Bacaterus / Film Komedi Indonesia / Inilah 10 Film Raditya Dika Terbaik dari Tahun ke Tahun

Inilah 10 Film Raditya Dika Terbaik dari Tahun ke Tahun

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Februari 2019

Nama Raditya Dika memang cukup terkenal di Indonesia, terutama di kalangan muda-mudi. Pria kelahiran 28 Desember 1984 ini mengawali karir sebagai penulis, kemudian merambah ke dunia stand up comedy untuk menjadi komika. Pada tahun 2005, Raditya Dika menjajal dunia perfilman dan masih eksis hingga saat ini.

Sejak tahun 2009 ke tahun 2017, pria bernama lengkap Dika Angkasaputra Moerwani ini menghasilkan sekitar 10 film layar lebar. Nah, pada kesempatan kali ini Bacaterus akan mengulas 10 film Raditya Dika terbaik dari tahun ke tahun.

10 Film Raditya Dika Terbaik

1. Kambing Jantan: The Movie

Kambing Jantan The Movie

Yang satu ini adalah film Raditya Dika terbaik yang paling pertama. Diadaptasi dengan novel berjudul sama, Kambing Jantan: The Movie mengisahkan tentang kehidupan pribadi pria yang akrab disapa Dika ini saat berkuliah di Australia.

Di film ini, Dika yang memiliki panggilan “kambing” ini harus menempuh studi di bidang keuangan yang tidak diminatinya. Belum lagi Dika harus menjalani hubungan jarak jauh dengan kekasihnya yang memiliki panggilan “kebo” (Herfiza Nofianti). Kambing Jantan: The Movie dikemas dalam cerita ringan dan menghibur. Dalam film ini Dika menceritakan awal ia menekuni dunia menulis.

2. Cinta Brontosaurus

Cinta Brontosaurus

Empat tahun setelah Kambing Jantan: The Movie, Dika kembali mencoba untuk membuat film di tahun 2013. Cinta Brontosaurus adalah film kedua yang diadaptasi dari novel yang lagi-lagi judulnya sama.

Di sini, Dika memerankan dirinya sendiri yang harus mengalami putus cinta dengan Ninan (Pamela Bowie). Kemudian, Kosasih (Soleh Solihun), agen naskah Dika berusaha meyakinkan Dika untuk dapat kembali menikmati indahnya cinta.

Tanpa diduga, Dika bertemu dengan Jesica (Eriska Rein), seorang cewek yang pikiran sama anehnya dengan Dika. Setelah menjalani hubungan dengan Jesica, Dika mempertanyakan apakah cintanya dapat kedaluwarsa? Masalah juga terjadi ketika produser film yang ingin mengangkat tulisan Dika sebagai film justru ingin mengubah skenarionya menjadi film horor yang sedang diminati.

3. Cinta Dalam Kardus

Cinta Dalam Kardus

Di tahun yang sama dengan perilisan Cinta Brontosaurus, Dika memproduksi sebuah film low-budget, tapi dapat menarik antusiasme masyarakat Indonesia. Cinta Dalam Kardus adalah film dengan cerita ringan yang disutradarai Salman Aristo.

Kami mengatakan film ini low-budget karena hampir semua adegan diambil di dalam sebuah cafe ketika Miko (Raditya Dika) mencoba stand up comedy untuk melupakan mantan-mantannya. Namun, bukannya melucu Miko justru menceritakan barang-barang peninggalan para mantannya yang ia simpan dalam kardus. Sambil menceritakan kisah cintanya kepada pengunjung cafe, ia jadi memahami arti cinta yang sebenarnya.

4. Manusia Setengah Salmon

Manusia Setengah Salmon

Film Raditya Dika terbaik berikutnya adalah Manusia Setengah Salmon yang merupakan lanjutan dari Cinta Brontosaurus. Pada film yang juga dirilis tahun 2013 ini, Dika harus pindah ke rumah baru dan ia tidak menyukai rumah barunya tersebut karena masih banyak kenangan pada rumah lamanya. Namun, kekesalan Dika usai ketika ia berkenalan dan akhirnya berpacaran dengan Patricia (Kimberly Ryder).

Sayangnya, hubungan Dika dan Patricia terganggu karena Dika masih memikirkan Jesica (Eriska Rein), mantannya. Masalah kocak lainnya juga datang ketika Dika dilema saat harus memilih memecat sopirnya yang bau ketek atau harus mengorbankan kesehatan pernafasannya jika ia tidak memecat si sopir.

5. Marmut Merah Jambu

Marmut Merah Jambu

Masih membahas film Raditya Dika yang disadur dari novelnya juga, Marmut Merah Jambu ini menceritakan kehidupan Dika sewaktu masih SMA. Di sekolahnya Dika adalah anak cupu yang berkawan dengan Bertus yang juga tak kalah cupu. Kehidupan mereka jadi lebih berwarna ketika bertemu dengan Cindy dan mereka bertiga memutuskan untuk membentuk tim detektif.

Kekonyolan terjadi ketika mereka bertiga menyelesaikan kasus demi kasus yang terjadi di lingkungan sekolahnya. Bahkan, persahabatan mereka pun sempat mengalami perselisihan hingga menjauh satu sama lain.

Sampai ketika Dika beranjak dewasa, ia menyadari bahwa masih ada satu kasus tim detektifnya yang belum terpecahkan. Kasus tersebut membawa Dika kepada cinta pertamanya dengan orang yang tidak pernah ia sangka-sangka.

6. Malam Minggu Miko The Movie

Malam Minggu Miko The Movie

Serial TV Malam Minggu Miko yang ditayangkan di Kompas TV mendapat respon cukup positif dari masyarakat. Ceritanya singkat tapi sangat menghibur meskipun pemerannya tidak melawak habis-habisan. Film ini mengisahkan Miko (Raditya Dika ) yang masih mencari cinta sejatinya dan dibantu uleh Dovi (Andovi da Lopez).

Sementara itu, ada juga Anca, pembantu rumah tangga Miko yang sangat setia. Kelucuan demi kelucuan terjadi ketika Rian (Rian Adhriandy), mantan teman kontrakan Miko, merasa bahwa kesialan yang dialami Miko disebabkan karena kutukan masa lalu saat Miko SMP. Akhirnya, mereka berusaha untuk menelusuri satu persatu teman SMP Miko yang berkemungkinan menimbulkan kutukan tersebut.

7. Single

Single 1

Dari tahun ke tahun, film Raditya Dika terbaik selalu mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam hal kualitas gambar, alur cerita, sampai pemilihan aktor dan aktris yang mendampinginya berperan. Seperti Single yang rilis akhir tahun 2015, Dika menggaet dua komika untuk berperan, yakni Pandji dan Babe Cabita.

Single 2

Kisah film Single ini bermula dari pemuda pengangguran, Ebi (Raditya Dika) yang masih meminta uang pada ibunya sampai umur 27 tahun. Bahkan, di usia 27 tahun Ebi masih jomblo dan selalu gagal ketika mendekati wanita. Suatu ketika adik lelaki Ebi akan menikah dan kedua temannya Wawan (Pandji) dan Victor (Babe) membantu Ebi untuk mencari cewek.

Akan tetapi, cewek tercantik yang bisa menarik hati Ebi adalah anak kos baru, Angel (Anisa Rawles). Akahkah kali ini Ebi berhasil memiliki Angel, sedangkan ada Joe (Chandra Liow) yang merupakan “abang-abangan” Angel yang berusaha menjegal Ebi karena ia juga naksir kepada Angel.

8. Koala Kumal

Koala Kumal

Sudah merencanakan pernikahan tapi harus batal karena kekasih menemukan pujaan hati lain? Pengalaman pahit tersebut dialami oleh Dika di film Koala Kumal. Dika yang memerankan dirinya sendiri batal menikat karena kekasihnya, Andrea (Acha Septriasa) selingkuh dengan James (Nino Fernandez). Patah hati yang dialami Dika membuatnya kesulitan menemukan inspirasi untuk menyelesaikan bukunya.

Suatu hari Dika bertemu dengan Trisna (Sheryl Sheinafia), cewek unik yang berusaha membantu Dika mengatasi patah hatinya. Trisna mendorong Dika untuk balas dendam kepada Andrea agar sakit hatinya terobati. Sepanjang film ini banyak terdapat kejadian kocak yang bisa membuat kita tertawa. Sepanjang penayangannya di bioskop, Koala Kumal sudah ditonton oleh 1,86 juta orang.

9. Hangout

Hangout

Di film Raditya Dika terbaik ini, mantan kekasih Sherina Munaf ini menjajal genre thriller yang melibatkan cerita pembunuhan. Namun, bukan Dika namanya jika tidak diselingi banyak hal-hal humor dan konyol di dalam filmnya.

Cerita bermula ketika Dika mendapat undangan misterius untuk berlibur di sebuah pulau. Sejumlah artis lain, seperti Mathias Muchus, Prilly Latuconsina, Titi Kamal, Gading Marten, Soleh Solihun, Surya Saputra, Dinda Kanya Dewi, dan Gary Skak ternyata  juga mendapat undangan yang sama.

Awalnya, liburan terasa menyenangkan, sampai salah seorang dari mereka dibunuh. Pembunuhan berantai pun terjadi dan salah satu dari mereka curiga jika pembunuhnya adalah 1 dari 9 public figure ini. Sayangnya, sebelum berhasil memberitahukan kepada Dika siapa pembunuhnya, ia keburu dibunuh duluan. Akankah Dika berhasil bertahan hidup di pulau yang tidak berpenghuni tersebut?

10. The Guys

The Guys

Dalam film The Guys, Dika berperan sebagai Alfi, seorang karyawan biasa yang bercita-cita untuk menjadi bos. Kala itu, Alfi berhubungan semakin dekat dengan Amira (Pevita Pearce), teman sekantornya. Namun, masalah timbul saat Via yang merupakan gebetan abadi Alfi mulai menunjukkan sinyal-sinyal positif pada Alfi.

Saat hubungan Alfi dan Amira semakin dekat, ia baru tahu jika Amira adalah anak bosnya di kantor. Masalah bertambah runyam ketika ayah Amira juga naksir dengan ibu Alfi yang sudah lama menjanda. Dibantu oleh teman-temannya yang konyol, akankah Alfi berhasil menjadi bos dalam pekerjaan sekaligus percintaannya?

10 film Raditya Dika terbaik ini dapat Anda tonton sebagai hiburan. Alur cerita film-film ini sangat ringan dan menghibur. Nah, manakah film Raditya Dika yang ingin Anda tonton terlebih dahulu?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar