Bacaterus / Film Olahraga / 10 Film tentang Kerasnya Olahraga American Football

10 Film tentang Kerasnya Olahraga American Football

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

American Football adalah olahraga yang sering mengandalkan kontak fisik dalam setiap permainannya. Maka tak heran jika sepak bola ala Amerika ini sangat seru untuk disaksikan. Olahraga yang satu ini memang populer di negara yang berjulukan Paman Sam tersebut, dan ketenarannya pun mungkin hampir sama dengan bola basket.

Karena sangat menjadi favorit, olahraga ini mampu menembus Hollywood. American Football melaju sukses dan dikenal lebih luas lagi lewat media film. Sebagai sebuah industri film yang besar, Hollywood tentunya memiliki segudang film bertemakan olahraga keras tersebut. Dengan naskah kreatif yang dibuat, maka tak heran jika film-film berkonsep American Football sangat seru untuk disaksikan.

Sebagai sebuah hiburan, tentu tidak ada salahnya menonton film-film tersebut. Supaya tidak semakin penasaran, Bacaterus akan merekomendasikan 10 film terbaik tentang American Football. Yuk, simak ulasannya. Selamat membaca!

1. The Replacements (2000)

The Replacements (Copy)

Mengganti pemain dalam sebuah pertandingan olahraga adalah hal yang biasa. Namun apa jadinya, jika yang digantikan bukan merupakan pemain profesional sungguhan? Tentu akan banyak memunculkan tingkah laku konyol di lapangan. Hal itu pun terjadi dengan film ini, The Replacements merupakan film olahraga yang dibalut dengan unsur komedi. Film ini dibintangi oleh aktor Keanu Reeves.

Film The Replacements sendiri menceritakan tentang sebuah tim football profesional yang ditinggal oleh pemain-pemainnya. Kesal akan kondisi seperti itu, sang pemilik klub kemudian merekrut pelatih baru benama Jimmy McGinty. Dengan cara yang unik, ia lalu mencari pemain-pemain anyar dengan latar belakang yang tidak biasa.

Keanu Reeves yang berperan sebagai Shane Falco, adalah seorang mantan atlet football profesional, ia pun akhirnya bertemu dengan Jimmy sang pelatih klub. Jimmy meminta Shane untuk bergabung dengan timnya. Mengikuti kejuaraan yang tersisa tinggal empat pertandingan lagi, Shane pun harus memimpin rekan satu timnya untuk memenangkan sisa pertandingan.

 2. We Are Marshall (2006)

We Are Marshall (Copy)

Di suatu hari yang tak terduga, sebuah kecelakaan pesawat menewaskan pemain, staf dan pelatih dari tim Football Universitas Marshall. Atas rasa berduka yang tinggi, pihak dari universitas mencoba untuk menghentikan program kegiatan olahraga tersebut. Dengan tragedi itu, dewan kampus beralasan jika tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup untuk melanjutkan sisa kompetisi.

Di tengah rasa berduka itu, beberapa anggota klub yang tidak ikut dalam pesawat tersebut menentang sikap dari dewan universitas. Dengan sikap kepedulian yang tinggi, pihak kampus pun membatalkan sikapnya. Secercah harapan lalu muncul, seorang pelatih bernama Jack Lengyel dengan tulus hati bersedia untuk melatih tim footballl Marshall University.

Perjalanan baru pun dimulai oleh klub football universitas ini. Dibantu dengan pemain yang tersisa dan anggota yang baru, Jack lengyel mulai mengembalikan mental para pemainnya. Lalu bagaimanakah kelanjutan kisah dari tim Football Marshall University? Jangan sampai lewatkan film yang satu ini.

3. The Blind Side (2009)

The Blind Side (Copy)

Film yang satu ini menceritakan tentang seorang pemuda berkulit hitam yang memiliki bakat terpendam dalam olahraga football. Pemuda tersebut bernama Michael Oher, ia tidak memiliki kehidupan yang baik pada awalnya. Ia sering berada di jalanan dan ditinggalkan oleh orang tuanya. Hingga pada suatu hari, kehidupannya berubah saat bertemu dengan seorang perempuan bernama Leigh Anne Tuohy.

Perempuan itu menawarkan kepada Michael untuk tinggal di rumahnya. Ia merasa Michael adalah sosok anak yang baik. Ia pun mulai mengajak Michael untuk bersekolah. Di sekolahnya, ia bergabung dengan sebuah klub Football.

Dari situlah bakat terpendamnya mulai terlihat. Menyadari akan hal itu, Anne bersama keluarganya mendidik Michael untuk terus berlatih agar menjadi pemain football yang tangguh.

4. Invincible (2006)

Invincible (Copy)

Film ini diadaptasi dari kisah nyata seorang pria bernama Vince Papale. Di usianya yang menginjak kepala tiga, Vince selalu bekerja keras dari siang dan malam. Hal itu ia lakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Dikenal sebagai seorang yang pekerja keras, ia memiliki hobi yaitu bermain Football. Teman-temannya Vince selalu mengakui kehebatannya dalam bermain olahraga keras tersebut.

Setelah memutuskan bercerai dengan istrinya, ia kemudian bekerja menjadi seorang bartender. Suatu hari tanpa sengaja, ia melihat ada berita di TV tentang pendaftaran pemain football. Merasa tertarik akan hal itu, ia pun memutuskan untuk ikut seleksi tersebut. Seperti mendapatkan sebuah rezeki, ia pun lolos dalam seleksi itu. Lalu, perjalanan Vince untuk menjadi seorang pemain fooball profesional pun dimulai.

5. Remember The Titans (2000)

Remember The Titans (Copy)

Film ini mengangkat isu rasisme tentang perbedaan warna kulit, dan merupakan kisah nyata di Amerika periode tahun 70an. Herman Boone adalah seorang pelatih football. Ia kemudian ditunjuk untuk melatih tim football kulit putih di sebuah sekolah bernama T.C Williams. Sekolah tersebut kemudian menggabungkan siswa kulit putih dan kulit hitam belajar bersama-sama.

Kondisi seperti itu berdampak dengan adanya anggota kulit hitam di tim football sekolah tersebut. Bill Yoast, pelatih berkulit putih di timnya merasa tidak terima dengan keadaan yang terjadi. Boone meminta Bill untuk menjadi asistennya, namun di tolak mentah-mentah. Konflik berbau rasis pun mewarnai mereka sejak saat itu. Dengan situasi yang cukup pelik, Boone harus bisa menyatukan mereka.

Namun dengan metode latihan yang dilakukan oleh Boone, mereka semua perlahan-lahan dapat dipersatukan. Kini Boone dan Yoast menjadi duet pelatih, mereka bertujuan mengantarkan tim kebanggannya untuk menjuarai turnamen Football. 

6. Any Given Sunday (1999)

Any Given Sunday (Copy)

Tony D’amato adalah seorang pelatih dari klub football Miami Sharks. Tim yang ia latih sedang mengalami paceklik kemenangan. Dalam tiga pertandingan terakhirnya, timnya mengalami kekalahan beruntun. Bukan hanya mendapatkan hasil yang mengecewakan saja, kondisi itu pun semakin rumit dengan cidera parah yang dialami pemain andalannya, Cap Rooney.

Tony pun menunjuk pemain cadangannya bernama Willie Beamen untuk menggantikan posisi Rooney. Walaupun awalnya dilanda kegugupan saat berada di lapangan, namun Willie mampu bermain dengan baik. Dengan adanya Willie dalam timnya, nasib Tony kembali tidak sial lagi. Miami Sharks pun menyelesaikan sisa kompetisi dan berada dalam jalur kemenangan. 

7. Friday Night Lights (2004)

Friday Night Lights (Copy)

Sebagai seorang pelatih, Bob Thornton mendapatkan tugas yang berat. Ia melatih tim football SMA bernama Odessa Permian. Tim barunya tersebut sering dipandang sebelah mata oleh lawan-lawannya. Mereka selalu gagal dalam sebuah kejuaraan. Maka dari itu, ia harus membentuk timnya menjadi tangguh untuk mengikut kompetisi football tingkat sekolah.

Bob mulai mencari pemain-pemain potensial untuk masuk dalam prioritasnya. Saat menemukan pemain yang diinginkannya, Bob merasa kesulitan karena kurangnya kekompakan diantara mereka. Tak mudah membuat mereka bersatu. Dengan niat Bob yang gigih, ia ingin membawa timnya ini untuk terus berjuang meraih kemenangan dan memenangkan kejuaraan.

8. The Last Boy Scout (1991)

The Last Boy Scout (Copy)

Dengan hadirnya Bruce Willis sebagai tokoh utamanya, tentu film ini akan bergerak menjadi film action. Film The Last Boy Scout menghadirkan aksi laga dengan cerita konspirasi yang melibatkan sebuah tim football profesional. Dalam film ini, Bruce berperan sebagai seorang detektif bernama Joe. Ia mendapatkan sebuah tugas untuk memecahkan kasus pembunuhan yang menimpa rekan kerjanya.

Saksi mata yang melihat kejadian pembunuhan tersebut tiba-tiba tewas oleh orang yang tidak dikenal. Merasa jalannya buntu, Joe pun menemui pacar dari saksi mata itu yang bernama Jimmy Dix. Mereka berdua kemudian bekerjasama untuk mengurai benang merah kasuh pembunuhan tersebut. Jimmy sendiri merupakan seorang mantat atlet football profesional.

Dalam perjalanannya, kasus yang mereka selidiki tenyata membawa keduanya masuk ke dalam sebuah konspirasi besar di dunia olahraga football. Lalu mampukah mereka menyelesaikan dan mengungkap misteri pembunuhan tersebut? Jangan lupa menonton film yang satu ini.

9. The Waterboy (1998)

The Waterboy (Copy)

Dengan reputasinya sebagai seorang aktor komedi, Adam Sandler membawa nuansa kekonyolannya tersebut ke dalam film ini. Menonton The Waterboy adalah hiburan yang sebenarnya, unsur komedi slapstick cukup kentara mewarnai jalan cerita.

Dalam film ini, Adam memerankan karakter bernama Bobby. Ia adalah seorang pembawa minuman dalam sebuah klub football bernama Mud Dogs. Tim football tersebut selalu dianggap sebagai tim pecundang. Mereka tidak pernah memenangkan satu pertandingan pun.

Suatu ketika, Bobby mendorong orang yang badannya jauh lebih besar dari dirinya. Dorongannya itu mampu membuat orang tersebut tersungkur jatuh. Atas aksinya tersebut, sang pelatih dari Mud Dogs melihat sisi lain dari Bobby. Ia pun mengajaknya untuk bergabung dalam tim yang ia latih.

Pelatih dari Mud Dogs menyadari jika Bobby mempunyai bakat yang bisa dikembangkan dalam timnnya. Seketika juga, Bobby masuk ke dalam skuad inti dan kehadirannya membawa keberuntungan. Akhirnya, tim Mud Dogs berhasil meraih kemenangan demi kemenangan dalam kompetisi tersebut.

10. The Longest Yard (2005)

The Longest Yard (Copy)

Paul Crewe adalah mantan atlet football profesional. Saat masa karirnya sudah selesai, ia malah membuat onar dan masuk ke dalam penjara. Berada dalam jeruji besi ternyata membawa berkah sendiri dalam hidupnya. Siapa yang menyangka, ketenarannya sebagai seorang atlet olahraga membawanya untuk membangun tim football di dalam penjara.

Berisikan para narapidana dengan berbagai latar belakang kejahatan, ia harus menyatukan mereka dalam sebuah tim yang solid. Tujuannya membentuk tim tersebut adalah untuk menantang para sipir penjara yang sadis kepada mereka. Lalu bagaimanakah kelanjutan rencana dari Paul ini, apakah ia bisa membuat timnya tangguh dan mengalahkan para petugas penjara? Langsung saja nonton film yang satu ini.

Seperti itulah film-film pilihan tentang American Football. Dari film yang sudah dibahas di atas, semuanya memiliki cerita yang menarik dan seru untuk diikuti. Jika kamu memiliki referensi lain tentang film yang bertemakan olahraga ini, tak usah sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya. Selamat menonton semua film-filmnya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *