Bacaterus / Film Anime / 10 Film Studio Ghibli Terbaik yang Wajib Untuk Ditonton

10 Film Studio Ghibli Terbaik yang Wajib Untuk Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Oktober 2019

Studio Ghibli merupakan sebuah studio film animasi Jepang yang telah mengeluarkan banyak film anime yang sangat populer di dunia. Spirited Away dan Grave of the Fireflies adalah dua contoh karya Studio Ghibli terbaik yang telah mendapatkan banyak pujian dan respon positif dari penggemar film anime di seluruh dunia.

Salah satu pendiri Studio Ghibli adalah seorang sutradara film anime fenomenal yang bernama Hayao Miyazaki. Dia dan ketiga orang lainnya mendirikan studio tersebut pada 15 June 1985 dan saat ini Studio Ghibli berkantor pusat di Koganei, Tokyo. Selain film anime, studio ini juga membuat sejumlah produk lainnya, termasuk video games dan iklan TV.

Nama Studio Ghibli sudah cukup terkenal di dunia. Hal itu karena beberapa film buatannya mendapat kesuksesan besar di pasaran. Bahkan, salah satu di antaranya berhasil menjadi film anime terlaris sepanjang masa, yaitu Spirited Away dengan total pendapatan lebih dari 360 juta Dolar. Berikut adalah beberapa film Studio Ghibli terbaik yang wajib kalian tonton.

1. Spirited Away

Poster Spirited Away

* sumber: www.imdb.com

Spirited Away adalah salah satu film anime karya Studio Ghibli yang paling digemari di dunia dan saat ini dinobatkan sebagai film anime terlaris sepanjang masa dengan pendapatan total lebih dari 360 juta Dolar di seluruh dunia. Film yang dirilis pada tahun 2001 ini bahkan menjadi film anime pertama yang memenangi penghargaan Oscar di kategori Film Animasi Terbaik!

Film Spirited Away bercerita tentang seorang gadis 10 tahun yang secara tidak sengaja masuk ke dunia yang diperintah oleh dewa, penyihir, dan roh. Dia, dengan bantuan seseorang di dunia tersebut, harus berusaha menyelamatkan diri dan orang tuanya yang telah berubah menjadi babi, sehingga bisa kembali ke dunia nyata.

2. Grave of the Fireflies

Poster Grave of the Fireflies

* sumber: www.imdb.com

Grave of the Fireflies adalah film Studio Ghibli terbaik lainnya yang mendapatkan sambutan positif dari para penggemar film anime di seluruh dunia. Karena film ini sangat emosional, kalian akan terbawa suasana yang sangat menyayat hati ketika menontonnya. Bahkan, emosi kalian bisa campur aduk, antara sedih, marah, kasihan, dan lain sebagainya.

Cerita film keluaran tahun 1988 ini sendiri didasarkan pada sebuah cerita pendek semi-otobiografi tahun 1967 dengan judul yang sama. Kisahnya berpusat pada seorang anak laki-laki dan adik perempuannya yang masih kecil yang harus berjuang untuk bertahan hidup selama Perang Dunia II berlangsung! Latar cerita berada di Kobe, yang kini menjadi kota terbesar keenam di Jepang.

3. My Neighbor Totoro

Poster My Neighbor Totoro

* sumber: www.imdb.com

My Neighbor Totoro adalah film Studio Ghibli yang bergenre fantasi. Film yang dirilis pada tahun 1988 ini mengisahkan dua orang adik kakak, Mei dan Satsuki, yang pindah ke sebuah rumah tua yang dekat dengan rumah sakit, tempat di mana ibu mereka dirawat.

Di sana mereka berteman dengan Totoro, makhluk raksasa seperti kelinci yang tinggal di dekat rumah baru mereka. Petualangan-petualangan menarik yang mereka lakukan benar-benar menghibur dan tidak membosankan. My Neighbor Totoro berhasil menarik banyak penonton di berbagai negara, dengan pendapatan total mencapai 45 juta Dolar di seluruh dunia.

4. Princess Mononoke

Poster Princess Mononoke

* sumber: www.imdb.com

Princess Mononoke adalah salah satu film Studio Ghibli keluaran tahun 1997 yang memiliki rating tinggi di IMDb. Bertema tentang lingkungan, cerita film ini berpusat pada konflik yang terjadi antara manusia dan Princess Mononoke, seorang gadis yang dibesarkan oleh serigala, yang juga melibatkan seorang pangeran yang sedang dalam perjalanan menemukan obat kutukan.

Princess Mononoke bukan tanpa alasan berperang dengan manusia. Hal itu karena dirinya ingin menyelamatkan hutan tempat ia tinggal beserta semua makhluk yang ada di dalamnya dari kerusakan yang diperbuat oleh manusia. Menurut kalian, pihak mana yang seharusnya menang?

5. Howl’s Moving Castle

Poster Howl's Moving Castle

* sumber: www.imdb.com

Ini adalah salah satu film Studio Ghibli yang sangat sukses di pasaran. Dengan biaya produksi hanya 24 juta Dolar, total pendapatan film ini mencapai 235 juta Dolar. Dirilis pada tahun 2004, Howl’s Moving Castle telah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi, salah satunya adalah Tokyo Anime Award untuk kategori Animation of the Year, Best Director, Best Voice Actor/Actress, dan Best Music.

Seperti judulnya, film ini benar-benar bercerita tentang kastil yang bisa berjalan dan berpindah-pindah tempat. Howl, pemilik kastil tersebut adalah seorang penyihir muda yang dianggap dapat memecahkan mantera yang ada pada diri seorang wanita muda yang dikutuk menjadi tua oleh seorang penyihir jahat.

6. Nausicaä of the Valley of the Wind

Poster Nausicaä of the Valley of the Wind

* sumber: www.imdb.com

Film Studio Ghibli keluaran tahun 1984 ini mengisahkan prajurit dan pasifis (orang yang mencintai perdamaian) Putri Nausicaä yang berjuang mati-matian untuk mencegah dua negara yang bertikai yang pada akhirnya dapat menghancurkan diri mereka sendiri dan planet mereka yang sekarat.

Nausicaä of the Valley of the Wind merupakan film petualangan fantasi yang menarik untuk ditonton. Film ini memberikan pesan kepada para penonton untuk tetap menjaga dan mencintai lingkungan agar bumi ini tetap aman dan damai. Pesan lain yang disampaikan adalah bahwa peperangan hanya akan menyebabkan kerusakan dan kehancuran.

7. Castle in the Sky

Poster Castle in the Sky

* sumber: www.imdb.com

Castle in the Sky adalah film anime pertama yang diproduksi oleh Studio Ghibli. Film yang bergenre drama petualangan ini dirilis pada tanggal 2 Agustus 1986 dengan total pendapatan sekitar 15,5 juta Dolar. Ini adalah salah satu film Studio Ghibli terbaik yang perlu kalian tonton.

Kisah film ini berpusat pada seorang anak laki-laki dan seorang gadis dengan kristal ajaib yang berpetualang untuk mencari kastil terbang yang legendaris. Tentu saja perjuangan keduanya tidak mudah. Mereka harus berpacu melawan bajak laut dan agen asing dalam pencarian tersebut.

8. Kiki’s Delivery Service

Poster Kiki's Delivery Service

* sumber: www.imdb.com

Film keempat Studio Ghibli ini dirilis pada tahun 1989 dan juga mendapatkan banyak penggemar di seluruh dunia. Di IMDb, Kiki’s Delivery Service memiliki rating 7,9 (per September 2019) dari lebih dari 100rb penilai. Dengan budget hanya 800 juta Yen, film ini berhasil meraup keuntungan lebih dari 4 miliar Yen!

Film ini mengisahkan seorang penyihir muda yang merasa kesulitan menyesuaikan diri dengan komunitas baru pada waktu di mana ia wajib hidup mandiri dan harus mengaplikasikan ilmu sihirnya. Di waktu bersamaan dia harus menghidupi dirinya sendiri dengan menjalankan layanan kurir udara.

9. The Secret World of Arrietty

Poster The Secret World of Arrietty

* sumber: www.imdb.com

Film Studio Ghibli keluaran tahun 2010 ini juga cukup sukses secara komersial di pasaran global. Dengan budget produksi sekitar 23 juta Dolar, film ini berhasil meraup keuntungan lebih dari 145 juta Dolar di seluruh dunia. Dengan rating yang cukup tinggi, The Secret World of Arrietty ini layak untuk kalian tonton!

Film ini menceritakan kehidupan sebuah keluarga bertubuh mungil setinggi 10 cm yang tinggal di kediaman keluarga lain yang bertubuh normal. Mereka meminjam barang-barang sederhana keluarga tersebut untuk membuat rumah mereka sendiri. Kehidupan mereka berubah ketika putri remaja mereka yang bernama Arrietty ditemukan.

10. Ponyo

Poster Ponyo

* sumber: www.imdb.com

Film Studio Ghibli terbaik yang ini bergenre komedi dan petualangan. Film anime ini mengisahkan seorang anak lelaki berusia lima tahun yang memiliki hubungan dengan seorang putri ikan mas muda yang bernama Ponyo. Putri ikan tersebut ingin sekali menjadi manusia setelah jatuh cinta pada anak tersebut.

Ponyo mendapat sambutan yang baik di dunia internasional, membuatnya sangat sukses secara komersial. Dengan budget produksi sekitar 34 juta Dolar, film ini berhasil mengantongi pendapatan total lebih dari 200 juta Dolar! Jadi, film keluaran tahun 2008 ini pastinya sangat layak untuk ditonton.

Nah, itulah deretan film Studio Ghibli terbaik yang menarik untuk kalian tonton. Mayoritas film di atas disutradarai oleh Hayao Miyazaki sendiri, yang terkenal sangat berbakat dan berdedikasi tinggi untuk setiap karyanya.

Oh iya, selain Studio Ghibli, Makoto Shinkai juga adalah salah satu produsen anime yang sangat terkenal. Bahkan, karya-karya animenya juga mampu membuat kamu ingin menonton terus-terusan tanpa bosan. Ingin tahu anime terbaik yang diproduksi oleh Makoto Shinkai? Yuk, cari tahu informasinya di artikel ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar