10 Film Terbaik Karya Sutradara Guntur Soeharjanto

Ditulis oleh Siti Hasanah

6. Jilbab Traveler: Love Sparks In Korea 

film-guntur-soeharjanto-6_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Romance, Drama
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto 
  • Produksi: Rapi Films 
  • Pemeran: Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Giring Ganesha 

Jilbab Traveler adalah kisah yang diangkat dari sebuah novel karya Asma Nadia. Kisahnya mengikuti seorang gadis bernama Rania (Bunga Citra Lestari), seorang penulis yang hobi jalan-jalan. Hobinya itu membuatnya dijuluki Jilbab Traveler. 

Suatu hari Rania diberi misi oleh ayahnya yang jatuh sakit untuk bertualang ke wilayah Baluran. Di wilayah tersebut, Rania bertemu dengan seorang fotografer berkebangsaan Korea bernama Hyun Geun (Morgan Oey). 

Keadaan membuat Rania dan Hyun Geun selalu bersama dan berpetualang ke daerah di sekitar Jawa Timur. Tepat di saat inilah sang ayah meninggal dan membuat Rania menyesal karena ia telah memilih untuk menjadi guide bagi Hyun Geun. 

7. Makmum 2 

film-guntur-soeharjanto-7_

Film ini merupakan sekuel dari Makmum yang dirilis tahun 2019. Makmum 2 berkisah tentang Rini (Titi Kamal) yang baru saja ditinggal meninggal oleh suaminya. Duka Rini semakin bertambah sebab Bude yang mengasuh Rini sejak kecil menyusul suaminya. 

Hafis (Jason Bangun), putra satu-satunya Rini hilang beberapa lama. Ia kemudian ditemukan tidak sadarkan diri di tengah hutan belantara. Kini Rini harus melindungi satu-satunya keluarga yang tersisa yang ia miliki. 

Di sisi lain, Rini kembali mendapat gangguan dari sosok gaib yang menyerupai makmum shalat. Sosok gaib itu kerap muncul dan mengganggu keimanannya. Karena sosok gaib itu pula, Rini menyebabkan putranya dalam bahaya. 

8. Ayat-Ayat Cinta 2

film-guntur-soeharjanto-8_
  • Tahun Rilis: 2017 
  • Genre: Drama, Romance 
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto 
  • Produksi: MD Pictures 
  • Pemeran: Fedi Nuril, Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Dewi Sandra, Nur Fazura

Setelah sukses dengan film Ayat-Ayat Cinta pertama, Guntur Soeharjanto mencoba peruntungan dengan menggarap sekuelnya.

Film ini dibuka dengan menampilkan Fahri bersama asistennya, Hulus (Pandji Pragiwaksono) yang pindah ke Edinburgh. Ini adalah tahun ketujuh sejak ia merelakan Aisha menjadi relawan di Gaza. Semenjak itu, ia tidak pernah bertemu dengan Aisha lagi. 

Fahri kini berprofesi sebagai dosen sekaligus pengusaha di Edinburgh. Kesibukannya sedikit dapat mengobati kerinduannya pada Aisha. Di negeri Britania Raya itu, Fahri harus menghadapi sikap buruk yang diakibatkan oleh Islamofobia. Selain itu, Fahri pun harus mengurus rumah tangganya agar tetap berlanjut dengan Aisha. 

Kehidupan Fahri semakin rumit pasca munculnya Hulya (Tatjana saphira) ke tengah-tengah rumah tangganya. Hulya adalah sepupu Aisha yang kini sudah dewasa. Gadis itu menunjukkan ketertarikan kepada Fahri yang justru membuatnya semakin sedih. 

Membuka hatinya untuk orang lain berarti mengakui bahwa Aisha sudah meninggal. Namun, hatinya yakin bahwa Aisha masih hidup dan berada di suatu tempat. Di tengah kesedihannya, orang-orang di sekitar Fahri mendukungnya untuk menjalin hubungan dengan Hulya. 

9. Cinta Laki-Laki Biasa

film-guntur-soeharjanto-9_

Cinta Laki-Laki Biasa adalah sebuah film romantis bernuansa Islam. Film berdurasi 109 menit ini mengikuti kisah Nania (Velove Vexia) dan Rafli (Deva Mahenra) dari mulai berkenalan sampai hubungan berkembang ke tahap yang lebih serius. 

Dalam proses menuju jenjang itu, keduanya dihadapkan pada konflik yang hampir membuat hubungan mereka kandas. Apalagi konflik itu juga mengharuskan salah satu pihak berkorban demi kelangsungan hubungan mereka.

10. Cinlok

film-guntur-soeharjanto-10_
  • Tahun Rilis: 2008 
  • Genre: Comedy, Romance 
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto 
  • Produksi: MD Pictures 
  • Pemeran: Tora Sudiro, Luna Maya, Tukul Arwana, Ria Irawan 

Cinlok merupakan film kedua yang Guntur Soeharjanto dalam karirnya sebagai sutradara. Film komedi satu ini bercerita tentang kisah Cundra (Tora Sudiro), seorang detektif dengan Nayla (Luna Maya), dan seorang manajer hotel.

Mereka bertemu di sebuah kedai dan terlibat percakapan yang akrab. Dari obrolan mereka itu, diketahui bahwa Nayla mempunyai seorang tunangan bernama Tyo (Tukul Arwana). 

Cundra pun sama. Ia mempunyai seorang tunangan bernama Tika (Ria Irawan) yang bekerja sebagai desainer. Rupanya Cundra dan Nayla berbohong tentang hidup mereka. Setelah pertemuan pertama itu, mereka berjanji untuk bertemu lagi. Di benak mereka, mereka berusaha untuk menutupi kebohongan pertama yang terlanjur dibuat. 

Nah, itulah 10 film karya sutradara Guntur Soeharjanto yang bisa kamu tonton saat libur di akhir pekan. Sutradara yang lahir di Temanggung, 18 Maret 1976 itu dikenal sebagai salah satu pengarah film yang terbaik.

Beberapa film besutannya berhasil meraih banyak penghargaan bergengsi di ajang perfilman Indonesia. Tidak hanya film, Guntur pun sukses membawa FTV Sebatas Aku Mampu meraih piala Vidia untuk kategori Film Cerita Lepas Televisi pada FFI 2006. Jadi, film mana saja yang sudah kamu tonton?

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram