bacaterus web banner retina

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Wendey Stanzler adalah seorang editor film, editor televisi, dan juga sutradara film televisi Amerika. Dia sudah berkarya sejak tahun 1985 dan masih aktif sampai sekarang. Karya-karyanya cukup banyak, loh.

Mungkin kamu pernah menonton salah satunya, walau tidak mengetahui kalau itu disutradarai oleh Wendey. Untuk yang belum tahu, berikut Bacaterus berikan daftar film dan serial karya Wendey Stanzler yang layak kamu tonton untuk mengisi waktu luang.

1. The Mysterious Benedict Society

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler 1
  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Family, Mystery, Adventure
  • Produksi: 20th Television, Fanfare, Slavkin Swimmer Productions, Familystyle, Sonar Entertainment
  • Sutradara: Wendey Stanzler
  • Pemeran: Tony Hale, Kristen Schaal, MaameYaa Boafo, Ryan Hurst, Gia Sandhu, Mystic Inscho, Seth B. Carr, Emmy DeOliveira, Marta Kessler
  • Episode: Season 1 Episode 4 “A Whisper, Not A Shout” (2021)

Empat orang anak berencana menyontek dalam ujian agar dapat membaca jurnal milik Curtains (Tony Hale). Di Stonetown, Number Two (Kristen Schaal) menangkap basah Rhonda (MaameYaa Boafo) yang sedang menuliskan hasutan di dinding kota untuk melawan The Emergency. Mereka semua pun berseteru.

Sticky (Seth B. Carr) dikirim ke Waiting Room karena ketahuan memberikan bantuan jawaban kepada Kate (Emmy DeOliveira). Kate gagal dalam ujiannya, sedangkan Constance (Marta Kessler) berhasil lulus. Sedangkan Curtains di mata-matai oleh Benedict (Tony Hale) dan Milligan (Ryan Hurst).

Dengan menggunakan rotasi Caesar Cipher, Constance telah memecahkan kode jurnal Curtains. Mereka akhirnya mengetahui bahwa Benedict, Number Two, Milligan dan Rhonda berada dalam daftar musuh yang harus diwaspadai.

Martina (Saara Chaudry) terkesan dengan keahlian Kate saat sedang memainkan tetherball dan membujuk kepala sekolah untuk membuat Kate bergabung dalam tim tetherball sekolah. Kemudian, Constance yang hipersensitif, mulai mendengar suara-suara yang mungkin berhubungan dengan The Emergency.

2. Dolly Parton’s Heartstrings

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler 3
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Anthology, Dramedy
  • Produksi: Dixie Pixie Productions, Magnolia Hill Entertainment, Warner Bros. Television, Sandollar Productions
  • Sutradara: Wendey Stanzler
  • Pemeran: Melissa Leo, Ray McKinnon, Andy Mientus, Katie Stevens, Michael J. Willett
  • Episode: Season 1 Episode 2 “Two Doors Down’ (2019)

Diceritakan kalau Tyler (Andy Mientus) menghadiri pernikahan adiknya, Lee (Katie Stevens). Rupanya, Tyler berpacaran dengan Cole (Michael J. Willett), sang wedding planner (perencana pernikahan). Hal ini hanya diketahui oleh Lee karena Amelia (Melissa Leo) dan Roy (Ray McKinnon) adalah orangtua Tyler yang sangat konservatif. Dan, Tyler takut untuk jujur kepada mereka.

Lee dan tunangannya berencana pindah ke LA, karena Lee diam-diam masih berkarir di dunia akting. Tanpa sengaja, Lee mengungkapkan kepada Amelia dan Roy tentang rahasia Tyler. Roy menerima pilihan Tyler, tapi Amelia tidak.

Lee dan Digby akhirnya menikah di gedung pengadilan. Hal ini membuat Amelia kecewa yang telah menyiapkan pesta pernikahan mewah mereka. Amelia pun mengurung dirinya di kamar.

Tyler mengundang Dolly Parton dalam acara pernikahan Lee. Tyler mencoba mengambil hati ibunya dan meminta maaf atas pilihannya. Lee tidak jadi pindah ke LA. Tyler dan Cole sepakat untuk tinggal bersama. Lalu Roy dan Amelia juga saling berbaikan.

3. Marvel’s Runaway

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler 5
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Adventure, Superhero, Teen Drama
  • Produksi: ABC Signature Studios, Marvel Television, Fake Empire Productions
  • Sutradara: Wendey Stanzler
  • Pemeran: Rhenzy Feliz, Lyrica Okano, Virginia Gardner, Ariela Barer, Gregg Sulkin, Allegra Acosta, Angel Parker, Ryan Sands, Annie Wersching, Kip Pardue, Ever Carradine, James Masrters, Brigid Brannagh
  • Episode: Season 2 Episode 9 “Big Shot” (2018)

Molly (Allegra Acosta) ditangkap Awol (Myles Bullock) atas suruhan Detektif Flores (Alex Fernandez). Flores terkejut dengan kekuatan yang Molly miliki. Namun, anak-anak Runaway berhasil menyelamatkan Molly. Alex Wilder (Rhenzy Feliz) membawa Livvie (Ajiona Alexus) pergi ke hostel, basecamp-nya Runaway.

Mereka pun mengetahui kalau Flores ternyata bekerja untuk Pride. Dan, Livvie memiliki bukti kejahatan Awol di ponselnya. Ini menjadi pegangan Alex untuk bisa bernegosiasi dengan Awol. Sementara itu Old Lace, dinosaurus yang terkoneksi dengan kekuatan Gert (Ariela Barer) tidak sengaja terkena cairan yang disemprotkan sebuah drone misterius pada malam hari.

Cairan itu membuat Old Lace bertingkah tidak seperti biasanya. Anak-anak Runaway yang kebingungan mencoba mengatasi hal ini. Satu persatu keanehan mulai terjadi kepada masing-masing anggota Pride, membuat mereka bertingkah seperti bukan dirinya sendiri. Tetapi, beberapa saat kemudian mereka kembali sadar menjadi diri sendiri.

Tamar (Ozioma Akagha) bernegosiasi dengan Awol bahwa dia akan membocorkan rahasia Pride asalkan Awol berjanji tidak mengusik keluarganya. Awol menerima tawaran itu meski Livvie menentangnya. Tapi, Alex pun ikut-ikutan bekerja sama dengan Awol untuk menjatuhkan Pride, dengan bukti foto Awol sebagai jaminannya.

Awol menerima tawaran Alex. Dia juga mengungkapkan kepada Alex bahwa Flores memiliki semua data kejahatan Pride untuk digunakan menyerang Pride. Livvie mengungkapkan rencana Alex kepada anak-anak Runaway dan mereka menentang Alex. Tetapi, Alex tetap dengan rencananya, meski tanpa bantuan tim Runaway.

Awol memancing Falcos dengan mengatakan bahwa dia telah menangkap anak-anak Runaway, tetapi Awol malah membunuh Falcos. Sementara itu, Old Lace semakin sakit dan Gert juga merasa kesakitan. Anak-anak Runaway mencoba menyembuhkan Old Lace, tapi Old Lace semakin parah dan akhirnya pingsan bersamaan dengan Gert.

Awol diam-diam berunding dengan Pride, membeberkan data-data yang telah dikumpulkan Flores untuk menyerang Pride. Dengan bayaran harga yang lebih tinggi dari yang Awol dapatkan dari Flores, Awol juga mengkhianati Tamar dengan menculik Livvie untuk mendapatkan anak-anak Runaway atas perintah Pride.

4. Arrow

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler 7
  • Tahun rilis: 2013-2018
  • Genre: Superhero, Drama, Action, Crime, Mystery
  • Produksi: Berlanti Productions, DC Entertainment, Warner Bros. Television
  • Sutradara: Wendey Stanzler
  • Pemeran: Stephen Amell, Katie Cassidy, Colin Donnell, David Ramsey, Willa Holland, Susanna Thompson, Paul Blackthorne, Emily Bett Rickards, Colton Haynes, Manu Bennett, John Barrowman, Echo Kellum, Josh Segarra
  • Episode: Season 1 Episode 12 “Vertigo” (2013). Season 2 Episode 5 “League Of Assassins” (2013), Episode 13 “Heir To The Demon” (2014). Season 3 Episode 2 “Sara” (2014), Episode 22 “This Is Your Sword” (2015). Season 4 Episode 3 “Restoration” (2015). Season 5 Episode 20 “Underneath” (2017). Season 6 Episode 11 “We Fall” (2018).

Review & Sinopsis Arrow

Cayden (Michael Emerson) menjalankan rencananya untuk menguasai kota. Oliver (Stephen Amell) sebagai walikota dan juga Arrow berencana menggagalkan rencana Cayden. Tetapi, kali ini dia bekerja sendiri, tanpa timnya yaitu Rene/Wild Dog (Rick Gonzalez), Dinah/Black Canary (Juliana Harkavy), ataupun Curtis/Mr. Terrific (Echo Kellum).

Sayangnya, keadaan menjadi rumit saat mesin ciptaan Cayden berulah dan membuat nyawa William (Jack Moore) di ujung tanduk. Tanpa disangka, muncul pertolongan yang akan membantu Green Arrow dan timnya.

5. Pretty Little Liars

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler 9
  • Tahun rilis: 2010-2013
  • Genre: Crime Thriller, Mystery, Teen Drama
  • Produksi: Warner Horizon Television, Alloy Entertainment, Long Lake Productions, Russian Hill Productions
  • Sutradara: Wendey Stanzler
  • Pemeran: Troian Bellisario, Ashley Benson, Holly Marie Combs, Lucy Hale, Ian Harding, Bianca Lawson, Laura Leighton, Chad Lowe, Shay Mitchell, Nia Peeples, Sasha Pieterse, Tyler Blackburn
  • Episode: Season 1 Episode 5 “Reality Bites Me” (2010). Season 2 Episode 18 “A Kiss Before Lying” (2012). Season 3 Episode 9 “The Kahn Game” (2012), Episode 14 “She’s Better Now” (2013). Season 4 Episode 6 “Under The Gun” (2013).

Hanna (Ashley Benson) mencoba melindungi ibunya, tetapi dia malah jadi ditangkap oleh polisi. Senjata yang dipegang Hanna diuji oleh pihak kepolisian untuk dicocokkan, apakah sama dengan senjata yang membunuh Wilden atau bukan.

Aria (Lucy Hale) mengkonfrontasi Connor yang membongkar tentang hubungannya dengan Ezra (Ian Harding). Ezra menutup mulut Connor agar info ini tak bocor. Aria dan Emily diberi tahu Mona bahwa Toby membawa RV ke “A”, dan hal ini diketahui pula oleh Spencer.

Dengan petunjuk ini, Spencer dan Toby pergi ke Ravenswood. Sayangnya, Nyonya Grunwald tidak mau memberikan bantuan. Mereka juga mendapati Shana di Ravenswood yang masuk ke dalam mobil Jenna.

Pistol itu dinyatakan cocok dengan pistol yang membunuh Wilden, polisi pun menangkap Ashley (Laura Leighton). Emily dibawa ke kantor polisi untuk diinterogasi atas video misterius yang memperlihatkan seseorang berjas merah mengenakan topeng. Dan, Emily mengakui bahwa dia mungkin telah melakukan suatu kesalahan.

6. The Flash

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler 11
  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Superhero, Drama, Action
  • Produksi: Warner Bros. Television Distribution
  • Sutradara: Wendey Stanzler
  • Pemeran: Grant Gustin, Candice Patton, Danielle Panabaker, Rick Cosnett, Carlos Valdes, Tom Cavanagh, Jesse L. Martin, Keiynan Lonsdale, Neil Sandilands, Hatley Sawyer, Danielle Nicolet
  • Episode: Season 1 Episode 19 “Who Is Harrison Wells?” (2015)

Review & Sinopsis The Flash

Joe (Jesse L. Martin) dan Cisco (Carlos Valdes) berada di Starling City. Mereka berdua meminta bantuan Kapten Lance. Kebetulan, Black Canary (Katie Casidy) datang untuk meminta bantuan kepada Cisco.

Barry a.k.a The Flash (Grant Gustin) berusaha keras untuk menangkap Hannibal/Everyman (Martin Novotny), manusia meta yang mampu mengubah dirinya menjadi siapapun yang disentuhnya. Sejauh ini Everyman sudah berubah menjadi Eddie (Rick Cosnett), Iris (Candice Patton), Caitlin/Killer Frost/Frost (Danielle Panabaker) dan The Flash sendiri!

7. Glee

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler 13
  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Musical, Comedy-drama, Romantic comedy, Teen Drama
  • Produksi: 20th Century Fox Television, Brad Falchuk Teley-Vision, Ryan Murphy Productions
  • Sutradara: Wendey Stanzler
  • Pemeran: Diana Agron, Chris Colfer, Jessalyn Gilsig, Jane Lynch, Jayma Mays, Kevin McHale, Lea Michele, Cory Monteith, Matthew Morrison, Amber Riley, Mark Salling, Jenna Ushkowitz
  • Episode: Season 4 Episode 21 “Wonder-ful” (2013). Season 5 Episode 5 (The End Of Twerk” (2013), Episode 8 “Previously Unaired Christmas” (2013)

Rachel (Lea Michele) memberitahu Will (Matthew Morrison), direktur klub Glee, bahwa dia menjadi salah satu finalis untuk peran Fanny Brice pada acara Funny Girl di Broadway mendatang. Artie (Kevin McHale) diterima di sekolah film di New York City, tetapi takut akan reaksi ibunya jika dia merahasiakan hal ini dan tinggal sendiri di New York.

Mengetahui hal ini, Kitty (Becca Tobin) menampilkan "Signed, Sealed, Delivered I'm Yours", menyemangati Artie untuk pergi. Tapi, Artie memilih untuk tinggal. Namun, setelah Nancy (Katey Sagal) memberi dorongan pada Artie, dia pun mantap untuk pergi ke New York.

Setelah merekam album pertamanya, Mercedes (Amber Riley) bersama Mike Chang (Harry Shum, Jr.) dan Kurt (Chris Colfer) membantu melatih New Directions for Regionals di Lima. Mercedes membantu Marley (Melissa Benoist) dalam meningkatkan suaranya. Mereka berdua bersama Blaine (Darren Criss) menyanyikan lagu “Superstition” di auditorium.

Burt (Mike O’Malley), ayah Kurt, sedang dalam penyembuhan kanker. Kurt merayakannya dengan menampilkan "You Are the Sunshine of My Life". Dalam kesempatan ini, Blaine meminta restu Burt untuk melamar Kurt, tetapi Burt meyakinkan mereka bahwa mereka belum siap untuk tahap tersebut.

Bakat Jake (Artis Jacob) diketahui oleh Mercedes dan Mike, mereka mendukung Jake untuk menjadi vokal yang aktif di Klub Glee, yang membuat Jake bisa mewujudkannya dalam lagu “I Wish”. Cassandra (Kate Hudson) pada awalnya ingin mengganggu Rachel dalam audisi itu, tapi ternyata Rachel dikejutkan dengan audisi yang menjadi pesta untuknya.

Cassandra dan para siswa lainnya memberikan selamat kepada Rachel atas panggilan audisinya dengan menampilkan “Tegang (Semuanya Baik-baik Saja)”. Mercedes kecewa kepada pihak label rekaman yang memaksa dia untuk mengubah citranya saat perilisan album.

Mercedes pun memutuskan kontrak dengan mereka dan berencana mengejar mimpinya dengan caranya. Dia mengingatkan New Directions untuk selalu menjadi diri mereka sendiri dengan menampilan “Higher Ground”. Klub Glee merayakan kesuksesan Artie di auditorium dengan menampilkan lagu “For Once In My Life”.

8. The Vampire Diaries

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler 15
  • Tahun rilis: 2011-2012
  • Genre: Drama, Supernatural, Horror, Fantasy
  • Produksi: Outerbanks Entertainment, Alloy Entertainment, CBS Television Studios, Warner Bros. Television
  • Sutradara: Wendey Stanzler
  • Pemeran: Nina Dobrev, Paul Wesley, Ian Somerhalder, Steven R. McQueen, Sara Canning, Kat Graham, Candice King, Zach Roerig, Kayla Ewell, Michael Trevino, Matt Davis, Joseph Morgan, Michael Malarkey
  • Episode: Season 2 Episode 17 “Know Thy Enemy” (2011). Season 3 Episode 4 “Disturbing Behavior” (2011), Episode 11 “Our Town” (2012). Season 4 Episode 6 “We All Go A Little Mad Sometimes” (2012).

Jenna (Sara Canning) terkejut melihat Isobel (Mia Kirshner) masih hidup dan tidak mengira kalau Elena (Nina Dobrev) merahasiakan hal ini darinya. Elena mencoba menjelaskan tapi Jenna enggan mendengarnya. Matt menemui Sheriff Forbes (Marguerite MacIntyre) untuk melihat file Vicky. Dia menuduh Sheriff menyembunyikan penyebab kematian Vicky yang sebenarnya.

Sheriff Forbes mengancam akan menangkap Matt, tapi akhirnya malah dibawa ke rumahnya untuk membuat Matt lebih tenang. Caroline pulang dan bertemu dengan Matt yang memintanya untuk mengatakan keseluruhan cerita yang sebenarnya.

Untuk mendapatkan buku Grimoire, Damon, Bonnie (Kat Graham), dan Jeremy (Steven R. McQueen) pergi ke rumah Martins. Bonnie tahu cara menyalurkan kekuatan penyihir yang sudah mati kepada Damon, tetapi Bonnie harus mengetahui tempat di mana mereka dibakar. Damon tahu tempat itu, dan mereka bertiga pergi ke sana.

Isobel kembali ke rumah lamanya, Katherine sedang menunggunya di sana. Isobel mengatakan kepada Katherine bahwa dia telah berhasil menemukan penyihir yang berada dalam kepercayaan Klaus. Isobel membuat kesepakatan untuk menyelamatkan nyawa Katherine apabila penyihir ini dikirimkan batu bulan dan doppelganger.

Isobel membuat gangguan di rumah Lockwood untuk memberikan Katherine waktu dalam menggantikan Elena. Isobel pergi dengan Elena, sedangkan Stefan pergi dengan Katherine yang dia kira adalah Elena. Stefan mengenalinya dan bertanya di mana Elena yang asli.

Katherine menyuntik Stefan dengan vervain lalu kembali ke rumah Isobel yang ternyata Maddox (Gino Anthony Pesi), penyihir Klaus, telah menunggunya untuk menjatuhkan Katherine.

Bonnie menolak saran Jeremy untuk tidak menggunakan kekuatan dari penyihir yang sudah mati untuk melawan Klaus. Karena, kalau begitu, Bonnie juga akan mati. Bonnie tidak ingin mengatakan ini kepada Elena. Madox memberitahu Isobel bahwa dia telah mendapatkan batu bulan dan Katherine.

Isobel pun melepaskan Elena dan meminta maaf padanya. Isabel melepaskan kalung yang melindunginya dari matahari, dan kemudian dia terbakar di hadapan Elena. Katherine terbangun di apartemen Alaric. Cerita ditutup dengan Maddox yang membaca mantra di tubuh Alaric untuk memanggil Klaus yang kini berada di dalam tubuh Alaric.

9. Ugly Betty

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler 17
  • Tahun rilis: 2006-2010
  • Genre: Drama, comedy
  • Produksi: Ventanarosa Productions, Silet H. Productions, Reveille Productions, Touchtown Televisions (Season 1), ABC Studios (Season 2-4)
  • Sutradara: Wendey Stanzler
  • Pemeran: America Ferrera, Eric Mabius, Vanessa L. Williams, Becki Newton, Judith Light, Ana Ortiz, Tony Plana, Michael Urie, Mark Indelicato, Daniel Eric Gold, Alan Dale
  • Episode: Season 1 Episode 14 “I’m Coming Out” (2007). Season 2 Episode 5 “A League Of Their Own” (2007), Episode 17 “The Kids Are Alright” (2008). Season 4 Episode 4 “The Wiener, The Bun And The Boob” (2009)

Dalam pekerjaannya sebagai editorial, Betty (America Ferrera) merasa kewalahan. Hal ini membuat Wilhelmina (Vanessa L. Williams) memberikan tugas Betty sebagai asisten sementara kepada Marc (Michael Urie).

Betty mengeluarkan ide cerita tentang pekerjaan terburuk di New York, dan dia harus pergi meliputnya dengan memakai kostum hot dog serta melakukan tarian Bollywood. Sangat random, ya?

10. 90210

10 Film & Serial Menarik Karya Sutradara Wendey Stanzler 19
  • Tahun rilis: 2008-2009
  • Genre: Teen drama
  • Produksi: Sachs/Judah Productions (2008-2009, Season 1), CBS Productions (2008-2012, Season 1-4), CBS Television Studios (2012-2013, Season 5)
  • Sutradara: Wendey Stanzler
  • Pemeran: Rob Estes, Shenae Grimes, Tristan Wilds, AnnaLynne McCord, Dustin Milligan, Ryan Eggold, Jessica Stroup, Michael Steger, Lori Loughlin, jessica Walter, Jessica Lowndes
  • Episode: Season 1 Episode 2 “The Jet Set” (2008), Episode 10 “Games People Plays” (2008), Episode 13 “Love Me Or Leave Me” (2009), Episode 17 “Life’s A Drag” (2009), Episode 24 “One Party Can Ruin Your Whole Summer” (2009)

Navid (Michael Sterger) membawa Adrianna (Jessica Lowndes) keluar dari pesta prom karena Adrianna akan melahirkan. Brenda (Shannen Doherty) memberikan Adrianna dukungan dalam persalinannya yang sulit. Harry (Rob Estes), Debbie (Lori Loughlin), Kelly (Jennie Garth) juga hadir ketika Adriana memutuskan menyerahkan bayinya untuk diadopsi.

Naomi (AnnaLynne McCord) dan Liam (Matt Lanter) mengadakan pesta pasca-prom di rumah Jen (Sara Foster). Dixon (Tristan Mack Wilds) menyadari Ethan memiliki perasaan terhadap pacarnya. Naomi menuduh Annie merayu pacarnya, dan Annie pun dipermalukan hingga meninggalkan pesta dengan marah. Annie pulang dengan mengemudi, dan dia menabrak seseorang.

Liam mengungkapkan bahwa Jen yang merayunya, bukan Annie. Tetapi Liam ditangkap oleh petugas pembebasan bersyarat dan dikirim ke akademi militer oleh ayah tirinya. Dan, hingga kini pun, tak ada yang menyadari sifat asli Jen.

Itulah 10 karya sutradara Wendey Stanzler yang sudah dirangkum oleh Bacaterus. Masih banyak karya Wendey Stanzler lainnya yang cukup menarik untuk ditonton. Namun, kiranya daftar di atas merupakan karya terbaiknya. Di antara 10 film di atas, adakah favoritmu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram