bacaterus web banner retina

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 8 September 2021

Sejak tahun 1972, Dermott Daniel Downs telah menjadi seorang sutradara sekaligus aktor, produser, dan juga sinematografer televisi Amerika. Pria yang lebih dikenal dengan nama Dermott Downs ini bahkan masih aktif berkarya hingga kini.

Pada awal karirnya, Downs menjadi aktor cilik pada tahun 1974 dalam film The Morning After. Setahun berikutnya dia bermain dalam film Escape To Witch Mountain sebagai seorang anak bernama Truck yang berasal dari panti asuhan.

Dan, pada tahun 1976 Dermott bermain dalam film Freaky Friday. Setelah dewasa, Downs lebih menekuni sinematografi dan penyutradaraan. Dan, dia pun dikenal sebagai salah satu sutradara kawanan. So, apa saja karya-karyanya? Yuk, lihat daftar yang telah Bacaterus buat di bawah ini!

1. The Flash

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs 1
  • Tahun rilis: 2014-2017
  • Genre: Superhero, Drama, Action
  • Produksi: Warner Bros. Television Distribution
  • Sutradara: Dermott Downs
  • Pemeran: Grant Gustin, Candice Patton, Danielle Panabaker, Rick Cosnett

Review & Sinopsis The Flash

The Flash adalah serial televisi yang sangat beken. Bahkan kini sudah sampai musim ke-6. Nah, Dermott Downs beberapa kali menjadi sutradara serial ini, tapi bukan untuk keseluruhannya melainkan dalam beberapa episode saja per musim. Untuk semua karya Dermott Downs rata-rata seperti itu, hanya beberapa episode per season saja tiap serialnya.

Untuk sinopsis The Flash season 1 episode 5 “Plastic” adalah seperti ini: Joe (Jesse L. Martin) terkejut saat Jendral Eiling mengambil alih kasus meledaknya sebuah bom di pusat kota. Karena curiga, Joe meminta Barry (Grunt Gustin) bersama teman-temannya di S.T.A.R. Laboratorium untuk melihat keterlibatan para tentara ini.

Harrison (Tom Cavanagh) menginformasikan kepada timnya bahwa Eiling sedang melakukan eksperimen untuk mengubah anak buahnya menjadi tentara super. Cisco (Carlos Valdes) menyelidiki bahwa Bette Sans Souci, salah satu tentara Eiling, yang berada di lokasi bom.

Kemudian Flash melacaknya, dan akhirnya mengetahui bahwa Bette adalah manusia meta yang dapat meledakkan sesuatu dengan hanya menyentuhnya. Di lain waktu, Joe meminta Barry untuk menghentikan Iris (Candice Patton) menulis tentang “The Streak”, tapi Barry mengunjungi Iris dalam sosok Flash supaya Iris lebih mau mendengarkan.

2. Supergirl

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs 3
  • Tahun rilis: 2015-2018
  • Genre: Superhero, Action, Adventure, Drama, Science Fiction, Politic fiction
  • Produksi: Berlanti Productions, DC Entertainment, Warner Bros. Television
  • Sutradara: Dermott Downs
  • Pemeran: Melissa Benoist, Mehcad Brooks, Chyler Leigh, Jeremy Jordan, David Harewood

Review & Sinopsis Supergirl

Supergirl (Kara, Melissa Benoist) tanpa sengaja mengungkapkan bahwa dia adalah sepupu Superman dalam wawancaranya bersama Cat (Calista Flockhart). Yang, tentu saja hal ini menjadi berita besar keesokan harinya. Cat menjabarkan sosok Supergirl sebagai seorang yang dinilai negatif. Hal ini tidak disukai oleh Alex (Chyler Leigh) dan Hank.

Kemudian, seorang pria cacat dengan baju besi bertenaga nuklir bernama Reactron menyerang Supergirl. Meski Supergirl telah merusak baju besinya, Reactron berhasil melarikan diri.

Karena ini bukan ancaman alien, DEO menolak melawan Reactron. Akhirnya identitas Reactron pun diketahui oleh Kara dan DEO. Dia adalah Ben Krull, seorang pria yang pernah bekerja di reaktor nuklir.

Saat itu Superman berhasil menyelamatkan semua orang dari kehancuran, kecuali istri Krull. Menyalahkan Superman atas kematian istrinya, Krull membalaskan dendamnya dengan menciptakan baju besi Reactron.

Krull berharap dengan dia membunuh Supergirl akan membuat Superman merasakan kehilangan seperti dirinya. Setelah waktu berselang, Reactron bisa dikalahkan dengan cara membungkus inti kekuatannya menggunakan timah.

3. Arrow

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs 5
  • Tahun rilis: 2015-2016
  • Genre: Superhero, Drama, Action, Crime, Mystery
  • Produksi: Warner Bros. Television Distribution
  • Sutradara: Dermott Downs
  • Pemeran: Stephen Amell, Katie Cassidy, Colin Donnell, David Ramsey, Willa Holland

Review & Sinopsis Arrow

Sinopsis Season 3 Episode 14 “The Return”: Oliver (Stephen Amell) dan Thea (Willa Holland) berada dalam situasi yang berbahaya. Malcolm (John Barrowman) menempatkan mereka di Lian Yu dengan mantan musuh Oliver, Deathstroke (Manu Bennett).

Diungkapkan pula dalam flashback ketika Oliver dan Maseo mengambil senjata bio Omega di Starling City. Juga tentang Oliver yang dilarang keras untuk mengungkapkan jati dirinya kepada siapapun oleh Amanda Waller. Oliver juga diceritakan melihat Laurel (Katie Cassidy) dan Tommy (Colin Donnell). Bagaimana kelanjutan ceritanya? Kamu bisa membaca sinopsisnya dengan mengklik link di atas.

4. Batwoman

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs 7
  • Tahun rilis: 2019-2020
  • Genre: Superhero, Drama, Crime, Mystery
  • Produksi: Berlanti Productions, DC Entertainment, Warner Bros. Television
  • Sutradara: Dermott Downs
  • Pemeran: Ruby Rose, Rachel Skarsten, Meagan Tandy, Nicole Kang, Camrus Johnson

Sinopsis Season 1 Episode 3 “Down, Down, Down (2019): Tommy Elliot, teman masa kecil sepupunya Kate (Ruby Rose), sudah bisa mewujudkan impian terbesarnya untuk bisa lebih kaya dari Bruce Wayne. Dia berniat untuk datang mengunjungi Kate.

Tommy pun mengadakan pesta supaya penduduk Gotham bisa merayakan kesuksesannya. Luke (Camrus Johnson) bekerja sama dengan Kate untuk mengungkap pelaku yang telah mengambil senjata di gudang senjata milik Batman. Batwoman menghadapi musuh baru yang membuat Kate harus menerima sepenuhnya tugas sebagai Batwoman untuk Gotham.

5. The Tomorrow People

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs 9
  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Science fiction
  • Produksi: CBS Television Distribution, Warner Bros. Television Distribution
  • Sutradara: Dermott Downs
  • Pemeran: Robbie Amell, Luke Mitchell, Peyton List, Aaron Yoo, Madeleine Mantock, Mark Pellegrino, Alexa Vega

Sinopsis Episode 12 “Sitting Ducks”: Astrid (Madeleine Mantock) berupaya untuk mendapatkan kapasitas dalam Ultra. Jedikiah (Mark Pellegrino) memberitahu Hillary (Alexa Vega) tentang upaya Astrid ini. Stephen (Robbie Amell) mencemaskan niat Peter yang membawa ibu dan saudara laki-lakinya dalam perjalanan berkemah.

Karena Astrid mempunyai pengalaman buruk saat empat belas tahun lalu, saat Ultra hampir membunuhnya, John dengan sukarela melindungi Astrid. Namun John hampir kehabisan waktu tanpa mendapatkan kekuatannya kembali. Pilihannya, Astrid tetap berada di bawah tanah Tomorrow People atau mengambil resiko Ultra mengejarnya.

6. Chase

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs 11
  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Police procedural, Drama
  • Produksi: Warner Bros. Television Distribution
  • Sutradara: Dermott Downs
  • Pemeran: Kelli Giddish, Cole Hauser, Amaury Nolasco, Rose Rollins, Jesse Metcalfe, Robert Knepper

Sinopsis Episode 3 "The Comeback Kid": Jack Druggan (Robert Knepper) seorang mafia Boston, hidup dalam identitas palsu sebagai pria rendah hati selama hampir dua dekade. Jack sudah merasa cukup dalam kepura-puraannya ini.

Jack pun membalaskan dendamnya dengan membunuh para pelaku yang menyerang istrinya, akan tetapi dia membiarkan para saksi untuk tetap hidup dan selamat. Tetapi, Jack menantang para Marshal untuk menangkapnya.

7. Legends of Tomorrow

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs 13
  • Tahun rilis: 2016-2018
  • Genre: Action, Comedy-drama, Science Fiction, Superhero
  • Produksi: Berlanti Productions, DC Entertainment, Warner Bros. Television
  • Sutradara: Dermott Downs
  • Pemeran: Victor Garber, Brandon Routh, Arthur Darvill,Caity Lotz, Franz Drameh, Ciara Renée

Sinopsis & Review DC’s Legends of Tomorrow Season 3 (2017)

Sinopsis Season 1 Episode 3 “Blood Ties”: Rip (Arthur Darvill) dan Sara (Caity Lotz) terpergok oleh anak buah Savage (Casper Crump) saat menyusup ke bank milik Savage.

Snart (Wentworth Miller) dan Rory (Dominic Purcell) berencana mencuri zamrud, mereka berdua membujuk Jax untuk membawa Waverider kembali ke Central City. Ray (Brandon Routh) dipandu oleh Profesor Stein (Victor Garber) dalam misinya yang berbahaya.

8. Prodigal Son

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs 15
  • Tahun rilis: 2020-2021
  • Genre: Crime, Drama, Procedural police
  • Produksi: -
  • Sutradara: Dermott Downs
  • Pemeran: Tom Payne, Lou Diamond, Halston Sage, Aurora Perrineau, Frank Harts, Keiko Agena, Bellamy Young, Michael Sheen

Sinopsis Season 1 Episode 18 “Scheherazade”: Malcolm (Tom Payne) membawa Eve (Molly Griggs) ke Dr. Whitly, untuk memanipulasi Eve supaya mengakui perannya dalam kematian Sophie Sander, saudara perempuan Eve.

Martin meminta Malcolm dan Eve untuk menjauh. Nicholas Endicott (Dermott Mulroney) mengadakan pesta, dan terjadilah insiden kematian seorang penari balet yang membelot dari Kuba.

Gil (Lou Diamond Phillips) cemburu saat ia mengetahui Endicott menjalin hubungan asmara dengan Jessica (Bellamy Young). Tim yang menyelidiki perusahaan penari balet akhirnya mengetahui bahwa korban melarikan diri dari Kuba setelah mentornya ditangkap karena telah meracuni beberapa penari lainnya.

Malcolm menduga sang mentor yang sudah dianggap mati sebenarnya masih hidup. Dan ternyata benar, sang mentor menyamar dan membunuh muridnya karena takut rahasianya terbongkar. Gil menyelamatkan Malcolm saat sang mentor menjatuhkan lampu panggung ke arah mereka. Sang mentor pun tertangkap.

Eve akhirnya mengetahui bahwa ternyata Dr. Whitly telah menyelamatkan saudarinya. Tapi dalam flashback, Dr. Whitly menyembunyikan identitas pria yang sebenarnya menginginkan kematian saudari Eve, Nicholas Endicott.

9. Blindspot

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs 17
  • Tahun rilis: 2016-2020
  • Genre: Crime, Drama, Action, Thriller, Mystery
  • Produksi: Berlanti Productions, Quinn’s House, Warner Bros. Television
  • Sutradara: Dermott Downs
  • Pemeran: Sullivan Stapleton, Jaimie Alexander, Rob Brown, Audrey Esparza, Ashley Johnson

Sinopsis Season 1 Episode 19 “In The Comet Of Us” (2016): Zapata dan tim mengungkap penipuan beasiswa di Universitas Hudson. Tidak diduga, di sana terjadi insiden penembakan. Pelaku penembakan berhasil ditangkap, yang diketahui identitasnya sebagai mantan pemain sepakbola yang pernah dilecehkan oleh pelatihnya.

Dalam episode ini juga mengungkapkan hubungan Weller dengan ayahnya, hubungan Jane dengan Oscar, Zapata dan para penjudinya yang saling bertemu tanpa mengetahui identitas masing-masing, dan Rade yang melupakan perpisahannya dengan Sara.

Selain itu, Mayfair memberikan uang kepada Sofia untuk bisa melarikan diri dari para pengejarnya. Tetapi Sofia menolaknya dan malah meminta Mayfair ikut lari bersamanya, sayangnya Mayfair menolak dan memaksa Sofia untuk pergi.

10. Doom Patrol

10 Film dan Serial TV Terbaik Karya Sutradara Dermott Downs 19
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Superhero, Comedy, Drama
  • Produksi: Berlanti Productions, Jeremy Carver Productions, DC Entertainment, Warner Bros. Television
  • Sutradara: Dermott Downs
  • Pemeran: Diane Guerrero, April Bowlby, Alan Tudyk, Matt Bomer, Brendan Fraser, Timothy Dalton, Joivan Wade

Sinopsis Season 1 Episode 2 “Donkey Patrol” (2019): Jane (Diane Guerrero) mengikuti Morden (Alan Tudyk) yang membawa Clauder ke vortex. Kemudian Cloverton dilahap oleh vortex. Rita pensiun dan menunggu Caulder kembali ke Manor.

Larry (Matt Bomer) yang berusaha meninggalkan kota, terhalangi oleh energi negatif dari dalam tubuhnya. Victor (Joivan Wade), teman Caulder (Timothy Dalton), melakukan perjalanan ke Cloverton.

Keledai Morden memuntahi Jane. Cliff (Brendan Fraser) tidak dapat menginterogasi Jane karena Jane sedang dalam kondisi kepribadian Jane yang lain. Cliff mempelajari kondisi Jane, Vic menjadi salah satu pemicu perubahan kepribadian Jane sehingga membuat Jane menyerang Vic dan Cliff.

Larry dan Vic ikut tersedot saat Rita pergi ke pintu gerbang melalui mulut keledai. Sementara itu Morden menyiksa Larry dan Vic untuk menggagalkan pencarian mereka untuk menemukan Caulder. Tapi dengan energy Larry, mereka berhasil kembali. Vic menolak ajakan ayahnya, Silas (Phill Morris), untuk pulang, karena ia memutuskan untuk bergabung dengan tim.

Masih banyak sebenarnya karya Dermott Downs lainnya, tapi 10 serial di atas bisa menjadi sedikit referensi dari Bacaterus. Dari semua hasil karya Dermott, serial mana saja yang sudah kamu tonton? Apakah salah satunya ada di daftar di atas? Yang mana yang menjadi favoritmu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram