Bacaterus / Film Barat / 10 Film Remake Terbaik yang Dibuat oleh Hollywood

10 Film Remake Terbaik yang Dibuat oleh Hollywood

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Januari 2019

Dalam sebuah film, ide cerita merupakan segalanya. Tanpa cerita yang bagus, meskipun dengan sutradara dan aktor-aktris yang terkenal pun tidak akan banyak membantu. Sebaliknya, dengan cerita yang bagus, meski diperankan oleh aktor-aktris baru pun akan terasa berisi. Bahkan seringkali film-film indie seperti ini melambungkan para kru filmnya, termasuk aktor dan sutradaranya.

Hollywood, sebagai pusat perfilman dunia, diharamkan untuk kekeringan ide. Selain dari naskah asli dari para screenwriter, terkadang mereka juga mengadaptasi biografi, novel dan komik untuk diangkat ke layar lebar.

Membuat ulang film-film asing terkenal merupakan salah satu cara Hollywood agar tidak kehilangan ide. Film-film asing ini mayoritas film-film terkenal di negaranya bahkan ada juga beberapa yang menjadi nominator film asing terbaik di Academy Awards. Berikut ini kami pilihkan sepuluh judul film remake terbaik yang pernah dibuat Hollywood dari berbagai negara dan berbagai genre.

10 Film Remake Terbaik Buatan Hollywood

1. Insomnia [2002]

Insomnia film remake terbaik

Kawasan Antartika, atau Arctic Circle, adalah daerah yang terkenal dengan temperaturnya yang sangat dingin. Selain itu, jika musim panas tiba antara bulan Juni-Juli, daerah ini lebih banyak siang daripada malam, sehingga pada saat malam pun tetap ada matahari yang sering disebut Midnight Sun.

Hal ini dijadikan background cerita yang sempurna untuk menggambarkan perasaan stress yang menyebabkan insomnia dalam film thriller penuh misteri ini. Film aslinya adalah produksi Norwegia di tahun 1997 dengan bintang Stellan Skarsgard, dan versi Hollywoodnya dengan bintang Al Pacino dan Robin Williams.

2. The Ring [2002]

The Ring

Ringu [1998] adalah film horror produksi Jepang karya Hideo Nakata yang sangat fenomenal. Merupakan adaptasi dari novel Ring karya Koji Suzuki yang pertama kali terbit di tahun 1991, menampilkan hantu Sadako yang sangat mengerikan, apalagi pada saat adegan Sadako keluar dari sebuah televisi.

Kisah ini sebenarnya adalah dongeng rakyat Jepang dengan judul Bancho Sarayashiki. Karena ceritanya yang fenomenal itulah, Hollywood tertarik membuat remake dengan sutradara Gore Verbinski dan bintang Naomi Watts. Rasa mencekam dan keseraman film aslinya berhasil kembali ditampilkan dengan special-effect yang lebih canggih.

3. Dawn of the Dead [2004]

Dawn of the Dead

Film zombie klasik produksi Italia karya maestro zombie George A. Romero, Dawn of the Dead [1978], dibuat ulang oleh sutradara Zack Snyder dengan tetap menjaga semangat film aslinya. Situasi mencekam akan kepungan berkelompok-kelompok zombie ditampilkan dengan sangat baik dan para pemerannya pun tampil cukup baik.

Dari film inilah karir Zack Snyder sebagai sutradara papan atas Hollywood dimulai. Meski film aslinya dianggap lebih baik dengan banyak adegan penuh darah, tetapi film remake terbaik ini tidak kalah bagusnya dalam menampilkan kembali beberapa adegan klasik tersebut.

4. The Departed [2006]

the departed

Sejauh ini, The Departed adalah film remake terbaik yang pernah diproduksi oleh Hollywood. Dengan tiga aktor papan atas, yaitu Jack Nicholson, Leonardo DiCaprio dan Matt Damon, film ini berhasil mengantarkan Martin Scorsese meraih Oscar pertamanya sebagai sutradara terbaik setelah beberapa kali film-film terbaiknya gagal memenangkannya Oscar.

Merupakan remake dari film terkenal produksi Hong Kong, Infernal Affairs [2002], yang dibintangi oleh Andy Lau, Tony Leung dan Anthony Wong. Film ini dipuji karena plot cerita yang orisinil dan gaya penyampaiannya yang cepat dan lugas. Kedua film ini, Infernal Affairs dan The Departed, termasuk salah satu film terbaik di dunia.

5. Wicker Park [2004]

Wicker Park

Yang teringat dari film karya sutradara Paul McGuigan ini adalah munculnya lagu “The Scientist” dari Coldplay pada salah satu adegannya yang sangat menyentuh. Film ini adalah remake dari film produksi Prancis L’Appartement [1996].

Ini adalah film yang dibintangi oleh Vincent Cassel dan Monica Bellucci. Sedangkan versi Hollywoodnya dibintangi oleh Josh Hartnett, Diane Kruger dan Rose Byrne. Ceritanya sendiri memikat karena kesan misteriusnya yang hanya terkuak di akhir film.

6. Eight Below [2006]

Eight Below

Kisah sekelompok anjing yang selamat dari kerasnya badai salju di Kutub Selatan yang pernah terjadi pada tahun 1958 ini, pernah di filmkan oleh Koreyoshi Kurahara pada tahun 1983 dengan judul Antarctica.

Film ini banyak meraih penghargaan di berbagai festival film dunia, salah satunya adalah Berlin International Film Festival. Kemudian kisah ini diangkat lagi dalam film Eight Below produksi Walt Disney dengan bintang Paul Walker. Meski film remake terbaik ini tidak berhasil meraih banyak penghargaan seperti film aslinya, tetapi tetap saja mendapat respon positif dari para kritikus film.

7. Everybody’s Fine [2009]

Everybody’s Fine

Film keluarga dengan bintang Robert De Niro, Kate Beckinsale, Drew Barrymore dan Sam Rockwell ini merupakan remake dari film produksi Italia berjudul sama karya maestro Giuseppe Tornatore dengan musik karya Ennio Morricone.

Meski tidak sebaik film aslinya yang banyak meraih penghargaan di dunia perfilman, tetapi versi Hollywood ini cukup efektif dalam dialog dan menyentuh secara akting oleh Robert De Niro. Dijamin, pada akhir film, kita akan mengerti pentingnya berbakti kepada orang tua.

8. Hachi: A Dog’s Tale [2009]

Hachi A Dog’s Tale

Kisah persahabatan anjing dan majikan ini sudah sangat terkenal di seantero dunia. Diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi di Jepang pada tahun 1930an. Saat ini, patung Hachiko masih bisa dilihat di Stasiun Shibuya.

Film dengan bintang Richard Gere ini merupakan remake dari film produksi Jepang, Hachiko Monogatari [1987], karya sutradara Seijiro Koyama. Filmnya sendiri langsung menjadi box-office di Jepang dan berhasil mengharu-biru bioskop saat masa penayangannya.

9. The Next Three Days [2010]

The Next Three Days

Film thriller penuh pemikiran ini merupakan remake dari film produksi Prancis, Anything for Her [2008], yang dibintangi oleh Diane Kruger dan Vincent Lindon. Sedangkan produksi Hollywoodnya dibintangi oleh Elizabeth Banks dan Russell Crowe yang diakui lebih bisa menampilkan akting yang sedikit lebih baik dari pasangan produksi Prancisnya.

Filmnya sendiri berkisah tentang usaha dari seorang suami untuk mengeluarkan istrinya dari penjara dengan cara apa pun di atas kegalauannya apakah istrinya itu bersalah atau tidak.

10. Let Me In [2010]

Let Me In

Film persahabatan vampire dan manusia ini merupakan remake dari film produksi Swedia berjudul Let the Right One In [2008] yang juga merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya John Ajvide Lindqvist terbitan 2004.

Kedua film ini sama-sama lebih menitikberatkan cerita pada hubungan pertemanan antara vampire dan manusia daripada kesadisan sang vampire dalam memangsa korban-korbannya seperti yang ditampilkan di novelnya. Uniknya, kedua film ini pertama kali ditayangkan di Toronto Film Festival di tahun 2008 untuk versi aslinya dan 2010 untuk versi Hollywoodnya.

Meskipun berbeda budaya dan setting lokasi, film-film remake ini berhasil mengangkat kembali popularitas film aslinya dan tetap menjaga benang merah atau nilai terbaik dari film aslinya. Tetapi, tidak sedikit juga film remake yang gagal tampil sebagus film aslinya.

Bahkan beberapa film tampil sangat buruk, seperti film-film remake horror Jepang setelah naiknya popularitas The Ring. Meski begitu, kita harapkan Hollywood tidak pernah kering akan ide dan mampu membuat remake film yang bagus, bahkan lebih bagus dari film aslinya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar