Bacaterus / Film Thriller / 10 Film Slasher Terbaik yang Menegangkan dan Bikin Paranoid

10 Film Slasher Terbaik yang Menegangkan dan Bikin Paranoid

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juli 2019

Slasher bukan genre film baru. Genre yang satu ini sejatinya sudah ada sejak tahun 70-an. Hanya saja, mengingat peminatnya belum terlalu banyak, maka industri film Hollywood tidak banyak memproduksi film-film sejenis ini. Namun, di awal tahun 2000-an film slasher mulai banyak diminati. Semakin banyak orang yang justru “kecanduan” film menegangkan yang tak jarang dibumbui dengan adegan sadis.

Bagi kamu yang tidak kuat melihat adegan pembunuhan atau penyiksaan sadis, darah yang bercucuran, serta jump scare yang tak berkesudahan, maka kamu tidak disarankan untuk menonton film ber-genre slasher. Akan tetapi, jika adegan-adegan tersebut menjadi “candu” buatmu, kamu wajib banget menonton film-film slasher terbaik yang Bacaterus rekomendasikan berikut ini.

1. Psycho [1960]

* sumber: www.syfy.com

Film slasher selalu identik dengan pembunuh psikopat yang tega membantai korbannya dengan sangat sadis. Jadi, jangan heran jika Alfred Hitchcock menggunakan judul “Psycho” untuk salah satu film slasher garapannya yang dirilis pada tahun 1960.

Boleh dibilang Psycho adalah “nenek moyang” dari semua film slasher yang ada saat ini. Film yang masih hitam-putih ini memperkenalkan sosok psikopat yang penampilannya sehari-hari jauh dari kata menyeramkan. Bahkan, tokoh yang bernama Norman Bates (Anthony Perkins) ini terkesan ramah, canggung, dan pemalu.

Sinopsis singkat Psycho menceritakan tentang Marion Crane (Janet Leigh), wanita cantik nan seksi yang kabur dengan membawa uang senilai USD 40 ribu. Dalam pelariannya, Marion menginap di sebuah motel milik Norman Bates.

Dari situ mimpi buruk bagi Marion dimulai. Wanita tersebut dibantai secara sadis oleh Norman Bates yang memiliki kepribadian ganda. Jenazah Marion dibuang ke lumpur bersama mobil dan uang yang dibawa kabur. Adik dan kekasih Marion berinisiatif untuk mencari wanita malang tersebut. Akankah keduanya memiliki nasib yang sama dengan Marion?

2. The Texas Chain Saw Massacre [1974]

* sumber: www.imdb.com

Siapa yang tak kenal dengan Leatherface? Sosok berbadan besar, bertopeng kulit, dan selalu membawa gergaji mesin ke mana-mana ini pernah kami ulas dalam artikel karakter film horor terseram. Leatherface merupakan tokoh sentral dalam film jagal berjudul “The Texas Chain Saw Massacre”.

Film yang dirilis pada tahun menceritakan tentang sekelompok pemuda yang melakukan perjalanan ke sebuah wilayah di Texas. Di tengah jalan, ia memberi tumpangan pada pria misterius. Siapa sangka jika maksud baik mereka tersebut adalah awal dari mimpi buruk yang sebenarnya.

Para pemuda tersebut harus berurusan dengan Leatherface yang sangat bernafsu untuk membantai mereka. Tak hanya Leatherface saja, mereka pun dipertemukan dengan keluarga Leatherface yang juga keji, psikopat, dan kanibal.

Film ini memiliki sekual dan versi remake yang dirilis pada tahun 2000-an. Namun, banyak penggemar genre slasher yang berpendapat bahwa film versi awal inilah yang terbaik meskipun efek gore-nya tidak seekstrem film-film slasher modern.

3. Halloween [1978]

Tahun 2018 lalu industri film Hollywood dihebohkan dengan kemunculan film Halloween. Ya, penggemar film slasher pasti tahu betul dengan film Halloween dan sosok pembunuh psikopatnya, Michael Myers. Namun, sebelum Halloween versi 2018 itu rilis, ternyata ada Halloween yang sudah jauh lebih dulu dirilis pada tahun 1978.

Di film Halloween pertama ini kamu akan diperkenalkan dengan Michael Myers, bocah lelaki berusia 6 tahun yang membunuh kakak perempuannya sendiri dengan pisau dapur. Sejak itu, Michael ditahan dalam sebuah rumah sakit jiwa (sejenis tempat perawatan bagi psikopat). Akan tetapi, 15 tahun kemudian Michael kabur dari tempat tersebut.

Michael kembali ke rumahnya yang dulu dan mendapati rumah tersebut telah kosong. Dari situ, ia mencari korban baru untuk melampiaskan nafsu membunuhnya. Dalam film ini pula diceritakan awal mula pertemuan Michael Myers dengan Laurie Strode (Jamie Lee Curtis), sosok wanita yang terlibat konflik dan dendam berkepanjangan hingga Halloween versi 2018.

4. Saw [2004]

* sumber: www.imdb.com

Yang satu ini adalah film ber-genre jagal yang bisa dibilang jenius dan menegangkan. Tak ada pembunuh psikopat yang nampak mengejar-ngejar korbannya. Kamu akan dibuat takjub dengan sejumlah permainan maut yang dirancang oleh Jigsaw (Tobin Bell).

Peran Jigsaw dalam film ini adalah sebagai “hakim” yang mengadili sendiri korban-korbannya yang ia rasa telah membuat kesalahan, entah itu yang berhubungan dengan Jigsaw sendiri atau orang lain. Permainan maut yang dirancang Jigsaw selalu menyakiti korbannya. Bahkan, tak jarang si korban harus rela kehilangan bagian tubuhnya untuk bisa menyelesaikan permainan tersebut.

Setelah “Saw” dirilis, ada banyak film-film lanjutan lainnya. Namun bagi pecinta film slasher, “Saw” yang dirilis tahun 2004 inilah yang paling mendebarkan. Apalagi film ini digarap oleh sutradara jenius, James Wan, yang juga menggagas The Conjuring dan Aquaman.

5. Scream [1996]

* sumber: londonhorrorsociety.co.uk

Tokoh utama dalam film slasher yang akan dibahas ini juga tidak kalah terkenal. Ya, Ghostface merupakan pembunuh berjubah hitam yang selalu mengenakan topeng hantu dengan ekspresi seperti meledek. Yang membedakan Ghostface dengan tokoh pembunuh lainnya adalah orang yang berada di balik topeng Ghostface tersebut selalu berbeda-beda pada setiap filmnya.

Scream pertama kali dirilis pada tahun 1996. Film yang tak segan menampilkan adegan pembunuhan sadis dan darah berceceran di mana-mana ini mendapat respon positif dari pecinta film sejenis ini. Scream dirilis hingga seri keempat. Namun, tetap saja Scream yang pertama lah yang dirasa paling “sadis” dengan plot yang sangat sulit ditebak.

6. A Nightmare on Elm Street [1984]

* sumber: www.popsugar.com

Jika film-film slasher berseri seperti Halloween, Texas Chainsaw Massacre, dan Saw hanya terbilang sukses di seri pertama dan kedua, A Nightmare on Elm Street justru sukses hingga seri yang kelima. Nampaknya para penonton sangat antusias menyaksikan pembunuhan brutal yang dilakukan oleh Freddie Krueger, iblis yang semasa hidupnya meregang nyawa karena terbakar.

Freddie Krueger tampil dengan jari-jarinya yang terbuat dari pisau. Wajahnya yang rusak dan tingkahnya yang selalu mempermainkan korbannya sebelum dibunuh selalu menjadi aksi mendebarkan bagi setiap orang yang menontonnya.

Kalau kamu belum menonton A Nightmare on Elm Street, mulailah menonton seri pertamanya yang dirilis pada tahun 1984 ini. Kamu bakal dibuat tegang karena menyaksikan adegan sadis penuh darah saat Freddie Krueger menghabisi korban-korbannya.

7. Black Christmas [1974]

* sumber: scariesthings.com

Meskipun pernah dirilis versi remake-nya pada tahun 2006, tetapi “Black Christmas” yang tayang pada tahun 1974 diklaim jauh lebih baik. Black Christmas sendiri dianggap sebagai salah satu film slasher yang membawa banyak pengaruh pada film-film sejenis lainnya.

Sinopsis film ini mengisahkan tentang pembunuh berantai yang menyelinap masuk ke dalam sebuah rumah pada malam natal. Sembari meneror calon korbannya melalui telepon, si pembunuh juga menghabisi orang-orang di dalam rumah satu persatu.

Berbeda dengan film slasher yang cenderung menampilkan aksi brutal dan darah, Black Christmas justru minim adegan gore. Meskipun demikian, film ini tetap sukses membawa atmosfer tegang pada setiap penontonnya.

8. I Know What You Did Last Summer [1997]

* sumber: www.lifeandstylemag.com

Sepandai-pandainya menyembunyikan bangkai pasti aromanya bakal tercium juga. Pepatah ini nampaknya sangat cocok untuk menggambarkan kisah para pemuda yang ada dalam film “I Know What You Did Last Summer”. Jauh sebelum Shawn Mendes dan Camila Cabello menggunakan judul tersebut untuk lagu mereka, ternyata di tahun 1997 sudah dirilis film slasher dengan judul tersebut.

Cerita film ini bermula pada sekelompok sahabat yang melakukan perjalanan keluar kota. Namun, salah satu dari mereka yang mengemudikan mobil mabuk. Alhasil, mobil menabrak seseorang hingga meninggal dunia.

Alih-alih melapor polisi, mereka justru membuang jasad orang yang ditabrak tadi ke laut. Setelah kejadian ini, mereka menerima surat yang mengatakan bahwa perbuatan mereka telah diketahui. Awalnya, mereka mengira itu adalah surat iseng. Namun, anggapan tersebut berubah setelah satu persatu dari mereka dibunuh oleh sosok misterius.

9. Friday the 13th [1980]

* sumber: www.hotnewhiphop.com

Kalau kalian menyukai Fredie Krueger, kalin juga pasti akan menyukai film dari rival si Freddie, yakni Jason Voorhees, sosok anak berbadan bongsor yang memakai topeng hoki dan selalu berkeliaran dengan membawa pedang.

Jason diperkenalkan pertama kali dalam Friday the 13th. Sejak kemunculannya tersebut, tokoh yang menebar teror di dekat camp Crystal Lake. Meskipun tak banyak berbicara layaknya Freddie Krueger, Jason ini tergolong sadis dalam merenggut nyawa korbannya.

10. House of Wax [2005]

* sumber: straightchillingpodcast.com

“House of Wax” adalah film slasher modern yang dirilis tahun 2005. Film ini juga sudah cukup sering ditayangkan di stasiun televisi nasional. Walaupun minim adegan berdarah, tokoh dalam film ini mampu membunuh korbannya dengan cara yang lain.

Sekelompok pemuda berkunjung ke sebuah kota kecil yang nampak sudah ditinggalkan oleh penghuninya. Anehnya, di kota tersebut banyak terdapat patung yang terbuat dari lilin sehingga atmosfer kota tersebut kian mencekam.

Sayangnya, mereka bertemu dengan pembunuh yang berprofesi sebagai pembuat patung lilin. Satu persatu dari mereka dihabisi atau sengaja dijadikan patung lilin. Nah, kamu bakal menyaksikan adegan di mana korbannya secara hidup-hidup  disiram dengan lilin panas sebelum dibentuk menjadi patung lilin.

Itulah beragam film slasher terbaik yang bisa menguji adrenalinmu. Kalau kamu punya rekomendasi judul film sejenis lainnya, silakan tulis rekomendasimu tersebut di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar