Bacaterus / Film Artis Hollywood / 10 Film Terbaik yang Digarap oleh Quentin Tarantino

10 Film Terbaik yang Digarap oleh Quentin Tarantino

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di industri perfilman Hollywood nama Quentin Tarantino begitu tersohor dengan menghasilkan film-film bergaya neo-noir, dan satir lewat adegan kekerasan penuh artistik. Tarantino merupakan seorang sutradara, produser sekaligus penulis naskah yang kerap memasukkan unsur kultur populer di sebagian filmnya.

Perjalanan karirnya dimulai saat dirinya membuat sebuah film indie dengan merilis Reservoir Dogs tahun 1992. Film tersebut kemudian terpilih sebagai Greatest Independent Film of All Time oleh majalah Empire. Ia semakin populer dan karirnya melesat setelah berhasil memproduksi film keduanya yang berjudul Pulp Fiction di tahun 1994.

Selain sukses secara komersial, film-film yang ia buat juga mendapatkan penilaian baik dari para kritikus. Ia juga pernah meraih dua kali penghargaan dalam ajang piala Oscar, Golden Globe Awards, dan BAFTA Awards. Di tahun 2015, pria berusia 57 tahun ini memperoleh bintang dari Hollywood Walk of Fame atas kontribusinya bagi perkembangan industri perfilman.

Film Quentin Tarantino memang mempunyai tema cerita lewat penggambaran sudut pandang yang unik. Jika kalian ingin menonton film-film terbaik yang pernah dibuat olehnya, Bacaterus di bawah ini akan memberikan daftar rekomendasinya. Langsung saja simak ulasannya berikut ini ya.

1. Pulp Fiction

Pulp Fiction

* sumber: www.lamag.com

  • Tahun rilis: 1994
  • Genre: Independent neo-noir crime
  • Rumah produksi: A Band Apart dan Jersey Films
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran utama: John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman, Harvey Keitel, Amanda Plummer dan Bruce Willis

Cerita dalam film ini tersusun secara kronologis dengan terbagi ke dalam tiga cerita utama yang saling berhubungan. Bagian pertama menceritakan tentang sosok pembunuh bernama Vincent Vega sebagai karakter utamanya. Di cerita kedua berfokus pada Butch Coolidge yang merupakan seorang petinju. Sedangkan dibagian terakhir akan menyoroti rekan dari Vincent yakni Jules Winnfield.

Pulp Fiction menjadi salah satu karya terbaik dari Quentin Tarantino dengan banyaknya respon yang positif. Film ini memenangkan Palme d’Or di Festival Film Cannes 1994, serta masuk tujuh nominasi di 67th Academy Awards dengan salah satunya meraih Best Original Screenplay. Di Situs Rotten Tomatoes sendiri, Pulp Fiction mendapat peringkat 92% dengan nilai cukup tinggi di angka 9,22/10.

2. Kill Bill Volume. 1 dan Volume. 2

Kill Bill Volume. 1 dan Volume. 2

* sumber: www.mtv.com

  • Tahun rilis: 2003 dan 2004
  • Genre: Martial arts
  • Rumah produksi: A Band Apart, China Film Co-production Corporation, dan The Fourth Film Production Company
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran utama: Uma Thurman, Lucy Liu, Vivica A. Fox, Michael Madsen, Daryl Hannah, David Carradine, Sonny Chiba, Julie Dreyfus, Chiaki Kuriyama, Gordon Liu, Michael Parks

Secara garis besar, cerita dari Kill Bill Volume 1 dan 2 berfokus pada seorang perempuan bernama Beatrix Kiddo alias Black Mamba yang melakukan aksi balas dendam kepada pasukan pembunuh Deadly Viper. Ia melakukan hal tersebut karena kelompok Deadly Viper telah berkhianat kepadanya dengan berusaha membunuh dirinya serta anak yang ada dikandungannya.

Satu demi satu anggota kelompok tersebut ia bunuh mulai dari Cottonmouth, Copperhead, Sidewinder, dan California Mountain Snake. Bill alias Snake Charmer adalah pemimpin tertinggi dari Deadyl Viper, dan dirinya menjadi sasaran paling terakhir yang akan dibunuh oleh Beatrix Kiddo.

3. Jackie Brown

Jackie Brown

* sumber: www.kansas.com

  • Tahun rilis: 1997
  • Genre: Crime
  • Rumah produksi: A Band Apart, Mighty Mighty Afrodite Productions, dan Lawrence Bender Productions
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran utama: Pam Grier, Samuel L. Jackson, Robert Forster, Bridget Fonda, Michael Keaton, dan Robert De Niro

Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Elmore Leonard terbitan tahun 1992 yang berjudul Rum Punch. Diceritakan bahwa Jackie Brown adalah seorang pramugari di sebuah maskapai penerbangan. Ia mempunyai pekerjaan sampingan dengan menyelundupkan uang dari Meksiko ke Amerika untuk seorang pengedar senjata ilegal bernama Ordell Robbie.

Suatu hari dirinya terkena imbasnya, Jackie tertangkap basah karena telah menyelundukan uang dan senjata ilegal. Dirinya kini dihadapkan pada dua pilihan, yakni bekerjasama dengan kepolisian untuk membongkar mafia penjual senjata, atau memilih diam dan masuk penjara sebagai penjahat.

Jackie Brown kemudian dinomanasikan untuk penghargaan bergengsi Grand Prix dari Belgia Syndicate of Cinema Critics. Pada tahun 2008, film ini dipilih oleh majalah Empire sebagai salah satu dari 500 Film Terbesar Sepanjang Masa dengan berada di peringkat 215.

4. Once Upon a Time in Hollywood

Once Upon a Time in Hollywood

* sumber: www.thecrimson.com

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Drama comedy
  • Rumah produksi: Columbia Pictures, Bona Film Group, Heyday Films, dan Visiona Romantica
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran utama: Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Margot Robbie, dan Emile Hirsch

Berlatar belakang di tahun 1969, seorang aktor Hollywood bernama Rick Dalton merasa cemas karena karirnya sepertinya akan berakhir. Supaya karirnya cemerlang lagi, agen pencari bakat Marvin Schwarz menyarankan kepadanya agar bermain di film-film koboi. Namun, Dalton bersikeras tidak mau terlibat di film itu karena ia tidak menyukainya.

Sementara itu, aktor pemeran pengganti dari Dalton yang bernama Cliff Booth menjadi orang yang selalu menemani kemana pun Dalton pergi. Semenjak istrinya meninggal, Booth tidak aktif lagi dalam dunia perfilman. Gosip telah beredar yang mengatakan bahwa sebenarnya Booth telah membunuh istrinya tersebut.

5. Reservoir Dogs

Reservoir Dogs

* sumber: www.hollywoodreporter.com

  • Tahun rilis: 1992
  • Genre: Independent crime
  • Rumah produksi: Live America Inc dan Dog Eat Dog Productions
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran utama: Harvey Keitel, Tim Roth, Chris Penn, Steve Buscemi, Lawrence Tierney, dan Michael Madsen

Enam pria dengan latar belakang berbeda direkrut oleh bos mafia bernama Joe Cabot untuk melakukan perampokan berlian di suatu tempat. Agar saling mengenal satu sama lain dan identitasnya aman, Joe memberikan nama samaran kepada mereka dengan sebutan  Mr. Brown, Mr. White, Mr. Blonde, Mr. Blue, Mr. Orange dan Mr. Pink.

Namun, satu diantara mereka ternyata adalah seorang polisi yang sedang menyamar. Perampokan berjalan berantakan dan mereka pun terjebak dalam situasi yang rumit. Keenam pria tersebut saling mencurigai satu sama lain, dan mereka mesti dihadapkan antara persahabatan atau perkelahian.

Baca juga: Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg

6. Inglourious Basterds

Inglourious Basterds

* sumber: movieden.net

  • Tahun rilis: 2009
  • Genre: War film
  • Rumah produksi: A Band Apart dan Studio Babelsberg
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran utama: Brad Pitt, Christoph Waltz, Michael Fassbender, Eli Roth, Diane Kruger, dan Daniel Brühl

Inglourious Basterds menceritakan tentang pemberontakan tentara Yahudi Amerika yang dipimpin oleh Letnan Aldo Raine untuk meruntuhkan rezim Nazi Jerman. Sementara itu di tempat lain, seorang Yahudi Prancis bernama Shosanna Dreyfus ingin membalas kematian keluarganya dengan berusaha membunuh Kolonel Nazi, Hans Landa.

Seminggu setelah perilisannya, film ini meraup untung sekitar 38 juta dollar dan langsung berada di posisi pertama box office. Inglourious Basterds lalu mendapatkan respon yang positif dengan nilai baik di situs Rotten Tomatoes lewat rating 88%, dan skor 7,8/10.

7. The Hateful Eight

The Hateful Eight

* sumber: screenprism.com

  • Tahun rilis: 2009
  • Genre: Western thriller
  • Rumah produksi: Shiny Penny, dan FilmColony
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran utama: Samuel L. Jackson, Kurt Russell, Jennifer Jason Leigh, Walton Goggins, Demián Bichir, Tim Roth, Michael Madsen, Bruce Dern, James Parks, dan Channing Tatum

Di tengah badai salju, delapan orang yang tidak saling mengenal mencari tempat perlindungan dan menepi di sebuah penginapan kecil. Mereka terlihat misterius dan masing-masing diantaranya adalah seorang bounty hunter beserta buronan tangkapannya. Situasi mulai menegangkan ketika mereka mulai memburu nyawa satu sama lain.

Film ini cukup sukses secara finansial dengan budget produksi sebesar 45 juta dollar kemudian menghasilkan pendapatan 155,8 juta dollar. Score musik dalam film ini meraih penghargaan Academy Awards dan Golden Globe untuk kategori Best Original Score. Selain itu, The Hateful Eight juga masuk nominasi untuk Aktris Pendukung Terbaik (Jennifer Jason Leigh) dan Sinematografi Terbaik.

8. Django Unchained

Django Unchained

* sumber: moviexplorers.com

  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: American revisionist Western
  • Rumah produksi: A Band Apart dan Columbia Pictures
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran utama: Jamie Foxx, Christoph Waltz, Leonardo DiCaprio, Kerry Washington, dan Samuel L. Jackson

Dr. King Schultz adalah seorang mantan dokter gigi, ia berusaha menemukan keluarga Brittle yang hilang agar mendapatkan hadiah besar. Ia kemudian membebaskan seorang budak bernama Django untuk membantunya dalam membereskan pekerjaannya tersebut.

Di lain sisi, Django sendiri mempunyai misi lain yakni menyelamatkan istrinya yang hilang akibat perbudakan. Dr. Schultz dan Django lalu bekerjasama untuk menuntaskan pekerjaannya masing-masing. Dalam perjalanannya, keduanya dihadapkan pada seorang pemilik perkebunan yang rasis bernama Calvin Candie.

Film Django Unchained mendapatkan review positif dari Rotten Tomatoes dengan raitng 87%, berdasarkan 262 ulasan, dan memiliki nilai 8/10.  Selain itu, polling milik CinemaScore mengatakan jika film ini mendapatkan nilai A- dari skala A+ hingga F.

9. Sin City

Sin City

* sumber: pandaschoice.com

  • Tahun rilis: 2005
  • Genre: Neo-noir crime anthology film
  • Rumah produksi: Troublemaker Studios dan Dimension Films
  • Sutradara: Quentin Tarantino, Robert Rodriguez, dan Frank Miller
  • Pemeran utama: Jessica Alba, Benicio del Toro, Brittany Murphy, Clive Owen, Mickey Rourke, Bruce Willis, dan Elijah Wood

Cerita dalam film ini didasarkan pada sebuah novel grafis atau semacam komik hasil karya Frank Miller. Sin City sendiri mempunyai enam jalan cerita yang berjudul That Yellow Bastard Part I dan II, The Hard Goodbye, The Big Fat Kill, serta The Customer is Always Right Part I dan II. Layaknya film noir yang gelap dan kelam, keenam judul tersebut divisualisasikan lewat gambar hitam putih.

Sin City diputar dalam Festival Film Cannes 2005 dan memenangkan hadiah utama untuk kategori Visual Shaping. Film ini mempunyai sekuel kedua dengan judul Sin City: A Dame to Kill For yang rilis pada tahun 2014. Namun, Quentin Tarantino tidak ikut dalam proses produksinya sebagai sutradara lagi. Meski begitu, sekuel kedua tersebut tetap mendapatkan respon yang cukup baik dari penonton dan kritikus.

10. Death Proof

Death Proof

* sumber: www.filmaffinity.com

  • Tahun rilis: 2007
  • Genre: Exploitation thriller film
  • Rumah produksi: Troublemaker Studios
  • Sutradara: Quentin Tarantino.
  • Pemeran utama: Rosario Dawson, Vanessa Ferlito, Jordan Ladd, Rose McGowan, Sydney Tamiia Poitier, Tracie Thoms dan Mary Elizabeth Winstead

Tiga orang sahabat yang bernama Arlene, Shanna dan Julia berkendara menyusuri jalanan Congress Avenue di Austin, Texas. Mereka kemudian menepi di sebuah bar untuk merayakan ulang tahun Julia. Di tempat yang sama, seorang stuntman bernama Mike McKay mulai mengincar mereka dan berencana untuk membunuh dengan cara menabrak ketiganya.

Unsur kekerasan sebagai ciri khas dalam film Quentin Tarantino masih menjadi hidangan utama di film yang satu ini. Jika di beberapa film lainnya menggunakan elemen tembak-tembakan, Death Proof hadir lebih kejam lewat aksi gila psikopat Mike Mckay yang menggunakan mobil sebagai alat pembunuhnya.

Bagi kalian yang menyukai film-film bertemakan noir dengan adegan kekerasan berdarah, film-film Quentin Tarantino di atas sangat tepat untuk ditonton. Meski terdengarnya kejam, namun Tarantino selalu mengemas aksi pertarungan dan konflik dengan gaya artistik sehingga tidak terlihat brutal. Selamat menonton!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *