Bacaterus / Film Mandarin / Film Taiwan Romantis yang Berhasil Bikin Penonton Baper!

Film Taiwan Romantis yang Berhasil Bikin Penonton Baper!

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Sejak dulu, Hollywood selalu menjadi pusat industri perfilman. Berbagai film berkualitas dapat dirilis secara berkala dengan didukung oleh modal yang mumpuni dan strategi pemasaran yang tepat. Makanya mereka bisa terus berkembang, belum lagi mereka bisa mendistribusikan film-filmnya ke hampir seluruh negara di dunia.

Bebicara tentang film, Taiwan juga punya industri perfilman yang cukup maju. Kemunculan film dari waktu ke waktu yang terus bertambah serta pemilihan tema yang luas menjadi salah satu indikatornya. Dari berbagai tema yang ada, tentu tema romantis mempunyai daya tarik yang tinggi. Belum pernah nonton film Taiwan? Ini Film Taiwan romantis ini yang berhasil bikin penonton baper!

1. Ting shuo [2009]

Ting shuo [2009]

Xiao Peng dan Yang Yang adalah kakak-beradik yang menderita tunarungu. Keduanya mempunyai kedekatan yang luar biasa dan selalu saling mendukung satu sama lain. Bahkan menjadikan kepentingan keluarga menjadi yang paling utama dibandingkan dengan kepentingan-kepentingan lain, bahkan kepentingan pribadi.

Suatu waktu, Yang Yang mengenal seorang gadis bernama Tian Kuo. Merasa ada ketertarikan keduanya rajin berkomunikasi lewat MSN dan chatting sebagaimana anak muda pada umumnya. Mereka juga suka berjalan-jalan berdua. Suatu hari, Xiao Peng mendapat musibah ketika Yang Yang pergi bersama Tian Kuo. Bagaimana Yang Yang menghadapinya?

2. Our Times [2015]

Our Times [2015]

Suatu hari, Lin Zen-xin yang masih berusia 17 tahun mendapat surat yang mengatakan bahwa dia akan mendapat kesialan kalau nggak diteruskan ke orang lain. Sayangnya dia meneruskannya ke ketua gangster di sekolah yaitu Hsu Tai-yu, guru matematika dan cewek paling populer di sekolahnya yaitu Tao Min-min.

Tai-yu yang mendapat kesialan meminta Lin bertanggung jawab. Bahkan Lin juga diminta membuat cewek yang ditaksir Tai-yu putus dengan pacarnya. Mereka malah saling jatuh cinta, tapi kemudian Tai-yu pindah sekolah karena sering bermasalah. Berselang 18 tahun mereka bertemu di sebuah konser, kisah mereka bisa kamu nikmati di film ini.

3. Love [2012]

Love [2012]

Film Love menyajikan tiga plot yang mengangkat tema tentang hubungan antar manusia. Plot pertama menceritakan tentang Yi Jia yang merupakan anggota tim sepeda di universitas tempat dia belajar. Dia bersahabat dengan Xiao Min yang punya kekasih bernama Ah Kai. Mereka semua bersahabat sampai masalah muncul, Yi Jia hamil. Apa mereka akan tetap bersahabat?

Plot kedua menceritakan tentang Mark, seorang pengusaha muda yang sukses. Dia sangat suka menaklukkan perempuan. Pada sebuah perjalanan ke Beijing dia bertemu dengan Xiao Ye, agen real estate yang bekerja di perusahaan Mark. Ye adalah seorang orang tua tunggal dengan anaknya yang berumur tujuh tahun. Apakah Mark akan menaklukan Ye atau sebaliknya?

Plot ketiga tentang Xiao Kuan, seorang lelaki sederhana yang mudah bergaul. Dia menyaksikan pertengkaran antara Rou Yi, seorang wanita yang menggantungkan hidup pada kekasihnya, Chao Ping. Kuan menyelamatkan Yi dan membawanya ke rumahnya yang kemudian menjadi tempat pelarian untuk Yi. Apa mungkin hubungan mereka berubah?

4. Murmur of The Hearts [2015]

Murmur of The Hearts [2015]

Yu-Mei dan Yu-Nan adalah saudara kandung yang tinggal di tempat terpencil di Green Island. Sayangnya, sang ibu meninggalkan mereka tanpa kejelasan dan dua saudara itu terpisah. Yu-Mei tumbuh menjadi seorang pelukis dengan kemarahan pada ibunya. Ketika sedang makan di sebuah restoran bersama pacarnya, Yu-Mei ingat restoran itu ternyata pernah dimiliki ibunya.

Yu-Nan bekerja sebagai travel agent di wilayah Taiwan dan Green Island. Dia juga menyimpan kemarahan pada ibunya. Suatu hari Yu-Nan bertemu dengan anak perempuan Yu-Mei yang bernama Hai. Hai kemudian memperlihatkan buku karya ibunya pada Yu-Nan dan membuat Yu-Nan ingat akan masa kecilnya. Film ini memberikan definisi romantis yang berbeda.

5. More Than Blue [2018]

More Than Blue [2018]

K dan Cream adalah dua orang yang sudah bertemu sejak SMA. K mempunyai riwayat kesehatan yang buruk sementara Cream merupakan tipikal wanita periang dan nakal saat remaja. Keduanya kemudian tumbuh dewasa dan bekerja di sebuah label rekaman milik almarhum ayahnya K. Mereka bisa menjadi tim yang solid pada saat membuat musik.

Cream dekat dengan seorang dokter gigi bernama You-Xian sayangnya dia sudah bertunangan. Sementara penyakit kanker K sudah parah dan hanya punya waktu hidup selama setahun. K menyewa detektif untuk membuat You-Xian putus dengan tunangannya agar bisa bersama dengan Cream.

6. Millennium Mambo [2001]

Millennium Mambo [2001]

 Seorang wanita muda bernama Vicky terjebak di antara dua pria yaitu Hao-Hao dan Jack. Dia bekerja sebagai PR di klub malam milik Jack untuk bertahan hidup. Pacarnya, Hao Hao, nggak punya pekerjaan tetap dan tipikal pencemburu yang selalu mengecek segala sesuatu yang Vicky lakukan. Mulai muak dengan kekasihnya, Vicky memutuskan untuk pergi dari kehidupan Hao-Hao.

Hao-Hao menemukan Vicky dan memintanya untuk pulang. Sementara Vicky menetapkan sebuah batas bahwa kalo uangnya terpakai melebihi batas itu, dia akan mengakhiri hubungan. Di sisi lain, Jack semakin sukses dan dia juga sangat terbuka untuk membantu orang-orang di sekelilingnya, termasuk Vicky yang datang untuk menjauhkan diri dari Hao-Hao.

7. Take Me to The Moon [2017]

Take Me to The Moon [2017]

Pada tahun 1997, enam orang yang bersahabat ketika SMA setuju untuk membuat sebuah band. En Pei menjadi penyanyi sementara Zheng Xiang menjadi gitaris di band itu. Xiang diam-diam menyukai En Pei. Pada saat kelulusan, En Pei memberi tahu bahwa mimpinya mulai mendapatkan jalan dengan menjadi penyanyi di Jepang sayangnya sebuah tragedi merenggut mimpinya.

Di tahun 2017, keenam sahabat di masa SMA itu berkumpul kembali. Tapi kali ini bukan untuk reuni atau membentuk band lagi, melainkan di sebuah acara pemakaman. Setelah berkumpul bersama, Xiang terbangun dan kembali ke tahun 1997, tepatnya tiga hari sebelum hari kelulusan dan diberi kesempatan untuk mengubah takdir orang-orang di sekelilingnya.

8. Snowfall in Taipei [2010]

Snowfall in Taipei [2010]

Xiao Mo adalah seorang pemuda yang tinggal di Jington, sebuah kota kecil dan kuno di Distrik Pingxi, New Taipei City, Taiwan. Suatu hari seorang penyanyi terkenal bernama May dinyatakan hilang di Taipei. Sontak kabar itu membuat heboh seluruh penjuru negeri, apalagi nggak ada yang tahu alasan sang penyanyi menghilang.

May ternyata ke Jington, di sana dia bertemu dengan Xiao Mo. Dia sedang mengalami masalah dengan suaranya sehingga dia mengasingkan diri ke tempat yang nggak bisa diprediksi orang-orang. Mo kemudian menawarkan tempat tinggal untuk May. Lama-kelamaan Mo merasa cinta pada May, sayangnya May mencintai Ah Lei, produsernya. Adakah yang akan berubah?

Film-film Taiwan mungkin nggak seakrab film Korea atau Jepang untuk orang Indonesia. Mungkin film-film di atas terlihat asing kalau kamu belum pernah menonton film Taiwan sebelumnya. Namun, nggak ada salahnya mencoba, kan? Kalau sudah nonton, ceritakan di kolom komentar yuk! Supaya pembaca lain tertarik untuk ikut mencoba nonton film Taiwan romantis.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *