Bacaterus / Film Jepang / 10 Film Perang Jepang Terbaik Buat yang Menyukai Sejarah

10 Film Perang Jepang Terbaik Buat yang Menyukai Sejarah

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 September 2019

Film terkadang menjadi media pembelajaran sejarah yang cukup populer, karena banyak film-film yang diangkat dari sejarah-sejarah terkenal, mulai dari film biografi, adaptasi, maupun historical.

Nah, salah satu kejadian yang sering dijadikan inspirasi pembuatan film adalah perang dunia. Dari sekian banyak film tentang perang dunia, Bacaterus sudah menyiapkan beberapa film perang yang dilihat dari perspektif Jepang. Yuk, langsung disimak aja!

1. The Human Condition Trilogy (Ningen no Joken)

The Human Condition Trilogy

The Human Condition merupakan trilogi epik tentang perang dengan durasi yang lumayan panjang, yaitu sekitar 3 jam per-serinya. Film ini diadaptasi dari novel seri karya Junpei Komikawa dengan judul yang sama.

Direktur dari film The Human Condition, Masaki Kobayashi juga memiliki pengalaman perang yang kemudian menjadi inspirasinya membuat film ini. Berlatar saat Jepang masih menduduki Manchuria, plot cerita berpusat pada Kaji, seorang sosialis dan pasifis yang terkenal.

Kaji harus ikut dalam perang dengan Jepang, meskipun dirinya memiliki pandangan berbeda terhadap perang. Film ini memperlihatkan semua hal yang terjadi selama peperangan, seperti kebrutalan Jepang terhadap bangsa China, perploncoan yang terjadi di antara tentara Jepang, serta buruknya kamp tahanan perang Soviet.

Produksi film ini dilakukan kurang dari 15 tahun setelah Perang Dunia II berakhir. Bahkan, masih banyaknya veteran yang hidup hingga membuat The Human Condition juga ikut membantu mengatasi trauma terhadap Perang Dunia II di Jepang.

Meski termasuk film yang cukup jadul tapi jangan sampai tertipu tahun rilisnya ya. Pasalnya, The Human Condition merupakan film yang wajib kamu tonton jika kamu menyukai film tentang peperangan.

2. Grave of The Fireflies (Hotaru no Haka)

Grave of The Fireflies

Sebuah film animasi produksi studio Ghibli dengan latar Perang Dunia II ini akan banyak menguras air mata. Grave of The Firelies bercerita tentang dampak Perang Dunia II pada kehidupan masyarakat Jepang.

Plot cerita berpusat pada kakak beradik yang berusaha bertahan hidup setelah Amerika menerjunkan bom ke Kobe dan menghancurkan tempat tinggal mereka. Sesuai dengan judulnya, “grave” (kuburan), yang sudah mengindikasi akan ada banyak kematian.

Penggambaran Perang Dunia II yang sangat baik namun sangat suram dijamin akan bikin kamu terbawa emosi dari alur film satu ini. Sebelum nonton kamu jangan lupa siapin tisu ya.

3. In This Corner of The World (Kono Sekai no Katasumi ni)

In This Corner of The World

Satu lagi film animasi yang mengangkat latar perang adalah In This Corner of The World. Namun rumah produksi film animasi ini berbeda dengan film yang Bacaterus bahas di atas, film satu ini diproduksi oleh studio MAPPA.

Meski film animasi, film ini lumayan terkenal saat dirilis pada tahun 2016 di Jepang. In This Corner of The World menggambarkan Jepang di masa perang melalui kehidupan wanita muda berusia 20 tahunan. Latar yang diambil adalah kota Kure (pangkalan angkatan laut) dan Hiroshima.

Melalui film ini kita akan diajak melihat bagaimana Jepang di masa perang dan bagaimana orang-orang bertahan di situasi tersebut. Selain cerita yang menganggumkan kamu juga akan dimanjakan dengan kualitas animasi yang sangat baik.

4. Letters from Iwo Jima

Letters from Iwo Jima

Peperangan yang digambarkan dalam film ini merupakan perang antara Amerika Serikat dan Jepang, tentunya dari perspektif Jepang. Pulau Iwo Jima merupakan pulau yang terletak antara pangkalan militer Amerika dan Jepang. Meski begitu Jepang berusaha keras agar pulau tersebut tidak jatuh ke tangan Amerika.

Pertempuran Jepang dengan Amerika pun mulai memuncak. Jepang khawatir jika Iwo Jima sampai diduduki oleh Amerika maka Amerika akan memperluas pangkalan militer mereka dan berusaha menggulingkan kekaisaran Jepang.

Dalam keadaan berperang dan jauh dari keluarga, para prajurit yang ikut berperang terus menuliskan surat untuk keluarga mereka. Namun mereka tidak pernah tahu apakah surat-surat tersebut akan sampai pada keluarga mereka.

Tidak hanya tentang perselisihan antara Amerika dan Jepang, dalam film Letters from Iwo Jima ini kamu juga akan terbawa ke emosi para prajurit yang berjuang meredakan kerinduan mereka pada rumah.

5. Sea Without Exit (Deguchi no nai Umi)

Sea Without Exit

Agak berbeda dari film tentang perang sebelumnya, Sea Without Exit mengangkat cerita perang tentang salah satu proyek dari angkatan laut kekaisaran Jepang, Kaiten. Kaiten merupakan torpedo berawak yang digunakan Jepang saat Perang Dunia II. Setiap awak yang mengemudikan Kaiten ini tidak pernah selamat, dengan kata lain mereka mengorbankan diri mereka.

Sea Without Exit berfokus pada cerita Koji Namiki seorang pemain baseball yang kemudian diminta menjadi awak dari Kaiten. Film ini menggambarkan bagaimana Koji dilatih dan juga eksploitasi anak-anak muda oleh Jepang.

Kalau kamu mencari film perang yang memiliki banyak adegan pertarungannya mungkin Sea Without Exit kurang cocok buat kamu. Pasalnya, film ini tidak memfokuskan pada perang antar negara melainkan situasi di medan perang itu sendiri.

Film ini juga lebih menggambarkan sebuah gambaran langka dan menyentuh dari program Kaiten, atau senjata bunuh diri yang digunakan Jepang.

6. The Eternal Zero (Eien no Zero)

The Eternal Zero

The Eternal Zero menggunakan alur bolak balik di dalam filmnya. Cerita dimulai dengan seorang pemuda Jepang yang berusaha mempelajari tentang riwayat kakeknya yang meninggal sebagai pilot Kamikaze selama perang dunia ke 2, Kyuzo Miyabe.

Kemudian kita dibawa ke flashback kehidupan Kyuzo Miyabe di tahun 1941. Pada tahun ini Kyuzo Miyabe bersama teman-teman pilotnya ikut serta dalam Battle of Midway, Pemboman Rabaul, dan masih banyak lagi. Meski saat perilisannya film ini lumayan menuai kontroversi namun rasanya sayang jika kamu melewatkan film perang satu ini.

7. Gekido no Showashi: Okinawa Kessen (Battle of Okinawa)

Gekido no Showashi

Sesuai judulnya, Battle of Okinawa, film ini menggambarkan tentang perang yang terjadi di Okinawa. Sepanjang film kamu akan melihat perang Okinawa yang disajikan dan digambarkan secara jelas.

Film ini menggambarkan detail bunuh diri yang murni dari perspektif Jepang. Battle of Okinawa juga menyajikan bagaimana komandan-komandan Jepang saling memengaruhi satu sama lain.

8. Oba, The Last Samurai

Oba, The Last Samurai

Oba, The Last Samurai merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata Kapten Sakae Oba. Dirinya dikenal saat ia bertahan di pulau Saipan selama 512 hari setelah Jepang menyerah.

Meski kekaisaran Jepang telah menyerah namun Oba dan pasukannya menolak untuk menyerahkan pulau pada Amerika. Penolakan Jepang untuk tunduk pada Amerika merupakan salah satu fenomena yang cukup dikenal saat Perang Dunia II.

Jangan sampai kamu melewatkan film Oba, The Last Samurai ini ya. Pasalnya, ini mungkin adalah satu-satunya film yang membahas penolakan Jepang tunduk pada Amerika.

9. Isoroku Yamamoto, the Commander-in-Chief of the Combined Fleet

Isoroku Yamamoto, the Commander-in-Chief of the Combined Fleet

Film ini bercerita tentang Isoroku Yamamoto yang merupakan Komandan angkatan laut gabungan Kekaisaran Jepang. Isoroku juga merupakan orang yang memicu penyerangan Pearl Harbor.

Film ini kurang lebih menggambarkan seputar kehidupan Isoroku. Mulai dari lingkungan keluarganya, pertikaiannya dengan orang-orang yang menginginkan perang antara Jepang dan Amerika, serta persiapan strateginya untuk penyerangan Pearl Harbor.

Oh iya, buat kamu yang masih penasaran seputar Komandan Isoroku Yamamoto, kamu bisa nonton film biografinya yang berjudul Admiral Yamamoto, tapi film biografi ini merupakan film jadul.

10. Yamato (Otoko-Tachi no Yamato)

Yamato (Otoko-Tachi no Yamato)

Judul film ini terinspirasi dari kapal perang perang Yamato. FYI, kapal perang Yamato merupakan kapal perang terbesar yang pernah dibuat. Namun sialnya, ukuran kapal perang yang besar ini merugikan Jepang karena menjadikannya target empuk bagi angkatan laut Amerika.

Film ini berpusat pada cerita sekelompok pelaut muda yang ikut dalam kapal perang ini. Film ini kurang lebih fokus kepada kehancuran dari kapal perang Yamato ini.

Film Yamato ini juga menyuguhkan adegan pertempuran sengit yang juga diseimbangkan dengan penggambaran kampung halaman dari para pelaut.

Nah, sekian list perang Jepang terbaik versi bacaterus, film favorit kamu yang mana nih dari 10 film di atas? Atau butuh rekomendasi film Jepang lainnya? Yuk, ketahui film Jepang paling sedih yang siap menguras air matamu di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar