Bacaterus / Film Korea / 10 Film Bertema Perang Korea yang Seru dan Wajib Ditonton

10 Film Bertema Perang Korea yang Seru dan Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2019

Industri perfilman Korea memang cukup berhasil menarik para penonton yang ada di seluruh dunia. Berbagai genre dan tema tak henti-hentinya ditawarkan oleh negeri ginseng tersebut. Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah film dengan tema perang.

Bila kamu menjadi salah satu penggemar film dengan tema seperti ini. Kali ini, Bacaterus telah rangkum 10 film bertema perang Korea yang seru dan wajib kamu tonton. Berikut adalah rangkumannya:

1. Tae Guk Gi

Tae Guk Gi (Copy)

Tae Guk Gi adalah film yang diproduksi tahun 2005. Mengambil latar perang saudara antara Korea Selatan dan Korea Utara. Film yang diperankan oleh dua aktor papan atas Jang Dong Gun dan Won Bin ini telah berhasil menuai kesuksesan. Bercerita mengenai kakak beradik bernama Jin Tae yang diperankan oleh Jang Dong-Gun dan Jin Seok yang diperankan oleh Won Bin.

Setelah sang ayah meninggal, tanggung jawab kini diambil oleh sang kakak untuk membiayai sekolah adiknya dengan bekerja sebagai penyemir sepatu demi menghidupi keluarga. Masalah mulai muncul saat perang kedua negara pecah. Sehingga seluruh pemuda diwajibkan untuk mengikuti wajib militer.

Puncaknya saat kakak beradik itu mengikuti perang. Jin Tae yang kecewa dan sedih karena menganggap sang adik Jin Seok telah tewas dalam perang. Mulai berbelot melawan negaranya sendiri. Sampai pada akhirnya keduanya pun dipertemukan dalam medan perang. Bagaimana kisah selanjutnya kakak beradik ini? Kamu wajib tonton film yang satu ini.

2. Welcome to Dongmakgol

Welcome to Dongmakgol (Copy)

Film yang satu ini dirilis tahun 2005. Bercerita mengenai penduduk sebuah desa yang jauh dan sangat terpencil. Penduduk tersebut tidak mengetahui bahwa perang Korea Selatan dan Korea Utara telah pecah. Ketidaktahuan mereka terhadap situasi yang terjadi justru membawa cerita unik. Para tentara yang masuk ke desa disambut hangat dan baik di desa tersebut.

Memiliki jalan cerita menarik pada masa perang saudara. Film Welcome to Dongmakgol ini memang sukses menarik perhatian dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan berhasil masuk sebagai nominasi Best Foreign Language di acara bergengsi Academy Awards pada tahun 2006. Film ini juga tercatat sebagai film dengan pendapatan terbesar di Korea Selatan.

3. 71 into The Fire

71 into the fire (Copy)

Masih mengangkat tema perang saudara antara Korea selatan dan Korea utara. Film 71 The Front Line yang dirilis tahun 2011 ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang terjadi di negara ginseng tersebut.

Dimana 71 orang tentara pelajar yang belum memiliki pengalaman dalam berperang. Mereka harus berusaha mempertahankan sebuah sekolah yang merupakan benteng pertahanan Korea Selatan dari serangan tentara Korea Utara.

Mengambil latar waktu tahun 1951, pada saat kedua negara mulai menyatakan gencatan senjata. Film yang dibintangi oleh sederet aktor papan atas Korea ini memang bisa membuat penonton terharu. Seperti apa perjuangan para tentara pelajar mempertahankan negaranya? Kamu bisa tonton sendiri film yang satu ini.

4. Ayla: The Daughter of War

Ayla the daughter of War (Copy)

Kisah tentang seorang anak Korea yang diadopsi oleh seorang tentara Turki ini memang sempat menyita perhatian dunia. Diangkat ke sebuah film berjudul Ayla: The Daughter of War. Film ini bercerita mengenai seorang tentara Turki bernama Suleyman yang ditugaskan dalam perang Korea.

Suatu hari ia dipertemukan dengan seorang anak perempuan Korea yang hampir mati karena kedinginan saat kondisi perang. Gadis itu kemudian diadopsi oleh Suyleman dan diberi nama Ayla.

Film yang sempat masuk dalam nominasi Best Foreign Language pada Academy Awards ke-90 ini memang cukup menarik perhatian. Sehingga kamu memang wajib untuk menonton filmnya.

5. The Battleship Island

The Battleship Island (Copy)

Film yang dirilis tahun 2017 ini merupakan gambaran mengenai perjuangan warga Korea Selatan saat Perang Dunia II, pada masa penjajahan Jepang tahun 1945. Dimana sekitar 400 warga Korea Selatan ditawan untuk diperkerjakan sebagai budak pekerja tambang di Pulau Hashima.

Kisahnya sendiri berawal ketika Lee Kang-ok yang diperankan oleh Hwang Jung-min, seorang musisi jazz yang pindah ke Jepang bersama anak perempuannya, Sohee yang diperankan oleh Su-an Kim. Mereka harus terjebak di Pulau Hashima bersama rombongan.

Para pekerja tambang sangat tersiksa karena perlakuan kejam tentara Jepang. Film yang dimainkan oleh So Ji-Sub dan Lee Jung-Hyun ini memang menarik untuk ditonton. Apalagi aktor Song Joong Ki ikut berperan sebagai agen rahasia Korea Selatan untuk memberi harapan agar berjuang melawan penjajah Jepang. Berhasilkah usaha mereka? Tonton sendiri filmnya.

6. The Admiral Roarring Current

The Admiral Roarring Current (Copy)

Film Korea Selatan yang dianggap paling laris sepanjang sejarah Korea ini sudah dirilis tahun 2014. The Admiral Roarring Current bercerita mengenai Laksamana Perang Yi Sun Shin diperankan oleh Choi Min Sik dalam sebuah peperangan di Myeongyang tahun 1957. Dimana 12 sisa kapal milik pasukan tentara Laksamana Yi Sun Shin mengalami kemenangan saat melawan 330 kapal milik tentara Jepang.

Memiliki pesan kuat tentang perjuangan seorang pemimpin perang yang tangguh. The Admiral Roarring Current adalah sejarah menarik yang coba dituangkan dalam sebuah film epik mengenai peperangan yang menguras pikiran dan emosi.

Selain intrik dalam film yang menarik perhatian, sinematografi dalam film ini pun cukup mengesankan. Mau tahu bagaimana keseruan film yang satu ini. Kamu bisa tonton sendiri filmnya.

7. The Battle: Roar to Victory

The Battle Roar to Victory (Copy)

Film ini diadaptasi dari kisah nyata perjuangan Korea melawan penjajahan Jepang pada tahun 1920 di kawasan Bongo-dong, Korea Selatan. Film yang dibintangi Yu Hae-jin, Ryoo Joon-yeol, dan Jo Woo-Jin itu ini memang menjadi film laris yang menduduki rating tinggi.

Film The Battle: Roar to Victory adalah sebuah film yang menceritakan kembali sejarah kemenangan Korea Selatan saat melawan penjajahan Jepang. Berawal saat Hae-chul yang diperankan oleh Yoo Hae-jin, tentara Kemerdekaan Korea mengirimkan dana kepada Pemerintah Sementara Korea yang ada di Shanghai.

Saat menjalankan tugasnya, Hae-chul bertemu dengan Jang-ha, seorang komandan pasukan muda yang memiliki misi di Samdunja. Keduanya pun lantas bersekutu untuk menjebak tentara Jepang di Samdunja.

Film yang dikemas secara apik ini memiliki jalan cerita yang seru dan dapat membuat penonton  menikmati setiap adegan dalam film. Dirilis tahun 2019 film yang satu ini menjadi film perang Korea yang wajib kamu tonton.

8. War of the Arrow

War of the Arrow (Copy)

Film yang dirilis tahun 2011 ini mengambil latar waktu tahun 1636, yaitu pada saat perang Manchu. Dimana pada periode tersebut hampir setengah dari jutaan penduduk Joseon ditawan oleh dinasti Qing.

Berawal ketika seorang pemanah ulung tewas saat hendak menyelamatkan nyawa putra-putrinya ketika penyerbuan di rumahnya. Setelah 13 tahun berlalu. Kedua anak yang bernama Nam-Yi dan Ja-In telah tumbuh dewasa.

Hingga suatu hari, ketika Ja-In dilamar oleh seorang pria. Pasukan kerajaan Qing menyerang dan menculik Ja-In. Nam-Yi yang mengetahui hal tersebut akhirnya memimpin sebuah pemberontakan. Bagaimana Kisah pemberontakan yang dilakukan Nam-Yi? Jawabannya bisa kamu temukan sendiri saat menonton.

9. Northern Limit Line

Northern limit line (Copy)

Film perang ini berjudul Northern Limit Line yang dirilis tahun 2015. Film Korea Selatan yang diangkat dari kisah nyata penyerangan Kapal Korea Utara terhadap Kapal milik Korea Selatan pada tahun 2002 ini memang cukup menarik dan sempat meraih kesuksesan.

Bercerita mengenai Yoon Young Ha, seorang kapten kapal Chamsuri 357, Han Sang Kook, nahkoda kapal dan Park Dong Hyuk, seorang petugas medis yang baru bertugas di kapal patroli. Ketika Korea Selatan menyambut piala dunia. 2 kapal patroli Korea selatan yang bertugas menjaga sebuah garis perbatasan mendapat serangan jarak dekat dari kapal Korea Utara.

Kapal Chamsuri 357 pun mengalami kerusakan parah. Sebagai Kapten, Young Ha pun berusaha menahan serangan kapal Korea Utara yang memiliki senjata lebih kuat. Bagaimana kelanjutan kisah film ini selanjutnya? Biar tidak penasaran kamu bisa tonton sendiri filmnya.

10. The Battle of Jangsari

The Battle of Jangsari (Copy)

Film The Battle of Jangsari adalah film yang diangkat berdasarkan kisah nyata. Perang yang hanya berlangsung dua hari pada 14-15 September 1950 di Jangsari, Yeongdeok provinsi Gyeongsang Utara.

The Battle of Jangsari menceritakan tentang satuan pasukan gerilya yang dipimpin oleh Lee Myung-joon yang diperankan oleh Kim Myung-min dengan 772 tentara pelajar berusia 17 tahun dan baru dua minggu menerima latihan militer.

Dimana salah seorang tentara pelajar yang bernama Choi Sung-pil diperankan oleh Choi Minho. Misi mereka adalah untuk mengalihkan perhatian Korea Utara. Sementara pertempuran sebenarnya terjadi di daerah Incheon satu hari kemudian.

Film yang baru dirilis bulan September 2019 ini memang menarik. Selain diambil dari kisah nyata, film ini juga menampilkan aktris Hollywood, Megan Fox sebagai salah satu pemainnya.

Itulah 10 film perang Korea yang keren yang wajib kamu tonton. Nantikan ulasan film selanjutnya yang akan Bacaterus share untuk kamu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *