bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik Besutan Sutradara Fon Kanittha Kwunyoo

Kanittha Kwunyoo atau dikenal dengan panggilan Fon adalah seorang penulis naskah dan sutradara asal Thailand. Wanita dengan gelar Communications Arts ini lulusan Bangkok University. Selain berkarya, dia juga menjadi dosen khusus Art of Story Telling & Screenwriting Workshop, Department of Film Bangkok di University Rangsit Campus.

Fon udah cukup banyak menulis naskah, salah satunya yang paling terkenal adalah A Gift to the People You Hate (2019). Bukan cuma drama, dia juga menulis naskah dan menjadi sutradara untuk film. Nah, film dan serial apa sajakah buatan Fon? Cek daftarnya dari Bacaterus berikut ini, ya!

1. 2gether: The Movie (2021)

2gether The Movie_

Bisa dibilang ini adalah hasil karya sutradara Fon yang paling booming. 2gether: The Movie menceritakan kilas balik awal pertemuan Tine dan Sarawat.

Tine mahasiswa dan anggota cheerleaders yang populer karena ketampanannya di kampus. Dia dikejar-kejar Green, mahasiswa di kampus yang sama dengannya. Karena Tine enggak menyukai Green, dia dan teman-temannya mencari cara untuk menyingkirkan Green.

Caranya yaitu dengan membujuk Sarawat, mahasiswa di klub sepak bola dan musik, untuk berpura-pura menjadi kekasih Tine. Pada awalnya, Sarawat menolak. Tapi, akhirnya dia menyetujui dengan berbagai syarat.

Lama kelamaan hubungan ini bukan sekedar pura-pura lagi. Mulai tumbuh benih-benih cinta di hati keduanya. Pasang surut dalam hubungan mereka, membuat mereka semakin dewasa. Dan, keduanya pun memutuskan untuk melanjutkan hubungan yang lebih serius lagi, yaitu jenjang pernikahan.

2. Karma (2015)

arbat 2015_

Film ini dikenal juga dengan judul Arbat. Mengisahkan Sun (Charlie Trairat), seorang remaja berusia 19 tahun yang egois dan e snggakuka menerima pandangan orang lain. Karena keserampangannya ini, ayahnya memaksa Sun untuk menjadi seorang biksu.

Ayahnya meyakini, menjadi biksu bisa membuat Sun menjadi pribadi yang lebih baik. Tapi, dia tetap merasa benar sendiri dan mengencani seorang gadis bernama Fai (Ploy Sornarin).

Meski sudah mengenakan pakaian biksu, Sun tetap berhubungan dengan Fai, dan mereka berdua tidak pernah berpikir bahwa mereka melakukan hal yang salah.

Kelakuan Sun ini membawanya untuk mengetahui rahasia di dalam kuil. Yaitu, tentang arwah seorang biarawan yang berhubungan dengan seorang wanita. Kemudian, terjadi konflik antara Sun dengan iblis. Semua hal terkoneksi, seperti karma.

3. My Precious

my precious

Film ini diramaikan oleh Nanon Korapat Kirdpan, Film Rachanun Mahawan, Chimon Wachirawit Ruangwiwat, Ohm Pawat Chittsawangdee, dan Neo Trai Nimtawat. My Precious merupakan remake dari You Are The Apple of My Eye (2011).

Ceritanya mengikuti Tong dan gengnya meyukai satu gadis yang sama, Lin. Berbeda dengan Lin yang murid teladan, Tong membutuhkan bantuan dari murid lain agar jadi rajin belajar.

Lin pun diutus untuk membantu Tong agar nilai pelajarannya jadi lebih baik lagi. Karena ini, mereka jadi dekat, sama-sama merasakan apa itu jatuh cinta dan juga persahabatan.

4. Home School

home school 2022 thailand_

Home School bukanlah sekolah yang bisa dilakukan di rumah, melainkan sebuah sekolah di pedalaman hutan. Para siswanya enggak tahu, tapi sekolah ini merupakan 'tempat buangan' bagi para orang tua yang enggak menginginkan anak mereka lagi.

Home School bagaikan penjara. Berupa asrama, para murid punya jadwal bangun, tidur, makan, dan belajar. Mereka enggak boleh keluar dari area sekolah.

Kurikulum sekolah ini pun unik, berbeda dari sekolah formal pada umumnya. Puncaknya ketika beberapa murid mulai menyadari ada yang aneh di sekolah mereka, mampukah mereka memecahkan misteri itu?

5. 10 Years Ticket

10 years

Pukao dan Kongkwan sahabat karib sejak kecil, karena keluarga mereka memang dekat satu sama lain. Namun, semuanya berubah ketika kakak Kongkwan membunuh kakak Pukao. Enggak hanya menghancurkan hubungan kedua belah keluarga, geng Pukao dan Kongkwan pun jadi mengambil sisi.

Masalah datang bertubi-tubi. Rembetan dari kematian kakaknya, ayah Pukao memilih untuk pergi meninggalkan Pukao dengan ibunya. Sementara keluarga Kongkwan dilabeli sebagai keluarga pembunuh, dan sang kakak yang menjadi tersangka tengah menjalani hukuman penjara.

Hubungan Pukao dan Kongkwan jadi begitu complex. Pukao selalu menunjukkan kebencian secara terang-terangan pada Kongkwan, padahal bukan Kongkwan yang bersalah. Drama ini akan dimeriahkan oleh artis ternama GMMTV seperti Ohm Pawat Chittsawangdee, Tu Tontawan Tantivejakul, dan Off Jumpol Adulkittiporn.

6. Who Are You

who are you

Mind mengalami perundungan terus menerus. Dia juga enggak punya sesiapapun lagi karena yatim piatu. Memutuskan untuk bunuh diri, Mind secara ajaib tetap hidup.

Dia terbangun dengan tanpa ingatan. Mind melanjutkan hidup sebagai Meen, saudari kembarnya. Mind dan Meen sangat berbeda walau memiliki fisik yang sama persis.

Sebagai Meen, Mind bertemu dengan banyak teman dan cowok ganteng. Tapi, ada rahasia di balik kehilangan ingatannya yang mungkin bisa menyakitinya lebih dari apa pun.

7. The Comments

comments

Papang bunuh diri di tengah siaran live-nya. Padahal, dia adalah presiden siswa dan cowok paling dikagumi satu sekolah. Ada yang berpendapat Papang mengikuti Gina, aktris favoritnya, yang sama bunuh diri juga. Tapi, kakak Papang, Khan, ingin melakukan investigasi dibantu oleh Ms. Wimol, wali kelas adiknya.

Lakorn ini bertabur bintang! Ada Aye Sarunchana Apisamaimongkol sebagai Papang, New Thitipoom Techa-apaikhun sebagai Khan, Sing Harit Cheewagaroon sebagai Pok, Film Rachanun Mahawan sebagai Toon, Ciize Apichaya Saejung sebagai Nan, dan masih banyak lagi artis terkenal lainnya.

8. Happy Birthday

Happy Birthday

Ulang tahun biasanya menjadi momen yang membahagiakan. Tapi, enggak buat Tonmai dan keluarganya. Tonmai terlahir tepat pada hari saudarinya meninggal dunia. Sehingga, orang tuanya enggak pernah merayakan hari ulang tahunnya. Dia juga enggak pernah mendapatkan kado apa pun.

Hingga ketika ulang tahunnya yang ke-17, sang ayah mengizinkan Tonmai menggunakan kamar saudarinya yang telah lama meninggal itu. Anehnya, Tonmai melihat wujud kakaknya di sana, namun orang lain enggak ada yang melihat sang kakak.

9. Mint To Be

mint to be

Prakiraan cuaca memberitahukan kalau Bangkok bisa terkena banjir. Untuk menghindari itu, BB dan Bambam dikirim ke neneknya di pedesaan Selandia Baru. Di sana, BB bertemu dengan Mint, mantan pacarnya dulu.

10. U-Prince the Series

U-Prince The Lovely Geologist (2016)_

Terakhir, ada U-Prince the Series. Ini merupakan mini series yang ceritanya berkutat antara cowok beken di tiap jurusan di universitas. Total ada 10 serial dan semuanya disutradarai oleh Fon Kanittha Kwunyoo, loh. Mau nonton? Ini dia list judul dramanya:

  • U-Prince: The Ambitious Boss
  • U-Prince: The Badly Politics
  • U-Prince: The Crazy Artist
  • U-Prince: The Single Lawyer
  • U-Prince: The Extroverted Humanist
  • U-Prince: The Playful Comm-Arts
  • U-Prince: The Foxy Pilot
  • U-Prince: The Absolute Economist
  • U-Prince: The Badass Baker
  • U-Prince: The Lovely Geologist

Itu dia 10 karya sutradara Fon Kanittha Kwunyoo. Sebenarnya selain menjadi sutradara, Fon kadang berlakon sebagai screenwriter hingga produser juga. Jika itu semua dihitung, project bikinan Fon sudah lebih dari sepuluh tentunya. Apa film atau drama besutan Fon Kanittha favoritmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram