Bacaterus / Film Spionase / 10 Film Tentang Agen Rahasia, Ada yang dari Kisah Nyata!

10 Film Tentang Agen Rahasia, Ada yang dari Kisah Nyata!

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Apa yang terpikir di benak kalian ketika mendengar istilah agen rahasia? Pasti kalian langsung membayangkan seorang mata-mata yang menjalankan misi berbahaya, entah itu melakukan penyamaran, terlibat aksi tembak-tembakan, atau adegan-adegan lain yang kelihatan tak masuk akal.

Nah, buat kalian yang suka banget dengan film-film semacam ini, Bacaterus punya 10 rekomendasi film agen rahasia yang menarik untuk diikuti. Bukan hanya fiksi, beberapa di antaranya bahkan diangkat dari kisah nyata. Penasaran? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

1. Seri Mission: Impossible

Seri Mission Impossible

“Mission: Impossible” termasuk salah satu film franchise yang sangat sukses. Secara keseluruhan, film ini berkisah tentang agen rahasia bernama Ethan Hunt (Tom Cruise) yang harus menyelesaikan misi-misi berbahaya. Film inipun sarat aksi-aksi menegangkan, mulai dari kebut-kebutan motor, memanjat gedung pencakar langit, hingga bergelantungan di pesawat yang sedang terbang.

Sampai saat ini, setidaknya sudah ada enam buah film yang dirilis sejak tahun 1996 dan semuanya mendapat rating yang cukup bagus. Seri keenamnya yang berjudul “Mission: Impossible – Fallout” sudah diluncurkan tahun 2018 lalu. Dibanding pendahulunya, “Mission: Impossible – Fallout” jadi seri paling sukses dan mendapat review positif dari para penikmat film.

Di seri keenam ini Ethan Hunt dihadapkan pada misi penyelamatan dunia. Berawal dari misi IMF (Impossible Missions Force) yang gagal, terjadilah perebutan benda yang bisa berujung pada perang nuklir. Ethan Hunt  harus berkejaran dengan waktu untuk menyelesaikan misinya. Di sisi lain, ada agen CIA bernama August Walker (Henry Cavill) yang mempertanyakan loyalitas Ethan Hunt.

Nah, kalau kamu suka dengan aksi Tom Cruise dalam film Mission Impossible, baca juga artikel film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini.

2. Trilogi The Bourne

Trilogi The Bourne

* sumber: gageloniadotherphotos.wordpress.com

The Bourne series sebenarnya terdiri dari lima film, namun yang paling membekas di ingatan para penggemar tentu saja tiga film pertamanya, yaitu “The Bourne Identity” (2002), “The Bourne Supremacy” (2004), dan “The Bourne Ultimatum” (2007).

Trilogi ini diawali dengan kisah seorang laki-laki bernama Jason Bourne (Matt Damon) yang hilang ingatan setelah bertahan dari tembakan. Jason pun berusaha mencari tahu identitas dirinya yang sebenarnya sambil terus melarikan diri karena diburu oleh pembunuh utusan CIA.

Setelah ditelusuri, Jason akhirnya sadar bahwa dirinya adalah seorang pembunuh yang pernah gagal menjalankan misi, dan ia pun memilih untuk memutuskan hubungannya dengan CIA. Dua film berikutnya bercerita tentang petualangan Jason setelah lepas dari CIA, sekaligus mengungkap banyak fakta tentang Jason Bourne saat dirinya masih aktif sebagai pembunuh bayaran CIA.

3. The Departed (2006)

The Departed

* sumber: www.fandango.com

Film ini bercerita tentang perselisihan antara polisi dan mafia yang dipimpin oleh Frank Costello (Jack Nicholson). Seorang polisi muda bernama Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) berhasil menyamar menjadi anak buah Frank Costello. Di sisi lain, Collin Sullivan (Matt Damon) yang merupakan anak didik Frank juga menyusup ke kepolisian dan berhasil menjadi pejabat penting di sana.

Konflik besar mulai terjadi ketika pihak polisi dan mafia sama-sama curiga dengan adanya penyusup di organisasi mereka. Baik Billy maupun Collin sama-sama merasa keselamatan mereka terancam, karena itu keduanya pun berlomba-lomba untuk menyelidiki sekaligus membongkar identitas penyusup yang mereka cari.

4. Salt (2010)

Salt

* sumber: www.imdb.com

Selanjutnya ada film “Salt” yang bercerita tentang agen rahasia wanita. Film ini berpusat pada tokoh Evelyn Salt (Angelina Jolie) yang bekerja sebagai agen CIA. Salt memiliki seorang suami dan ingin hidup tenang layaknya orang normal. Akan tetapi, impian Salt harus kandas saat CIA menangkap mata-mata Rusia bernama Orlov (Daniel Olbrychski).

Saat diinterogasi oleh Salt, Orlov mengungkapkan bahwa ada mata-mata Rusia yang menyusup di CIA, dan agen ganda tersebut akan menjalankan misi Day-X, yaitu membunuh presiden Rusia yang berkunjung ke Amerika. Tak hanya itu, Orlov bahkan mengatakan bahwa agen ganda tersebut bernama Evelyn Salt.

Salt langsung kewalahan menghadapi tuduhan Orlov, apalagi alat pendeteksi kebohongan membuktikan bahwa Orlov bicara jujur. Di sisi lain, teman-teman Salt mulai curiga sehingga Salt tak punya pilihan lain selain kabur dan menjadi buronan.

5. Fair Game (2010)

Fair Game

* sumber: www.imdb.com

Film garapan sutradara Doug Liman ini bercerita tentang Valerie Plame (Naomi Watts), seorang agen CIA yang memiliki suami diplomat bernama Joe Wilson (Sean Penn). Valerie ditugaskan ke Timur Tengah, sedangkan sang suami juga bertugas untuk menyelidiki penjualan uranium dari Nigeria ke Irak.

Dalam filmnya, pihak Amerika beranggapan bahwa Irak sedang membuat senjata pemusnah massal, dan hal ini dijadikan motif untuk menyerang negara tersebut. Padahal, Joe Wilson tidak menemukan bukti apapun soal penjualan uranium tersebut, tapi Gedung Putih tidak peduli. Joe Wilson lalu membocorkan kebohongan ini ke media dan membuat pemerintah Amerika marah besar.

Pemerintah akhirnya berusaha menghancurkan kehidupan Joe Wilson dan keluarganya, termasuk membocorkan identitas sang istri yang bekerja sebagai agen CIA. Menariknya lagi, ini bukan sekadar cerita film, tapi benar-benar diangkat dari kisah nyata tentang mantan agen CIA Valerie Plame yang merasa dikhianati oleh negaranya sendiri.

6. Tinker Tailor Soldier Spy (2011)

Tinker Tailor Soldier Spy

* sumber: www.imdb.com

Film ini bercerita tentang gejolak yang terjadi dalam badan intelijen Inggris yang dikenal dengan nama MI6 (disebut juga dengan Circus). Kisahnya diawali dengan seorang agen bernama Jim Prideaux (Mark Strong) yang gagal menjalankan misi di masa Perang Dingin. Akibatnya, Control (John Hurt) yang tak lain adalah pimpinan Circus harus mundur dari jabatannya.

George Smiley (Gary Oldman) yang merupakan orang kepercayaan Control juga dipaksa pensiun. Setelah Circus memiliki pemimpin baru, muncul kabar tentang keberadaan “tikus” alias mata-mata Rusia yang sudah bertahun-tahun menyusup ke Circus. George Smiley yang pensiun pun kembali dipanggil dan ditugaskan untuk menyelidiki siapa “tikus” pengkhianat tersebut.

7. Skyfall (2012)

Skyfall

* sumber: www.imdb.com

Bicara tentang agen rahasia pasti tak lengkap tanpa menyebut nama James Bond alias 007. Film tentang James Bond sebenarnya sudah sangat banyak dan diperankan oleh beberapa aktor ternama. Di antara sekian banyak filmnya, salah satu yang terbaik adalah “Skyfall” yang telah dirilis pada tahun 2012 lalu.

Film ini diawali dengan “kematian” James Bond setelah gagal menyelesaikan misi di Istanbul. Di waktu yang sama, sebuah harddisk penting berhasil dicuri dan data semua agen rahasia yang sedang menyamar akhirnya bocor. Hal ini membuat MI6 diserang habis-habisan dan memaksa M (Judi Dench) merelokasi organisasi MI6.

Bond yang awalnya diduga tewas akhirnya keluar dari persembunyiannya dan kembali ke London. Bond kini jadi satu-satunya orang yang dipercaya oleh M, dan Bond pun mulai melakukan pengejaran terhadap penjahat bernama Raoul Silva (Javier Bardem) yang juga merupakan dalang dari semua kekacauan.

8. Argo (2012)

Argo

* sumber: www.imdb.com

Film berikutnya adalah “Argo” yang dibintangi sekaligus disutradarai oleh Ben Affleck. Berlatar belakang di Iran pada tahun 1979, film ini mengangkat kisah nyata tentang demo besar-besaran yang dilakukan warga Iran di kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Demonstrasi  ini dipicu oleh tindakan Amerika yang memberikan perlindungan terhadap Mohammad Reza Pahlavi, raja (Shah) yang saat itu ditentang oleh rakyat Iran. Demo ini berakhir dengan penyerangan Kedubes AS, tapi saat itu ada enam diplomat yang berhasil kabur dan berlindung ke Kedubes Kanada.

CIA pun berusaha menolong enam diplomat tersebut dan menugaskan Tony Mendez, agen CIA yang ahli dalam melarikan tawanan. Tony kemudian memiliki ide untuk menyamar dan berpura-pura sedang syuting film di Iran. Dengan rencana yang disusun rapi, Tony berniat untuk menyelundupkan enam diplomat sebagai kru film agar mereka bisa kabur.

9. Kingsman: The Secret Service (2014)

Kingsman The Secret Service

* sumber: www.imdb.com

Film ini diawali dengan kisah pemuda bengal bernama Eggsy (Taron Egerton) yang sedang terlibat masalah. Ia kemudian menghubungi sebuah nomor yang ia dapat waktu kecil. Dulu, seorang laki-laki yang juga sekaligus sahabat ayahnya pernah memberikan nomor tersebut pada Eggsy kecil. Laki-laki itupun berkata kalau Eggsy boleh meneleponnya bila ia sedang dalam keadaan bahaya.

Setelah menghubungi nomor tersebut, datanglah Harry Hart (Colin Firth) yang tak lain adalah sahabat ayah Eggsy. Harry membereskan masalah Eggsy dengan cepat dan tanpa kesulitan sedikit pun. Setelah itu, Harry mengungkapkan bahwa ia dan ayah Egssy sebenarnya adalah agen dari organisasi rahasia bernama The Kingsman.

Harry kemudian menawari Eggsy untuk bergabung dengan The Kingsman. Eggsy menerima tawaran tersebut dan mendapat pelatihan khusus bersama beberapa peserta lain. Di waktu yang sama, muncul musuh berbahaya bernama Valentine (Samuel L. Jackson) yang mengancam keselamatan dunia.

10. Bridge of Spies (2015)

Bridge of Spies

* sumber: www.imdb.com

Film garapan Steven Spielberg ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada masa Perang Dingin. Ceritanya sendiri berdasarkan pengalaman seorang pengacara bernama James B. Donovan yang juga dikenal sebagai perwira Angkatan Laut Amerika Serikat sekaligus negosiator internasional.

Film ini bermula ketika mata-mata asal Uni Soviet, Rudolf Abel (Mark Rylance), menyusup ke Amerika, tapi kedoknya terbongkar dan akhirnya ditahan oleh CIA. Abel harusnya dihukum mati, tapi James B.Donovan (Tom Hanks) memutuskan untuk menjadi pengacara Abel dan membelanya.

Amerika kemudian mengirim mata-mata bernama Francis G. Powers (Austin Stowell) ke Uni Soviet. Nahas, pesawatnya ditembak jatuh dan Powers pun ditahan oleh Uni Soviet. Saat itulah Donovan kemudian mengajukan usul untuk melakukan pertukaran mata-mata. Tapi usaha ini tidak berjalan mulus, ditambah lagi dengan masalah penangkapan mahasiswa Amerika di Jerman.

Itu dia daftar film-film seru yang mengangkat tema agen rahasia. Dari 10 judul film di atas, film mana saja yang sudah kalian tonton? Kalau kalian memang penggemar film-film bertema agen rahasia dan punya rekomendasi lain yang lebih bagus, tulis di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Satu pemikiran pada “10 Film Tentang Agen Rahasia, Ada yang dari Kisah Nyata!”

  1. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥

    Mari Bergabung bersama kami di KawanPelangi (.) Com
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!

    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.

    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    Mari Bergabung bersama kami di KawanPelangi (.) Com
    Bandar66 (NEW GAME)
    SAKONG
    Poker
    Domino99
    Capsa susun
    AduQ
    BandarQ
    Bandar Poker

    Mari Bergabung bersama kami di PelangiAsean (.) Com

    Salam Sukses & Hoki

Tinggalkan komentar