Bacaterus / Film India / 10 Film India Bertemakan Perang yang Seru untuk Ditonton

10 Film India Bertemakan Perang yang Seru untuk Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Industri perfilman India yang dikenal dengan sebutan Bollywood memang kerap memproduksi film-film berkualitas. Tak hanya terkenal di dalam negeri saja, beberapa film keluaran Bollywood pun cukup populer secara global.

Pada awalnya, orang-orang mengenal jika film India banyak yang bergenre drama romantis dengan adegan menari dan menyanyi. Namun, seiring dengan perkembangan industri hiburan, Bollywood pun mencoba menghadirkan tema-teman cerita yang lebih segar.

Salah satu yang paling menarik adalah hadirnya film-film bertemakan peperangan. Film tersebut kemudian menjadi tontonan yang seru untuk disaksikan karena menghadirkan adrenalin yang lebih intens. Saat ini, Bollywood cukup produktif menghadirkan tema film ini yang dibalut dengan nuansa drama, kolosal, dan thriller.

Untuk kamu yang penasaran ingin menonton film-film tersebut, berikut 10 film India bertemakan Perang yang akan diulas oleh Bacaterus di bawah ini. Selamat membaca!

1. The Ghazi Attack (2017)

The Ghazi Attack

* sumber: www.theweek.in

Dasar cerita dari film The Ghazi Attack terinspirasi oleh peristiwa nyata perang Indo-Pakistan tahun 1971. Film ini kemudian berfokus pada kisah seorang perwira Angkatan Laut Kapal Selam India beserta timnya yang berada di dasar laut selama 18 hari. Mereka kemudian berusaha untuk menghancurkan kapal selam milik Pakistan, PNS Ghazi, yang akan berlayar ke perairan India.

Naskah film The Ghazi Attack ditulis  dan disutradarai oleh Sankalp Reddy, serta dibintangi oleh Rana Daggubati , Taapsee Pannu , Kay Kay Menon dan Atul Kulkarni. Pada ajang penghargaan the 65th National Film Awards 2018, film ini menang dalam kategori Best Feature Film in Telugu. The Ghazi Attack rilis diseluruh dunia pada tanggal 17 Februai 2017 dan mendapatkan ulasan yang sangat positif.

2. Kesari (2019)

Kesari

* sumber: www.dnaindia.com

Film ini dibintangi oleh Akshay Kumar dengan Parineeti Chopra , Mir Sarwar, Vansh Bhardwaj, Jaspreet Singh, Vivek Saini, Vikram Kochhar dan Rakesh Sharma. Kesari menceritakan tentang peristiwa Perang Saragarhi yang terjadi antara tentara Angkatan Darat India-Inggris melawan 10.000 anggota suku Afridi dan Orakzai Pashtun pada tahun 1897.

Film ini dirilis di India saat festival Holi pada tanggal 21 Maret 2019. Kesari mendapatkan ulasan positif dari para kritikus dan mendapatkan respon yang baik dari penonton serta menjadi salah satu film Bollywood paling sukses di tahun 2019.

Di Februari tahun 2020 ini, Kesari mendapatkan banyak nominasi penghargaan di ajang Filmfare Awards.  Salah satu nominasi tersebut masuk dalam kategori Best Actor untuk Akshay Kumar yang memerankan karakter Sardar Bahadur Ishar Singh.

3. Rangoon (2017)

Rangoon

* sumber: www.imdb.com

Pada tahun 1943, Perang Dunia II sedang berkecamuk dan India berperang sendirian. Pendiri Tentara Nasional India (INA), Subash Chandra Bose, merasa kecewa dengan gerakan tanpa kekerasan (Ahimsa) yang dicanangkan oleh Mahatma Gandhi. Subash lalu berhasrat untuk melawan konflik dengan konflik lagi.

INA kemudian bersekutu dengan Tentara Jepang Kekaisaran wilayah Indo-Cina untuk melawan pasukan gabungan Angkatan Darat India-Inggris. Dalam satu pertempuran tersebut, seorang pejabat militer bernama Jemadar Nawab Malik bersama pasukannya berhasil di pojokan oleh infanteri Jepang dan menjadi tawanan perang.

4. Phantom (2015)

Phantom

* sumber: www.hollywoodreporter.com

Seorang mantan tentara bernama Daniyal Khan berusaha untuk membuat dunia aman dari serangan para teroris. Ia kemudian berencana menegakkan keadilan dengan berperang melawan mereka yang dimulai dari India, Amerika, Eropa hingga Timur Tengah. Dalam melakukan misinya, ia dibantu oleh seorang agen keamanan dari organisasi Research and Analysis Wing (RAW) bernama Nawaz Mistry.

Film Phantom digarap oleh sutradara Kabir Khan serta diproduksi oleh Sajid Nadiadwala dan Siddharth Roy Kapur. Film ini dibintangi oleh Saif Ali Khan yang berperan menjadi Daniyal Khan, dan aktris Katrina Kaif sebagai Nawaz Mistry. Pada minggu pertama perilisannya, Phantom berhasil mendapatkan pendapatan yang setara dengan 4,7 dollar Amerika Serikat.

5. 1971 (2007)

1971

* sumber: www.imdb.com

1971 adalah film drama perang yang disutradarai oleh Amrit Sagar, dan ditulis oleh Piyush Mishra dan Amrit Sagar. Ceritanya sendiri berdasarkan kisah nyata para tahanan perang yang berusaha melarikan diri setelah Perang Indo-Pakistan di tahun 1971. Selama perang tersebut, Pakistan Timur memberontak untuk memisahkan diri dari Pakistan Barat dan menciptakan negara baru bernama Bangladesh.

Film ini menampilkan deretan aktor berdarah India seperti Manoj Bajpayee, Ravi Kishan, Piyush Mishra, Deepak Dobriyal, Chittaranjan Giri dan Manav Kaul. Pada ajang The 55th National Film Awards, film 1971 memenangkan Penghargaan Film Nasional untuk kategori Best Feature Film in Hindi.

Baca juga: Film India Terbaik Tentang Kerajaan yang Layak Ditonton

6. Uri: The Surgical Strike (2019)

Uri The Surgical Strike

* sumber: www.dnaindia.com

Uri: The Surgical Strike adalah film aksi bergaya militer yang disutradarai dan ditulis oleh debutante Aditya Dhar serta diproduksi oleh Ronnie Screwvala. Film ini dibintangi Vicky Kaushal, Paresh Rawal, Yami Gautam, Mohit Raina dan Kirti Kulhari.

Plot cerita dalam film ini mengisahkan tentang peperangan melawan teroris yang menyerang Kota Uri, India. Mayor Vihaan Shergill bersama pasukannya dari Angkatan Darat India mencoba untuk membalas serangan yang dilakukan oleh kelompok teroris tersebut.

Film ini dirilis pada tanggal 11 Januari 2019, dan berhasil meraup pendapatan setara dengan 53 juta dollar Amerika di seluruh dunia. Uri: The Surgical Strike secara umum mendapatkan ulasan yang positif dari berbagai kritikus dan masuk ke dalam deretan film India terlaris.

7. Lakshya (2004)

Lakshya

* sumber: www.indiatoday.in

Film yang satu ini menawarkan cerita drama dengan sentuhan latar belakang Perang Kargil yang terjadi pada tahun 1999. Lakshya dibintangi oleh deretan aktor dan aktris papan atas India seperti Hrithik Roshan, Amitabh Bachchan dan Preity Zinta. Film ini disutradarai oleh Farhan Akhtar dan diproduksi oleh Ritesh Sidhwani.

Hrithik Roshan berperan sebagai seorang Letnan bernama Karan Shergill dalam pasukan militer India. Ia kemudian mempunyai sebuah tim yang beranggotakan 12 prajurit dan memimpin tim tersebut untuk melakukan misi mengalahkan pasukan Pakistan.

Produksi film ini dimulai di Mumbai, Ladakh, Jammu dan Kashmir. Beberapa bagian film pun dilakukan di sekitar Akademi Militer India, Dehradun. Lakshya kemudian mendapatkan penghargaan  di National Film Awards untuk kategori Best Choreography, dan di Filmfare Awards memenangkan Best Cinematographer serta Best Choreography.

8. Loc – Kargil (2003)

Loc – Kargil

* sumber: www.bollywoodhungama.com

Secara garis besar, cerita film LOC Kargil didasarkan pada Perang Kargil antara India dan Pakistan dengan mengambil fokus dalam kejadian Operation Vijay dan Battle of Tololing di perbatasan militer di kedua negara tersebut. Film ini sendiri mempunyai waktu tayang sekitar 255 menit dan menjadi salah satu film India terpanjang yang pernah dibuat.

Setelah rilis, film ini menerima tanggapan beragam secara kritis dan komersial. Film LOC Kargil turut dibintangi oleh deretan aktor papan atas India seperti, Sanjay Dutt, Ajay Devgn , Saif Ali Khan, Sunil Shetty, Sanjay Kapoor, Akshaye Khanna, Abhishek Bachchan dan Nagarjuna.

Selama proses produksinya, militer India memberi bantuan teknis dan material untuk mendukung kelangsungan film ini. Salah satunya mereka membawa senjata artileri Swedia Bofors Haubits FH77, Rocket Launcher BM-21, Pesawat Angkata Udara India SEPECAT Jaguar, dan Helikopter HAL Cheetahs.

9. Raazi (2018)

Raazi

* sumber: www.bollywoodhungama.com

Film ini merupakan hasil adaptasi dari novel karya Harinder Sikka berjudul Calling Sehmat yang rilis pada tahun 2008 silam. Raazi mengisahkan cerita nyata tentang seorang gadis muda bernama Sehmat yang menjadi agen rahasia dari organisasi Research and Analysis Wing (RAW).

Atas permintaan ayahnya, ia menjadi seorang mata-mata dan menikah dengan keluarga pejabat militer dari Pakistan. Dalam keluarga tersebut, ia mempunyai misi rahasia untuk menyampaikan segala informasi militer dari keluarga tersebut kepada pihak India. Hal itu ia lakukan untuk mengantisipasi peperangan antara India dan Pakistan yang terjadi pada tahun 1971.

Raazi muncul sebagai salah satu dari film-film India terlaris yang menampilkan protagonis wanita. Film ini selanjutnya menerima 15 nominasi di Filmfare Awards ke – 64  dengan diantara memenangkan 5 penghargaan untuk kategori  Film Terbaik , Sutradara Terbaik , dan Aktris Terbaik yang didapatkan oleh Alia Bhatt.

10. 72 Hours: Martyr Who Never Died (2019)

72 Hours Martyr Who Never Died

72 Jam: Martyr Who Never Died adalah film drama biografi yang disutradarai oleh Avinash Dhyani. Kisahnya didasarkan pada kehidupan prajurit bersenjata (rifleman) bernama Jaswant Singh Rawat. Ia bersama rekan-rekannya berperang melawan tentara China yang  melanggar perbatasan pada kejadian Indo-China War di tahun 1962.

Jaswant dilahirkan dalam keluarga Hindu yang miskin di Garhwal, Dehradun, Uttarakhand. Ia tumbuh menjadi seorang pemuda yang bertanggung jawab dan memutuskan untuk bergabung dengan pasukan militer India di bawah Resimen Senapan Garhwal .

Tak lama setelah pelatihannya, ia bersama unitnya dikirim untuk berperang melawan pasukan China yang melanggar batas di front timur laut. Rekan-rekannya kemudian berada dalam keadaan terdesak dan harus mundur untuk berlindung. Namun, Jaswant menolak untuk menyerah dan ia pergi berperang melawan tentara China sendirian selama 72 jam.

Film Bollywood memang memiliki kualitas yang tidak kalah dari industri perfilman Hollywood. Nah, JIka kalian menyukai film-film India dengan gaya aksi penuh ketegangan, maka film-film di atas tidak boleh terlewatkan dari daftar tontonanmu. Selamat menyaksikan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *