Bacaterus / Film Fiksi Ilmiah / 10 Film Science-Fiction dengan Visual Efek yang Mengagumkan

10 Film Science-Fiction dengan Visual Efek yang Mengagumkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Dirilisnya film bertema science-fiction bisa menjadi magnet kuat untuk menarik para penonton di seluruh dunia. Kerap menampilkan visual efek yang mengagumkan, film dengan genre ini memang tak akan pernah membuat para penonton bosan untuk duduk berlama-lama di depan layar kaca.

Kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tuangkan dalam sebuah cerita film bisa ikut membawa imajinasi para penonton. Sehingga tak salah bila film genre science-fiction menjadi salah satu genre kesukaan banyak penonton.

Berikut Bacaterus rangkum 10 film bertema science-fiction dengan visual efek mengagumkan yang wajib kamu tonton.

1. Interstellar

Interstellar (Copy)

Film berdurasi cukup panjang ini menjadi salah satu film karya Christopher Nolan yang berhasil mencuri perhatian penonton di tahun 2014. Film yang digawangi aktor Matthew McConaughey ini bercerita mengenai penjelajahan luar angkasa yang dilakukan para astronaut untuk menemukan planet baru.

Kondisi Bumi yang berada dalam titik terburuk membuat para ilmuan yang tersisa berusaha mencari planet pengganti bumi yang ada di galaksi.

Mengusung teori relativitas dan gravitasi seorang fisikawan bernama Kip Stephen Thorne. Nolan berusaha menyuguhkan pemandangan menakjubkan galaksi luar angkasa. Sempat menjadi film boxoffice di seluruh dunia, film yang satu ini memang wajib untuk ditonton.

2. Inception

Inception (Copy)

Christopher Nolan selalu berhasil memukau dengan semua karyanya. Salah satu film karya Nolan yang mendapat banyak pujian dari berbagai pihak berjudul Inception yang dirilis tahun 2010. Film science-fiction yang satu ini memang memiliki jalan cerita yang unik.

Berkisah mengenai perjalanan sekelompok orang jenius yang berusaha menanamkan sebuah ide melalui alam bawah sadar calon korbannya. Menggandeng aktor Leonardo Dicaprio, film yang satu ini memang telah berhasil menarik para pecinta film di seluruh dunia.

3. The Matrix

The Matrix (Copy)

Para pecinta film science-fiction tentu sudah tidak asing dengan istilah ‘bullet time’ yaitu gerakan slow motion saat adegan tembakan peluru. Istilah ini pertama kali dipopulerkan dalam film The Matrix yang dirilis tahun 1999 karya sutradara Wachowsky bersaudara.

Film yang dibintangi oleh Keanu Reeves ini bercerita tentang Thomas Anderson yang dalam dunia Matrix dikenal dengan sebutan Neo. Pertemuan Neo dengan Morpheus membuka realitas bahwa kehidupan Neo yang ia jalani hanya sebuah program yang diciptakan para robot cyber.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Neo? Film trilogi yang berhasil mendapat rating tinggi ini bisa menjadi tontonan menarik bersama keluarga.

4. Avatar

Avatar (Copy)

Avatar adalah karya sutradara James Cameron tahun 2009. Film ini bercerita mengenai perjalanan seorang mantan marinir yang mengalami lumpuh bernama Jack sully. Setelah kematian kakaknya, Jack menggantikan posisi kakaknya dalam program Avatar di Planet Pandora.

Program Avatar sendiri adalah program pemindahan alam sadar manusia ke dalam tubuh sintesis suku Na’vi. Ambisi manusia untuk menguasai sumber daya alam yang ada di Planet Pandora menimbulkan konflik yang dapat menyebabkan peperangan. Film yang membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatannya ini memang menjadi salah satu film yang sayang untuk dilewatkan.

5. Gravity

Gravity (Copy)

Memborong banyak penghargaan dalam ajang Oscar. Film science-fiction karya Alfonso Cauron yang berjudul Gravity ini memang wajib untuk ditonton. Bercerita mengenai petualangan dua astronaut dengan jam terbang berbeda. Keduanya lantas terjebak dalam stasiun luar angkasa.

Film yang dirilis tahun 2013 ini memang berhasil menciptakan atmosfer menegangkan di luar angkasa. Berhasilkah kedua astronaut untuk bisa bertahan dengan suplai oksigen yang tersisa? Saksikan sendiri akting Sandra Bullock dan Geogre Clooney yang memukau dalam film Gravity.

6. Blade Runner 2049

Blade Runner 2049 (Copy)

Film Blade Runner 2049 adalah sekuel dari film pendahulunya yang sudah dirilis tahun 1982. Film ini bercerita tentang K yang diperankan oleh aktor Ryan Gosling, seorang replicant yang bekerja untuk LAPD sebagai blade runner. Penempuan K mengenai replicant perempuan yang bisa melakukan reproduksi secara seksual telah menempatkannya dalam bahaya.

Letnan Joshi yang menjadi atasannya berusaha menyingkirkan K untuk mencegah tersebarnya informasi tersebut. Film karya Denis Villenueve ini memang menjadi film science-fiction yang telah lama ditunggu-tunggu oleh para penggemar seri Blade Runner.

7. Jurassic Park Series

Jurassic Park Series (Copy)

Film ikonik tentang makhluk purbakala ini memang begitu populer. Bercerita mengenai taman wisata Dinosaurus yang dibangun oleh konglomerat bernama John Hammond. Film yang menggabungkan makhluk purba dengan teknologi canggih dunia modern ini mampu menghipnotis para penonton dengan setiap adegan menegangkan.

Kepiawaian Steven Spielberg dalam meramu ilmu pengetahuan dan teknologi canggih dalam sebuah film memang tidak bisa diragukan lagi.

8. The Martian

The Martian (Copy)

Film science-fiction selanjutnya berjudul The Martian karya Ridley Scott. Sebuah insiden telah membuat Mark Watney yang diperankan oleh Mark Damon terdampar di planet Mars saat menjalankan sebuah misi.

Mark yang harus mempertahankan hidup, berusaha melakukan eksperimen di planet tersebut dengan kemampuan yang dimilikinya.

Sementara Nasa yang mengira Mark tewas dalam kejadian tersebut mulai menemukan titik terang ketika sebuah sinyal muncul di planet tersebut. Berhasilkah Mark bertahan dalam situasi buruk yang menimpanya? Jawaban selengkapnya bisa kamu tonton dalam film The Martian.

9. A.I

A.I (Copy)

Salah satu film science-fiction yang satu dijamin membuat air mata berderai. Kisah robot dengan kecerdasan buatan ini memang menjadi salah satu film ikonik yang berhasil menyita perhatian para penonton di tahun 2001.

Berkisah mengenai perjalanan David seorang Artificial intelligence yang diadopsi sebuah keluarga untuk menggantikan posisi anaknya yang telah lama koma. Hingga suatu hari anak tersebut sembuh dan membuatnya cemburu dengan kehadiran David.

Sang ibu yang tidak ingin membuat anaknya sedih terpaksa membuang David ke hutan. David yang mempercayai sosok peri biru yang dapat mengubahnya menjadi manusia seperti dalam cerita Pinokio. Ia mulai melakukan perjalanan ditemani seorang robot gigolo. Berhasilkah David meraih cita-citanya?

10. Wall E

Wall E (Copy)

Wall E adalah film keluaran Pixar bertema fiksi ilmiah. Berkisah mengenai percintaan dua robot berbeda generasi. Diceritakan bahwa bumi sudah tidak dihuni oleh manusia dan hanya dijadikan tempat daur ulang sampah. Wall E adalah robot terakhir pembersih sampah yang ada di bumi.

Suatu hari sebuah robot yang bertugas memastikan kehidupan di bumi muncul dengan nama Eve. Wall E yang jatuh cinta berusaha menunjukkan pada Eve tumbuhan yang tersisa. Setelah Eve berhasil menemukan tumbuhan tersebut ia pun memanggil pesawat untuk menjemputnya.

Namun karena Wall E jatuh cinta pada Eve, ia pun berusaha masuk pesawat yang sama. Perjalanan cinta kedua robot ini memang menarik untuk ditonton. Jadi penasaran dengan kelanjutan film animasi yang satu ini? Yuk, ajak keluarga nonton bareng film ini!

Itulah 10 film bertema science-fiction yang berhasil Bacaterus rangkum. Nantikan film menarik lainnya yang akan kita bahas. Kalau kamu punya rekomendasi film bertema sci-fi yang menarik lainnya, jangan ragu untuk tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya! Selamat menonton.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *