Bacaterus / Film Barat / 10 Film Spanyol Romantis yang Tak Kalah Manis dan Dramatis

10 Film Spanyol Romantis yang Tak Kalah Manis dan Dramatis

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2020

Film romantis seperti punya penggemar yang tak pernah habis. Jalan cerita antara dua tokoh utama selalu menyuguhkan kerumitan sebuah hubungan dan hal-hal manis yang dirasakan. Tidak heran jika sampai kapan pun, film romantis tidak kehilangan penontonnya.

Bagaimana pun, cinta dan segala macam permasalahannya selalu mendapat tempat di hati banyak orang. Baik tua atau muda, laki-laki atau perempuan dapat menikmatinya. Semua karena cinta adalah kebutuhan dasar manusia. Dengan seperti itu, para penonton film romantis, biasanya merasa terlibat secara emosional.

Di antara banyaknya jenis film romantis, pernahkah kamu sengaja memilih menyaksikan film Spanyol romantis? Dibanding film romantis dari negara lain, boleh jadi film dari Spanyol tidak terlalu familiar bagi penonton Indonesia; berbeda dengan film-film romantis dari Korea Selatan.

Film romantis Spanyol punya kekhasan tersendiri. Meski begitu, ia cukup asing. Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah bahasa yang tidak akrab didengar oleh masyarakat Indonesia. Padahal, jalan ceritanya juga tidak kalah dramatis. Lengkap dengan wajah tampan dan cantik dari para pemainnya.

Jika kamu ingin mencoba menonton film Spanyol, berikut adalah rekomendasi 10 film romantis Spanyol yang dapat membuat hati menjadi hangat. Apa sajakah itu? Ini dia ulasannya!

1. Nuestros Amantes (Our Lovers)

Nuestros Amantes (Our Lovers)

Film romantis Spanyol yang pertama wajib masuk dalam daftar tonton kamu adalah Nuestros Amantes. Film bergenre komedi romantis ini tayang pada 2016 lalu. Nuestros Amantes dibintangi oleh Eduardo Noriega, Michelle Jenner dan Fele Martinez.

Cerita pada film ini bermula ketika Carlos bertemu Irene di sebuah toko kecil. Mereka banyak berbincang hingga terjalin kedekatan. Hanya, keduanya bersepakat bahwa obrolan mereka harus mempunyai batasan.

Mereka tidak boleh membicarakan tentang masa lalu, tidak juga bercerita tentang nama lahir, tidak saling menghubungi dengan peralatan modern dan yang terakhir, tidak boleh saling jatuh cinta. Bisakah keduanya tetap mematuhi peraturan yang dibuat sendiri?

2. Ocho Apellidos Vascos (Spanish Affairs)

Ocho Apellidos Vascos (Spanish Affairs)

Tayang pada 2014 lalu, film romantis dengan bumbu-bumbu komedi ini menduduki peringkat kedua di jajaran box office Spanyol setelah Avatar. Ocho Apellidos Vascos menjadi salah satu film romantis Spanyol terbaik yang harus kamu tonton.

Film ini dibintangi oleh Dani Rovira dan Clara Lago. Keduanya terlibat dalam cerita romantis yang penuh trik dan komedi. Dani Rovita sebagai Rafa harus menyamar menjadi seorang Basque untuk mendapatkan Amaia yang diperankan Clara Lago.

Ocho Apellidos Vascos bukan sekadar bercerita tentang kisah romantis antara kedua pemeran. Film ini juga bagaimana pentingnya keluarga dan jati diri kita yang sebenarnya.

3. Tres Metros Sobre El Cielo

Tres Metros Sobre El Cielo

Film romantis Spanyol selanjutnya yang pantang dilewatkan adalah Tres Metros Sobre El Cielo atau Three Steps Above Heaven. Film ini tayang pada 2010 lalu, namun ceritanya masih tetap terasa hangat untuk disaksikan saat ini.

Jika kamu pernah menonton film Romeo dan Juliet, Tres Metros Sobre El Cielo ini punya jalan cerita yang mirip. Yaitu kisah cinta berbeda status sosial antara wanita dan pria yang masing-masing diperankan oleh Mario Casas dan Maria Valverde.

Sang wanita adalah seorang gadis kaya, sementara sang pria adalah seorang pemuda jalanan yang gemar dengan balapan liar. Dengan perbedaan yang jauh antara keduanya, mungkinkah mereka dapat bersatu? Kamu harus menyaksikannya sendiri.

4. Broken Embraces (Los Abrazos Rotos)

Broken Embraces (Los Abrazos Rotos)

Film Broken Embraces sudah tayang sejak belasan tahun lalu, tepatnya di 2009. Dibintangi oleh Penelope Cruz dan disutradarai oleh Pedro Almodovar, film ini meraih kurang lebih 40 nominasi pada berbagai ajang bergengsi. Salah satunya Golden Globe.

Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Lena yang seperti terjebak dalam kehidupannya sebagai pekerja kantor dan lingkungan prostitusi. Dia sampai harus menyembunyikan perasaan cintanya pada seorang pria. Seperti apa Lena berjuang untuk cinta dan dirinya?

Broken Embraces adalah salah satu film romantis Spanyol terbaik pada masanya. Kamu boleh menyaksikan film ini bersama pasangan.

5. Diarios de Motocicleta (The Motorcycle Diaries)

Diarios de Motocicleta (The Motorcycle Diaries)

Kamu pengagum sosok Che Guevara yang fenomenal? Jika jawabannya iya, film yang satu ini wajib ditonton. Meski tidak menitikberatkan cerita pada keromantisan hubungan antara wanita dan pria, Diarios de Motocicleta menyuguhkan romantis dalam sajian lain.

Saat menontonnya kamu akan diajak melintasi dan menikmati pemandangan khas pedasaan Amerika Selatan yang sangat cantik. Filmografi, alur cerita serta akting dari para pemainnya, layak diacungi jempol.

Berkat itu semua, film ini diganjar dengan masuk sebagai salah satu nominasi dalam Golden Globe. Ia juga mendapat penghargaan Oscar sebagai Best Achievement in Music Writter for Motion Pictures.

6. Chico and Rita

Chico and Rita

Jika ingin menyaksikan film romantis dengan suguhan yang berbeda, Chico and Rita bisa menjadi pilihannya! Chico and Rita merupakan film animasi musikalisasi romantis dari Spanyol yang menyegarkan. Terutama jika kamu cukup bosan dengan film-film romantis pada umumnya.

Dalam film ini, Chico digambarkan sebagai seorang pemain piano berusia muda yang memiliki mimpi besar. Sedangkan Rita adalah penyanyi berparas cantik dengan suara yang takkalah cantik. Keduanya menjalani hari-hari penuh cinta sekaligus duka.

Film animasi romantis ini memiliki latar belakang Kota New York, Las Vegas, Paris, Los Angeles pada akhir tahun 1940-an. Dengan detail yang menarik, Chico and Rita mendapat banyak nominasi dari penghargaan-penghargaan bergengsi sebagai animasi terbaik.

7. Palm Trees in The Snow

Palm Trees in The Snow

Film Spanyol bergaya kolonial ini disutradarai oleh Fernando Gonzalez Molina. Film Palm Trees in The Snow dibuat berdasarkan novel terkenal karya Luz Gabas. Alur dalam film ini dibuat mundur. Yaitu bercerita tentang masa muda Killian yang diperankan Celso Bugallo dan berbagai masalah hidupnya yang penuh liku.

Killian sendiri adalah lelaki yang baik dan pekerja keras. Di dalam film, diceritakan bahwa dia bertemu dengan Bisilia (Berta Vazquez) yang ketika itu sedang duduk di dekat air terjun. Sayang, hubungan keduanya harus dirahasiakan sebab persoalan budaya. Bagaimana cerita selanjutnya? Kamu akan menemukan jawaban saat menyaksikan langsung film ini.

8. Perdona Si Te Ilamo Amor (Sorry If I Call You Love)

Perdona Si Te Ilamo Amor (Sorry If I Call You Love)

Sorry If I Call You Love merupakan sebuah film romantis dari Spanyol yang disutradarai oleh Joaquin Llamas. Film ini tayang pada 2014 lalu dan dibintangi oleh Paloma Bloyd, Daniele Liotti, Irene Montala serta beberapa bintang Spanyol lain.

Sorry If I Call You Love bercerita tentang Alex, seorang pria mapan dan tampan berusia 37 tahun yang patah hati sebab lamarannya ditolak oleh sang kekasih. Dunianya seketika berantakan. Dalam keadaan seperti itu, Alex tiba-tiba bertemu dengan Niki, seorang siswi berusia 17 tahun. Alex jatuh cinta dan dunianya seperti terbalik begitu saja.

Bagaimana Alex menyikapi perbedaan usianya yang sangat jauh dengan Niki? Seperti apa Niki “membawa” Alex ke dunianya?

9. Long Distance (10.000 Kilometros)

Long Distance (10.000 Kilometros)

Bagaimana rasanya terpisah jarak sekian puluh ribu kilometer dari kekasih hati? Perasaan rindu seperti itu, dirasakan oleh Natalia Tena dan David Verdaguer sebagai Alexandra dan Sergi dalam film romantis berjudul Long Distance (10.000 Kilometros).

Keduanya diceritakan terpisah antara Barcelona dan Los Angeles. Dengan jarak yang sebegitu jauh, mereka memperjuangkan banyak hal, terutama rencana kehamilan dan karir. Ujian dalam menjalani hubungan jarak jauh dan upaya mereka mengatasinya menjadi inti cerita film ini.

Apakah kamu dan pasangan sedang menjalani hubungan serupa? Jika ya, menonton film ini bersama pasangan sedikit banyak bisa memberi inspirasi dan ide-ide untuk menjaga hubungan tetap bertahan.

10. The Empty Hours (La Horas Muertas)

The Empty Hours (La Horas Muertas)

Disutradarai Aaron Fernandez, La Horas Muertas menceritakan tentang seorang remaja pria berusia 17 tahun bernama Sebastian. Dia bekerja di sebuah motel kecil milik pamannya yang berada di daerah pantai.

Dia lantas bertemu dengan seorang wanita, tamu yang menjadi pelanggan setia bernama Miranda. Miranda datang ke penginapan untuk bertemu dengan kekasih yang selalu membuatnya menunggu. Sebastian dan Miranda pun saling mengenal dan terjalin kedekatan. Bagaimana akhir hubungan antara Miranda dan Sebastian?

Film Spanyol romantis menyuguhkan jalan cerita yang tidak kalah manis untuk disaksikan dengan pasangan atau sendirian. Beragam konflik dan liku dalam memperjuangkan perasaan cinta, menjadi bagian takterpisahkan dari film-film romantis tersebut. Apakah kamu mulai tertarik untuk menyaksikan film romantis dari Spanyol di atas?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *