bacaterus web banner retina

Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 6 Oktober 2021

2010 – 2019

Di tahun 2010 – 2019, ada sejumlah film romantis nasional yang bisa menjaring jutaan penonton di bioskop, sebut saja “Dilan 1990” dan “Ada Apa dengan Cinta? 2”. Kalau kamu ingin flashback dengan menonton film-film romantis Indonesia sepanjang tahun ini, berikut adalah daftar yang berhasil Bacaterus rangkum untukmu.

1. Dilan 1990

Sinopsis Dilan 1990 (2)

Di awal tahun 2018 masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kemunculan film Dilan 1990. Film yang langsung menuai antusiasme di berbagai penjuru di Indonesia ini adalah adaptasi dari novel karya Pidi Baiq.

Sukses dengan lebih dari 6 juta penonton, film ini berkisah tentang Milea (Vanesha Prescilla) dan Dilan (Iqbal Ramadhan). Milea yang baru pindah dari Jakarta ke Bandung bertemu dengan Dilan, cowok bandel dan tengil namun juga tampan dan romantis. Bahkan, cara Dilan mendekati Milea sangat berbeda dengan cowok-cowok lain yang mendekati Milea, termasuk Beni (Brandon Salim), kekasih Milea di Jakarta.

Usai memutuskan hubungan dengan Beni, Milea dan Dilan jadi semakin akrab. Dilan yang selalu bisa meyakinkan Milea bahwa mereka bisa melalui semua perjalanan dengan selamat. Masa-masa SMA adalah yang paling indah, tapi dunia Dilan dan Milea satu tingkat lebih indah dari pada itu.

2. Ada Apa dengan Cinta? 2

Ada Apa dengan Cinta 2
*
Tahun Rilis 2016
Genre ,
Produksi ,
Sutradara
Pemeran Dian Sastro Nicholas Saputra

14 tahun berlalu, Rangga (Nicholas Saputra) kembali bertemu dengan Cinta (Dian Sastrowardoyo). Yogyakarta adalah tempat yang dipilih mereka untuk bertemu. Cinta sendiri masih menyimpan luka kepada Rangga yang meninggalkannya begitu saja tanpa alasan yang jelas.

Rilisnya “Ada Apa dengan Cinta? 2” ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat Indonesia. Film ini memperoleh jumlah penonton sebanyak 2,7 juta orang. Nah, kamu sudah nonton filmnya belum?

3. Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan

Imperfect Karir, Cinta & Timbangan
*

Mengangkat sebuah tema yang relate dengan kehidupan sehari-hari, “Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan” adalah film ber-genre drama-komedi yang bagus untuk ditonton oleh semua orang, terutama wanita yang sering merasa tidak percaya diri dengan penampilannya sendiri.

Film ini mengangkat kisah Rara (Jessica Mila), gadis bertubuh gemuk dan berkulit sawo matang yang bekerja sebagai manajer riset di perusahaan kosmetik. Meskipun sering mendapatkan bully-an di tempat kerja, Rara tetap mencintai pekerjaannya. Ia juga didukung oleh kekasihnya, Dika (Reza Rahadian), yang mencintai dirinya dengan tulus.

Suatu ketika, Kelvin (Dion Wiyoko) selaku atasannya menawari Rara peluang untuk bisa naik jabatan. Akan tetapi, Rara harus mengubah penampilannya jadi lebih menarik. Sanggupkah Rara mengubah penampilannya dan memperoleh kenaikan jabatan?

4. Dear Nathan

Dear Nathan
*
Tahun Rilis 2017
Genre
Produksi
Sutradara
Pemeran Jefri Nichol Amanda Rawles Surya Saputra

Film yang mengangkat kisah kasih di sekolah memang tetap diminati hingga saat ini. Dear Nathan adalah film romantis Indonesia terbaik yang mengangkat kisah cinta Salma (Amanda Rawles) dan Nathan (Jefri Nichol). Semua bermula dari Salma, murid baru yang terlambat datang pada upacara bendera. Namun, Nathan yang terkenal sebagai cowok tengil dan hobi berkelahi justru menyelamatkan Salma dari hukuman.

Setelah mengetahui siapa sebenarnya Nathan, Salma bertekad untuk lebih hati-hati dalam memilih teman. Akan tetapi, Nathan justru terang-terangan mengejar cinta Salma. Ketika Nathan hendak berubah agar menjadi lebih baik untuk Salma, seseorang dari masa lalu Nathan, Seli, datang untuk kembali dan membuat Nathan bimbang.

5. TemanTapiMenikah

TemanTapiMenikah
*

Ditto (Adipati Dolken) terjebak dalam friend zone dengan sahabatnya semasa SMA, Ayu (Vanesha Prescilla). Ayu yang tomboy dan selalu bersikap preman memang hanya menganggap Ditto sebagai sahabatnya. Setiap Ayu menjalin hubungan dengan pria lain dan hubungan tersebut kandas, Ditto selalu menjadi tempat curhat Ayu.

Suatu hari, Ayu menyampaikan kabar bahwa ia akan menikah dengan pacarnya, seorang pria yang sempurna luar dan dalam. Ditto pun dilanda kegalauan, bingung antara menyimpan perasaannya rapat-rapat atau justru menyatakan perasaannya sebelum semua terlambat.

6. Critical Eleven

Critical Eleven
*

Bertemu dalam penerbangan Jakarta-Sydney, Anya (Adinia Wirasti) dan Ale (Reza Rahadian) langsung menjadi dekat. Sejak pertemuan itu, mereka menjalin hubungan dekat sehingga akhirnya mereka memutuskan menikah. Salah satu dari mereka harus berkorban mengikuti pasangannya ke New York. Di kota yang tak pernah tidur itu, Anya hamil.

Kebahagiaan mereka tak berlangsung lama karena Ale memperoleh insiden sehingga keduanya saling mempertanyakan ketulusan cinta masing-masing. Keduanya berusaha menyembuhkan luka di hati masing-masing. Masalah bertambah runyam karena seseorang dari masa lalu Anya ternyata masih menginginkan Anya.

7. I Love You from 38.000 Feet

I Love You from 38.000 Feet

Film yang dirilis tahun 2016 ini berkisah tentang Aletta (Michelle Ziudith), gadis muda yang berasal dari keluarga ningrat dan tinggal di Jakarta. Aletta tidak bahagia dengan kehidupannya karena selalu merasa tertekan dengan keluarganya sendiri. Seolah sudah lelah dengan masalahnya, Aletta yang berjiwa bebas akhirnya nekat pergi ke Bali seorang diri.

Saat berada di pesawat, ia bertemu dengan Arga (Rizky Nazar) yang pergi ke Bali karena urusan pekerjaan. Dari pertemuan itulah Aletta dan Arga akhirnya memutuskan menghabiskan waktu bersama di Bali. Aletta pun terlibat dengan pekerjaan Arga, bahkan hubungan keduanya semakin dekat dan timbul perasaan cinta.

Sampai pada akhirnya Aletta harus kembali ke Jakarta dan Arga berjanji akan menyusulnya. Tapi saat Aletta sudah pulang ke rumahnya, Arga seolah menghilang dan tak pernah muncul lagi. Aletta tidak tahu ke mana Arga pergi, tapi ia selalu berharap laki-laki itu bisa menepati janji dan muncul di hadapannya.

8. Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta

Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta
*
Tahun Rilis 2013
Genre
Produksi ,
Sutradara
Pemeran Nicholas Saputra Ayushita

Film yang mempunyai judul internasional “What They Don't Talk About When They Talk About Love” ini tergolong underrated meskipun jalan ceritanya sangat bagus. Di film ini membahas segala ‘kemungkinan’ atau possibilities yang tidak mungkin terjadi.

Cerita pertama datang dari Fitri (Ayushita), gadis yang tidak bisa melihat sejak lahir dan jatuh cinta pada dokter hantu yang tinggal di dekat kolam renang terapi yang lokasinya berada di halaman belakang sekolahnya. Setiap kamis malam, Fitri mengirim surat kepada dokter hantu. Gadis itu menceritakan tentang segala hal dan kesehariannya kepada sang dokter.

Suatu hari, dokter hantu membalas surat Fitri dan melihat gadis itu tanpa mengucapkan sepatah kata. Dokter hantu itu adalah Edo, pria tuli yang berusia 30 tahun. Jika Ayu bisa melihat Edo dan Edo dapat berbicara, mungkin keduanya sudah saling jatuh cinta sejak dulu.

Cerita kedua tentang Diana (Karina Salim), gadis 17 tahun yang menderita miopia dan hanya punya jarak pandang sejauh 2cm. Jika penglihatan Diana normal, ibunya yang sangat memuja kecantikan mungkin sudah memasukkan Diana ke kelas balet sejak kecil.

Diana belum mendapatkan menstruasi di usianya yang 17 tahun. Hingga suatu hari, Andhika (Anggun Priambodo) menjadi murid baru di sekolah Diana. Kehadiran Andhika membuat Diana menjadi wanita seutuhnya. Gadis itu telah jatuh cinta kepada Andhika.

Apakah Andhika juga mencintai Diana? Jika masih bisa melihat, Andhika pasti masih mengagumi mantan kekasihnya yang kini telah meninggalkan dirinya.

9. Perahu Kertas

Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa 9
*

Diangkat dari novel best seller karya Dee Lestari, “Perahu Kertas” menceritakan tentang hubungan Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken) yang mengalami pasang surut. Mereka sebenarnya terjebak dalam hubungan friend zone lantaran tak ada yang menyatakan perasaan satu sama lain.

Kugy dan Keenan awalnya bersahabat. Bersama dengan Noni (Sylvia Fully R), sahabat Kugy sejak kecil, dan Eko (Fauzan Smith), sepupu Keenan, mereka berempat membentuk geng yang kompak. Namun seiring berjalannya waktu karena saling memendam perasaan tanpa ada yang mau menyatakan duluan, hubungan mereka mulai renggang.

Muncul pihak-pihak ketiga di antara Kugy dan Keenan yang membuat hubungan mereka semakin menjauh. Apakah Keenan dan Kugy bakal memiliki kisah yang happy ending? Kamu bisa langsung nonton filmnya biar nggak penasaran.

10. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta

3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta
Tahun Rilis 2010
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Reza Rahadian Laura Basuki Arumi Bachsin

Rosid (Reza Rahadian) adalah pemuda muslim dengan gaya rambut kribo yang nyentrik. Ia sangat mengidolakan WS Rendra. Sang ayah selalu menyuruh Rosid untuk mengenakan peci. Akan tetapi, rambut kribonya yang mengembang membuat Rosid tidak bisa menggunakan peci.

Rosid sendiri jatuh cinta pada Delia (Laura Basuki), gadis katolik yang manis. Hubungan yang terbilang nekad ini tentu saja mendapat pertentangan dari orang tua kedua pihak. Bahkan, orang tua mereka telah melakukan berbagai cara untuk memisahkan Rosid dan Delia.

Orang tua Rosid berusaha menjodohkan Rosid dengan gadis muslim yang santun, Nabila (Aruma Bachsin). Nabila sendiri diam-diam juga mengagumi Rosid. Namun, cinta Delia dan Rosid begitu kuat. Sekuat apapun cinta mereka, sanggupkah mereka membawa hubungan tersebut ke dalam ikatan pernikahan?

1 2 34

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram