bacaterus web banner retina

Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 6 Oktober 2021

Sebelum 2000

Industri perfilman nasional juga cukup gencar memproduksi film romantis sebelum tahun 2000. Kalau kamu menyangka film-film sebelum tahun 2000 hanya diisi dengan rentetan film dewasa yang banyak adegan syur, kamu salah. Buktinya, Bacaterus bisa merangkum 10 film romantis Indonesia terbaik yang berkualitas dan minim adegan dewasa. Yuk, kepoin film-filmnya!

1. Gita Cinta dari SMA

Gita Cinta dari SMA
Tahun Rilis 1979
Genre
Produksi
Sutradara
Pemeran Rano Karno Yessy Gusman

Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessi Gusman) adalah siswa SMA yang sama-sama berprestasi dan mendapat predikat pelajar teladan. Keduanya saling jatuh cinta, tapi orang tua Ratna yang beretnis Jawa tidak setuju putrinya menjalin hubungan dengan Galih yang berasal dari etnis Sunda. Ratna pun sudah dijodohkan dengan mahasiswa yang menempuh studi di Universitas Gadjah Mada.

Berkat bantuan kakak Ratna dan teman-temannya, Ratna dan Galih sering bertemu secara diam-diam. Sayangnya, cinta mereka harus berakhir lantaran Ratna harus melanjutkan kuliahnya di Yogyakarta.

2. Romi dan Juli

Romi dan Juli
Tahun Rilis 1974
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Rano Karno Yessy Gusman Sukarno M. Noor Dicky Zulkarnain

Sebelum berakting di “Gita Cinta dari SMA” ternyata Rano Karno dan Yessy Gusman sudah pernah dipasangkan dalam film “Romi dan Juli”. Mereka berdua masih sama-sama belia ketika berperan dalam film keluaran tahun 1974 itu.

Sinopsis film ini adalah Romi (Rano Karno) dan Juli (Yessy Gusman) yang ternyata sudah saling jatuh cinta. Akan tetapi, persaingan bisnis antara ayah Romi dan ayah Juli membuat cinta mereka terhalang restu orang tua.

Di usia yang masih remaja, Romi dan Juli nekat kabur karena cintanya tak direstui. Mereka tersesat di dalam gua dan Romi pun jatuh sakit. Juli pun berusaha mencarikan obat untuk Romi.

Sementara kedua orang tua Romi dan Juli mencari anak-anak mereka. Ketika mereka berdua berhasil ditemukan, ayah Juli dan ayah Romi pun saling berdamai.

3. Roman Picisan

Roman Picisan
Tahun Rilis 1980
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Lydia Kandou Rano Karno

Roman (Rano Karno), pemuda dari Medan yang hidup dan belajar di Jakarta. Teman-temannya menjuluki Roman dengan julukan “Roman Picisan” karena pemuda itu pandai membuat surat cinta pesanan orang lain.

Suatu hari, Roman justru kepincut dengan Wulandari (Lidya Kandou), adik kelasnya yang cantik. Namun surat cinta buatan Roman tidak bisa meluluhkan hati Wulan. Wulan justru menunjukkan rasa bencinya kepada Roman. Padahal, jauh di dalam hati Wulan sebenarnya juga menyukai Roman.

4. Perkawinan

Perkawinan
*

Film yang dibintangi oleh pasangan aktor dan aktris senior Sophan Sophiaan dan Widyawati ini pernah memenangkan 8 Piala Citra pada Festival Film Indonesia 1973. Kisah cinta dua tokoh utama dalam film “Perkawinan” ini juga cukup memainkan emosi penontonnya.

Mas Tok (Sophan Sophiaan) adalah laki-laki keturunan ningrat kaya yang sedang menyelesaikan studi di Belanda. Mas Tok bertemu dan jatuh cinta dengan Inge (Widyawati), karyawati biro perjalanan. Mereka pun menikah di Belanda. Sayangnya, mereka tak kunjung mendapat momongan karena penyakit yang diderita Mas Tok.

Saat pulang ke Indonesia, keluarga Mas Tok tidak menyetujui pernikahan pria tersebut dengan Inge. Bahkan sebenarnya Mas Tok sudah dijodohkan dengan gadis pilihan orang tuanya. Beruntung gadis itu sudah mempunyai pacar sehingga perjodohan itu batal.

Mas Tok kembali ke Eropa untuk mengobati penyakitnya. Sementara Inge yang tinggal di rumah mertuanya mendapatkan perlakuan yang tidak baik. Inge yang saat itu hamil langsung dicurigai berselingkuh oleh orang tua Mas Tok. Wanita itu pun diusir dari rumah mertuanya sendiri.

Kepulangan Mas Tok ke Indonesia berujung masalah lantaran ia tidak menemukan istrinya di rumah. Mas Tok marah kepada kedua orang tuanya yang telah mengusir Inge. Ia yakin bahwa Inge tidak bermain serong dan janin yang dikandung adalah anaknya. Mas Tok berusaha mencari Inge dan ia menemukan perempuan itu di tengah hujan salju, persis seperti ketika pertama kali mereka bertemu.

5. Pengantin Remadja

Pengantin Remadja
*
Tahun Rilis 1971
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Sophan Sophiaan Widyawati

Film romantis nggak selamanya berakir bahagia. “Pengantin Remadja” yang dibintangi oleh Sophan Sophiaan dan Widyawati ini justru memiliki sad ending. Film ini juga merupakan masterpiece karya sutradara Wim Umboh. Jadi, sayang banget jika kamu melewatkan film keren yang satu ini.

Romi (Sophan Sophiaan) menjalin hubungan cinta dengan teman sekolahnya, Juli (Widyawati). Sayangnya, kisah cinta yang manis ini tidak mendapat restu dari orang tua Juli. Romi sendiri juga sudah dijodohkan dengan gadis pilihan eyangnya.

Ketika Juli didiagnosa mengidap kanker darah, kedua orang tua akhirnya menyetujui hubungan mereka. Pernikahan pun berlangsung meskipun hanya dalam waktu sebulan. Kematian Juli lah yang mengakhiri kisah cinta mereka.

6. Badai Pasti Berlalu

Badai Pasti Berlalu
*
Tahun Rilis 1977
Genre
Produksi
Sutradara
Pemeran Christine Hakim Roy Marten Slamet Rahardjo Djarot Mieke Wijaya

Sungguh malang nasib Siska (Christine Hakim). Perempuan muda ini baru saja patah hati karena tunangannya membatalkan pernikahan mereka dan mengawini gadis lain. Siska lalu dijodohkan dengan Leo (Roy Martin), salah satu sahabat kakak laki-laki Siska. Namun Leo sendiri adalah playboy. Ia hanya menjadikan Siska sebagai bahan taruhan dengan teman-temannya.

Meskipun demikian, kehadiran Leo memang bisa membangkitkan kembali semangat hidup Siska. Tanpa diduga, Leo sendiri mulai menyukai Siska dengan tulus. Hubungan mereka melalui badai demi badai. Salah satu badai datang tatkala Helmi (Slamet Rahardjo) hadir. Helmi adalah pemuda perayu nan licik yang berusaha mendekati Siska.

7. Cinta Pertama

Cinta Pertama
*

Ade (Christine Hakim) bertemu dengan Bastian (Slamet Rahardjo) di kereta tujuan Jakarta. Ade dan teman-temannya baru pulang dari bepergian, sedangkan Bastian hendak memenuhi panggilan kerja. Tak disangka, tempat Bastian bekerja adalah kantor milik ayah Ade. Dari pertemuan itu, Ade dan Bastian saling jatuh cinta. Namun hubungan mereka tidak semulus yang diharapkan.

Ade dijodohkan dengan Johny (N. Riantiarno), anak dari rekan bisnis ayahnya. Johny sendiri sudah kepincut dengan kecantikan Ade dan berusah mendekatinya, tapi Ade selalu menolak. Tak hanya itu saja, suatu hati muncul seseorang yang mengaku sebagai mantan mertua Bastian. Orang itu mengatakan bahwa Bastian adalah mantan narapidana yang telah membunuh istrinya sendiri.

Sejak kejadian itu, Bastian menghilang dan meninggalkan sepucuk surat. Ade yang patah hati akhirnya dengan terpaksa menerima lamaran Johny.

Suatu ketika, Ade kembali bertemu dengan Bastian. Betapa marah Bastian ketika tahu Ade hendak dikawini oleh Johny. Bastian membeberkan bahwa Johny lah biang keladi dari tewasnya istri Bastian. Kala itu, Johny berusaha memperkosa istri Bastian. Bastian yang memergokinya akhirnya berkelahi dengan Johny. Istri Bastian tewas secara tak sengaja akibat perkelahian itu.

8. Ramadhan dan Ramona

Ramadhan dan Ramona
*
Tahun Rilis 1992
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Lydia Kandou Jamal Mirdad

Sepasang remaja yang berasal dari keluarga kaya sedang berusaha mencari jati diri. Ramona (Lydia Kandou) berusaha menyelami kehidupan rakyat kecil dan mengabaikan fasilitas mewah yang ia peroleh dari kedua orangtuanya. Sementara Ramadhan (Djamal Mirdad) adalah anak bangsawan Malaysia yang merantau ke Jakarta untuk mendapatkan pengalaman menjadi karyawan biasa.

Ramadhan dan Ramona akhirnya bertemu dan saling menaruh hati. Namun mereka sama-sama menutupi identitasnya masing-masing. Sampai suatu saat mereka saling mengetahui latar belakang masing-masing dan Ramona menolak cinta Ramadhan. Akan tetapi, Ramadhan adalah tipe pria yang pantang menyerah dan terus berusaha mendapatkan hati wanita pujaannya itu.

9. Arini, Masih Ada Kereta yang Akan Lewat

Arini, Masih Ada Kereta yang Akan Lewat

Diangkat dari salah satu novel karya Mira W., film ini mengisahkan tentang Arini (Widyawati), seorang wanita karier yang cukup sukses dan berada di usia yang sangat matang. Arini berhubungan dengan Nick (Rano Karno), pemuda yang usianya lebih muda 10 tahun darinya.

Berbeda dengan Arini yang sudah memiliki karier yang cukup mapan, Nick hanyalah pemuda pengangguran. Ibu Nick (Rima Melati) adalah tipikal ibu yang suka mencampuri hubungan asmara anaknya.

Apakah hubungan yang terpaut perbedaan usia cukup jauh ini akan berhasil?

10. Kugadaikan Cintaku (Catatan si Boy)

Kugadaikan Cintaku (Catatan si Boy)

Siapa yang nggak kenal dengan Boy? Pemuda tampan dan playboy yang terkenal di akhir tahun 1980-an. Karakter yang diperankan Onky Alexander ini begitu disukai oleh masyarakat. Boy seolah menjadi potret pemuda metropolitan yang sempurna. Ia tampan, kaya, dan mudah bergaul.

Boy (Onky Alexander) menjalin hubungan dengan Nuke (Ayu Azhari). Namun karena orang tua Nuke tidak menyukai Boy, maka Nuke sengaja dikirim ke London untuk melanjutkan studinya. Boy yang kini menjomblo jadi rebutan antara dua orang cewek, yakni Vera (Meriam Bellina) dan Ocha. Vera yang lebih agresif ternyata dengan mudah menarik perhatian Boy.

Akan tetapi, hubungan Boy dan Vera lagi-lagi tak berujung indah lantaran Vera ternyata sudah memiliki pacar, Jefri (Leroy Osmani). Boy dan Jefri berkelahi. Setelah patah hati dengan Vera, Boy jadi sering ke klub dan berjumpa dengan Reny. Sayangnya, lagi-lagi hubungan ini tak berlangsung lama karena Reny adalah pecandu narkotika.

Suatu waktu, Boy kembali bertemu dengan Nuke. Tak dapat dipungkiri bahwa keduanya sebenarnya masih saling mencintai. Namun apakah kali ini orang tua Nuke sudah menyetujui hubungan keduanya?

Daftar film romantis Indonesia terbaik ini bisa menjadi teman di kala senggang. Semuanya memiliki cerita yang berbeda dan unik. Jika Anda memiliki rekomendasi film romantis lainnya dari Indonesia, silakan tulis judul film tersebut di kolom komentar.

123 4

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram