Bacaterus / Film Artis Indonesia / Inilah 10 Film Terbaik Si Raja Dangdut Rhoma Irama

Inilah 10 Film Terbaik Si Raja Dangdut Rhoma Irama

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Maret 2019

“Ani!! Sungguh terlalu, kau!!”

Siapa yang tak tahu kalimat tersebut. Ya, itu adalah satu dari banyaknya ungkapan Rhoma Irama atau terkenal dengan panggilan Bang Oma. Bang Oma ini merupakan contoh sosok yang lengkap dalam masalah dunia hiburan. Bagaimana tidak, ia sangat piawai bernyanyi dan mencipta lagu. Sampai-sampai dijuluki si Raja Dangdut. Namun tak sampai di sana, Bang Oma juga jago berakting.

Ada yang tahu jumlah film yang dibintangi Bang Oma? Lebih dari sepuluh! Film-fillmnya sama seperti lagu yang dinyanyikan, banyak penikmatnya. Nah, bagi kalian yang belum tahu nih, Bacaterus telah memilih 10 Film Rhoma Irama terbaik yang harus kamu tonton.

10 Film Terbaik Si Raja Dangdut Rhoma Irama

1. Satria Bergitar (1984)

Satria Bergitar

* sumber: m.brilio.net

Kamu mungkin tidak akan pernah lagi menemukan judul seperti ini. Sangat khas. Hingga kini begitu melekat kepada Bang Oma.

Film tahun 1984 ini bercerita tentang sebuah kerajaan bernama Antioch Gaza yang menyembah berhala. Kafir! Di kerajaan tersebut, tengah terjadi perebutan kekuasaan antara Raja Wasin Aron dan Abu Garin. Setelah Abu Garin berhasil mengambil alih paksa kekuasaan, ia juga ingin menguasai Mutiara Samudra dan menikahi putri raja bernama Tirza.

Ketika konflik itu terjadi, Raja Wasit kedatangan seorang musafir yang selalu membawa gitar ke mana-mana. Nah, Bang Oma lah kesatria bergitar itu. Ia akhirnya memutuskan untuk membantu kekacauan yang ada dan berdakwah sehingga Raja Wasit dan pengikutnya masuk Islam.

Abu Garin berhasil menculik Putri Tirza. Bang Oma pun menyusup sebagai pemusik ke dalam istana AbuGarin untuk menyelamatkan Putri Tirza. Duel antara Satria Bergitar dan Abu Garin pecah. Dengan kekuatannya, Bang Oma menang dan diminta untuk menjadi raja. Namun, karena kerendahan hatinya, ia memilih untuk bertualang dan berdakwah kembali.

2. Begadang (1978)

Begadang

Begadang adalah salah satu judul lagu dari Rhoma Irama yang sangat terkenal dan fenomenal. Lagu itu pun diangkat menjadi sebuah film yang benar-benar menggambarkan maknanya. Petikan liriknya mengatakan kalau kita dilarang begadang kalau tiada artinya. Bang Oma pun memperlihatkan pada film tersebut kalau begadang bisa menjadi malapetaka.

Bang Oma yang saat itu dituduh membunuh seorang hostes. Padahal, awalnya ia hanya ingin membantu. Tuduhan itu mengantarkannya masuk penjara. Padahal, Bang Oma kala itu hanyalah musisi soleh yang taat pada agama. Seiring berjalannya waktu, ia pun membuktikan semuanya sehingga bisa terbebas dari penjara dan kembali bersama sang kekasih yang bernama Ani.

3. Berkelana I dan II (1977)

Berkelana I dan II

* sumber: www.brilio.net

Berkelana I dan II adalah film yang menceritakan bahwa menjadi musisi terkenal tidaklah mudah. Ada perjuangan yang harus dilalui. Misalnya tidak disetujui oleh keluarga, mirip kayak yang dialami Bang Oma dalam film ini.

Bang Rhoma bahkan harus diusir dari rumah, bertengkar  dengan sang ayah, hidup di jalanan, solat di pinggir sungai, mengamen di jalanan, berkelahi dengan geng motor, dan lainnya. Sungguh terlalu memang perjuangannya.

Namun, Bang Oma memperlihatkan kalau perjuangan tidak akan mengkhianati hasil. Ia pun berhasil bersinar menjadi musisi beken. Hal ini juga tentu tidak lepas dari dukungan sang kekasih, Ani. Dalam keadaan susah dan senang, Ani selalu berada di samping Bang Oma. Dalam hal asmara pun demikian, selalu romantis dan tidak terpisahkan.

4. Sebuah Pengorbanan (1982)

Sebuah Pengorbanan

Cinta segitiga? Mengalah untuk teman dan membahagiakan orang tua? Semuanya ada dalam film Sebuah Pengorbanan.

Bang Oma telah menjalin hubungan asmara dengan perempuan bernama Rika. Sayangnya, Rika diminta orang tuanya untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Rika bingung dong menentukan pilihan. Di sisi lain, Rika ternyata punya teman bernama Ani. Hubungan mereka cukup unik. Meski teman, keduanya selalu merahasiakan kekasihnya masing-masing.

Nah, pasti sudah ketebak dong ceritanya. Betul, Bang Oma adalah pacar mereka berdua. Lantas, siapa yang akan bersama si Raja Dangdut ini?

Selain kisah yang unik, Sebuah pengorbanan merupakan film terlaris ke empat di Jakarta, dengan penonton sebanyak 291.222.

5. Pengabdian (1984)

Pengabdian

Bang Oma diceritakan telah menjadi musisi sekaligus suami dari Ani. Statusnya sebagai bintang panggung, membuat ia kurang memiliki waktu bersama sang istri. Ani sendiri merasa sedih, namun tidak mampu menyampaikannya kepada Oma. Akhirnya, ia pun memendam sehingga menjadi penyakit batin dan mengakibatkan kebutaan.

Melihat istrinya seperti itu, Oma berhenti bermain musik. Ia beralih profesi menjadi peternak di desa agar bisa selalu bersama istrinya. Sayangnya, menekuni kegiatan yang bukan keahliannya sangatlah susah. Belum lagi tantangan dari peternak lain yang merasa takut tersaingi. Konflik pun terjadi di antara mereka.

Keluarga Bang Oma dilanda ketidaktentraman akibat perselisihan tersebut. Sehingga, ia memutuskan kembali ke jalur asal, yakni menjadi musisi.

6. Cinta Segitiga (1979)

Cinta Segitiga

Kalau kamu ingin melihat drama percintaan yang begitu menyayat hati, sebaiknya menonton Cinta Segitiga. Film ini bercerita tentang Bang Oma yang sukses di dunia musik dan sang kakak bernama Dendy sebagai insinyur. Keduanya hidup rukun. Tidak pernah saling berantem.

Bang Oma memiliki pacar bernama Rika. Hubungan mereka tidak diketahui keluarganya. Padahal, ayah keduanya adalah sahabat. Sehingga, suatu hari melakukan pertemuan untuk menikahkan kedua anaknya.

Sayangnya, tanpa sepengetahuan Bang Oma, ayahnya datang ke rumah Rika. Rika mengira lamaran itu datang untuk menikahkannya dengan Bang Oma. Tapi ternyata, ia malah akan dinikahkan dengan Dendy. Saat itu, Bang Oma tengah di luar kota untuk mempersiapkan konsernya.

Oma hanya mendapat telpon dari sang kakak kalau telah lamaran. Si Raja Dangdut itu pun berencana menghadiri pernikahan itu. Sayangnya, ketika konser tengah berjalan, tiba-tiba tali senar gitar yang dimainkan putus dan mengenai matanya, sehingga mengakibatkan kebutaan sebelum bertemu dengan calon istri kakaknya.

Rika berganti nama Dina. Pada waktu berjumpa dengan Dina, Rhoma tidak mengenali suaranya. Saat Rhoma sembuh dari kebutaan, Rika lari menjauh dan tertabrak mobil hingga tewas dalam pandangan Rhoma.

7. Gitar Tua Oma Irama (1977)

Gitar Tua Oma Irama

* sumber: www.kapanlagi.com

Kisah percintaan Bang Oma dan Ani rasanya tak selalu mulus. Dalam film Gitar Tua Oma Irama, hubungan asmara mereka harus terganggu oleh ayah Ani yang menginginkan sang anak menikah dengan Ir. Dana, yang merupakan sekretaris di perusahaannya. Keinginan tersebut tentu ditolak mentah oleh Ani.

Namun, ada kejadian yang membuat Ani nekat memutuskan untuk menikahi Dana. Ketika ia ulang tahun, Bang Oma tidak datang. Ani pun menyusul Oma ke tempat rekamannya. Di sinilah peristiwa yang tidak diinginkan terjadi. Oma tengah membujuk-bujuk pasangan bernyanyinya. Ani yang tidak tahu apa-apa langsung dimakan api cemburu.

Bang Oma kaget ketika menerima surat undangan pernikahan Ani. Mereka bertengkar hebat. Nah, di sinilah akar masalah hubungan mereka diketahui. Pernikahan tetap berlangsung, namun ada yang membuat pernikahan itu menjadi batal.

8. Menggapai Matahari (1986)

Menggapai Matahari

* sumber: www.qobuz.com

Menggapai Matahari bercerita tentang perjuangan Bang Oma mempertahankan music dangdut dan kekasihnya, Tika. Diceritakan, sebuah insiden membuat Oma harus mendekam dipenjara menggantikan Tika.

Selama di penjara, seorang pria bernama Indra yang merupakan teman Oma dan Tika mencoba mengganggu hubungan mereka karena dendam. Tika hanya mau menerima Indra, sebagai sahabat. Indra yang dendamnya tak pernah padam terhadap Oma semakin nekat merayu Tika.

Dengan kelicikannya, Indra berhasil membuat Oma patah hati karena melihat ia dengan Tika tengah berpelukan. Oma pun ingin meninggalkan dunia musik dan melupakan kesuksesan yang telah diraihnya. Hal ini membuat teman-temannya di Soneta Group sedih.

Tapi, karena ketika melihat musik dangdut mendapat gangguan dari Benny Compo dan pengikut-pengikutnya yang brutal, hati Oma tergerak untuk membela dangdut bersama Soneta Group. Selain itu, berkat bujukan dari rekan-rekan Soneta Group, Oma menyadari bahwa Tika telah dipaksa untuk menuruti kemauan Indra.

9. Perjuangan dan Doa (1980)

Perjuangan dan Doa

* sumber: rhomairama.info

Bang Oma dan Soneta Group tidak hanya bermain musik untuk hiburan, tapi berdakwah juga ke setiap daerah. Apa yang dilakukannya itu mendapat sambutan sekaligus tantangan. Mereka dituduh mengkomersialkan agama. Ia juga menginsyafkan teman-teman seprofesinya dari mabuk-mabukan dan perempuan.

Selain itu, Bang Oma berhasil menyadarkan calon mertuanya yang diperbudak minuman keras, hingga nyaris memperkosa anak gadisnya sendiri, Laila. Bahkan terhadap penentang dari perguruan Al Muthainah, Rhoma berhasil meyakinkan bahwa musik sebagai sarana dakwah bisa dipakai.

10. Tabir Biru (1993)

Tabir Biru

Film yang terakhir cukup panas. Tabir Biru menceritakan seorang perempuan bernama Maya melarikan diri karena harus bermain film biru. Maya ditolong oleh Bang Oma dan mengantarkannya ke rumah. Namun ketika tiba di rumah, ibu Maya telah ditemukan tewas dibunuh ayah tirinya. Ia pun diizinkan tinggal di rumah Oma.

Keberadaan Maya diketahui oleh gerombolan Santos yang meminta Maya bermain film biru. Karena Oma dianggap menolong Maya, akhirnya Santos menculik istri Oma dan anak semata wayangnya. Santos meminta Oma bermain adegan porno dengan Maya untuk filmnya. Namun, ketika akan melakukan adegan tersebut, Oma menyerang Santos secara tiba-tiba.

Santos kalah dalam pertarungan. Akhirnya, anak dan istri Oma berhasil diselamatkan serta Maya pun tidak harus bermain film lagi.

Nah, itulah kesepuluh film Rhoma Irama alias si Raja Dangdut yang populer. Ketika kamu menonton, filmnya tidak akan usang karena banyak nilai-nilai yang berhubungan dengan hari ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar