Bacaterus / Film Artis Hollywood / 8 Film yang Dibintangi oleh Aktor Asal Wales, Taron Egerton

8 Film yang Dibintangi oleh Aktor Asal Wales, Taron Egerton

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kesuksesan film Kingsman: The Secret Service yang dibintangi oleh dirinya pada tahun 2014 membuat namanya mulai diperhitungkan dalam dunia perfilman. Setelahnya itu, ia kembali melanjutkan perannya di sekuel keduan Kingsman: The Golden Circle yang rilis di 2017 lalu. Berkat bakat akting yang mumpuni di kedua film tersebut, ia lalu menandatangani kontra tiga film dengan pihak studio 20th Century Studios.

Pria bernama lengkap Taron David Egerton ini memulai karir profesional aktingnya dengan peran kecil dalam dua episode di serial TV Lewis sebagai Liam Jay. Debut perdananya untuk layar lebar ia lakoni saat memerankan Edward Brittain dalam film drama tahun 2014, The Testament of Youth. Kini, aktor berdarah Wales ini tengah mempersiapkan film sekuel animasi Sing 2 yang rencananya rilis pada tahun 2021.

Jika kamu masih asing mendengar nama Taron Egerton, Bacaterus akan memberikan ulasan film yang pernah diperankan olehnya agar kamu bisa mengenal dekat kualitas akting dari pria berusia 30 tahun ini. Berikut di bawah ini adalah pembahasan selengkapnya.

1. Kingsman: The Secret Service (2014)

Kingsman The Secret Service

* sumber: letterboxd.com

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Action, Adventure, Comedy
  • Sutradara: Matthew Vaughn
  • Pemeran: Colin Firth, Taron Egerton, Samuel L. Jackson
  • Perusahaan Produksi: Twentieth Century Fox, Marv Films, Cloudy Productions

Kingsman: The Secret Service merupakan salah satu debut film layar lebarnya selain The Testament of Youth yang sama-sama rilis di tahun 2014. Di sini, ia berperan sebagai seorang pemuda bernama Gary Unwin yang direkrut untuk menjadi agen rahasia. Ia bersama agen veteran, Harry Hart, mempunyai misi untuk mencegah ancaman yang membahayakan dunia dari seorang pria bernama Richmond Valentine.

Film yang disutradarai oleh Matthew Vaughn ini didasarkan pada seri komik dengan judul yang sama karya Dave Gibbons dan Mark Millar. Selain ada nama Taron Egerton, film ini juga turut dibintangi oleh Colin Firth, Mark Strong, Michael Caine dan Samue L. Jackson. Kingsman: The Secret Service lalu meraih Empire Award untuk Best British Film, dan meraup untung secara global dengan total lebih dari 414 juta dollar.

2. Legend (2015)

Legend

* sumber: www.filmcomment.com

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Biography, Crime, Drama
  • Sutradara: Brian Helgeland
  • Pemeran: Tom Hardy, Emily Browning, Taron Egerton
  • Perusahaan Produksi: Cross Creek Pictures, Working Title Films,

Legend adalah film bergenre thriller kriminal yang diadaptasi dari sebuah buku karya John Pearson berjudul The Profession of Violence: The Rise and Fall of the Kray Twins. Dalam film ini, Egerton menantang dirinya dengan berperan sebagai seorang pria penyuka sesama jenis bernama Edward “Mad Teddy” Smith. Ia pun beradu akting dengan aktor Tom Hardy yang menjadi pemeran utamanya di film ini.

Tom Hardy sendiri berperan ganda karena dirinya memerankan karakter sepasang saudara kembar bernama Ronald “Ronnie” Kray and Reginald “Reggie” Kray. Keduanya merupakan dua gangster paling terkenal dan berbahaya di Kota London. Sementara itu, Mad Teddy yang diperankan oleh Egerton mempunyai hubungan rahasia dengan Ronnie Kray yang ternyata terkena penyakit gangguan jiwa.

3. Eddie the Eagle (2016)

Eddie the Eagle

* sumber: www.flickr.com

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Biography, Comedy, Drama
  • Sutradara: Biography, Comedy, Drama
  • Pemeran: Taron Egerton, Hugh Jackman, Tom Costello
  • Perusahaan Produksi: Hurwitz Creative, Lionsgate, Marv Films

Dalam film ini, Taron Egerton berperan sebagai seorang atlet ski profesional bernama Michael Edwards. Ia lalu bergabung untuk mewakili Inggris Raya dalam ajang Olympic ski jumping yang sudah diadakan sejak tahun 1928. Film yang diangkat dari kisah nyata ini turut dibintangi juga oleh Hugh Jackman dan Christopher Walken. Eddie the Eagle ditayangkan secara perdana pada Sundance Film Festival 2016.

Film ini kemudian meraup pendapatan 12,8 juta dollar dan menjadikannya sebagai film terlaris di Inggris pada tahun 2016, serta mendapatkan untung di seluruh dunia dengan total 46,1 juta dollar. Satu tahun selanjutnya, Eddie the Eagle masuk nominasi dalam Empire Award untuk kategori Best British Film. Di situs Rotten Tomatoes, film yang disutradarai oleh Dexter Fletcher ini memiliki rating di angka 6,5/10.

4. Billionaire Boys Club (2018)

Billionaire Boys Club

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Biography, Drama, Thriller
  • Sutradara: James Cox
  • Pemeran: Ansel Elgort, Kevin Spacey, Taron Egerton
  • Perusahaan Produksi: Armory Films, Oriah Entertainment, Elevated Films (II)

Selain dibintangi oleh dirinya, film ini juga turut diperankan oleh Ansel Elgort, Kevin Spacey, Emma Roberts, Jeremy Irvine, Thomas Cocquerel, Rosanna Arquette, Cary Elwes dan Judd Nelson. Billionaire Boys Club sendiri  merupakan sebuah kelompok nyata dari California yang eksis pada tahun 80an. Mereka berisikan kumpulan anak-anak remaja yang berasal dari keluarga terpandang dan kaya raya.

Di sini, Egerton berperan sebagai pemuda bernama Dean Karny yang bergabung dengan kelompok tersebut. Mereka kemudian melakukan suatu usaha bisnis agar menghasilkan uang secara cepat dengan menerapkan modus investasi palsu. Keberhasilan yang mereka dapatkan, pada akhirnya membawa dampak merugikan. Kini, mereka mesti berhadapan dengan ancaman pembunuhan yang berbahaya.

5. Robin Hood (2018)

Robin Hood

* sumber: amiratthemovies.com

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Action, Adventure, Drama
  • Sutradara: Otto Bathurst
  • Pemeran: Taron Egerton, Jamie Foxx, Ben Mendelsohn
  • Perusahaan Produksi: Summit Entertainment, TIK Films, Appian Way

Taron Egerton kembali mendapatkan peran utama di film yang satu ini. Ia memerankan karakter Robin Hood, dan beradu akting dengan Jamie Foxx sebagai Yahya/Little John, Eve Hewson menjadi Maid Marian dan Ben Mendelsohn memainkan karakter musuh dari Robin, yakni Sheriff of Nottingham. Produksi film ini dilakukan pada tanggal 20 Februari 2017 di Dubrovnik, Kroasia dan di Kota Le Raincy, Prancis.

Robin Hood adalah seorang veteran Perang Salib yang kini telah kembali ke kampung halamannya. Selepas kepergiannya berperang, kondisi tanah kelahirannya malah berubah menjadi memprihatinkan. Pejabat korup merajarela menghabiskan uang kerajaan, sedangkan rakyat berduka dalam keadaan sengsara. Ia dan Yahya kemudian berusaha melawan kerajaan Inggris yang licik dan bertindak sewenang-wenang.

6. Rocketman (2019)

Rocketman

* sumber: www.augustman.com

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Biography, Drama, Music
  • Sutradara: Dexter Fletcher
  • Pemeran: Taron Egerton, Jamie Bell, Richard Madden
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, New Republic Pictures, Marv Films

Rocketman adalah sebuah film biografi yang didasarkan pada kehidupan musisi Elton John. Sang musisi kenamaan dari Inggris itu diperankan cukup baik dan cemerlang oleh Taron Egerton. Selain dirinya, ada juga Richard Madden sebagai Jon Reid, dan Bryce Dallas Howard menjadi Sheila Eileen. Judul film ini sendiri diambil dari single milik Elton John dengan nama sama yang ia rilis pada tahun 1972 silam.

Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 16 Mei 2019. Setelahnya itu baru dirilis lewat layar sinema bioskop untuk Inggris pada 22 Mei 2019, dan seminggu kemudian baru menyusul diputar di Amerika Serikat. Rocketman mendapatkan untung yang sangat besar dengan meraup 195 juta dollar di seluruh dunia, dibandingkan anggaran produksinya yang hanya berkisar di angka 40 juta dollar.

Berkat penampilannya memerankan Elton John, Taron Egerton menerima banyak nominasi dan penghargaan. Di BAFTA Award, ia meraih Best Actor in a Leading Role, dan di Screen Actors Guild Award ia menerima penghargaan untuk kategori Outstanding Performance by a Male Actor in a Leading Role. Dalam Golden Globe Award, Egerton juga menyabet piala Best Actor – Motion Picture Musical or Comedy.

Untuk filmnya sendiri, Rocketman menggaet Best Original Song di Penghargaan Golden Globe ke-77, Best Song di Critics’ Choice Movie Award ke-25 serta Best Original Song di Academy Awards ke-92. Selain itu, film ini juga mendapatkan empat nominasi dalam ajang 73rd British Academy Film Awards.

7. Testament of Youth (2014)

Testament of Youth

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Biography, Drama, History
  • Sutradara: James Kent
  • Pemeran: Alicia Vikander, Kit Harington, Taron Egerton
  • Perusahaan Produksi: BBC Films, BFI Film Fund, Heyday Films

Testament of Youth adalah sebuah film berdasarkan dari memoir yang ditulis oleh seorang perawat pada masa Perang Dunia I bernama Vera Brittain. Memoir tersebut berisikan catatannya yang anti terhadap peperangan, dan mengisahkan juga tentang dampak perang dunia terhadap hilangnya satu generasi (The Lost Generation).

Dalam film ini, karakter Vera Brittain sendiri diperankan oleh aktris asal Swedia Alicia Vikander, sedangkan Taron Egerton bermain sebagai adiknya yang bernama Edward Brittain.

Setelah tayang di bioskop, film ini kemudian mendapatkan respon positif dengan memiliki rating 7/10 dari Rotten Tomatoes. Atas perannya di Testament of Youth, Taron Egerton dinominasikan dalam ajang London Film Festival untuk kategori Best British Newcomer pada tahun 2014.

8. Kingsman: The Golden Circle (2017)

Kingsman The Golden Circle

* sumber: screencrush.com

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Adventure, Comedy
  • Sutradara: Matthew Vaughn
  • Pemeran: Taron Egerton, Colin Firth, Mark Strong
  • Perusahaan Produksi: Twentieth Century Fox, Marv Films, Cloudy Productions

Kingsman: The Golden Circle menjadi sekuel yang penuh dengan aktor dan aktris ternama Hollywood. Selain pemeran utama di film sebelumnya yang masih terlibat, di film ini juga turut dibintangi oleh Julianne Moore, Halle Berry, Pedro Pascal, Elton John, Channing Tatum, dan Jeff Bridges. Selepas masa penayangannya, Film ini meraup untung besar dengan mendapatkan 410 juta dollar di seluruh dunia.

Melanjutkan dari seri pertamanya, kali ini agen Gary “Eggsy” Unwin (Taron Egerton) secara resmi bergabung dengan kelompok Kingsman. Kondisi dunia kali ini masih tidak aman, ancaman baru datang dari Poppy Adams, ia adalah seorang pemimpin kartel narkoba terbesar di dunia bernama The Golden Circle.

Untuk menghentikan rencana Jahat dari The Golden Circle¸ Gary beserta anggota lainnya bekerja sama dengan rekan kerja dari Amerika Serikat yaitu kelompok Statesman. Akankah mereka mampu mengalahkan organisasi berbahaya tersebut? langsung saja simak film ini untuk mengetahui keseruan ceritanya ya.

Kalau kamu suka dengan film sejenis Kingsman, silakan baca artikel film tentang agen rahasia ini, ya!

Meskipun tidak banyak film layar lebar yang dibintangi olehnya, namun namanya bisa disejajarkan dengan sederetan aktor asal Britania yang sukses berkarir di industri perfilman Hollywood. Untuk kamu yang mulai terpesona akan pria ini, silakan langsung menyaksikan film-filmnya yang sudah direkomendasikan ya. Selamat menonton!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *