bacaterus web banner retina

10 Film Indonesia Terbaik yang Disutradarai oleh Fajar Bustomi

Ditulis oleh Suci Maharani R

Fajar Bustomi dikenal sebagai salah satu sutradara yang sudah menghasilkan banyak sekali film-film populer.

Salah satu film buatan sutradara Fajar Bustomi yang paling terkenal, tentu saja trilogi Dilan. Bayangkan saja, film Dilan 1990 (2018) berhasil masuk dalam jajaran film terlaris sepanjang masa, karena sudah ditonton hingga 6,3 juta penggemar.

Tidak hanya menggarap trilogi Dilan, Fajar Bustomi telah menghasilkan cukup banyak film yang difavoritkan banyak penggemar. Sebut saja Maripossa (2020) yang dibintangi oleh Angga Yunanda dan Adhisty Zara.

Lalu di tahun 2022, Fajar Bustomi merilis remake dari film Korea Selatan populer yang berjudul My Sassy Girl (2022).

Selain jajaran film-film di atas, sebenarnya masih ada film Indonesia lainnya yang pernah digarap oleh sutradara Fajar Bustomi. Mau tahu ada film apa saja? Biar enggak penasaran lagi, kamu bisa mencari informasi lebih lengkapnya hanya di Bacaterus.

1. Trilogi Dilan

film sutradara fajar bustomi-2_

Dilan (2018-2020) dapat dikatakan sebagai film terpopuler yang disutradarai oleh Fajar Bustomi. Film ini bisa telah disaksikan oleh lebih dari 6,3 juta penonton dalam waktu yang sangat singkat.

Tak hanya itu, film ini juga menjadi batu loncatan bagi Iqbal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Pasalnya, lewat film ini keduanya dikenal sebagai aktor dan aktris berbakat di Indonesia.

Adapun Dilan (2018-2020) mengisahkan kisah cinta dari Dilan si Panglima Perang yang bersekolah di Bandung. Ia jatuh cinta kepada seorang gadis pindahan dari Jakarta yang bernama Milea.

Sayangnya karena perbedaan sikap dan cara pandang, hubungan Dilan dan Milea tidak berjalan lancar. Bahkan pada akhirnya, Dilan dan Milea harus berpisah dan menjalani hidup mereka masing-masing.

2. 12 Cerita Glen Anggara

film sutradara fajar bustomi-3_

12 Cerita Glen Anggara (2022) menjadi film yang sangat dinantikan oleh para penggemar film Indonesia. Mengadaptasi kisahnya dari novel Luluk HF, Fajar Bustomi menggaet sederet nama selebriti muda dan berbakat Indonesia lho. Sebut saja Prilly Latuconsina, Junior Roberts, Angga Yunanda hingga si cantik  Adhisty Zara.

Untuk kisahnya sendiri, film ini menceritakan mengenai Glen Anggara yang berasal dari keluarga kaya raya tapi kurang pintar.

Kerap dianggap sebagai anak kecil dan kerap membuat keributan, tiba-tiba saja Glen berubah 180 derajat. Glen tiba-tiba sangat berniat untuk mengabulkan 12 permintaan dari seorang gadis bernama Shena. Sebenarnya apa yang terjadi kepadanya?

3. My Sassy Girl

film sutradara fajar bustomi-4_

My Sassy Girl (2022) menjadi salah satu film garapan Fajar Bustomi yang cukup dinantikan banyak penggemar. Salah satu alasannya, karena film ini akan menjadi debut akting dari penyanyi cantik Tiara Andini yang dipasangkan dengan Jefri Nichol.

Film ini sempat menimbulkan perdebatan di twitter lho. Salah satu alasannya soal kualitas akting, editing, hingga kenapa harus remake ceritanya dari film Korea?

Adapun film ini mengisahkan hidup Gian, seorang pria culun dan polos yang terus saja mengejar pendidikan. Hingga suatu hari ia tidak sengaja bertemu dengan seorang gadis aneh dan ajaib bernama Sisi.

Sejak pertemuan itu hidup Gian berubah total. Anehnya pria ini malah menikmati hal tersebut. Namun seberapapun usaha Gian untuk mengenal Sisi, ia tetap saja tidak bisa menyentuh hati gadis itu.

4. Mariposa

film sutradara fajar bustomi-5_

Mariposa (2020) menjadi film romcom yang manis dan baperin banget buat para remaja. Diadaptasi dari novel populer karya Luluk HF, tidak bisa dipungkiri Fajar Bustomi mengeksekusinya dengan baik. Apalagi pairing antara Angga Yunanda dan Adhisty Zara menghadirkan kemistri yang luar biasa.

Adapun Mariposa (2020) mengisahkan seorang gadis cantik bernama Acha yang baru saja pindah ke sekolah barunya. Berpikir akan menikmati hidup, Acha justru jatuh cinta pada pandangan pertama para siswa laki-laki terpintar dan cool bernama Iqbal.

Sejak saat itu Acha berusaha keras untuk mendapatkan hati Iqbal dengan berbagai cara, sayangnya ia malah mendapatkan penolakan terus menerus.

5. Surat Kecil untuk Tuhan

film sutradara fajar bustomi-6_

Surat Kecil Untuk Tuhan (2017) menjadi film yang berhasil merajai box office Indonesia pada masanya. Film yang disutradarai oleh Fajar Bustomi ini memang cukup menggugah hati, apalagi kisahnya diadaptasi dari novel karya Agnes Davonar.

Selain itu, sang sutradara mendapuk Bunga Citra Lestari dan Joe Taslim sebagai pemeran utamanya.

Film ini mengisahkan hidup seorang gadis cantik yang bernama Angel. Ia hidup dengan baik bersama keluarganya di Sydney dan kini menjadi pengacara hebat.

Namun sebaik apapun hidupnya, Angel tidak bisa melupakan masa lalunya. Ia memilih untuk kembali ke Jakarta untuk mencari kakak kandungnya yang sudah 15 tahun terpisah darinya.

6. Slank Nggak Ada Matinya

film sutradara fajar bustomi-7_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama
  • Produksi: Kharisma Starvision Plus
  • Sutradara: Fajar Bustomi
  • Pemeran: SLANK, Adipati Dolken, Ricky Harun, Ringgo Agus Rahman, Ajun Perwira, Aaron Ashab, Deva Mahenra

Mempersembahkan filmnya untuk para penggemar band legendaris Indonesia yaitu Slank. Fajar Bustomi bersama Kharisma Starvision Plus menggarap film berjudul Slank Nggak Ada Matinya (2013).

Film satu ini dibintangi oleh seluruh anggota band Slank dan beberapa aktor muda Indonesia. Sebut saja Adipati Dolken, Ricky Harun, Ringgo Agus Rahman, Ajun Perwira, Aaron Ashab hingga si tampan Deva Mahenra.

Sementara itu filmnya mengisahkan perjalanan band Slank pasca kehilangan salah satu personelnya. Ada berbagai masalah yang menghampiri band ini, untungnya ada Abdee dan Ridho yang kala itu jadi penyelamat.

Slank bisa kembali menunjukkan taringnya dan merilis album baru, sekaligus membuktikan bahwa Slank tidak akan bubar apapun yang terjadi.

7. From London to Bali

film sutradara fajar bustomi-8_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Romantic
  • Produksi: Starvision Plus
  • Sutradara: Angling Sagaran, Fajar Bustomi
  • Pemeran: Ricky Harun, Nikita Willy Jessica Mila, Kevin Julio, Gary Iskak, Kimberly Ryder

From London to Bali (2017) menjadi film romantis lainnya yang digarap oleh Fajar Bustomi dan Angling Sagaran.

Film satu ini sempat populer banget di kalangan anak muda Indonesia, pasalnya ada Nikita Willy dan Ricky Harun yang menjadi pemeran utamanya. Fyi, kedua selebriti tadi memang sedang populer banget di tahun 2017.

Sementara ceritanya sendiri mengisahkan Lukman yang putus dari sang kekasih karena lebih memilih untuk sekolah di London.

Tak ingin terus galau, Lukman memutuskan untuk pergi ke Bali sambil mencari pekerjaan baru. Siapa sangka, Lukman just merasakan cinta lagi dari sosok gadis Bali yang cantik dan anggun bernama Putu.

8. Winter in Tokyo

film sutradara fajar bustomi-9_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Romantic
  • Produksi: Unlimited Production & Maxima Pictures
  • Sutradara: Fajar Bustomi
  • Pemeran: Pamela Bowie, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder, Morgan Oey, Brandon Nicholas Salim, Ferry Salim, Brigitta Cynthia

Dibintangi oleh deretan selebriti muda Indonesia, Winter in Tokyo (2016) memang cukup populer. Pamela Bowie, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder dan Morgan Oey adalah jajaran selebriti yang sedang populer kala itu. Apalagi film bergenre romantis ini mengadaptasi ceritanya dari novel populer yang berjudul sama karya Ilana Tan.

Adapun ceritanya mengenai Ishida Keiko dan Nishimura Kazuto yaitu tetangga yang terlihat sangat akur dan memiliki hubungan baik.

Sering bertemu dan berinteraksi bersama, perlahan namun pasti benih-benih cinta mulai hadir di antara keduanya. Tapi Keiko malah memilih Kitano Akira dibandingkan Kazuto, sebenarnya ada apa di balik semua ini?

9. Kukejar Cinta ke Negeri Cina

film sutradara fajar bustomi-10_

Meski tidak sesukses film-film lainnya, Kukejar Cinta Ke Negeri Cina (2014) menjadi film karya sutradara Fajar Bustomi yang sangat direkomendasikan. Film romcom satu ini akan membuat kamu tertawa saat melihat akting dari Adipati Dolken, Nina Zatulini, Ernest Prakasa hinga Eriska Rein.

Sementara itu, film ini mengisahkan mengenai Iman yang berpacaran dengan seorang gadis bernama Widya. Hubungan ini tidak berjalan lancar, lantaran ibu Widya meminta Iman untuk lebih taat beribadah.

Suatu hari Iman tiba-tiba bertemu dengan seorang gadis cina bernama Chen Jia Li. Keanggunan gadis itu saat memakai hijab telah menggetarkan hati Iman yang kini terus mengejarnya.

10. Bestfriend?

film sutradara fajar bustomi-11_
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Drama
  • Produksi: MD Entertainment
  • Sutradara: Fajar Bustomi
  • Pemeran: Nikita Willy, Risty Tagor, Stefan William, Arumi Bachsin, Donita, Eza Gionino

Bagi para penggemar Nikita Willy, pasti kenal banget dengan film satu ini. inilah Bestfriend? (2008) yang mengajarkan kita apa arti dari sebuah persahabatan. Tidak sendiri, Nikita Willy akan beradu akting dengan Risty Tagor, Stefan William, Arumi Bachsin, Donita hingga Eza Gionino.

Bestfriend? (2008) mengisahkan Tania si gadis unggulan tapi sangat kuper karena tidak memiliki teman. Suatu hari ada seorang anak pindahan bernama Molly yang kini menjadi sahabat Tania.

Bersama Molly, Tania bisa melihat dunia tapi dari jalur yang salah. Bahkan gadis ini jadi kecanduan clubbing dan alkohol hingga mengalami overdosis, tapi tidak pernah sekalipun Molly menjenguknya.  

Itu dia beberapa rekomendasi film-film terpopuler yang disutradarai oleh Fajar Bustomi. Seperti yang bisa kamu lihat, kebanyakan film yang disutradarainya adalah film bergenre romcom.

Film-film seperti ini memang pas banget untuk melepaskan penat dan ditonton bersama orang terdekat. Kira-kira dari beberapa rekomendasi di atas, film mana yang membuat kamu penasaran dan ingin segera menontonnya?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram