bacaterus web banner retina

Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 6 Oktober 2021

2000 – 2009

Film romantis Indonesia yang tayang di kurun waktu 2000 – 2009 juga nggak kalah menarik untuk ditonton. Beberapa di antaranya ada yang berhasil menarik banyak penonton atau mendapat penghargaan di festival film.

Penasaran film romantis Indonesia terbaik apa saja yang tayang di tahun 2000 – 2009? Inilah daftar lengkapnya!

1. Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta

Film romantis dengan akhir bahagia atau menceritakan tentang kisah percintaan di sekolah mungkin sudah biasa. Ayat-ayat Cinta yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini merupakan film drama cinta dengan alur naik-turun alias si tokoh utama tidak selalu merasakan indahnya cinta.

Cerita bermula dari Fahri (Fedi Nuril), seorang pria dari Indonesia yang menyelesaikan studi di Mesir. Fahri sebenarnya bukan tipe pria yang mudah dekat dengan wanita. Namun, justru hal inilah yang membuat para wanita tertarik dengan pria saleh yang taat beribadah ini. Maria (Carissa Putri) adalah tetangga di flat Fahri yang beragama Kristen Koptik dan menaruh hati pada Fahri.

Namun, Fahri jatuh hati pada Nurul (Melanie Putria), anak seorang kyai besar di Jawa Timur, tapi Fahri tidak berani mendekati Nurul sehingga hubungan mereka jadi menggantung. Kemudian, ada pula Aisha (Rianti Cartwright) seorang gadis bercadar yang juga hadir dalam kehidupan Fahri. Siapakah wanita yang akan mendampingi Fahri kelak?

2. Ketika Cinta Bertasbih

Ketika Cinta Bertasbih

Azzam (Kholidi Asadil Alam) tadinya adalah seorang mahasiswa yang menempuh studi di Universitas Al Azhar, Kairo. Namun setelah ayahnya meninggal, ia terpaksa meninggalkan kuliahnya dan bekerja sebagai pembuat tempe dan bakso untuk menghidupi ibu dan adik-adiknya.

Nama Azzam dikenal sebagai ‘pembuat tempe’ di kalangan mahasiswa Indonesia yang kuliah di Kairo. Berkat hal tersebut Azzam juga sering mendapat undangan duta besar Indonesia di Mesir untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pada acara-acara basar. Di situ lah Azzam mengenal Eliana (Alice Norin), putri duta besar yang berparas cantik dan lulusan universitas di Jerman.

Azzam sempat tertarik dengan Eliana, namun karena imannya begitu kuat maka ia tidak berani melebihi batas. Di sisi lain, Azzam juga mengenal Anna (Oki Setiana Dewi), gadis solehah yang memikat hati Azam. Namun ketika Azzam hendak melamar Anna, gadis itu justru menerima lamaran Furqan (Andi Arsyil), salah seorang teman Azzam yang status sosialnya lebih tinggi.

Berniat untuk move on, Azzam sudah berusaha melamar gadis lain untuk dinikahi. Namun selalu saja gadis yang ia lamar tidak tepat untuknya. Sampai suatu saat Azzam mengalami kecelakaan dan ia sempat lumpuh.

Kyai Lutfi (Deddy Mizwar) mengatakan pada Azzam bahwa ada seorang wanita yang bercerai dengan suaminya dalam keadaan masih perawan karena belum pernah disentuh. Kyai Lutfi berharap agar Azzam mau menerima kondisi wanita tersebut dan melamarnya. Azzam dengan ikhlas menerima permintaan Kyai Lutfi. Betapa terkejut dan bahagianya Azzam setelah mengetahui bahwa wanita itu adalah Anna.

Kalau penasaran dengan apa yang terjadi dengan Anna dan Fuqran atau ending kisah cinta Azzam dan Anna, mending langsung nonton “Ketika Cinta Bertasbih”, ya!

3. 3 Doa 3 Cinta

3 Doa 3 Cinta
*

Tak banyak yang tahu bahwa film yang kembali mempertemukan Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo setelah proyek “Ada Apa dengan Cinta?” ini berhasil mendapat banyak penghargaan? Ya, “3 Doa 3 Cinta” adalah film yang tergolong underrated, tapi kualitasnya nggak perlu diragukan karena film ini sudah sekelas film festival.

Tiga orang sahabat – Huda (Nicholas Saputra), Rian (Yoga Pratama), dan Syahid (Yoga Bagus) – tinggal di sebuah pesantren di Jawa Tengah. Mereka punya impian dan rencana hidup masing-masing setelah lulus dari pesantren dan SMA sebulan lagi. Mereka juga memiliki tempat rahasia, dinding tua di belakang pesantren, untuk menuliskan semua impian dan cita-cita mereka.

Huda ingin mencari ibunya di Jakarta, tapi ia malah bertemu dengan Dona Satelit (Dian Sastrowardoyo), penyanyi dangdut seksi yang punya mimpi untuk jadi bintang besar di ibu kota. Lama kelamaan timbul perasaan cinta di hati Huda dan Dona.

Sementara Rian mendapat kado handycam dari ibunya. Ia memang sangat terobsesi dengan kamera dan bercita-cita ingin meneruskan usaha ayahnya.

Syahid yang berasal dari keluarga miskin memiliki ayah yang sedang sakit keras. Ia merencanakan sesuatu yang besar yang ternyata akan memberikan dampak juga bagi kedua temannya.

4. Get Married

Get Married

Mae (Nirina Zubir) adalah cewek tomboy yang selalu bermain gaple dengan tiga orang sahabatnya, Beni (Ringgo Agus Rahman), Kuncoro (Deddy Mahendra Desta), dan Eman (Aming). Keempat pemuda ini pengangguran karena impiannya tidak tercapai.

Orang tua Mae khawatir karena putrinya tidak kunjung memiliki pacar. Sampai suatu saat timbul ide untuk mencarikan Mae jodoh di luar kampung. Meskipun tomboy, selera Mae cukup tinggi. Tak ada satupun pria yang menarik hati Mae, sampai tiba seorang pemuda tampan dan kaya bernama Rendy (Richard Kevin) datang.

Baik Rendy dan Mae saling jatuh cinta. Namun ulah ketiga sahabat Mae yang merasa belum siap berpisah dengan Mae membuat hubungan keduanya tidak berjalan dengan mulus.

5. Cintapuccino

Cintapuccino

Rahmi (Sissy Priscillia) pernah menyukai satu orang cowok sejak SMA hingga kuliah, namanya Nimo (Miller Khan). Bertahun-tahun mendekati Nimo, tapi cowok tersebut nampaknya tidak membalas sinyal cinta Rahmi. Pada akhirnya, Rahmi pun move on dan menambatkan hati pada Raka (Aditya Herpavi).

Raka bukan pelarian bagi Rahmi. Gadis itu memang benar-benar mencintai Raka. Saking seriusnya hubungan mereka, kedua keluarga pun sudah bertemu untuk membicarakan acara lamaran. Namun rencana indah yang sudah dibangun itu tiba-tiba kacau karena Nimo kembali ke hidup Rahmi.

Kembalinya Nimo juga diiringi dengan permintaan cowok itu kepada Rahmi untuk membina hubungan lebih dari sekedar teman. Nimo juga selama ini memendam perasaan kepada Rahmi. Meskipun Rahmi begitu mencintai Raka, tapi ia sulit untuk menepis kehadiran cowok yang pernah menjadi cinta monyetnya itu.

6. Heart

Heart
Tahun Rilis 2006
Genre
Produksi
Sutradara
Pemeran Nirina Zubir Irwansyah Acha Septriasa

Yang satu ini adalah film romantis Indonesia terbaik yang dapat membuat Anda meneteskan air mata. Heart juga merupakan drama percintaan yang menceritakan kisah Rachel (Nirina Zubir) yang diam-diam menyukai Farrel (Irwansyah) semenjak kecil. Namun, Farrel tidak mengetahui hal tersebut dan justru jatuh cinta pada Luna (Acha Septriasa).

Luna sendiri merupakan gadis yang memiliki penyakit yang membutuhkan donor hati. Tanpa disangka-sangka, Rachel yang selalu menganggap Luna sebagai saingan melakukan hal tak terduga untuk menyelamatkan hidup Luna. Heart merupakan salah satu film Acha Septriasa terbaik. Dimulai dari film inilah nama Acha langsung dikenal dan menjadi salah satu aktris dengan bayaran tertinggi di Indonesia.

7. Brownies

Brownies
Tahun Rilis 2005
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Marcella Zalianty Bucek Depp

Mel (Marcella Zalianty) merupakan wanita mapan yang bekerja di perusahaan periklanan dan gemar menyantap kue brownies. Ia memiliki tunangan yang juga merupakan eksekutif muda mapan, Joe (Philip Jusuf). Keduanya nampak seperti pasangan yang sempurna.

Pada ulang tahun Mel, ia justru memergoki Joe bercinta dengan wanita lain. Mel langsung memutuskan Joe karena sakit hati. Parahnya, Joe justru terlihat santai dan menggandeng pacar barunya dengan cepat.

Mel tidak tinggal diam. Ia ingin membalas dendam dengan memacari banyak pria. Setiap pria yang ia pacari selalu dibawa ke tempat yang Joe datangi. Ya, niat Mel memang untuk memanas-manasi mantan tunangannya itu.

Hingga suatu hari, Mel bertemu dengan Are (Bucek Depp), pemilik toko buku yang ternyata pandai membuat brownies. Hubungan Mel dan Are semakin dekat. Namun ketika Joe datang kembali ke kehidupan Mel, gadis itu mulai galau.

8. Eiffel... I'm in Love

Eiffel... I'm in Love
*

Pasangan Tita (Shandy Aulia) dan Adit (Samuel Rizal) di film Eiffel I’m in Love juga bisa bikin kita baper, lho. Selain mengambil lokasi syuting di Jakarta, film ini juga melakukan syuting langsung di Perancis. Sesuai dengan judulnya, Menara Eiffel juga pernah menjadi latar belakang saat syuting film ini.

Sinopsis Eiffel I’m in Love menceritakan tentang Adit dan Tita, dua orang yang sering bertengkar. Tita yang manja dan Adit yang cool membuat mereka menjadi pasangan yang unik.

Dari seringnya mereka bertengkar, akhirnya tumbuh cinta di perasaan mereka masing-masing, meskipun saat itu Tita sudah memiliki kekasih. Bahkan Eiffel I’m in Love 2 pun akhirnya dirilis dan  sukses menarik minat banyak penonton. Masih dibintangi oleh aktor dan aktris yang sama dengan film sebelumnya, Eiffel I’m in Love 2 tetap menyajikan cerita romantis yang segar antara tokoh Tita dan Adit.

9. Ada Apa dengan Cinta?

Ada Apa dengan Cinta

Rangga dan Cinta adalah pasangan yang paling complicated tapi mampu membuat Anda dan penonton lain jadi baper. Film romantis Indonesia terbaik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini menjadi film yang menandai kebangkitan dunia perfilman Indonesia.

Cinta (Dian Sastrowardoyo) adalah gadis yang ceria dan memiliki geng dengan teman-teman ceweknya. Kehidupan Cinta jadi lebih berwarna setelah bertemu Rangga (Nicholas Saputra), cowok dingin dan tertutup tapi bikin Cinta penasaran. Mereka akhirnya bersama meskipun sebelumnya sempat terlibat pertengkaran. Namun, kebahagiaan Cinta dan Rangga harus usai ketika Rangga memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Kesuksesan Ada Apa dengan Cinta membuat sutradaranya membuat sekuel kedua film ini pada tahun 2016. Meskipun jarak antara film pertama dengan kedua sangat jauh, tetapi film Ada Apa dengan Cinta 2 ini berhasil menuai kesuksesan yang lebih besar.

10. Love

Love

Kalau kamu butuh tontonan romantis yang menyentuh hati, cobalah untuk menonton “Love” yang dirilis tahun 2008 silam. Film ini mengusung 5 cerita cinta dari pasangan yang berbeda. Setiap kisah cinta yang diceritakan di sini pasti memiliki ending yang sangat menyentuh hati bahkan mengharukan.

Bukan cuma artis muda saja yang terlibat dalam film ini, ada aktor dan aktir senior juga, seperti Alm. Sophan Sophiaan dan Widyawati. Nggak kebayang betapa bagusnya film ini, kan? Nah, langsung ditonton saja, yuk!

12 3 4

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram