Bacaterus / Film Horror Indonesia / 5 Film Indonesia Tentang Psikopat yang Paling Menegangkan

5 Film Indonesia Tentang Psikopat yang Paling Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Maret 2019

Secara harfiah, psikopat berarti sakit jiwa. Pengidapnya juga sering disebut sosiopat, karena perilaku anti-sosial dan merugikan orang-orang di sekitarnya. Psikopat berbeda dengan orang gila, meskipun sama-sama melakukan hal yang gila. Perbedaan psikopat dengan orang gila adalah, seorang psikopat betul-betul sadar terhadap apa yang dilakukannya, tidak demikian dengan orang gila.

Dalam kasus kriminal psikopat dikenal sebagai pembunuh, pemerkosa, dan berbagai kekejaman lainnya. Namun, ini hanya seperlima saja, selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna, pandai bertutur kata, mempunyai daya tarik dan menyenangkan.

Psikopat juga sering diangkat menjadi tema utama sebuah film, mungkin karena dia punya hidup yang berbeda sekaligus sudut pandang yang tidak biasa. Sesuatu yang menarik untuk disajikan kepada penonton karena semua yang ada dalam diri seorang psikopat bukan sesuatu yang sering dialami sebagian besar penonton.

Film tentang psikopat juga menjadi hiburan sekaligus pembelajaran tersendiri bagi penontonnya. Sedikit banyak menceritakan bagaimana ciri-ciri seorang psikopat dan kegilaan apa saja yang mampu dilakukannya, tontonan itu memberikan pengalaman untuk para penontonnya.

Kebanyakan film psikopat datang dari Barat, karena memang tingkat kesulitannya cukup tinggi. Namun, Indonesia juga pernah membuat film bertema psikopat meskipun tidak banyak. Kalau kamu ingin menonton, berikut ini beberapa film psikopat Indonesia yang kami rekomendasikan.

5 Film Psikopat Indonesia

1. Rumah Dara/Macabre [2010]

Rumah Dara (Macabre) [2010]

Ini adalah salah satu film Indonesia yang paling sadis. Film psikopat sendiri bukan film yang populer di Indonesia. Tidak banyak pembuat film yang tertarik untuk membuat film sejenis ini, dan Rumah Dara adalah salah satunya. Saking sadisnya, film ini sampai dilarang tayang di Malaysia. Film ini rilis secara internasional dengan judul Macabre.

Film dibuka oleh adegan seorang perempuan yang mengajarkan tiga orang anaknya membunuh seorang laki-laki yang kepalanya ditutup. Mereka adalah keluarga psikopat yang gemar membunuh.

Mereka kerap membawa tamu ke rumah, diajak makan malam untuk kemudian dibunuh. Di dalam rumah itu sudah tersedia beraneka perlengkapan untuk membunuh orang, mulai dari obat tidur yang bisa dicampur ke makanan, senjata tajam, hingga senjata api.

Kalau kamu penggemar film psikopat, jangan sampai kamu melewatkan film psikopat Indonesia yang satu ini. Selain karena langka, film Rumah Dara pun punya kualitas yang baik secara produksi dan didukung oleh kemampuan akting para pemerannya.

Nama-nama besar seperti Arifin Putra, Julie Estelle, Ario Bayu, Sigi Wimala membintangi film ini. Tentu saja kualitas akting mereka tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak aksi yang akan membuatmu gigit jari karena ngeri.

2. Love and Edelweiss [2010]

 Love and Edelweiss [2010]

Film psikopat Indonesia yang satu ini agak lebih halus dalam menceritakan kegilaannya. Menampilkan Kris Hatta yang saat ini namanya sedang ramai diperbincangkan. Namun, sehalus-halusnya seorang psikopat, tetaplah seorang psikopat yang ulahnya mengancam orang di sekitarnya.

Tentang Ryo yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga dari Papa dan Mamanya. Ryo juga menjadi korban kekerasan seksual oleh orang terdekatnya yang menyukai anak kecil, istilahnya pedofilia. Pengalaman buruk ini menjadikan Ryo seorang Psikopat. Apa yang dia inginkan harus terwujud meskipun dengan cara yang brutal.

Ryo berteman dengan sepasang kekasih, Cinta dan Bugi. Diceritakan kalau Bugi adalah seseorang yang sangat protektif kepada Cinta. Dia selalu ingin melindungi Cinta dari apapun yang bisa melukai perempuan itu. Cinta tidak menyukai itu dan lama-lama merasa jenuh.

Dalam beberapa kesempatan, Ryo hadir sebagai sosok penolong bagi Cinta. Sampai kemudian Cinta menganggap Ryo sebagai seseorang yang baik karena berkali-kali menolongnya. Bugi tidak senang dengan itu.

Satu hal yang tidak diketahui cinta adalah, sebenarnya Ryo terobsesi kepada Bugi, bukan cinta. Kamu akan melihat aksi bagaimana seorang psikopat mendapatkan apa yang dia inginkan melalui tingkah Ryo yang berusaha memiliki Bugi.

3. Pintu Terlarang [2009]

Pintu Terlarang [2009]

Siapa yang tidak kenal Joko Anwar? Salah satu sineas terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia. Ini adalah film psikopat Indonesia yang ditulis dan disutradarai oleh seorang Joko Anwar. Dibintangi oleh Fachri Albar, Ario Bayu, Marsha Timothy dan sederet nama lainnya.

Menceritakan tentang seorang pematung bernama Gambir yang sukses dan sedang berada di puncak karirnya dalam pengeksploitasian temannya yaitu wanita hamil. Dia seolah punya hidup yang sempurna dengan seorang istri bernama Talyda dan Ibu yang pengertian, serta pemilik galeri yang sudah dianggap seperti Ayahnya.

Di balik kesuksesannya itu, tersembunyi kisah yang mengerikan. Pertama kali Talyda menggugurkan kandungannya dulu, Gambir masih menjadi pematung biasa dan dipaksa oleh Talyda untuk memasukkan janin ke dalam sebuah patung wanita hamil karyanya. Sejak saat itu hingga menikah, Talyda membuat perjanjian dengan klinik aborsi untuk mengambil setiap janin yang digugurkan. Kemudian, janin itu dimasukkan ke dalam setiap patung Gambir.

4. Modus Anomali/Ritual [2012]

Modus Anomali [2012]

Satu lagi film psikopat Indonesia dari Joko Anwar. Kali ini dia mengajak Rio Dewanto yang berpasangan dengan Hannah Al Rashid untuk membintangi film Modus Anomali. Film ini juga rilis secara internasional dengan judul Ritual.

Bercerita tentang seorang laki-laki yang berlibur bersama istri dan kedua anak mereka di sebuah kabin di dalam hutan. Mereka dikejutkan dengan kedatangan seorang tamu tak diundang. Sebelum menyadari apa yang terjadi, laki-laki itu sudah terpisah dengan keluarganya.

Dia menemukan jam alarm yang tersebar dan harus berpacu dengan waktu jika ingin kembali bertemu dengan keluarganya. Sementara itu, di sana juga ada satu keluarga lain yang sedang berlibur, yang mungkin ada kaitannya dengan keanehan yang sedang ia alami.

Kamu harus benar-benar fokus menonton film ini karena banyak teka-teki yang harus kamu pecahkan sendiri. Tentang kegilaan yang terjadi, dan tentang siapa seorang psikopat di balik itu semua. Film yang tidak biasa yang akan memberikanmu pengalaman menonton film yang luar biasa.

5. Killers

Killers

Film ini merupakan hasil kolaborasi antara Indonesia dan Jepang. Skenario ditulis oleh Ushiyama Takuji dengan Timo Tjahjanto. Pengambilan gambar dilakukan di Jepang dan di Indonesia. Dalam proses produksinya film ini didukung oleh kru maupun dana dari Merantau Films yang membuat The Raid, Damn Inc yang dimotori oleh VJ Daniel, dan Million Pictures yang membuat film Negeri 5 Menara.

Bercerita tentang Nomura, seorang eksekutif muda asal Jepang yang ternyata mempunyai sisi gelap. Dia membunuh beberapa orang dan mendokumentasikannya ke dalam bentuk video. Dia juga mengunggah video itu ke internet agar dapat dilihat banyak orang demi kepuasan pribadinya.

Di sisi lain, Bayu, seorang jurnalis Indonesia yang ambisius terpuruk akibat obsesinya dalam menguak kasus politikus. Hal ini mengakibatkan hubungan asmara dan karirnya berantakan. Lalu, dia melihat salah satu video Nomura dan menemukan sisi lain di dalam dirinya.

Bayu terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Dia ingin menjadi pembunuh berantai. Dia mulai membentuk karakternya sendiri dan membunuh atas nama keadilan kemudian mengunggah videonya ke internet.

Tak disangka video Bayu mendapatkan tanggapan, begitu juga dengan video Nomura. Mereka jadi terhubung melalui internet dengan ikatan yang semakin rumit. Lalu, Nomura memutuskan untuk menemui Bayu.

Ada film yang sudah kamu tonton? Atau kamu tahu film psikopat Indonesia lain yang belum tertulis di sini? Kamu boleh menuliskannya di kolom komentar, ya. Film psikopat Indonesia tidak sebanyak drama atau komedi, jadi alangkah baiknya kalau kita bermurah hati untuk berbagi informasi.

Tapi, kalau kamu lebih suka dengan film horor dibandingkan film psikopat, maka bisa coba tonton 10 Film Horor Indonesia yang paling menyeramkan dan bikin kamu susah tidur ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar