggal.

5. Armageddon [1998]

Armageddon [1998] (Copy)

Sebuah asteroid bergerak menuju bumi dan mengancam kehidupan manusia. NASA melakukan penelitian bagaimana cara agar menghentikan benda luar angkasa itu. Mereka menemukan cara untuk menyelamatkan bumi dengan sebuah misi ke luar angkasa namun yang berangkat bukanlah peneliti atau ahli astronomi melainkan pengebor.

Harry S. Stamper adalah seorang pengebor di kilang minyak. Namanya sudah dikenal sebagai salah satu yang terbaik di bidangnya. Dia direkrut NASA untuk membentuk tim berisikan pengebor terbaik agar misi menghentikan asteroid berhasil. Tim yang dibentuk Harry dibentuk sedemikian rupa untuk sebuah misi ke luar angkasa yang nggak pernah dia perkirakan sebelumnya.

6. Moon [2009]

Moon [2009]

Sam Bell dikirim ke bulan untuk mendalami sumber energi Helium-3. Dia pergi ditemani sebuah robot bernama Gerty. Dia mengalami kecelakaan dan saat terbangun dia melihat sesosok orang yang begitu mirip dirinya, dan itu adalah clone. Apakah itu nyata atau cuma halusinasi belaka? Film ini mengambil fokus cerita yang berbeda dengan film tentang astronot lainnya.

Moon menggambarkan sisi manusia dari astronot yang harus pergi ke luar angkasa. Sam yang pergi sendiri berhasil menyampaikan sisi psikologis yang biasanya nggak dibahas. Rasa sepi dan frustasi berada di tempat yang jauh dari bumi dan jauh dari keluarganya. Kewarasannya pun diuji ketika dia harus bertahan dalam kondisi yang serba buram.

7. Red Planet [2000]

Red Planet [2000]

Kondisi bumi yang semakin rusak dan nggak aman lagi membuat dilakukannya penelitian ke planet lain terus dilakukan. Salah satu planet yang konon paling bisa dijadikan tempat tinggal untuk manusia adalah Mars. Namun keputusan untuk memindahkan manusia ke Mars bukan hal mudah. Perlu diadakan penelitian dengan adanya dugaan udara di sana beracun.

Sekelompok orang dengan beragam keahlian diberangkatkan ke Mars. Misi mereka adalah melakukan percobaan serta membuktikan bahwa Mars bisa ditempati manusia. Keberangkatan disiapkan tetapi terjadi kecelakaan yang menewaskan salah satu di antara mereka. Mereka juga harus berhadapan dengan robot dan serangga ganas yang mengancam nyawa mereka.

8. First Man [2018]

First Man [2018]

Bicara tentang astronot dan luar angkasa, ada satu nama yang nggak boleh dilupakan yaitu Neil Armstrong. Namanya lebih dikenal karena kakinya yang pertama menginjak bulan dibanding dua rekannya yang lain, Buzz Aldrin dan Michael Collins. Sosok Armstrong yang ikonik itulah yang jadi bahasan utama di film ini.

Damien Chazelle yang bertindak sebagai sutradara kembali mempertontonkan kemahirannya untuk menggambarkan sebuah karakter secara psikologis. Sosok Armstrong yang dingin diperankan Ryan Gosling dengan baik. Armstrong yang walaupun pintar tapi menyimpan sisi rapuh. Satu lagi keunggulan film ini adalah sinematografinya yang cantik.

9. The Space Between Us [2017]

The Space Between Us [2017]

Ada 15 orang astronot dikirim ke Mars bukan cuma untuk melakukan penelitian tetapi untuk tinggal. Hal itu ditujukan untuk melihat seberapa siap tempat tersebut untuk ditinggali manusia. Seorang dari mereka ternyata sedang hamil. Karena nggak mungkin dipulangkan ke bumi, dia harus menjalani proses kelahiran di Mars.

Gardner Elliot lahir dan besar di Mars yang hanya berisikan 14 orang lainnya. Dia tumbuh menjadi anak pintar sampai satu saat dia bertemu seorang gadis secara online. Keinginannya untuk pulang ke bumi semakin besar dan dengan usia yang dirasa cukup, dia akan melakukan perjalanan luar angkasa pertamanya yaitu pulang bumi. Kisah fiksi yang menarik dan segar untuk ditonton.

10. 2001 Space Odyssey (1968)

Film karya Stanley Kubrick ini adalah pionir untuk film-film fiksi luar angkasa yang muncul bertahun-tahun kemudian seperti Star Wars dan Star Trek. Namun dengan cap Kubrick, jangan terlalu berharap bahwa film ini merupakan film “biasa” dengan alur yang sederhana. Alur ceritanya butuh fokus yang tinggi kalau ingin benar-benar menyimak.

Space Oddyssey terbagi dalam 4 sesi, dan yang menghubungkan keempat sesi tersebut adalah batu monolith. Setiap sesi punya cerita yang unik dengan karakter yang beragam. Film ini cocok buat orang-orang yang suka cerita petualangan, fantasi, dan antariksa. Kalau kamu salah satunya, cobalah luangkan waktu untuk menonton film ini.

Itulah 10 film tentang astronot yang direkomendasikan. Kalau kamu ingin mengenal astronot lebih dekat, 10 film tentang astronot di atas nggak cuma menghibur tetapi juga menambah wawasan. Seandainya kamu ada rekomendasi film lain, kolom komentar sudah disediakan. Di sana, kamu bisa berkontribusi dengan berbagi informasi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar