Inilah 10 Film Post-Apocalyptic Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Post-apocalyptic, atau dalam bahasa Indonesianya seringkali diterjemahkan sebagai pasca-kiamat, adalah suatu keadaan kehidupan umat manusia yang berjalan setelah terjadinya bencana besar secara global atau kiamat. Istilah ini memang hanyalah sebuah fiksi yang mungkin tidak akan jadi kenyataan, karena pada hakikatnya, setelah kiamat tidak akan ada kehidupan umat manusia lagi di bumi.

Menurut para ahli science-fiction, ide ini muncul karena kisah Nabi Nuh yang terdapat di dalam kitab suci Islam, Yahudi dan Kristen, dimana dia diperintahkan oleh Tuhan untuk membuat sebuah bahtera yang mampu menampung segala jenis kehidupan untuk diselamatkan dari banjir besar yang akan terjadi.

Sejak itu, umat manusia memulai lagi peradabannya dari awal. Kisah ini kemudian menginspirasi legenda Gilgamesh yang terdapat di kebudayaan Mesopotamia, juga kisah yang sama terdapat di beberapa kitab Hindu dan Budha meski dengan karakter legenda yang lain.

Tema ini kemudian menjadi populer sejak akhir 1800an lewat beberapa novel, seperti The Last Man karya Mary Shelley dan After London karya Richard Jefferies. Dengan perkembangan dunia perfilman, terutama di Hollywood, para sineas kemudian membuat banyak sekali film tentang kehidupan umat manusia di era post-apocalyptic ini.

Berbagai sebabnya juga dipaparkan secara singkat dan sangat variatif hingga saat ini. Berikut ini adalah 10 film post-apocalyptic terbaik versi Bacaterus.

10 Film Post-Apocalyptic Terbaik

1. The Terminator [1984]

The Terminator

  • Tahun Rilis: 1984
  • Genre: Action, Sci-Fi
  • Sutradara: James Cameron
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Linda Hamilton, Michael Biehn
  • Perusahaan Produksi: Cinema '84, Euro Film Funding, Hemdale

Di film ini yang mengambil setting tahun 1984, umat manusia masa depan di tahun 2029 mengirimkan cyborg untuk membunuh Sarah Connor, ibu dari John Connor yang kelak menjadi pemimpin umat manusia melawan dominasi robot canggih.

The Terminator mengangkat karir perfilman bagi sutradara James Cameron dan aktor Arnold Schwarzenegger yang kemudian melahirkan beberapa sequel, serial televisi, komik dan novel.

Terminator 2: Judgment Day (1991) tampil lebih baik dari film pertamanya, Terminator 3: Rise of the Machines (2003) besutan sutradara Jonathan Mostow tampil tanpa ada campur tangan James Cameron sebagai pencetusnya.

Terminator Salvation (2009) dengan sutradara McG tidak lagi menggunakan time travel sebagai kelangsungan cerita, tetapi hanya bersetting di tahun 2018 dengan mengedepankan perjuangan John Connor melawan robot Skynet tanpa ada Arnold Schwarzenegger.

Terminator Genisys (2015) menghadirkan kembali Arnold Schwarzenegger yang disambut baik oleh moviegoers dan kritikus film, meski secara keseluruhan menuai cibiran. Rencananya, film ini akan menjadi awal trilogy baru bagi franchise Terminator.

2. 12 Monkeys [1995]

12 Monkeys film post apocalyptic terbaik

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Mystery, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Terry Gilliam
  • Pemeran: Bruce Willis, Madeleine Stowe, Brad Pitt
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Atlas Entertainment, Classico

Sinopsis & Review 12 Monkeys

Bumi dijangkiti oleh virus mematikan di tahun 1996 yang membuat sisa umat manusia hidup di bawah tanah. Di tahun 2027, para ilmuwan mengirimkan James Cole kembali ke tahun 1996 melalui mesin waktu untuk mencari tahu sebab-musabab datangnya virus tersebut.

Tetapi perhitungan mesin tersebut meleset dan Cole terkirim ke tahun 1990. Cole kemudian ditangkap oleh pihak berwajib dan dikirim ke rumah sakit jiwa karena dianggap gila, hingga akhirnya dia menemui Dr. Kathryn Rally yang melakukan riset tentang virus yang dia cari.

Film yang digarap oleh sutradara visioner Terry Gilliam dan dibintangi oleh Bruce Willis, Madeleine Stowe dan Brad Pitt ini memiliki ketegangan yang cukup baik, terutama adegan-adegan di rumah sakit jiwa. Maka tidak heran, jika 12 Monkeys selalu masuk daftar film sci-fi terbaik.

3. Waterworld [1995]

Waterworld

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: Kevin Reynolds
  • Pemeran: Kevin Costner, Jeanne Tripplehorn, Dennis Hopper
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Gordon Company, Davis Entertainment

Bagaimana jika seluruh gunung es di Kutub Utara dan Selatan mencair akibat global warming? Film ini menampilkan perkiraan bumi setelah kejadian pencairan es itu, dimana permukaan laut naik menjadi 25 ribu kaki membuat banyak daratan tenggelam sehingga mayoritas umat manusia yang tersisa hidup di kota-kota buatan yang dibangun dari kayu-kayu.

Karakter utamanya adalah manusia mutan yang memiliki insang di dekat telinganya dan dijuluki The Mariner. Film ini pernah menjadi film yang memiliki bujet termahal kala itu dan merugi karena tidak mendapatkan box-office sesuai harapan.

Perilisannya dibarengi dengan sebuah novel, video game dan 3 wahana di Universal Studios Hollywood, Singapore dan Japan. Bagi penonton yang mabuk laut, kemungkinan besar akan mual melihat lautan yang begitu banyak selama 2 jam lebih durasi filmnya.

4. A.I. Artificial Intelligence [2001]

A.I. Artificial Intelligence

  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Drama, Sci-Fi
  • Sutradara: Steven Spielberg
  • Pemeran: Haley Joel Osment, Jude Law, Frances O'Connor
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., DreamWorks, Amblin Entertainment

Di akhir abad 21 terjadi banjir di pantai-pantai AS akibat efek dari global warming yang akhirnya mengurangi jumlah umat manusia secara drastis. Manusia yang tersisa kemudian membuat robot, humanoid dan android.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram