bacaterus web banner retina

8 Film & Drama Terbaik Karya Backaof Noppharnach Chaiwimol

Siapa yang suka nonton film dan drama Thailand? Kalau kamu salah satunya, mungkin udah enggak asing lagi sama Noppharnach Chaiwimol, atau beken dengan panggilan Backaof. Dia adalah seorang sutradara, produser, dan penulis cerita di GMMTV. Backaof bisa akting juga, loh! Kadang, dia muncul di drama yang dia sutradarai atau dia tulis sebagai kameo.

Sepanjang karirnya, Backaof udah menciptakan banyak masterpiece. Bahkan, beberapa hasil karyanya menerima penghargaan bergengsi. "A Tale of a Thousand Stars" menang Hot Series/Drama Siam Series Awards 2021, Best LGBTQ+ Programme Made in Asia di Content Asian Awards 2021, dan drama terbaik versi Zoom Dara Awards 2021.

Kemudian, "Bad Buddy Series" memenangkan Best of Thai Series dan Best of Y-Series di WeTV Awards 2022, dan "He's Coming to Me" mendapatkan Best Dramatic Scene dari LINE TV Awards 2020. Kalau sampai dapat penghargaan berarti tontonannya benar berkualitas dan disukai banyak orang, dong.

Ingin tahu apa saja film dan drama yang Backaof buat? Berikut adalah film dan drama buatan sutradara Backaof yang terbaik versi Bacaterus.

1. 2gether: The Movie (2021)

2gether The Movie_

Masih diperankan Win Metawin sebagai Tine Teepakorn dan Bright Vachirawit sebagai Sarawat Guntithanon, film "2gether: The Movie" merupakan lanjutan dari dua dramanya. Ya, sebelum menonton film ini kamu harus nonton dramanya terlebih dulu supaya mengerti jalan ceritanya.

Drama yang pertama adalah "2gether: The Series (เพราะเราคู่กัน)" dan dilanjutkan dengan "Still 2gether (เพราะเรา(ยัง)คู่กัน)". Nah, film ini katanya merupakan 'edisi lengkap' yang menggabungkan kedua drama tersebut.

Tapi, di film, kita bakal melihatnya dari sudut pandang Sarawat! Kilas balik pertemuan pertama SarawatTine, lalu siapa yang jatuh cinta pertama kali, ditambah alur cerita sekarang di mana Sarawat dan Tine udah sama-sama dewasa dan siap untuk langkah selanjutnya dalam hidup mereka.

2. A Tale of Thousand Stars (2021)

Thailand-A-Tale-of-Thousand-Stars-4

Drama ini dikenal juga sebagai "นิทานพันดาว" atau "1000stars". Pemeran utamanya adalah pendatang baru di dunia entertainment, Mix Sahaphap Wongratch, dan pasangannya adalah veteran di cerita BL, Earth Pirapat Watthanasetsiri.

Mengisahkan tentang Tian Sopasitsakun, terlahir sebagai anak bungsu dari keluarga kaya raya membuatnya antipati, egois, dan hobi menghambur-hamburkan uang. Kehidupannya jungkir balik ketika divonis memiliki masalah dengan jantungnya dan harus segera mendapatkan donor jantung.

Secara enggak terduga, Tian mendapatkan jantung yang kompatibel dari seorang gadis bernama Torfun yang tewas tertabrak mobil. Merasa bersalah dan berterima kasih, Tian pun mencari tahu kehidupan lama Torfun dan menggantikan posisinya sebagai guru volunteer di daerah terpencil.

Lewat buku harian Torfun, Tian mengetahui impian terakhir gadis itu adalah untuk menghitung 1000 bintang di Bukit Pha Pun Dao bersama orang yang disukainya, Chief Phupha. Drama ini memenangkan banyak awards, loh. Untuk dramanya sendiri, untuk original soundtrack, untuk pemeran, hingga couple dramanya.

Hal menarik lainnya dari drama ini adalah, couple BL-nya cuma satu, yaitu protagonis utamanya aja, Tian dan Phupha. Di mana biasanya drama dan film BL pasti dikelilingi oleh bejibun couple same sex lainnya, sehingga yang dilakukan P' Backaof pada drama ini cukup refreshing.

3. Bad Buddy (2021)

bad-buddy-ending_

"Bad Buddy" series memiliki dua karakter utama, Pran yang diperankan Nanon Korapat Kirdpan dan Pat yang diperankan Ohm Pawat Chittsawangdee. Ceritanya kedua orang tua Pran dan Pat selalu berseteru dalam segala hal, dan kebencian itu diturunkan ke anak-anak mereka. Pran dan Pa sebenarnya enggak mengerti, tapi jadi benci satu sama lain juga.

Namun, ketika mereka satu kampus, Pran dan Pa mulai merasakan ketertarikan satu sama lain. Bermula dari musuh, kemudian 'teman', dan meningkat lagi jadi pacaran tapi backstreet. Bisa enggak, ya, Pran dan Pa go public dan mendapatkan restu dari orang tua juga teman-temannya?

4. Still 2gether (2020)

Still 2gether_Episode (Copy)

เพราะเรา(ยัง)คู่กัน alias Still 2Gether adalah kisah tahun berikutnya dalam hubungan Tine dan Sarawat. Kini, mereka bukan junior lagi melainkan udah jadi senior.

Selain mengalami masalah baru dalam hubungan, SarawatTine juga punya problem terkait dua klub yang mereka naungi, cheerleader untuk Tine dan musik untuk Sarawat. Kita juga disuguhkan keseruan teman-teman kampus SarawatTine dan perkembangan hubungan di antara beberapa karakter.

5. He's Coming To Me (2019)

He_s-Coming-To-Me_

Pernah enggak kalian berpikir untuk pacaran sama hantu? Hal itu juga enggak pernah terlintas di benak Thun. Hantu yang dia pacari adalah Med, pewaris keluarga kaya raya. Med meninggal secara misterius dan menjadi arwah gentayangan. Selama 20 tahun, dia menunggu untuk bereinkarnasi, tapi niatannya berubah ketika bertemu Thun.

Thun memiliki bakat spesial, yaitu bisa melihat dan mengobrol dengan hantu. Thun dan Med berteman dari Thun kecil hingga dewasa. Saat Thun duduk di bangku kuliah, dia mengetahui fakta kalau Med dibunuh dan akan membantunya. Seiring waktu, tumbuh perasaan kuat diantara mereka, walau mereka tahu suatu hari pasti akan berpisah.

6. Dark Blue Kiss (2019)

Dark Blue Kiss_

Drama ini merupakan bagian dari parent story-nya, "Kiss Me Again", lalu ada side story-nya yang berjudul "Kiss". Untuk spinoff-nya ada "Our Skyy" dan "Dark Blue Kiss" ini! Di sini, fokus ceritanya pada karakter Pete dan Kao yang kini berhubungan lebih intens namun tetap backstreet.

Percintaan mereka digoda ketika adanya orang ketiga dan ketakutan Kao akan ibunya. Sementara ketika Sun udah move on dari Kao, dia jadi dekat dengan Mork. Yuk, tonton aksi Tay Tawan Vihokratana sebagai Pete dan New Thitipoom Techa-apaikhun sebagai Kao sekarang juga!

7. Our Skyy (2018)

Our Skyy (2018)_

Seperti yang udah disinggung di atas, "Our Skyy" adalah spinoff dari series "Kiss Me Again". Tapi, yang disutradari oleh Backaof hanya ini dan "Dark Blue Kiss" saja. Drama antolog ini mengandung 5 cerita yang sebenarnya enggak saling berhubungan. Mereka adalah karakter dari drama-drama populer GMMTV.

Yaitu Pick dan Rome dari "Secret Love: Puppy Honey", In dan Sun dari "My Dear Loser", Tee dan Mork dari "'Cause You're My Boy", Kao dan Pete dari "Kiss Me Again", terakhir Arthit dan Kongpob dari serial "SOTUS".

Episode satu dibuka oleh penampilan Pick dan Rome dan bertukar tubuh. Kemudian episode dua ada In dan Sun di mana In mengejar Sun kembali, tapi Sun sepertinya udah punya gandengan lain. Di episode ketiga ada Tee dan Mork yang lagi mau anniv yang ke-3, tapi kok kayaknya Mork selingkuh, ya?

Pete dan Kao kudu berjuang melawan ramalan tentang putusnya hubungan mereka di episode empat. Last but not least, ada Kongpob dan Arthit yang dilanda problema LDR. Semua ceritanya pendek dan ringan, cocok untuk jadi tontonan saat makan siang.

8. Moonlight Chicken (2022)

Moonlight Chicken_

"Moonlight Chicken" merupakan bagian dari "Midnight Series" GMMTV yang masih coming soon di tahun 2022. Sutradara Backaof bekerja dengan Earth Pirapat dan Mix Sahaphap untuk kedua kalinya lewat project ini.

"Moonlight Chicken" membawakan cerita Jim, seorang penjajak nasi ayam Hainan di kedainya yang sederhana. Suatu malam, dia berurusan dengan Wen, pembelinya yang mabuk. Setelah itu, satu sama lain merasakan ketertarikan yang kuat, padahal Wen udah punya pacar. Selain Moonlight Chicken, nantikan juga "Midnight Series" lainnya yaitu "Midnight Motel" dan "Dirty Laundry".

Ya, itu dia 8 film dan drama yang disutradari oleh Backaof. Karirnya dalam men-direct suatu cerita selalu diacungi jempol dan enggak pernah terlibat kontroversi karena dia selalu berhati-hati. Cerita yang dia angkat ke layar kaca dan layar lebar pun sering membawa terobosan baru, terutama di dunia BL. Apa film dan drama Backaof favoritmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram