Bacaterus / Film Thailand / Ngefans dengan Sutatta Udomsilp? Inilah Daftar Filmnya!

Ngefans dengan Sutatta Udomsilp? Inilah Daftar Filmnya!

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sutatta Udomsilp, atau sering juga dipanggil PunPun, adalah aktris berkebangsaan Thailand kelahiran 1997. Kamu mungkin mengenalnya dari serial televisi “Hormones: The Series”, tapi ia juga main dalam beberapa film, loh.

Sutatta memulai karirnya di industri hiburan sejak ia berusia 4 tahun sebagai model untuk beberapa iklan. Ia menandai debut aktingnya dengan film “Ladda Land“. Lalu, ia pun mendapatkan peran utama pertamanya dalam film antologi “Seven Something”.

Dalam usianya yang masih belia, Sutatta sudah mengantongi Suphannahong Award dalam peran utamanya dalam film “Last Summer”. Ingin tahu semua film yang dimainkan oleh anak bungsu dari tiga bersaudara ini? Inilah daftar film Sutatta Udomsilp yang sudah Bacaterus rangkum buatmu.

  • Nama Lengkap: สุ ทัต ตา อุดม ศิลป์ (Sutatta Udomsilp)
  • Nama Panggilan: ปัน ปัน (PunPun)
  • Tempat Tanggal Lahir: Bangkok, Thailand | 5 Juni 1997
  • Instagram: @punpun_sutatta

1. May Who

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Komedi romantis remaja
  • Produksi: Jorkwang films
  • Sutradara: Chayanop Boonprakob
  • Pemeran: Sutatta Udomsilp, Thiti “Bank” Mahayotaruk, Thanapob “Tor” Leeratanakajorn, Narikun Ketprapakorn

Film ter-hits yang diperankan Sutata adalah May Who? (Thai: เมย์ไหน..ไฟแรงเฟร่อ, dibaca Me Nai Fai Raeng Froe). Ini adalah film komedi romantis anak remaja.

Menceritakan Pong, seorang siswa SMA yang di-outcast oleh teman-teman di sekolahnya, ia sangat hobi menggambar. Ia membuat komik di mana Ming, gadis yang ia sukai di kehidupan nyatanya, sebagai protagonis. Sedangkan ia sendiri menjadi superhero di dalam komiknya.

Suatu hari, May Nhai (Sutatta Udomsilp) menemukan komiknya. May sendiri sama seperti Pong, ia juga dikucilkan dan dijauhi oleh teman-teman sekolahnya. Entah apa tujuan May menunjukkan komik buatan Pong ke seluruh kelas, yang jelas Pong jadi malu sekali karena Ming juga melihat komik itu.

Tapi, saat mau ‘membalas dendam’, Pong tidak sengaja menemukan kelebihan May. Yup, May punya kemampuan khusus yang ia rahasiakan, yaitu bisa merilis listrik dari tubuh ketika ritme jantungnya naik.

Pong berjanji untuk tidak memberitahu hal tersebut ke siapapun, dan mereka akhirnya berteman. Sebagai teman yang baik, Pong menyemangati May untuk mendekati gebetannya, Fame, si cowok basket paling beken di sekolah.

Padahal, Fame juga sebenarnya tertarik pada May, tapi tidak ia ungkapkan. Dalam proses ini, Pong malah jadi suka juga pada May, dan ia pun menggambar May menjadi protagonis dalam komiknya.

Film ini mengantarkan Sutata Udomsilp untuk meraih piala Celebrity Film Actress of the Year dari Daradaily The Great Awards 5 dan Best Female Lead dari Thai Film Director Association Awards 2016.

2. Ladda Land

  • Tahun rilis: 2011
  • Genre: Horor, Drama
  • Produksi: GTH & Jorkwang Films
  • Sutradara: Sophon Sakdaphisit
  • Pemeran: Saharat Sangkapreecha, Piyathida Woramusik, Atipich Chutiwatkajornchai, Sutatta Udomsilp

Film yang ke-2 ada Ladda Land (Thai: ลัดดาแลนด์). Adalah film horor yang berkisah tentang sebuah keluarga yang pindah ke rumah baru. Awalnya tidak ada yang aneh, namun lama kelamaan mereka merasakan kejadian paranormal secara bertahap.

Film ini sangat sukses saat perilisannya, sekaligus menjadi film nomor satu pada minggu pembukaannya di Thailand. Film ini juga terbilang sukses di kancah internasional.

Laddaland adalah sebuah perumahan kelas atas di Chiang Mai. Thee, yang seorang pegawai kantoran biasa akhirnya bisa pindah rumah ke perumahan elit itu setelah berusia 40 tahun. Ia turut mengajak istrinya, Parn, putri remajanya, Nan, dan putranya yang masih kecil, Nat.

Dengan pindah ke rumah baru, Thee dan Parn berharap bisa merasakan kehidupan yang lebih baik dan bisa berdamai dengan putrinya yang sedang rebel karena merasa kurang diperhatikan akibat kedua orang tuanya yang terlalu sibuk bekerja.

Laddaland adalah lingkungan yang tenang, namanya juga komplek elit. Tapi, seluruh keluarga Thee akhirnya menyadari ada yang aneh lambat laun.

Karena, nampaknya, orang-orang di sana cenderung sering berselisih dan melakukan kekerasan dalam keluarga. Dibuktikan dengan kejadian mengerikan yang dialami tetangga mereka, seperti ada yang tewas terbunuh, terus ada juga suami yang menganiaya ibu, istri, dan anaknya.

Belum lagi Nan, anak perempuan Thee, yang merasakan fenomena supernatural saat ia dan teman-temannya penasaran ingin mengunjungi rumah tempat terjadi kejadian pembunuhan di dekat rumah Nan.

Perusahaan tempat Thee bekerja bangkrut dan bosnya menipu serta mengambil semua hartanya, membuat Thee dan Parn menjadi sangat stres. Belum lagi kejadian mistis yang dialami Parn sendiri dan Nan yang memiliki teman khayalan.

Kejadian semakin parah semakin hari, sampai di titik di mana Nat tertembak oleh ayahnya sendiri dan kemudian ayahnya bunuh diri karena merasa bersalah.

3. Seven Something

  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Romansa, Drama
  • Produksi: GTH
  • Sutradara: Jira Maligool, Adisorn Trisirikasem, Paween Purikitpanya
  • Pemeran: Jirayu La-ongmanee, Sutatta Udomsilp, Sunny Suwanmethanon, Sirin Horwang, Nickhun Horvejkul

Film “Seven Something” yang dirilis pada tahun 2012 ini memiliki judul original “รัก 7 ปี ดี 7 หน” (baca: Rak Chet Pi Di Chet Hon). Ini adalah film antologi, alias terdiri dari beberapa bagian di dalam satu film, ceritanya sendiri bisa menyambung satu sama lain atau tidak sama sekali.

Nah, untuk film “Seven Something” ini terbagi menjadi tiga bagian. Judul film ini mungkin terinspirasi dari usia GTH house production yang ulang tahun ke-7 pada saat itu.

Menceritakan kisah cinta tiga pasangan dari generasi yang berbeda, yaitu cinta remaja (usia 14 tahun), cinta dewasa muda (usia 21 tahun), dan cinta orang dewasa (usia 42 tahun). Kalau Sutatta Udomsilp tentu main yang cerita remajanya, dong. Di sini ia berperan sebagai Milk.

4. Last Summer

  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Horor
  • Produksi: Talent 1 Movie Studio
  • Sutradara: Saranyoo Jiralak, Sitisiri Mongkolsiri
  • Pemeran: Jirayu La-ongmanee, Ekawat Niratvorapanya, Sutatta Udomsilp

Terakhir, ada film “Last Summer” atau judul aslinya “Ruedoo ron nan chan tai”. Ini film horor anak remaja. Ada empat anak yang bersahabat, yaitu Singh, Meen (Sutatta Udomsilp), Garn, dan Joy.

Mereka sedang berlibur ke pantai berempat saja untuk melepaskan lelah dari dunia sekolah. Mereka bersenang-senang dan minum minuman keras, begitu terus dalam keseharian mereka.

Suatu malam, Joy yang terlalu banyak minum sudah tak bisa berdiri tegak lagi. Singh pun membopong Joy ke kamarnya, kemudian Joy pun tak sadarkan diri. Saat dibaringkan, tubuh Joy tiba-tiba gemetaran dan mengeluarkan darah dari mulutnya, lalu ia pun meninggal seketika.

Semua teman-temannya kaget, panik, dan bingung. Takut dimarahi dan diminta pertanggung jawaban orang tua Joy, mereka pun membuang mayat Joy ke laut.

Berharap bisa terbebas dari bayang-bayang kematian teman mereka, justru arwah Joy mengikuti mereka ke mana-mana. Mungkin karena ada sesuatu yang ingin Joy sampaikan, atau mungkin Joy memiliki dendam?

Karena, satu per satu sahabat Joy ikut meninggal setelahnya. Hmm kira-kira ada misteri apa di balik ini semua, ya? Cerita yang seru ini didukung script yang tajam dan arahan yang solid, sehingga berhasil menjadi film horor yang bukan hanya menegangkan tapi juga seru.

Belum banyak film yang diperankan oleh Sutatta, tapi keempat filmnya sangat menarik untuk mengisi waktu luang kamu lho. Pernah nonton salah satunya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *