Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Menonton film bisa jadi salah satu hiburan yang banyak diminati remaja sekarang ini. Terutama karena akses untuk menonton film sudah hadir dalam berbagai opsi, semakin mudah dan semakin murah. Jadi, nggak melulu harus pergi ke bioskop untuk menonton film.

Beriringan dengan itu, para pembuat film mulai berlomba-lomba membuat tontonan yang berkualitas untuk para remaja. Dari masa ke masa, para pembuat film terus berusaha untuk menyajikan hiburan kepada para penonton remaja.

Kamu suka nonton film juga? Barangkali kamu adalah seorang remaja yang sedang bingung dan butuh rekomendasi film remaja, artikel ini akan menyajikannya, mulai dari film yang sudah lama yang mungkin belum kamu tonton, sampai film yang baru.

10 Film Remaja Indonesia yang Wajib Ditonton

1. Catatan Akhir Sekolah

 Catatan Akhir Sekolah

Ini film lama yang masih menarik untuk ditonton hari ini. Bukan cuma karena ceritanya yang ringan dan menghibur, tetapi juga kualitas para pemainnya yang sangat total. Di dalam film ini kamu akan melihat Vino Bastian, Ramon Y Tungka, dan Marcel Candrawinata memerankan anak SMA.

Mereka adalah tiga orang sahabat yang ingin membuat film dokumenter tentang sekolahnya yang kemudian akan diputar pada hari perpisahan sekolah. Persahabatan, cinta, dan kemarahan remaja sangat terasa melalui konflik-konflik yang disajikan di dalam film ini.

2. Ada Cinta di SMA

Ada Cinta di SMA

Ingat Coboy Junior? Sekelompok boyband cilik yang sangat sukses pada masanya. Kali ini, mereka bermain film yang berlatar tentang kehidupan anak SMA. Iqbal, Aldi, dan Kiki menunjukkan kemampuan akting mereka di dalam film ini.

Iqbal bosan dipandang sebelah mata di sekolah. Karena itu, dia memutuskan untuk mencalonkan diri menjadi ketua OSIS. Aldi yang menjadi sahabat Iqbal menentang gagasan itu. Namun, setelah melihat keseriusan Iqbal, dia berubah mendukung. Di sisi lain, Kiki yang merupakan ketua OSIS saat itu ingin mewujudkan cita-citanya menjadi seorang musisi.

Ini tentang remaja yang sedang mencari jati dirinya. Usaha Iqbal untuk bisa menjadi ketua OSIS, peran Aldi sebagai sahabatnya. Dibumbui oleh drama percintaan yang seperti anak SMA pada umumnya. Juga, usaha Kiki dalam mewujudkan cita-citanya beserta halangan yang harus dia lewati. Film ringan yang menghibur dan menginspirasi.

3. Dear Nathan

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Erisca Febriani dan dibintangi oleh Jefri Nichol dan Amanda Rawless. Bermula dari cerita yang diunggah di wattpad dan dibaca hingga 28 juta kali, kemudian menjadi novel yang laris di pasaran hingga akhirnya diadaptasi menjadi sebuah film.

Nathan adalah seorang remaja pemberontak sementara Salma adalah murid pindahan di sekolah Nathan. Mereka berkenalan ketika Salma terlambat dan Nathan menyelamatkannya dari hukuman. Karena reputasinya buruk Salma berusaha menjauhi Nathan, namun Nathan malah terang-terangan mengejar cinta Salma.

4. Yowis Ben

Yowis Ben

Film ini dirilis tahun 2018 dan lumayan sukses di pasaran. Bahkan Presiden Joko Widodo saja meluangkan waktu untuk menonton film karya anak bangsa yang satu ini. Bayu Skak menjadi tokoh sentral dalam film ini, karena dia pula film ini menjadi unik. Sebagian besar dialognya menggunakan bahasa Jawa.

Menceritakan tentang Bayu (Bayu Skak), Doni (Jushua Suherman), Yayan (Tutus Thompson), dan Nando (Brandon Salim). Mereka dipersatukan karena sama-sama ingin menjadi anak band yang punya eksistensi. Maka terbentuklah Yowis Ben, konflik yang disajikan sangat dekat dengan kehidupan remaja masa kini yang sedang dalam pencarian jati diri.

5. Ada Apa dengan Cinta?

Ada Apa Dengan Cinta

Barangkali ini adalah film remaja paling legendaris yang menempel dalam ingatan banyak orang, bahkan lintas generasi. Cinta dan Rangga bisa jadi adalah kisah cinta yang paling membekas dalam ingatan banyak orang Indonesia. Semacam Romeo dan Juliet yang bermuatan lokal. Sangat disayangkan kalau seumur hidup kamu nggak pernah menonton film ini.

Film ini mengangkat nama Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra menjadi bintang film papan atas tanah air. Rangga yang misterius, dan Cinta yang ambisius berhasil membuat banyak orang yang menontonnya terbius. Ditambah geng Cinta yang karakter setiap anggotanya sangat kuat.

Film ini nggak cuma ramai dibicarakan pada waktu rilisnya saja, tetapi bahkan bertahun-tahun setelahnya. Meninggalkan lagu, dan puisi yang seolah-olah nggak usang ditelan zaman. Nggak heran ketika film ini dibuat lanjutannya, orang-orang sangat antusias untuk menonton. Ingin tahu bagaimanakah kelanjutan kisah antara Rangga dan Cinta? Tonton saja filmnya, ya!

6. Radio Galau FM

Radio Galau FM

Anak SMA mana, sih, yang nggak pernah galau? Film ini berangkat dari kegelisahan itu. Bara yang galau karena nggak punya pacar selama tiga tahun terakhir. Dia cuma menghabiskan malam minggu di kamar, pacaran dengan laptop, dan mengejar impiannya menjadi seorang penulis.

Kegalauan itu berakhir ketika Bara mengenal Velin, adik kelas yang lucu dan menggemaskan. Hidup Bara menjadi lebih indah dan menyenangkan. Namun, itu nggak bertahan lama. Velin yang lucu dan menggemaskan berubah menjadi manja dan menyebalkan. Saat itulah Bara bertemu dengan Diandra, kakak kelas yang cantik dan dewasa.

Kegalauan baru menghampiri Bara yang diperankan oleh Dimas Anggara. Film yang sangat dekat dengan realita remaja dan segala kegalauannya soal cinta. Cocok buat kamu yang mencari hiburan untuk mengisi waktu luang.

7. RefrainRefrain

Apa jadinya kalau Afgan dan Maudy Ayunda beradu akting dalam sebuah film? Kamu bisa menonton itu di film Refrain. Film ini diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya Winna Efendi. Berkisah tentang Niki dan Nata dalam menemukan cinta mereka.

Keduanya sudah lama bersahabat. Namun, Nata ternyata menyayangi Niki lebih dari sebatas sahabat. Dia nggak berani berterus terang karena Niki sudah berpacaran dengan Oliver sang kapten basket sekolah. Butuh waktu lama dan proses yang panjang sampai cinta yang sudah ada sejak lama bisa diakui keberadaannya.

8. Stip & Pensil

Stip & Pensil

Agak jarang film remaja Indonesia yang mengangkat tema pendidikan. Apalagi yang digarap dengan nuansa komedi yang cukup kental, film ini salah satunya. Beberapa komika seperti Ernest Prakasa, Ardit Erwandha, dan Arie Kriting mengambil bagian di dalamnya.

Sekelompok anak orang kaya yang bersahabat dimusuhi di sekolahnya karena mereka sok jago dan songong. Suatu hari mereka mendapat tugas sekolah untuk menulis masalah sosial tetapi kemudian itu berakhir menjadi sesuatu yang lebih besar daripada tugas sekolah; membangun sekolah untuk orang miskin di kolong jembatan.

9. Crazy Love

Crazy Love

Film ini menceritakan tentang remaja urakan yang pada akhirnya berubah karena cinta. Namanya Kumbang, diperankan oleh Adipati Dolken. Dia menganggap kalau masa muda harus dijalani dengan santai dan nggak usah terlalu serius. Ketiga sahabatnya menyetujui itu.

Namun, sesuatu terjadi dan mengharuskan mereka berurusan dengan Olive yang diperankan oleh Tatjana Saphira. Dia adalah gadis yang cantik, pintar, dan menjadi idola di sekolahnya, termasuk Kumbang dan sahabatnya. Di sanalah dia berusaha membuktikan diri kepada Olive kalau dia bisa berubah.

10. Cinta Pertama

Cinta Pertama

Rasanya cinta pertama adalah masalah yang hampir pasti dialami oleh semua remaja, maka film ini sangat cocok untuk kamu tonton. Meskipun ini adalah film rilisan tahun 2006, tetapi cinta pertama selalu menghadirkan rasa yang sama.

Ada Bunga Citra Lestari dan Ben Joshua yang membintangi film ini. Ini tentang cinta pertama di masa SMA yang belum selesai. Cinta yang belum tersampaikan, tetapi sebenarnya ia membutuhkan jawaban. Ceritanya sangat dekat dan mendalam dengan kehidupan remaja.

Demikian 10 film remaja Indonesia yang bisa direkomendasikan. Kamu mau menambahkan? Atau mengulas yang kebetulan sudah kamu tonton? Silakan tulis di kolom komentar, ya. Kita bisa berdiskusi dan berbagi informasi di sana.