Bacaterus / Film Romantis Indonesia / Inilah 10 Film Religi Romantis yang Menghangatkan Hati

Inilah 10 Film Religi Romantis yang Menghangatkan Hati

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Januari 2020

Industri perfilman Indonesia dalam beberapa tahun terakhir berkembang cukup pesat. Film dengan berbagai tema rilis dari waktu ke waktu. Ada masanya industri film didominasi oleh satu genre tertentu seperti film horor, sekarang tersedia berbagai genre dari mulai drama, laga sampai animasi.

Walau ada banyak genre, drama merupakan salah satu yang paling diminati oleh banyak orang. Dengan cerita yang menyentuh dan dekat dengan kehidupan pribadi menjadikannya semacam primadona. Corak masyarakat di Indonesia yang begitu lekat dengan agama, film drama religi romantis kerap muncul ke permukaan. Inilah 10 film religi romantis yang menghangatkan hati.

1. Ayat-Ayat Cinta [2008]

Ayat-Ayat Cinta [2008]

Fahri adalah seorang pria yang sedang menjalankan program studi untuk mendapat gelar master di Al-Azhar. Di balik kebaikan dan kelurusan hatinya dia masih menyimpan satu hal yang belum menjadi prioritasnya yaitu menikah. Dalam hidupnya, Fahri hanya punya hubungan dengan tiga perempuan yaitu neneknya, ibunya dan saudara perempuannya.

Di Mesir, dia ditaksir oleh tetangga satu flatnya yaitu Maria Girgis yang beragama Kristen Koptik. Sementara itu ada juga seorang anak kyai terkenal bernama Nurul. Lalu ada Noura yang tinggal dekat dengan flatnya yang sering dianiaya ayahnya. Ada juga Aisha, pemilik mata indah yang menyihir Fahri. Siapa yang akan menjadi pasangan Fahri nantinya?

2. Ketika Cinta Bertasbih [2009]

Ketika Cinta Bertasbih [2009]

Azzam, seorang mahasiswa di Al-Azhar harus meninggalkan studinya sejenak untuk bekerja sebagai pembuat tempe dan bakso demi menghidupi ibu dan adik-adik perempuannya di Solo. Azzam bertemu dengan Anna Althafunnisa yang dia sukai tapi pada saat lamaran dia ditolak karena perbedaan status sosial.

Keluarga Anna malah menerima lamaran sahabat Azzam, Furqan dan mereka pun menikah. Sebuah kecelakaan membuat Azzam lumpuh dan dia meminta bantuan untuk dicarikan jodoh pada seorang ustad. Di sisi lain Anna baru bercerai dengan sang suami. Mereka pun menikah tapi mantan suami Anna datang lagi mencoba mendapatkan mantan istrinya kembali.

3. 99 Cahaya di Langit Eropa [2013]

99 Cahaya di Langit Eropa [2013]

Hanum pergi menemani suaminya, Rangga untuk melanjutkan studi di Wina, Austria. Pindah ke sebuah kota di Eropa yang mempunyai banyak perbedaan membuat mereka sempat terkejut. Apalagi ada anggapan negatif pada muslim di benua biru. Untuk mengisi waktu kosong, Hanum mengikuti kursus bahasa Jerman dan dia bertemu dengan Fatma.

Keduanya sama-sama menemani suami mereka di Wina. Hanum merencakan untuk pergi keliling Eropa untuk mengunjungi situs-situs bersejarah Islam. Fatma menghilang sementara Hanum ditemani Rangga mengelilingi Eropa. Apa yang terjadi kemudian? Semuanya ada di film ini.

4. Ku Kejar Cinta ke Negeri Cina [2014]

Ku Kejar Cinta ke Negeri Cina [2014]

Imam adalah mahasiswa yang nggak kunjung selesai kuliahnya. Dia juga belum bisa menjalankan perintah ajaran Islam sepenuhnya. Sementara itu sang pacar, Widya sudah lulus terlebih dulu. Empat tahun mereka pacaran, Imam nggak menunjukkan perubahan sementara Widya mulai bekerja kantoran dan menggunakan pakaian minim yang nggak disukai Imam.

Imam kemudian pergi menemani sahabatnya, Billy ke kelenteng Sam Po Khong. Di sana dia berkenalan dengan wanita muslim dari Cina yang sedang berlibur, Chen Jia Li. Imam terpesona oleh sosok Li. Imam memilih memutuskan Widya dan mengejar cinta Li yang sudah kembali ke Cina. Apa Imam berhasil? Bagaimana kalau Widya meminta balikan?

5. Assalamualaikum Beijing [2014]

Assalamualaikum Beijing [2014]

Asmara adalah seorang wanita yang baru saja gagal menikah dengan kekasihnya, Dewa karena sang kekasih telah menghamili teman sekantornya. Walaupun Dewa memaksa ingin menikah, Asmara tetap menolaknya. Asmara kemudian menerima tawaran pekerjaan dari Sekar di Beijing untuk melupakan kesedihan dan memulai hidup baru.

Di sana, Asmara bertemu dengan Zhongwen. Zhongwen yang sudah lama tinggal di Beijing menceritakan legenda cinta seorang putri cantik dari Yunan bernama Ashima. Perlahan-lahan Asmara mulai menyukai Zhongwen. Asmara divonis menderita APS, sebuah sindrom yang dapat mengancam nyawanya. Sementara itu, Dewa juga berusaha untuk mengejar Asmara.

6. Surga yang Tak Dirindukan [2015]

Surga yang Tak Dirindukan [2015]

Pras dan Arini menjalani hidup yang diinginkan banyak orang, kisah cinta yang mulus sampai ke pernikahan. Bahkan untuk melengkapi itu semua, mereka dikaruniai seorang putri bernama Nadia. Di sisi lain, teman-teman Arini banyak yang menjadi korban perselingkuhan suaminya tapi itu nggak membuat dia meragukan kesetiaan suaminya.

Demi menciptakan sebuah rumah tangga yang lebih bahagia, Arini bertekad untuk sepenuhnya menjadi ibu dan istri. Sementara itu, Pras secara nggak sengaja bertemu dengan Mei yang sedang berusaha bunuh diri. Keinginan itu muncul setelah Mei gagal menikah karena ditipu calon suaminya. Empati Pras sebagai lelaki dan kepercayaan Arini mendapat ujian dari sosok Mei.

7. Ajari Aku Islam [2019]

Ajari Aku Islam [2019]

Fidya adalah seorang gadis Melayu yang taat pada agama Islam yang dipeluknya. Keanggunan dan kesederhanannya membuat seorang pria bernama Kenny tertarik. Kenny berbeda dengan Fidya. Dia pria keturunan Tionghoa dan non-muslim. Fakta itu nggak menghentikan niatnya untuk mendapatkan cinta Fidya.

Kenny sampai meminta Fidya untuk membuat dia mengerti tentang Islam. Usaha Kenny membuat Fidya luluh dan siap kalau dilamar oleh Kenny. Sayangnya keluarga mereka sama-sama nggak menyetujui hubungan itu. Keadaan dipersulit dengan masing-masing keluarga yang sudah menyiapkan jodoh untuk Kenny dan Fidya.

8. Assalamualaikum Calon Imam [2018]

Assalamualaikum Calon Imam [2018]

Fisya merupakan seorang wanita yang menyimpan perasaan pada tetangganya, Jidan. Apa daya, Jidan malah melamar Salsya, kakaknya yang berprofesi sebagai dokter. Walau begitu, Fisya masih belum bisa melupakan perasaannya begitu saja. Sebuah kecelakaan terjadi, Fisya yang ingin menolong korban berkenalan dengan Alif, seorang dokter.

Ponsel Fisya tertinggal dan mengharuskannya bertemu lagi dengan Alif. Perjumpaan makin intens membuat Alif menyukai Fisya. Fisya masih mencintai Jidan dan Alif tahu itu. Ayah Fisya sakit dan berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan, dia memberi tahu bahwa Alif datang untuk melamar Fisya. Apakah Fisya akan menerimanya?

9. Perempuan Berkalung Sorban [2009]

Perempuan Berkalung Sorban [2009]

Annisa hidup dalam lingkungan yang konservatif karena ayahnya adalah kyai di sebuah pesantren putri. Dalam pemahaman keluarganya, Al Quran, Sunnah dan Hadits merupakan ajaran sejati sementara buku-buku lain dianggap sebagai ajaran menyimpang. Annisa menganggap apa yang diajarkan padanya lebih memihak pada lelaki sementara dia ingin menjadi wanita mandiri.

Khudori, seorang pengajar di pesantren mempunyai pemikiran berbeda dan memahami pola pikir Annisa. Diam-diam Annisa menyimpan perasaan pada Khudori tapi Khudori mengingkarinya karena merasa ada kedekatan dengan keluarga Annisa walau nggak sedarah. Khudori kemudian melanjutkan sekolah ke Kairo, sementara Annisa diterima di perguruan tinggi di Yogyakarta,

Ayah Annisa nggak mengijinkan putrinya pergi jauh. Dinikahkanlah Annisa dengan Samsudin, putra seorang kyai. Ternyata Samsudin orang yang ringan tangan, bahkan menikah lagi dengan Kalsum. Cobaan itu mulai terobati oleh pertemuan dengan Khudori. Bagaimana perjuangan mereka menyatukan cinta di tengah lingkungan konservatif?

10. 99 Nama Cinta [2019]

99 Nama Cinta [2019]

Talia berprofesi sebagai presenter sekaligus produser acara gosip. Dia menemukan popularitas dan kesukesan dalam karirnya. Suatu hari dia dipertemukan dengan Kiblat, seorang ustad muda yang muncul di kantornya untuk mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan agama.

Ketika Talia menurun karena suatu kesalahan, Kiblat memberinya dukungan agar bangkit dari keterpurukan. Hal itu membuat mereka semakin dekat dan Talia mulai menyimpan perasaan pada Kiblat. Sayangnya dia mendengar kabar bahwa Kiblat akan dijodohkan dengan seorang perempuan pengajar baru di pesantren milik keluarga Kiblat.

Itulah 10 film religi romantis yang menghangatkan hati. Kisah-kisah yang disajikan bisa jadi pelengkap untuk diri karena nggak cuma menyentuh sisi emosional tetapi juga spiritual. Kalau ada film religi romantis lain yang belum diulas, kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar supaya pembaca lain punya informasi tambahan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *