Bacaterus / Film Artis Jepang / 10 Rekomendasi Film Shun Oguri yang Menarik Untuk Disaksikan

10 Rekomendasi Film Shun Oguri yang Menarik Untuk Disaksikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Januari 2020

Shun Oguri adalah salah satu aktor Jepang papan atas dengan kualitas akting yang tidak bisa diragukan lagi. Darah seni sepertinya sudah mendarah daging dalam dirinya.

Bukan tanpa alasan, bakatnya dalam berakting tentu tak lepas dari pengaruh ayahnya, Tetsuya Oguri. Ia merupakan seorang sutradara pementasan teater, sementara ibunya adalah seorang pengajar balet.

Sewaktu kecil, dirinya berperan sebagai Noboru Yoshikawa dalam serial drama populer di Jepang pada tahun 1998, yakni Great Teacher Onizuka (GTO). Perlahan tapi pasti, ia telah berkembang memainkan berbagai macam karakter manga yang ikonik.

Sebut saja Shinichi Kudo dalam film televisi Detective Conan Live Action, serta berperan menjadi gangster sekolah sebagai Takiya Genji di dua film Crows Zero. Berikut adalah daftar film Shun Oguri yang menarik untuk disaksikan.

1. Let Me Eat Your Pancreas (2017)

Let Me Eat Your Pancreas (2017)

* sumber: asianwiki.com

Shiga Haruki (Shun Oguri) adalah seorang guru yang mengajar di sekolah almamaternya. Akan tetapi, ia masih ragu terhadap pekerjaan yang sedang dijalaninya. Saat hendak mengajukan surat pengunduran diri sebagai guru, ia malah ditugaskan menjadi seorang pembimbing perpustakaan.

Di sana, ia kemudian mengingat kembali memori akan kebersamaannya bersama seorang gadis bernama Sakura. Cerita kemudian mundur ke masa Haruki remaja yang saat itu berteman dengan Sakura. Tanpa diketahui siapapun, Sakura ternyata mengidap penyakit kanker pankreas.

Ia divonis oleh dokter hanya mampu bertahan selama satu tahun ke depan. Ia kemudian menuliskan tentang penyakitnya itu ke dalam buku harian miliknya.

Suatu hari, Haruki tidak sengaja membaca buku diary milik Sakura dan mengira bahwa buku itu hanya karangan biasa saja. Sakura yang melihat kejadian itu kemudian mencoba mendekatinya untuk menjadi temannya. Sakura lalu memutuskan ingin menghabiskan sisa waktu hidupnya bersama dengan Haruki.

2. The Woodsman and The Rain (2012)

The Woodsman and The Rain (2012)

* sumber: www.imdb.com

Seorang penebang kayu bernama Katsuhiko setiap harinya pergi ke hutan untuk menebangi pohon pinus. Ia hidup berdua bersama anak lelaki semata wayangnya karena istrinya sudah lama meninggal.

Suatu hari, serombongan pembuat film datang ke daerahnya untuk meninjau lokasi syuting. Sang sutradara yang bernama Koichi Tanabe (Shun Oguri) mengajak katsuhiko untuk menjadi pemeran figuran dalam filmnya.

Keduanya kemudian menjadi sangat akrab dan bersahabat. Koichi sendiri sebenarnya adalah seorang pemuda yang tidak percaya diri. Namun berkat obrolannya bersama Katsuhiko, ia seolah mendapatkan semangat baru dan akhirnya bisa menyelesaikan filmnya.

Di satu sisi, persahabatannya dengan Koichi membuat hubungan keluarganya semakin baik. Kini, ia bisa semakin dekat dengan putranya tersebut.

3. Space Brothers (2012)

Space Brothers (2012)

* sumber: www.netflixmovies.com

Sepasang saudara bernama Nanba Mutta (Shun Oguri) dan Nanba Hibito bercita-cita menjadi seorang astronaut. Sedari kecil, keduanya sangat bermimpi untuk bisa pergi ke luar angkasa.

Kenyataan berbeda harus mereka terima ketika sudah beranjak dewasa. Di tahun 2025, Mutta malah bekerja di sebuah perusahaan mobil, sedangkan adiknya berhasil menggapai keinginannya sebagai seorang astronaut.

Mutta kemudian kehilangan pekerjaannya itu. Sang adik lalu menelponnya untuk menggapai kembali mimpinya menjadi astronaut. Setelah mematangkan diri, Mutta lalu mendaftarkan diri dan mengikuti serangkaian tes di fasilitas astronout Jepang, JAXA.

Di tempat yang lain, Hibito sedang mempersiapkan misi pertamanya yang selama ini ia harapkan. Ia akan pergi ke luar angkasa dan menuju ke Bulan.

4. Crows Zero I & II (2007 & 2009)

Crows Zero I & II (2007 & 2009)

* sumber: www.pinterest.com

Film pertama Crows Zero menceritakan tentang Takiya Genji (Shun Oguri). Ia adalah siswa kelas tiga yang baru saja pindah ke Sekolah Suzuran. Genji merupakan anak dari seorang bos Yakuza, dan berkeinginan untuk menguasai Suzuran.

Agar misi tercapai, ia mulai membangun gengnya sendiri yang bernama Genji Perfect Seiha (GPS). Mereka kemudian menghadapi pertempuran pamungkas dengan geng milik Serizawa.

Di sekuel keduanya, cerita masih berfokus pada Genji yang tengah membangun supremasi kekuasaannya setelah mengalahkan geng Serizawa. Kali ini konflik muncul lebih berbahaya dengan datangnya ancaman dari sekolah saingan Suzuran, yakni Housen.

Genji beserta seluruh geng Suzuran kini harus bertempur lagi melawan Housen untuk menyelesaikan konflik masa lalu yang terjadi di antara kedua sekolah tersebut.

5. Peak: The Rescuers (2011)

Peak The Rescuers (2011)

* sumber: www.imdb.com

Dalam film ini, Shun Oguri memerankan seorang penyelamat gunung sukarela bernama Sanpo Shimazaki. Film dibuka dengan seorang pendaki yang terjatuh ke celah gletser.

Tim penyelamat harus memakan waktu yang lama untuk sampai ke lokasi kecelakaan tersebut. Shimazaki yang sedang berada di gunung, kemudian langsung bergegas pergi ke lokasi kejadian dan menolong pendaki yang malang tersebut.

Sementara itu, seorang perempuan bernama Kumi Shiina menjadi relawan penyelamat gunung yang baru. Ia lalu mendapatkan pelatihan yang ketat sebagai bagian dari tim penyelemat.

Shimzaki lalu bertemu dengan Shiina dan membagi ilmunya kepada perempuan tersebut. Saat badai musim dingin mengamuk di gunung, panggilan darurat kembali memanggil mereka untuk melakukan misi penyelamatan lagi.

6. Lupin The Third (2014)

Lupin The Third (2014)

* sumber: mydramalist.com

Lupin (Shun Oguri), Michael Lee, Fujiko, Pierre dan Jiro adalah sekawanan pencuri profesional yang tergabung dalam organisasi The Works yang dipimpin oleh Dawson. Mereka kemudian sukses mencuri medali emas yang ada di Singapura.

Saat kembali ke markas, sekelompok pencuri lainnya berhasil membunuh Dawson dan Jiro sekaligus merampok The Crimson Heart of Cleopatra dari koleksi The Works.

Tanpa disangka, Michael telah bersekongkol dengan kelompok pencuri tersebut dan mengkhianati The Works. Butuh waktu yang lama untuk melacak keberadaan Michael, hingga akhirnya Fujiko mengetahui jika ia sedang berada di Thailand.

Lupin lalu segera membentuk tim yang hebat bersama teman-temannya. Mereka kemudian bersiap membalaskan dendam kepada Michael beserta kelompok pencurinya.

7. Gintama 1 & 2 (2017 & 2018)

Gintama 1 & 2 (2017 & 2018)

* sumber: jurnalotaku.com

Film live action Gintama yang pertama ini menceritakan tentang Bumi yang tengah diserang oleh spesies alien Amanto. Pemerintah Jepang di bawah Keshogunan lalu menyerah setelah melihat kekuatan dari ras alien tersebut.

Mereka kemudian mengeluarkan surat perintah penghapusan pedang kepada semua ksatria. Hal itu membuat usaha para samurai dalam memberantas semua alien menjadi tak terselesaikan.

Akan tetapi, tidak semua samurai menurunkan pedang mereka. Masih ada pasukan tangguh Shinsegumi yang masih memerangi para Alien. Bukan hanya itu saja, Gintoki Sakata (Shun Oguri) yang merupakan seorang ahli pedang ikut terlibat dalam pertempuran melawan Amanto yang menjajah Bumi dan negaranya tersebut.

Sekuel kedua film ini bercerita saat Gintoki Sakata bersama Kagura dan Shinpachi Shimura terlibat dalam konflik Shinsegumi. Pasukan samurai yang dipimpin oleh Isao Kondo tiba-tiba mengalami perpecahan internal. Ternyata konflik tersebut menjadi sebuah konspirasi besar yang melibatkan Pemerintahan Jepang di bawah Shogun-sama

8. Nobunaga Concerto The Movie (2016)

Nobunaga Concerto The Movie

* sumber: asianwiki.com

Seorang siswa SMA bernama Saburo (Shun Oguri) mengalami kejadian yang tak terduga dalam hidupnya. Ia kini mengarungi waktu dan berada di Jepang saat Zaman Sengoku.

Di periode tersebut, ia bertemu dengan seorang penguasa bernama Oda Nobunaga yang ternyata wajahnya mirip dengannya. Nobunaga yang berada dalam situasi genting meminta Saburo untuk menggantikan posisinya sementara waktu.

Saburo yang kini menyamar menjadi Oda Nobunaga justru dapat memimpin klan Oda jadi lebih baik. Untuk mengawasi Saburo, Oda yang asli menyamar sebagai Akechi Mitsuhide.

Tanpa disadari, peran Oda Nobunaga yang di jalaninya ternyata sama dengan apa yang tertulis di dalam buku sejarah Jepang. Namun, Saburo kini dihadapkan pada kematian Nobunaga yang sudah ditakdirkan meninggal di tahun 1582.

9. Reminiscence (2017)

Reminiscence

* sumber: asianwiki.com

Sederet aktor dan aktris Jepang ternama membintangi film yang satu ini. Selain Shun Oguri, ada juga Junichi Okada, Tasuku Emoto, dan Masami Nagasawa. Film yang berjudul asli Tsuioku ini menawarkan cerita drama misteri pembunuhan.

Kisahnya diawali dari persahabatan tiga orang anak bernama Atsushi Shikata, Keita Tadakoro (Shun Oguri) dan Satoru Kawabata yang menghabiskan masa kecil bersama-sama.

Setelah beranjak dewasa, mereka hidup dengan kesibukannya masing-masing. Satoru tiba-tiba ditemukan meninggal dan diduga sebagai korban pembunuhan.

Mendengar kabar itu, kedua sahabat lainnya kemudian bertemu lagi setelah sekian lama. Namun, Atsushi yang kini bekerja menjadi seorang detektif melihat Keita sebagai tersangkanya. Sekarang, keduanya dihadapkan dalam polemik misteri tersebut.

10. Museum (2016)

Museum

* sumber: asianwiki.com

Sebuah mayat dari seorang perempuan ditemukan dalam kondisi yang mengenaskan. Di samping mayat tersebut terdapat pesan dari si pembunuh yang bertuliskan “Dog Food Penalty”.

Atas kejadian itu, Detektif Hisashi Sawamura (Shun Oguri) bersama dengan polisi bernama Nishino mulai melacak sang pembunuh. Diketahui dalam melakukan aksinya, sang pelaku utama menggunakan topeng aneh berbentuk kodok.

Korban kedua kemudian ditemukan lagi dengan pesan yang bertuliskan “Pain of Mom Penalty”. Setelah diinvestigasi mendalam, korban-korban tersebut pernah tergabung dalam sembilan juri saat mendakwa sebuah kasus pembunuhan.

Hisashi lalu mengetahui bahwa dalam daftar juri yang bertugas tersebut ada nama istrinya sendiri, Haruka. Kini, sang istri akan menjadi korban selanjutnya dari sang pembunuh.

Nah, itulah 10 film dari Shun Oguri yang bisa menjadi bahan tontonan seru buatmu. Semua film yang dibahas menawarkan genre yang menarik untuk disaksikan, seperti drama, misteri, thriller dan live action. Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya mengenai perfilman Jepang hanya di Bacaterus.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *