bacaterus web banner retina

15 Film Rachel McAdams Terbaik yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh Aditya Putra

Rachel McAdams adalah aktris asal Kanada yang pernah menempuh pendidikan teater di York University selama empat tahun. Setelah lulus, dia membintangi beberapa program televisi hingga akhirnya bisa masuk ke Hollywood. Kemunculannya langsung mendapat sambutan hangat dan dianggap sebagai salah satu pendatang terbaik.

Dengan latar belakang pendidikan yang sejalan dengan karirnya, tidak heran kalau sampai tulisan ini dibuat, sosok Rachel McAdams masih bertahan bahkan semakin berkembang.

Karakter yang dia mainkan di film semakin beragam, begitu juga dengan genre film yang dibintanginya. Berikut adalah rekomendasi 15 film Rachel McAdams yang patut ditonton.

1. Spotlight

Spotlight
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Biography, Crime, Drama
  • Produksi: Participant, First Look Media, Anonymous Content
  • Sutradara: Tom McCarthy
  • Pemeran: Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams

Harian The Boston Globe membentuk sebuah tim yang diberi nama Spotlight untuk mengungkap kasus-kasus rumit dan besar. Tim itu beranggotakan Walter Robinson, Michael Rezendez, Matt Carroll, Ben Bradlee dan Sacha Pfeiffer yang diperankan McAdams.

Saat itu mereka sedang berusaha mengungkap kasus pelecehan seksual oleh pendeta. Investigasi dilakukan sampai tim Spotlight mendapat tiga belas nama. Setelah dikembangkan, jumlah pelaku pelecehan menjadi 90 orang.

Tidak semua orang setuju atas tindakan mereka yang dianggap merusak citra gereja dan agama. Usaha mereka tidak sia-sia dengan menerbitkan sebuah headline di tahun 2002 yang menggemparkan dunia.

2. Midnight in Paris

Film Rachel McAdams_Midnight in Paris_

Di film komedi fantasi ini, Rachel McAdams berperan sebagai Inez, wanita kaya yang menjadi tunangan penulis Gil Pender. Berasal dari keluarga dengan tingkat sosial teratas, Inez memiliki pergaulan yang membuat Gil canggung.

Inez menaruh kecurigaan manakala Gil pergi setiap menjelang tengah malam yang ternyata membawa Gil ke Paris di era 1920an.

Layaknya film Woody Allen lainnya, Midnight in Paris bertabur bintang. Dan Rachel McAdams beruntung bisa bergabung bersama mereka.

Allen menulis karakter Inez khusus untuk McAdams atas saran dari Diane Keaton yang terpukau dengan kualitas aktingnya. Atas performa aktingnya, McAdams dan pemeran lainnya berhasil meraih penghargaan dari Screen Actors Guild Awards.

3. Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Film Rachel McAdams_Doctor Strange in the Multiverse of Madness_

Stephen Strange adalah dokter bedah yang dikenal karena kemampuannya melakukan pembedahan yang mustahil. Hidupnya berubah setelah mengalami kecelakaan yang membuat kedua tangannya tidak bisa bekerja dengan baik.

Christine yang diperankan McAdams, dokter bedah yang disukai Strange, gagal meyakinkan untuk melanjutkan hidup walau tidak sebagai dokter bedah. Strange pun pergi ke Nepal dan berguru pada The Ancient One.

Di sana dia belajar bahwa tidak semua bisa diselesaikan dengan menggunakan logika dan sains. Kaecilius, mantan murid The Ancient One berkhianat. Dia ingin mempraktekkan sebuah mantra yang dapat memanggil kekuatan gelap demi mengubah dunia. Apa Strange bisa menghentikannya?

Di film sequel-nya, Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Rachel McAdams melanjutkan perannya sebagai Christine.

Di awal film, Christine melangsungkan pernikahan yang dihadiri oleh Stephen Strange. Lalu di semesta Earth-838, Doctor Strange bertemu Christine lain yang membantunya menemukan jalan keluar dari markas Illuminati.

Christine di semesta Earth-838 ini adalah seorang ilmuwan yang bekerja di markas Illuminati. Dia adalah sosok yang memberikan nama kepada seluruh semesta yang ada. Semua itu berkat keluasan ilmunya yang menggambarkan betapa cerdasnya dia sebagai ilmuwan.

4. A Most Wanted Man

Film Rachel McAdams_A Most Wanted Man_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Drama, Thriller, Crime
  • Produksi: Potboiler, Ink Factory, Amusement Park
  • Sutradara: Anton Corbijn
  • Pemeran: Philip Seymour Hoffman, Rachel McAdams, Daniel Bruhl

Di film thriller spionase adaptasi novel karya John le Carre ini, Rachel McAdams berperan sebagai Annabel Richter, pengacara imigrasi yang menjadi penghubung Issa Karpov. Richter membawa Karpov bertemu dengan Tommy Brue untuk mencairkan sejumlah besar uang.

Setelah ditangkap oleh tim Bachmann, Richter membujuk Karpov untuk bekerja sama dengannya menjebak Abdullah.

Meski menuai kritikan terkait aksen Jerman yang kurang baik dibawakan olehnya, penampilan McAdams tetap dipuji.

Kesan sosok wanita yang cerdas dan penuh perasaan berhasil ditampilkan dengan baik olehnya. Dia dianggap mampu mengimbangi kekuatan akting Philip Seymour Hoffman yang tampil brilian.

5. Disobedience

Film Rachel McAdams_Disobedience_

Film drama ini mengungkit tema yang tabu untuk diceritakan, yaitu kisah cinta pasangan sesama jenis di komunitas agama yang taat.

Rachel McAdams berperan sebagai seorang istri dari Rabbi muda yang cinta terlarangnya bersemi kembali ketika seseorang dari masa lalunya kembali hadir. Meski memang niatnya bukan untuk menjalin cinta, melainkan untuk berkabung, tapi hasrat itu tidak terhindarkan.

Akting ketiga pemeran utamanya sangat bagus. Chemistry antara McAdams dengan Rachel Weisz, juga dirinya dengan Alessandro Nivola sangat padu dan meyakinkan dalam menampilkan sosok yang terkungkung oleh norma di komunitasnya.

6. Game Night

Game Night
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Action, Comedy, Crime
  • Produksi: Access Entertainment, Access Industries, Aggregate Films
  • Sutradara: John Francis Daley, Jonathan Goldstein
  • Pemeran: Jason Bateman, Rachel McAdams, Kyle Chandler

Sinopsis & Review Game Night

Di sebuah bar, Max bertemu Annie yang diperankan McAdams dan berkompetisi dalam permainan tebak-tebakan. Hubungan mereka justru berlanjut sampai ke jenjang pernikahan.

Obsesi atas permainan tebak-tebakan tidak surut bahkan setelah mereka menjadi pasangan suami-istri. Alhasil mereka sering mengadakan permainan di rumah.

Ketika akhir pekan, Max dan Annie mengundang teman-teman mereka untuk bermain. Kakak Max, Brooks, datang dengan ide berbeda, yaitu permainan dengan sebuah skenario penculikan. Pemain harus menemukan penculik dan korbannya.

Brooks menjanjikan mobilnya sebagai hadiah. Rencana itu membuat mereka terlibat dalam aksi kejahatan yang berbahaya.

7. State of Play

Film Rachel McAdams_tate of Play_
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Thriller, Crime, Mystery
  • Produksi: Andell Entertainment Production
  • Sutradara: Kevin Macdonald
  • Pemeran: Russell Crowe, Ben Affleck, Rachel McAdams, Helen Mirren

Di film thriller politik ini, Rachel McAdams berperan sebagai Della Frye, seorang reporter yang bekerja sama dengan Cal McAffrey.

Mereka berusaha membongkar konspirasi pembunuhan yang melibatkan teman lama Cal, Stephen Collins, seorang anggota kongres. Film ini merupakan adaptasi dari serial BBC State of Play.

Dengan model rambut yang pendek, kecerdasan dan kegesitan Della dalam mengorek berita ditampilkan dengan sangat baik oleh McAdams. Beberapa kritikus melemparkan pujian atas performa aktingnya yang dianggap mampu mengimbangi Russell Crowe, Ben Affleck dan Helen Mirren.

McAdams melakukan riset untuk karakternya dengan mengunjungi The Washington Post dan bertemu politisi di Capitol Hill.

8. Mean Girls

Film Rachel McAdams_Mean Girls_

Di film komedi remaja ini, Rachel McAdams berperan sebagai Regina George. Dia adalah ketua dari kelompok populer di sekolah bernama The Plastics.

Siswi baru Cady Heron yang diperankan oleh Lindsay Lohan direkrut menjadi anggota baru. Tapi ternyata dia menyukai mantan kekasihnya dan menimbulkan rivalitas diantara mereka.

Rachel McAdams tampil dalam performa yang bagus sebagai sosok siswi paling populer di sekolah yang bersikap sombong dan menyebalkan. Lewat film inilah karirnya mulai menanjak bersama dengan para pemeran muda lainnya yang juga bermain di film ini, seperti Amanda Seyfried dan Lizzy Caplan.

9. Red Eye

Red Eye

Lisa Reisert yang diperankan McAdams baru saja menghadiri pemakaman neneknya di Dallas dan akan segera terbang ke Miami karena harus bekerja keesokan harinya.

Di bandara dia bertemu seorang pria bernama Jackson Ripper. Pertemuan itu tidak berlangsung canggung, malah mereka bisa berbicara dengan nyaman. Di pesawat, Lisa duduk bersebelahan dengan Jackson.

Jackson bercerita tentang dirinya yang sebenarnya adalah anggota komplotan pembunuh bayaran. Target yang diincarnya adalah Charles Keefe yang akan tidur di hotel yang dimanajeri oleh Lisa. Jackson meminta bantuan Lisa sebagai manajer untuk memindahkan kamar Keefe, kalau menolak ayahnya akan dibunuh.

10. Wedding Crashers

Wedding Crashers
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: New Line Cinema, Tapestry Films, Avery Pix
  • Sutradara: David Dobkin
  • Pemeran: Owen Wilson, Vince Vaughn, Rachel McAdams

John Beckwith dan Jeremy Grey sudah lama bersahabat. Mereka mempunyai kesamaan prinsip, yaitu tidak mempercayai cinta sejati.

Mereka lebih senang mengencani wanita, berhubungan singkat, lalu mencari wanita lain. Oleh karena itu, mereka mempunyai hobi yang sama, mendatangi pesta pernikahan orang lain untuk mencari wanita.

John dan Jeremy mendatangi pesta pernikahan keluarga Cleary, orang terpandang yang memiliki tiga orang putri, yaitu Claire yang diperankan McAdams dan Gloria yang menjadi pendamping kakak mereka, Christina.

Gloria tergila-gila pada Jeremy sedangkan Claire yang mempunyai kekasih bersikap dingin pada John, tapi John semakin penasaran.

11. About Time

Film Rachel McAdams_About Time_

Di film drama komedi dengan bumbu fiksi ilmiah ini, Rachel McAdams berperan sebagai Mary, gadis yang menawan hati Tim Lake yang sedang patah hati.

Kisah cinta mereka terasa manis dan sempurna, karena Tim menggunakan kemampuan unik untuk kembali ke momen yang diinginkannya di masa lalu. Mereka menikah dan memiliki tiga anak.

McAdams sebenarnya mendapatkan peran ini karena menggantikan Zooey Deschanel. Sebagai fans berat Richard Curtis, McAdams tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan menampilkan akting penuh chemistry dengan Domhnall Gleeson.

Perpaduan mereka menuai banyak pujian, karena terasa sangat natural dan berhasil mewarnai emosi filmnya.

12. Sherlock Holmes

Sherlock Holmes

Holmes, seorang detektif swasta bersama rekannya Dr. John Watson berhasil mencegah pembunuhan wanita yang akan dijadikan ritual oleh Lord Henry Blackwood. Sudah lima wanita menjadi korban.

Blackwood ditangkap dan divonis hukuman gantung. Sebelum dieksekusi, dia menyatakan akan ada tiga kematian yang tidak bisa dihentikan dan akan mengubah dunia.

Irene Adler yang diperankan McAdams datang menemui Holmes. Adler meminta Holmes untuk menemukan Reordan yang hilang.

Reordan tewas dibunuh, sedangkan Blackwood masih hidup dan mencoba menggabungkan ilmu dengan sihir bersama kelompok persaudaraan rahasia yang beranggotakan orang-orang berpengaruh. Bagaimana Holmes menghentikannya?

13. Southpaw

Southpaw

Billy Hope adalah seorang petinju dengan rekor mentereng 43-0. Dia mempunyai gaya bertinju yang tidak biasa, yaitu menggunakan wajahnya untuk menahan pukulan.

Di luar ring, Billy adalah penyayang keluarga. Dia mempunyai istri bernama Maureen yang diperankan McAdams, dan seorang anak bernama Leila.

Suatu ketika, Maureen meminta Billy berhenti bertinju. Billy membuat konferensi pers dan bertemu Miguel Escobar yang terus meledeknya. Pertengkaran terjadi dan Maureen tertembak oleh peluru nyasar.

Karir Billy meredup, bahkan dia kehilangan hak asuh atas Leila karena tidak mempunyai penghasilan tetap. Billy harus merangkak lagi dari bawah untuk menata hidupnya.

14. Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga

Film Rachel McAdams_Eurovision Song Contest The Story of Fire Saga_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Comedy, Music
  • Produksi: European Broadcasting Union, Gary Sanchez Productions, Truenorth Productions, Netflix
  • Sutradara: David Dobkin
  • Pemeran: Will Ferrell, Rachel McAdams, Dan Stevens

Rachel McAdams mengulangi performa apiknya di film komedi. Disini dia berperan sebagai Sigrit, salah satu anggota band Fire Saga.

Band mereka terpilih untuk mewakili Islandia di ajang Eurovision, padahal penampilan mereka dianggap gagal. Selama masa persiapan, terjadi banyak hal yang membuat ketegangan di antara mereka. Bahkan penampilan mereka di semi-final nyaris gagal.

Original film Netflix ini menggelar banyak lagu baru yang bagus karya para pencipta lagu terkenal asal Swedia, seperti Savan Kotecha, Rami Yacoub, Jorgen Elofsson dan Andreas Carlsson.

Banyak kelucuan khas Will Ferrell yang dihadirkan, tapi akting McAdams yang sangat baik mengimbanginya dengan sempurna.

15. The Notebook

The Notebook

Noah, seorang pria yang bekerja di penggergajian di North Carolina bertemu dengan Allie yang diperankan McAdams yang sedang liburan.

Pertemuan di pasar malam membuat Noah jatuh cinta pada Allie. Noah memperkenalkan Allie dengan banyak hal baru. Bahkan, Noah mengajak Allie ke sebuah rumah tua yang akan dia ubah seperti impian Allie.

Ibu Allie, Anne, tidak menyetujui hubungan mereka karena Noah bukan pria mapan. Anne membawa Allie pulang. Noah mengirim 364 surat untuk Allie tapi tidak disampaikan oleh Anne.

Surat ke-365 dibuat Noah ketika akan pergi wajib militer sementara Allie berkenalan dengan Lon. Ketika Allie dan Lon akan menikah, Allie menemukan foto rumah yang dijanjikan Noah.

Film-film yang diulas di atas adalah film terbaik Rachel McAdams. Kalau film Rachel McAdams favorit kamu belum diulas di atas, kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram