Bacaterus / Film Perang / 10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa di Era Modern

10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa di Era Modern

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2018

Peristiwa peperangan selalu menghiasi sejarah kehidupan umat manusia. Biasanya bermula dari kerakusan dan ketamakan seorang tokoh berkuasa yang ingin mengambil hak-hak orang lain. Setelah berbagai fase perang yang difilmkan, berikut ini adalah daftar film perang terbaik sepanjang masa produksi Hollywood yang wajib Anda tonton.

Berbagai judul film perang di bawah ini mengambil tema perang yang terjadi saat dan setelah perang dunia kedua. Bagi Anda yang menyukai film bertema peperangan, tentu tidak boleh melewatkan berbagai judul film di bawah ini. Apa sajakah itu?

10 Film Perang Terbaik di Era Modern

1. Apocalypse Now

APOCALYPSE NOW

Film produksi 1979 ini bersetting di Perang Vietnam. Sering dianggap sebagai salah satu film perang terbaik, Apocalypse Now dibintangi oleh Marlon Brando, Martin Sheen dan Robert Duvall. Produksi film ini banyak dihampiri oleh berbagai macam masalah.

Beberapa masalah tersebut di antaranya adalah Marlon Brando yang kelebihan berat badan dan belum mendalami karakternya, Martin Sheen yang terkena serangan jantung, setting film yang terkena badai serta pasca-produksi yang panjang sehingga menunda perilisan film ini.

Tetapi semua itu terbayar dengan kesuksesan film yang masuk nominasi Academy Awards dan Golden Globe Awards untuk kategori Best Picture, meski hanya berhasil membawa pulang Oscar untuk kategori Best Cinematography dan Best Sound. Pada tahun 2000, Apocalypse Now terdaftar di National Film Registry oleh Library of Congress, yang membuktikan nilai lebih dan kualitas dari film ini.

2. Full Metal Jacket

FULL METAL JACKET

Masih bersetting di Perang Vietnam, film karya sutradara legendaris Stanley Kubrick yang dirilis pada tahun 1987 ini bercerita tentang peleton marinir Amerika yang berlatih dan bertempur selama Perang Vietnam berlangsung.

Dibintangi oleh Matthew Modine dan Adam Baldwin, film ini menuai banyak pujian dari berbagai pihak, terutama penonton dan kritikus film. Sayang, di ajang Academy Awards, Full Metal Jacket hanya dinominasikan di kategori Best Adapted Screenplay dari novel The Short-Timers karya Gustav Hasford terbitan 1979.

3. Platoon

PLATOON

Inilah film Perang Vietnam yang ditulis dan disutradarai oleh salah seorang veteran perang tersebut, Oliver Stone. Dirilis pada tahun 1986, Platoon merupakan film pertama dari trilogi Vietnam War yang kemudian disusul oleh Born on the Fourth of July (1989) dan Heaven and Earth (1993).

Dibintangi oleh Tom Berenger, Willem Dafoe dan Charlie Sheen, film ini lebih mengangkat sisi psikologis para tentara selama masa perang. Terkadang mereka hanya minum-minum, pesta dan hal-hal lain untuk menghibur diri di sela-sela perang yang berkecamuk. Di ajang Academy Awards, Platoon menuai banyak kemenangan dari kategori Best Picture, Best Director, Best Sound dan Best Film Editing.

4. Black Hawk Down

black hawk down

Black Hawk Down adalah film karya sutradara terkenal Ridley Scott yang dirilis pada tahun 2001 yang juga bisa dianggap sebagai pionir film-film perang era 2000an. Menceritakan tentang operasi penangkapan Mohamed Farrah Aidid di Mogadishu, Somalia oleh pasukan Amerika.

Dibintangi oleh deretan aktor terkenal seperti Josh Hartnett, Eric Bana, Ewan McGregor, Tom Sizemore, William Fichtner, Jason Isaacs dan Sam Sephard, film ini banyak menuai pujian dari para kritikus film juga kritikan dari pasukan militer negara lain yang menganggap Amerika selayaknya berkuasa atas negara lain yang berdaulat.

Seperti film-film perang sebelumnya yang masuk nominasi Academy Awards, film ini meraih Oscar di kategori Best Film Editing dan Best Sound.

5. Lone Survivor

Film perang terbaik sepanjang masa lone survivor

Kali ini Perang Afghanistan yang menjadi setting film perang produksi Hollywood. Lone Survivor menceritakan perjuangan Marcus Luttrell pada saat Operation Red Wings untuk menangkap pemimpin Taliban, Ahmad Shah. Operasi tersebut gagal dan semua personil pasukannya gagal menyelamatkan hidup dan menyisakan Luttrell seorang diri yang berusaha untuk keluar dari sarang Taliban.

Dibintangi oleh Mark Wahlberg, Taylor Kitsch, Emile Hirsch, Ben Foster dan Eric Bana, kisah ini diangkat dari buku yang ditulis sendiri oleh Marcus Luttrell. Lone Survivor dinominasikan di kategori Best Achievement in Sound Mixing dan Best Achievement in Sound Editing di Academy Awards.

6. The Hurt Locker

THE HURT LOCKER

The Hurt Locker adalah salah satu film perang terbaik sepanjang masa yang disutradarai oleh sineas wanita Kathryn Bigelow yang dirilis pada tahun 2008 lalu. Bercerita tentang tiga orang tentara dalam kesatuan penjinak bom pada invasi Amerika ke Irak.

Meski tidak banyak mengumbar adegan peperangan, tetapi ketegangan dan visualisasi ledakan bom yang ditampilkan sangat mampu mebuat penonton menahan napas berkali-kali.

Maka tidak heran jika film ini menuai banyak Oscar di ajang Academy Awards untuk kategori Best Motion Picture of the Year, Best Achievement in Directing, Best Writing Original Screenplay, Best Achievement in Film Editing, Best Achievement in Sound Mixing dan Best Achievement in Sound Editing.

7. American Sniper

American Sniper adalah film produksi 2014 karya sutradara Clint Eastwood yang dibintangi oleh Bradley Cooper sebagai sniper (penembak jitu) Navy SEAL, Chris Kyle, yang dianggap sebagai “deadliest marksman” dalam sejarah militer Amerika dengan korban mencapai 255 orang. Filmya sendiri menuai banyak pujian dan kritikan tentang penggambaran invasi Amerika ke Irak.

Meski dinominasikan di 6 kategori, American Sniper hanya mampu membawa pulang Oscar untuk kategori Best Sound Editing. Tetapi secara komersil, film ini menuai banyak pundi-pundi dollar dari penayangan di bioskop-bioskop seluruh dunia mencapai $534 juta dan bertengger di posisi puncak sebagai film perang terlaris hingga saat ini.

8. Rescue Dawn

RESCUE DAWN

Cerita-cerita dari Perang Vietnam seolah-olah tidak pernah habis untuk diangkat ke layar lebar. Rescue Dawn adalah salah satunya. Dibintangi oleh Christian Bale sebagai pilot pesawat tempur, Dieter Dengler, yang ditembak jatuh dan disekap oleh Vietcong dan usaha untuk meloloskan diri dari kamp penyekapan bersama seorang teman seperjuangannya.

Untuk berperan di sini, Christian Bale kembali tampil kurus setelah sebelumnya berhasil menggemukkan badannya untuk peran Bruce Wayne dalam Batman Begins. Meski menuai pujian dari kalangan kritikus film, Rescue Dawn gagal dalam peredaran bioskopnya, tetapi akhirnya berhasil mengumpulkan dollar dari peredaran home video-nya.

9. We Were Soldiers

WE WERE SOLDIERS

Mel Gibson berperan dalam sebuah kisah nyata pertempuran pertama pasukan Amerika dalam Perang Vietnam. We Were Soldiers diadaptasi dari buku We Were Soldiers Once… And Young karya Letjen Hal Moore dan reporter Joseph L. Galloway yang keduanya terlibat dalam pertempuran tersebut.

Disutradarai oleh Randall Wallace, film ini juga menceritakan bagaimana reaksi dan keadaan psikologis bagi para keluarga tentara Amerika yang anggota keluarganya dikirimkan ke Vietnam. Ada yang menerima, juga banyak yang menentang. Banyak momen di film ini yang mampu menggetarkan hati penonton.

10. Jarhead

JARHEAD

Jarhead adalah film perang yang lebih menitikberatkan pada sisi psikologis para marinir yang ikut berpartisipasi dalam operasi-operasi militer Amerika di Irak. Film yang dirilis pada tahun 2005 dan dibintangi oleh Jaky Gyllenhaal, Jamie Foxx, Peter Sarsgaard dan Chris Cooper ini mampu menampilkan kegalauan yang dialami para marinir begitu mengetahui maksud dan tujuan negaranya dalam menginvasi Irak sebagai negara berdaulat.

Perang tidak hanya berkecamuk di depan mata mereka, tetapi juga berkecamuk di dalam batin mereka yang masih memiliki hati nurani. Sam Mendes sebagai sutradara mampu menampilkan itu semua tanpa ada pihak yang disalahkan sehingga tidak menuai banyak kritikan.

11. Fury

Fury

Dibintangi oleh Brad Pitt, Fury adalah salah satu film perang terbaik yang mengambil setting perang dunia kedua. Dirilis pada tahu 2014, film ini menceritakan tentang hari-hari akhir perang dunia kedua ketika sekutu hampir mengalahkan tentara Nazi Jerman.

Pasukan sekutu yang berada di bawah kepemimpinan Sersan Warddady (Brad Pitt) mendapat misi terakhir yang cukup berbahaya. Warddady harus memimpin anak buahnya untuk membawa tank jenis Sherman bernama Fury. Tank itu nantinya digunakan untuk menyerang sisa-sisa tentara Nazi yang berada di pusat Jerman.

Jumlah pasukan yang dipimpin Warddady tidak begitu banyak dan persenjataannya pun tidak lebih banyak dibanding tentara Nazi yang masih tersisa. Berhasilkah Warddady membawa Fury dan mempertahankan nyawa anak buahnya maupun dirinya sendiri?

12. Dunkirk

Dunkirk

Dunkirk merupakan film perang terbaik yang digarap oleh sutradara terkenal Christopher Nolan. Ada sejumlah nama bintang-bintang besar yang turut bermain dalam film yang rilis tahun 2017 ini, seperti Tom Hardy, Jack Lowden, dan Kenneth Branagh. Bahkan, penyanyi tampan personel One Direction, Harry Styles, turut berperan sebagai salah satu tentara di film Dunkirk.

Film ini menceritakan tentang masa perang dunia kedua, di mana tentara sekutu dari Inggris, Belgia, dan Kanada terjebak di pesisi pantai Kota Dunkirk, Perancis. Sementara itu, tentara Nazi sedang mengepung Kota Dunkirk dan melakukan pembantaian besar-besaran.

Selama 8 hari, para tentara sekutu harus bertahan hidup dan berharap akan datangnya evakuasi penyelamatan. Apakah seluruh tentara sekutu mampu bertahan hidup atau justru harus tewas di tangan tentara Nazi yang terkenal kejam?

13. Pearl Harbor

Pearl Harbor

Pearl Harbor bukan sepenuhnya film perang. Pasalnya, ada intrik dan drama percintaan yang terselip di dalam film ini. Film perang terbaik ini memiliki komposisi yang pas karena disutradarai oleh Michael Bay, seorang sutradara berbakat yang pernah menyutradarai film Bad Boys, The Rock, Armageddon, dan Transformers.

Sinopsis Pearl Harbor bermula dari persahabatan Rafe (Ben Affleck) dan Danny (Josh Hartnett). Rafe menjalin hubungan dengan Evelyn (Kate Beckinsale), yang merupakan suster di akademi militer. Sebagai seorang tentara, Rafe harus siap menerima tugas dadakan, termasuk ketika ia diminta untuk membantu pihak Inggris melawan Jerman.

Suatu hari, terdengar kabar bahwa pesawat Rafe tertembak jatuh. Evelyn begitu sedih mendengar berita tersebut dan mengira Rafe sudah tewas. Sebagai sahabat Rafe, Danny berusaha menghibur Evelyn. Akan tetapi, hubungan mereka semakin dalam dan timbul cinta di antara mereka.

Namun, Rafe berhasil selamat dan kembali. Rafe sangat marah saat mengetahui hubungan Evelyn dan Danny. Mereka terlibat pertengkaran tepat saat pasukan Jepang menggempur Pearl Harbor. Keduanya terjebak dalam peperangan dan dengan pesawat P-40 mereka berhasil menembak jatuh 7 pesawat musuh.

Akankah Rafe dan Danny kembali bersahabat? Mampukah mereka bertahan hidup? Siapa pria yang nantinya akan dipilih oleh Evelyn? Temukan jawabannya di Pearl Harbor.

14. Hacksaw Ridge

Hacksaw Ridge

Andrew Garfield berhasil memerankan Desmond Doss, seorang dokter tentara Amerika Serikat yang tidak pernah membawa satu pun senjata saat berada dalam medan perang.

Doss berhasil mengevakuasi 75 orang tentara saat perang Okinawa pada masa perang dunia II. Ia melakukan evakuasi tersebut benar-benar sendirian dan tidak melepaskan tembakan satu pun untuk melindungi dirinya. Doss menjadi satu-satunya tentara yang tidak pernah menggunakan senjata saat perang dunia II.

Film yang disutradarai Mel Gibson ini pada awalnya hanya dipandang sebelah mata. Namun, setelah dirilis banyak yang memberikan tanggapan positif untuk film ini, termasuk para kritikus film. Hacksaw Ridge berhasil memperoleh pendapatan kotor $175,3 juta dari budget awalnya yang hanya $40 juta.

15. The Messenger

The Messenger

Film perang terbaik tidak harus melibatkan aktor utamanya untuk turut ber-acting perang. Seperti film The Messenger yang menceritakan kisah Will Montgomery (Ben Foster), pejuang perang dari militer Amerika yang telah dipulangkan dari Irak. Montgomery kemudian dipekerjakan di kantor khusus untuk menyampaikan berita kematian para tentara kepada keluarganya.

Sebagai pembawa berita duka, Montgomery harus menyaksikan keluarga para tentara yang menangis atau histeris saat ia menyampaikan kabar kematian para tentara itu. Sempat terbesit untuk keluar dari pekerjaan tersebut, tapi Montgomery menyadari bahwa pekerjaan yang ia lakukan saat ini sangat penting.

Suatu hari, Montgomery membawa berita duka kepada salah seorang istri tentara yang gugur dalam medan perang. Sama seperti keluarga-keluarga sebelumnya, istri tentara ini juga menangis saat mendengar kabar kematian suaminya. Namun, Montgomery justru jatuh cinta pada istri tentara tersebut.

16. Band of Brothers

Band of Brothers

Mengingat film perang, maka film Band of Brothers sangat wajib dimasukan dalam list. Pasalnya, film ini punya alur cerita yang dikemas secara apik, setting yang baik, bahkan para aktornya pun sangat jago membawa karakternya masing-masing. Penonton akan dibawa pada nuansa perang yang terasa nyata. Dikarenakn film ini akan banyak pertumpahan darah yang terkesan nyata, maka film ini sangat tidak disarankan untuk ditonton oleh anak berusia di bawah 16 tahun.

Film yang punya rating 9.5 di iMDb ini mengisahkan bagaimana kehidupan kompi tentara sebelum berperang, hingga mereka harus terjun ke medan perang. Mereka harus menuntaskan setiap misi demi memperjuangkan negaranya masing-masing. Selain itu, Anda juga dibawa dalam perasaan persahabatan yang kuat antara satu tentara dengan tentara lainnya.

17. Saving Private Ryan

Saving Private Ryan

Meskipun ini merupakan film produksi 1998, tapi Anda tidak boleh melewatkannya begitu saja. Wajar saja, karena Saving Private Ryan digadang-gadang sebagai salah satu film bertema perang terbaik sepanjang masa dengan perolehan rating 8.6 di iMDb. Sesuai dengan judul, film ini menceritakan penyelamatan Private James Ryan yang terjebak dalam situasi perang brutal.

Tidak mudah untuk menyelamatkan Ryan, karena para penyelamat pun harus melalui banyak musuh yang siap membunuh mereka kapan pun. Ketegangan dalam film ini semakin menarik ketika secara brutal musuh melakukan tembakan-tembakan ke arah penyelamat. Sudah pernah menontonnya?

Nah, itulah daftar film perang terbaik sepanjang masa yang mengambil tema perang saat atau setelah perang dunia kedua. Jika Anda ingin mengetahui berbagai film terbaik bertema perang dunia kedua silahkan simak artikel ini. Sedangkan untuk film terbaik dengan tema perang sebelum PD II, silahkan simak di artikel ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

7 pemikiran pada “10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa di Era Modern”

Tinggalkan komentar