Bacaterus / Film Barat / 10 Film Terbaik yang Menampilkan Tokoh Presiden USA Fiktif

10 Film Terbaik yang Menampilkan Tokoh Presiden USA Fiktif

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Januari 2019

Presiden dalam sebuah negara adalah pemegang tampuk pemerintahan tertinggi dimana di tangannya roda pemerintahan dijalankan dan menjadi tanggung jawabnya keberhasilan dan kemunduran sebuah negara.

Sebuah tugas dan amanah yang besar bagi para presiden ini. Para presiden bisa berasal dari latar belakang dan kisah yang berbeda satu sama lain, yang membuat mereka memiliki karakter yang berbeda pula dalam menjalankan pemerintahan.

Perfilman Hollywood banyak memproduksi film dengan Presiden USA fiktif sebagai karakter utamanya, terutama di genre action. Mayoritas di beberapa film yang akan kami bahas nanti, para presiden fiktif ini memiliki latar belakang militer atau paling tidak memiliki mental baja dalam melawan para musuhnya maupun saingan politiknya di negeri sendiri.

Inilah sepuluh film Hollywood terbaik yang mengusung Presiden USA fiktif sebagai salah satu karakter utamanya.

1. Dr. Strangelove [1964]

Dr. Strangelove presiden usa

Di film comedy-satire dengan judul lengkap Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb ini, Presiden USA diperankan oleh Peter Sellers yang merupakan salah satu dari tiga karakter yang diperankannya di film ini.

Tema perang dingin antara USA dan USSR ditampilkan dalam format komedi yang cukup menggelitik dan menyentil beberapa pihak dalam dunia politik dan militer tentunya. Film ini sudah menjadi klasik dan termasuk salah satu film komedi terbaik hingga saat ini.

2. Escape from New York [1981]

Escape from New York

Di film action dengan dunia dystopia yang berseting di tahun 1997, Presiden USA dijadikan tahanan oleh teroris setelah pesawat Air Force One yang ditumpanginya terjatuh. Untuk menyelamatkannya, hanya satu nama yang pantas, yaitu Snake Plissken, seorang narapidana yang dahulunya adalah mantan tentara terbaik negri tersebut.

Dengan kenekatan dan keahliannya, akhirnya sang presiden berhasil diselamatkan olehnya. Sang presiden yang hingga akhir film tidak disebutkan namanya diperankan oleh Donald Pleasence dalam performa terbaiknya.

3. Dave [1993]

Dave

Untuk menghindari skandal yang berpotensi akan menghebohkan negara karena Presiden USA mengalami koma, seorang pemilik sebuah agensi yang memiliki wajah yang mirip dengan presiden, diminta oleh negara untuk menjadi presiden imitasi selama sang presiden masih belum sembuh.

Banyak kelucuan dan intrik politik yang cukup menggelitik di film bergenre drama komedi ini. Kevin Kline sebagai Presiden William Harrison Mitchell cukup baik dalam membawakan perannya.

4. The American President [1995]

The American President

Michael Douglas berperan sebagai Presiden Andrew Shepherd yang terlibat jalinan asmara dengan seorang wanita pencinta alam setelah kematian istrinya. Di saat yang sama dia pun harus menangani banyak permasalahan negara, salah satunya adalah di bidang kriminal yang sedang banyak terjadi di masa baktinya.

Film bergenre komedi romantis ini banyak dinominasikan di beberapa festival film bergengsi, terutama bagi kedua pemerannya, Michael Douglas dan Annette Benning yang tampil sangat baik dan memiliki chemistry yang padu.

5. Independence Day [1996]

Independence Day

Semangat patriotisme sudah pasti selalu diusung sepanjang film yang menceritakan perlawanan manusia terhadap serangan alien ini. Bill Pullman dipercaya sebagai sosok presiden mantan pilot di Perang Teluk bernama Thomas J. Whitmore. Film yang mendapat respon positif dan tampil dengan special-effects yang canggih pada masanya ini, merupakan pionir film-film bencana berbujet mahal.

Bill Pullman melakukan riset tersendiri untuk berperan sebagai presiden, antara lain dengan membaca buku The Commanders karya Bob Woodward dan menyimak film The War Room, sebuah film dokumenter tentang kampanye Bill Clinton sebagai presiden.

6. Absolute Power [1997]

Absolute Power

Gene Hackman berperan sebagai Presiden Alan Richmond yang melakukan kekerasan yang berujung kepada pembunuhan seorang istri milyuner. Skandal ini diketahui oleh seorang pencuri yang berada di lokasi ketika kejadian berlangsung. Tidak ayal lagi, sang pencuri dijadikan tersangka dan dikejar oleh pihak berwajib, hingga akhirnya semua terungkap siapa dalang dibalik pembunuhan itu.

Dalam film karya sutradara Clint Eastwood ini, Presiden USA dipasang sebagai tokoh antagonis yang dengan kuasanya melakukan perbuatan tercela.

7. Air Force One [1997]

Air Force One

Satu film yang menampilkan Presiden USA sebagai tokoh action adalah film ini dengan Harrison Ford sebagai Presiden James Marshall yang pesawat kenegaraannya dibajak oleh teroris Rusia dalam sebuah penerbangannya.

Teror yang menegangkan di dalam pesawat sepanjang film ditampilkan cukup baik, sehingga menghasilkan review yang bagus serta pendapatan box-office yang cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, bahkan Bill Clinton yang menjabat sebagai Presiden USA saat itu memuji film ini.

8. Deep Impact [1998]

Deep Impact

Dalam film bencana jatuhnya meteor yang kemungkinan memusnahkan sebagian kehidupan di bumi ini, Presiden USA diperankan oleh Morgan Freeman yang merupakan penampilan perdana Presiden USA dari kalangan warga Afrika-Amerika dalam sebuah film, jauh sebelum Barrack Obama terpilih sebagai presiden dalam kejadian nyatanya.

Dirilis berbarengan dengan Armageddon (1998) yang memiliki inti cerita serupa, keilmiahan film ini lebih baik dan diakui oleh para ahli astronomi. Penampilan Morgan Freeman sebagai presiden juga cukup baik dengan kharisma dan wibawa ala pemimpin negara pada umumnya, meski film ini gagal meraih penghasilan yang baik di tangga box-office.

9. The Contender [2000]

The Contender

Dalam film drama politik ini, Jeff Bridges berperan sebagai Presiden Jackson Evans yang harus menentukan pilihan dalam mengangkat wakil presiden yang baru setelah kematian wakil presiden sebelumnya.

Seorang senator menjadi kandidat, tetapi diiringi oleh berita dan kabar tentang kebaikan dan keburukannya yang sebagian besar masih belum valid. Sang Presiden harus memilih yang terbaik untuk negaranya agar tetap bisa berjalan dengan baik dan bersinergi dengannya dengan cara mencari tahu info yang valid dari para bawahan dan orang kepercayaannya.

10. Olympus Has Fallen [2013]

Olympus Has Fallen

Kelompok teroris dari Korea Utara menyusupi dan mengancam Presiden USA di dalam White House. Untungnya, ada seorang agen Secret Service yang mampu menyelamatkan nyawa presiden dari ancaman para teroris, bahkan berhasil menumpas kelompok teroris tersebut.

Aaron Eckhart sebagai Presiden Benjamin Asher tampil cukup baik dan tegar meski dalam ketakutan yang cukup besar akan keselamatan diri dan negaranya. Kisahnya kemudian dilanjutkan dalam London Has Fallen (2016) dengan seting di London saat harus menghadiri pemakaman PM Inggris yang ternyata adalah jebakan dalam konspirasi besar untuk membunuh para pemimpin negara maju.

Itulah sepuluh film Hollywood yang menampilkan Presiden USA fiktif sebagai salah satu karakter utamanya. Beberapa di antaranya bergenre action dan beraroma patriorisme, tetapi ada juga yang bergenre comedy.

Sosok seorang presiden memang harus tampil dengan kharisma dan wibawa serta ketenangan tingkat tinggi dalam situasi panik sekalipun. Di antara beberapa aktor yang pernah berperan sebagai Presiden USA fiktif ini, manakah yang menjadi favorit pembaca?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar