Bacaterus / Entertainment / Film Indonesia / 10 Film Romantis Indonesia Terbaik yang Bakal Bikin Baper

10 Film Romantis Indonesia Terbaik yang Bakal Bikin Baper

Film romantis memang pilihan yang tepat untuk ditonton bersama pasangan. Namun, tidak semua film romantis berakhir bahagia, ada pula beberapa film romantis dengan akhir yang menyedihkan. Bagaimana pun ending-nya, film romantis bisa menjadi hiburan di kala senggang. Bahkan, beberapa film roman tersebut justru dapat membuat baper (bawa perasaan).

Dunia perfilman Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Mulai banyak bermunculan film-film bagus dari genre romantis. Bagi Anda yang ingin menonton film cinta-cintaan yang bikin baper, Bacaterus merekomendasikan Anda untuk menyaksikan 10 film romantis Indonesia terbaik berikut ini.

10 Film Romantis Indonesia Terbaik

1. Ada Apa dengan Cinta? – 2002

AADC Film Romantis Indonesia Terbaik

Rangga dan Cinta adalah pasangan yang paling complicated tapi mampu membuat Anda dan penonton lain jadi baper. Film romantis Indonesia terbaik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini menjadi film yang menandai kebangkitan dunia perfilman Indonesia.

Cinta (Dian Sastro) adalah gadis yang ceria dan memiliki geng dengan teman-teman ceweknya. Kehidupan Cinta jadi lebih berwarna setelah bertemu Rangga (Nicholas Saputra), cowok dingin dan tertutup tapi bikin Cinta penasaran. Mereka akhirnya bersama meskipun sebelumnya sempat terlibat pertengkaran. Namun, kebahagiaan Cinta dan Rangga harus usai ketika Rangga memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Kesuksesan Ada Apa dengan Cinta membuat sutradaranya membuat sekuel kedua film ini pada tahun 2016. Meskipun jarak antara film pertama dengan kedua sangat jauh, tetapi film Ada Apa dengan Cinta 2 ini berhasil menuai kesuksesan yang lebih besar.

2. Eiffel I’m in Love – 2003

Eiffel I’m in Love

Pasangan Tita (Shandy Aulia) dan Adit (Samuel Rizal) di film Eiffel I’m in Love juga bisa bikin kita baper, lho. Selain mengambil lokasi syuting di Jakarta, film ini juga melakukan syuting langsung di Perancis. Sesuai dengan judulnya, Menara Eiffel juga pernah menjadi latar belakang saat syuting film ini.

Sinopsis Eiffel I’m in Love menceritakan tentang Adit dan Tita, dua orang yang sering bertengkar. Tita yang manja dan Adit yang cool membuat mereka menjadi pasangan yang unik.

Dari seringnya mereka bertengkar, akhirnya tumbuh cinta di perasaan mereka masing-masing, meskipun saat itu Tita sudah memiliki kekasih. Kabarnya akan ada Eiffel I’m in Love 2 yang masih dibintangi oleh aktor dan aktris yang sama dengan film sebelumnya.

3. Heart – 2006

Heart Film Acha Septriasa Terbaik

Yang satu ini adalah film romantis Indonesia terbaik yang dapat membuat Anda meneteskan air mata. Heart juga merupakan drama percintaan yang menceritakan kisah Rachel (Nirina Zubir) yang diam-diam menyukai Farrel (Irwansyah) semenjak kecil. Namun, Farrel tidak mengetahui hal tersebut dan justru jatuh cinta pada Luna (Acha Septriasa).

Luna sendiri merupakan gadis yang memiliki penyakit yang membutuhkan donor hati. Tanpa disangka-sangka, Rachel yang selalu menganggap Luna sebagai saingan melakukan hal tak terduga untuk menyelamatkan hidup Luna. Heart merupakan salah satu film Acha Septriasa terbaik. Dimulai dari film inilah nama Acha langsung dikenal dan menjadi salah satu aktris dengan bayaran tertinggi di Indonesia.

4. Ayat-ayat Cinta – 2008

Ayat-ayat Cinta

Film romantis dengan akhir bahagia atau menceritakan tentang kisah percintaan di sekolah mungkin sudah biasa. Ayat-ayat Cinta yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini merupakan film drama cinta dengan alur naik-turun alias si tokoh utama tidak selalu merasakan indahnya cinta.

Cerita bermula dari Fahri (Fedi Nuril), seorang pria dari Indonesia yang menyelesaikan studi di Mesir. Fahri sebenarnya bukan tipe pria yang mudah dekat dengan wanita. Namun, justru hal inilah yang membuat para wanita tertarik dengan pria saleh yang taat beribadah ini. Maria (Carissa Putri) adalah tetangga di flat Fahri yang beragama Kristen Koptik dan menaruh hati pada Fahri.

Namun, Fahri jatuh hati pada Nurul (Melanie Putria), anak seorang kyai besar di Jawa Timur, tapi Fahri tidak berani mendekati Nurul sehingga hubungan mereka jadi menggantung. Kemudian, ada pula Aisha (Rianti Cartwright) seorang gadis bercadar yang juga hadir dalam kehidupan Fahri. Siapakah wanita yang akan mendampingi Fahri kelak?

5. Radit dan Jani – 2008

Radit dan Jani

Radit dan Jani adalah sebuah film romantis yang menceritakan tentang pasangan muda yang nekat menikah meskipun tanpa restu orang tua. Tidak semua hal yang dialami oleh Radit (Vino G Bastian) dan Jani (Fahrani) selalu manis. Mereka harus berjuang menghadapi kerasanya hidup karena keduanya tidak memiliki pekerjaan tetap.

Masalah datang ketika Jani hamil dan Radit tidak bisa lepas dari jeratan narkoba. Pasangan ini menyadari bahwa mereka harus membuat perubahan dalam hidupnya jika ingin masa depan anaknya jadi lebih terjamin.

Film Radit dan Jani mengajarkan kita bahwa pasangan memang harus mendukung dalam segala hal. Beberapa adegan romantis antara Radit dan Jani di film ini membuat kita menyadari bahwa true love does exist.

6. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck – 2013

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Film  diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Buya Hamka. Sepanjang film mata kita akan dimanjakan dengan paras tampan dari Herjunot Ali dan Reza Rahadian dan paras cantik Pevita Pearce.

Mengambil setting di tahun 1930-an, film ini mengisahkan tentang Zainuddin (Herjunot Ali) yang jatuh cinta pada Hayati (Pevita Pearce). Hayati pun menaruh perasaan pada Zainuddin. Namun, lantaran Zainuddin adalah pemuda miskin yang bukan murni keturunan Minang, maka cintanya kepada Hayati, sang gadis Minang keturunan bangsawan, jadi terhalang.

Lamaran Zainuddin ditolak dan Hayati dinikahkan dengan Aziz (Reza Rahadian), pemuda kaya yang terpandang. Kecewa, Zainuddin merantau ke Jawa dan menjadi penulis terkenal.

Suatu hari, Aziz menitipkan Hayati kepada Zainuddin lantaran dirinya terbelit hutang. Di situ, Hayati mengetahui bahwa Zainuddin masih mencintainya dan belum bisa melupakannya. Namun, Zainuddin selalu berusaha menutupi perasaannya.

Ketika Hayati hendak pulang ke kampung halamannya dengan menumpangi Kapal Van der Wijck, kapal tersebut tenggelam dan menewaskan seluruh awak dan penumpangnya. Zainuddin kecewa karena ia mengetahui Hayati juga masih mencintainya dan ia pun tak sempat mengungkapkan perasaannya kepada gadis itu.

7. Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh – 2014

Supernova Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh

Diangkat dari novel Dewi “Dee” Lestari dengan judul yang sama, film Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh ini benar-benar bikin kita menahan napas karena baper. Percintaan antara Rana (Raline Shah) dan Ferre (Herjunot Ali) benar-benar pelik.

Kisah mereka ini sebenarnya ditulis oleh Reuben (Hamish Daud) dan Dimas (Arifin Putra), pasangan gay yang membuat cerita roman dan sains. Pertemuan Rana dan Ferre awalnya hanya sebatas wartawan yang mencari informasi kepada narasumber. Namun, mereka terlibat dalam hubungan yang romantis tapi terlarang karena Rana sudah bersuamikan Arwin (Fedi Nuril).

Dari satu pertemuan, Rana dan Ferre terjebak pada pertemuan-pertemuan selanjutnya sehingga Rana harus membohongi Arwin. Di saat Rana menyadari bahwa hubungan yang ia jalani dengan Ferre itu salah, hadirlah Diva (Paula Verhoeven) bak bintang jatuh.

8. London Love Story – 2016

London Love Story

Dimas Anggara dan Michelle Ziudith adalah aktor dan aktris yang sering dipasangkan dalam sebuah film drama. London Love Story merupakan satu dari sekian banyak film yang mereka bintangi bersama.

Film ini meraih kesuksesan lantaran alur ceritanya yang unik. Dave (Dimas Anggara) menyelamatkan seorang cewek yang hendak bunuh diri, tetapi akhirnya cewek yang bernama Adelle (Adila Fitri) itu justru jatuh cinta kepada Dave.

Sementara Caramel (Michelle Ziudith) terus dikejar-kejar oleh Bima (Dion Wiyoko). Pertemuan mereka ternyata menguak rahasia yang sudah lama terpendam. Ada hubungan apa di antara keempat orang ini? Apakah pada akhirnya Dave akan bersama dengan Caramel? Tonton saja filmnya agar Anda tidak penasaran.

9. Dear Nathan – 2017

Dear Nathan

Film yang mengangkat kisah kasih di sekolah memang tetap diminati hingga saat ini. Dear Nathan adalah film romantis Indonesia terbaik yang mengangkat kisah cinta Salma (Amanda Rawles) dan Nathan (Jefri Nichol). Semua bermula dari Salma, murid baru yang terlambat datang pada upacara bendera. Namun, Nathan yang terkenal sebagai cowok tengil dan hobi berkelahi justru menyelematkan Salma dari hukuman.

Setelah mengetahui siapa sebenarnya Nathan, Salma bertekad untuk lebih hati-hati dalam memilih teman. Akan tetapi, Nathan justru terang-terangan mengejar cinta Salma. Ketika Nathan hendak berubah agar menjadi lebih baik untuk Salma, seseorang dari masa lalu Nathan, Seli, datang untuk kembali dan membuat Nathan bimbang.

10. Critical Eleven – 2017

Critical Eleven

Bertemu dalam penerbangan Jakarta-Sydney, Anya (Adinia Wirasti) dan Ale (Reza Rahadian) langsung menjadi dekat. Sejak pertemuan itu, mereka menjalin hubungan dekat sehingga akhirnya mereka memutuskan menikah. Salah satu dari mereka harus berkorban mengikuti pasangannya ke New York. Di kota yang tak pernah tidur itu, Anya hamil.

Kebahagiaan mereka tak berlangsung lama karena Ale memperoleh insiden sehingga keduanya saling mempertanyakan ketulusan cinta masing-masing. Keduanya berusaha menyembuhkan luka di hati masing-masing. Masalah bertambah runyam karena seseorang dari masa lalu Anya ternyata masih menginginkan Anya.

Film Romantis Terbaik Lainnya

Belum puas dengan 10 film romantis di atas? Tanang saja, Bacaterus akan memberikan daftar rekomendasi film romantis lainnya yang wajib untuk ditonton. Berikut daftar lengkapnya:

11. Hujan Bulan Juni – 2017

Hujan Bulan Juni

Diadaptasi dengan novel berjudul sama karya Sapardi Joko Damono, Hujan Bulan Juni merupakan film romantis dengan kisah cinta klasik. Cinta malu-malu antara Pingkan (Velove Vexia) dan Sarwono (Adipati Dolken) mencerminkan kisah cinta klasik pada zamannya.

Pingkan yang merupakan dosen Sastra Jepang di Universitas Indonesia mendapat kesempatan untuk belajar di Jepang selama 2 tahun. Kekasihnya, Sarwono begitu nelangsa karena Pingkan tak pernah jauh darinya.

Suatu hari, Sarwono ditugaskan di Manado. Ia mengajak Pingkan yang memang berasal dari Manado untuk menjadi guide-nya. Di Manado, Pingkan bertemu keluarga besarnya yang menentang hubungannya dengan Sarwono karena perbedaan adat dan budaya.

Sebenarnya, Pingkan dan Sarwono menyadari perbedaan tersebut. Akan tetapi, mereka terlanjur nyaman satu sama lain. Apakah kemurnian cinta Pingkan dan Sarwono akan bertahan? Apalagi muncul pria lain dalam hidup Pingkan selama ia belajar di Jepang.

12. Dilan 1990 – 2018

Dilan 1990

Di awal tahun 2018 masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kemunculan film Dilan 1990. Film yang langsung menuai antusiasme di berbagai penjuru di Indonesia ini adalah adaptasi dari novel karya Pidi Baiq.

Ini adalah kisah tentang Milea (Vanesha Prescilla) dan Dilan (Iqbal Ramadhan). Milea yang baru pindah dari Jakarta ke Bandung bertemu dengan Dilan, cowok bandel yang memiliki cara tersendiri untuk mendekati Milea. Bahkan, cara Dilan mendekati Milea sangat berbeda dengan cowok-cowok lain yang mendekati Milea, termasuk Beni (Brandon Salim), kekasih Milea di Jakarta.

Lambat laun Milea mulai memperhatikan Dilan. Sehari tak bertemu Dilan, Milea merasakan ada yang kurang dalam hidupnya. Namun, hubungannya dengan Dilan terhalang oleh berbagai hal.

Usai memutuskan hubungan dengan Beni, Milea dan Dilan jadi semakin akrab. Dilan yang selalu bisa meyakinkan Milea bahwa mereka bisa melalui semua perjalanan dengan selamat. Masa-masa SMA adalah yang paling indah, tapi dunia Dilan dan Milea satu tingkat lebih indah dari pada itu.

13. Surat Cinta untuk Starla The Movie – 2017

Surat Cinta untuk Starla The Movie

Akhir tahun 2017, ada persembahan film romantis Indonesia terbaik dari Jefri Nichol, yaitu Surat Cinta untuk Starla. Film ini juga memperoleh banyak antuasiasme masyarakat Indonesia meskipun tidak sebesar film Dilan 1990.

Dikisahkan Hema (Jefri Nichol) adalah cowok yang sangat mencintai alam. Ia hobi membuat mural yang menggambarkan rasa cintanya pada alam sekitar. Rasa cinta untuk alam berubah ketika ia bertemu Starla (Caitlin Halderman, gadis cantik yang bisa membuat Hema jatuh cinta dalam waktu 6 jam.

Ketika Hema dan Starla semakin dekat, tiba-tiba Starla menjauhi Hema tanpa alasan. Baru Hema mengerti bahwa perubahan sikap Starla disebabkan oleh rahasia masa lalu keluarga Hema. Mampukah Hema dan Starla menyatukan cinta mereka?

14. Sweet 20 – 2017

Sweet 20

Film romantis Indonesia terbaik ini membubuhkan unsur komedi di dalamnya. Sweet 20 adalah versi remake dari film Korea berjudul Miss Granny. Tak disangka-sangka, film yang dibintangi Tatjana Saphira ini berhasil meraih 1 juta penonton selama masa tayangnya di bioskop.

Sinopsis bermula dari Fatmawati (Niniek L. Karim), seorang nenek cerewet yang tinggal bersama anak, menantu, dan cucu-cucunya. Suatu hari Fatmawati mendengar bahwa ia akan dikirim ke panti jompo. Ia sangat sedih dan memutuskan pergi dari rumah.

Di perjalanan ia melihat studio foto dan bermaksud membuat foto untuk pemakamannya kelak. Ajaibnya, setelah difoto dengan kamera di studio foto itu, tubuh dan wajah Fatmawati berubah menjadi 50 tahun lebih muda dari usianya. Ia pun memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Mieke.

Mieke melanjutkan cita-citanya sejak muda untuk menjadi penyanyi. Namun, ia harus menghadapi romansa dari ketiga pria beda generasi yang jatuh hati padanya. Awalnya, Mieke menjalani hidup barunya dengan enjoy, sampai suatu ketika ia harus memilih untuk melanjutkan hidup barunya atau kembali menjadi Fatmawati.

15. Habibie & Ainun [2012]

Habibie & Ainun

Film Habibie & Ainun adalah film yang terinspirasi dari kisah cinta nyata antara Presiden ketiga Republik Indonesia, B.J. Habibie dengan almarhumah istrinya, Hasri Ainun Besari. Sutradar Faozan Rizal menggarap film ini dengan serius dan membuat siapa saja yang menonton jadi ikut baper.

Rudy Habibie dikenal sebagai ahli pesawat terbang yang bercita-cita membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sementara itu, Ainun adalah dokter muda yang cerdas dan memiliki karir yang gemilang.

Tahun 1962, Habibie dan Ainun yang dulunya adalah teman SMP dipertemukan kembali. Keduanya saling jatuh cinta dan menikah. Ainun ikut serta dengan Habibie tinggal di Jerman.

Pada awalnya, hidup mereka begitu sulit, apalagi tinggal di negeri orang. Keduanya saling menguatkan dan berhasil membesarkan anak-anak mereka di Jerman. Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya dan mata untuk melihat seluruh hidupnya. Sementara bagi Ainun, Habibie adalah orang paling keras kepala yang ia kenal, tetapi Ainun akan tetap memilihnya meskipun harus mengulang kehidupannya.

Sampai pada akhirnya mereka dihadapkan pada kenyataan bahwa salah satu dari mereka harus pergi meninggalkan yang lain. Akankah cinta mereka tetap abadi meskipun berada jauh dalam kehidupan yang berbeda?

Daftar film romantis Indonesia terbaik ini bisa menjadi teman di kala senggang. Semuanya memiliki cerita yang berbeda dan unik . Jika Anda memiliki rekomendasi film romantis lainnya dari Indonesia, silakan tulis judul film tersebut di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment