bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 September 2021

Seperti tidak pernah kehabisan ide, para sineas selalu menyajikan film dengan tema dan genre yang berhasil memikat hati para penonton. Film bertema konflik antar suku menjadi salah satu yang digandrungi penikmat film. Bagian menarik dari film ini adalah teknologi yang digunakan dan teknik pengambilan gambar yang luar biasa berhasil membuat film tersebut terlihat nyata     

Nah, di bawah ini kami sudah merangkum 10 daftar film perang antar suku terbaik yang pasti akan menjadi rekomendasi seru untukmu. Yuk, simak informasi berikut ini.

1. Dead Birds

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku 1
  • Tahun Rilis: 1963
  • Genre: Action, Historical, Adventure 
  • Produksi: Documentary Educational Resource (Distributor)
  • Sutradara: Robert Gardner
  • Pemeran: Weyak, Laca, Pua

Film perang antar suku yang pertama datang dari tanah air kita, Indonesia. Negara ini mempunyai beragam suku dengan kebudayaannya masing-masing. Keberagaam suku dan budaya di Indonesia pernah diangkat ke dalam sebuah film oleh sutradara Robert Gardner tahun 1963 yang lalu.

Film yang dokumenter Amerika ini mengisahkan perang antara suku Dugum Dani yang tinggal di lembah Baliem di provinsi Irian Jaya. Suku Dani menempati bagian barat wilayah Papua New Guinea.

Film dokumenter yang mendapat penghargaan Marzocco d’Oro pada Festival of The People International Film Festival di Italia ini menyajikan cuplikan pertempuran antara suku Klan Willihiman-Wallalua dengan Klan Wittaia.

Dalam cuplikan tersebut terdapat adegan pemakaman anak laki-laki yang dibunuh oleh kelompok perampok, para wanita suku yang berkegiatan sehari-hari dan taktik perang yang dilakukan oleh para suku yang bertikai tersebut.

2. 10.000 BC

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku 3
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Action, Drama, Fantasy, Adventure, History
  • Produksi: Legendary Pictures, Centropolis Entertainment
  • Sutradara: Roland Emmerich
  • Pemeran: Steven Kloser, Camilia Belle Cliff Surtis

Film besutan Roland Emmerich ini mengisahkan kehidupan suku di zaman prasejarah. Film yang digarap di Namibia ini sekilas mirip dengan setting film Apocalypto. Bedanya, Roland Emmirich memasukan jalan cerita yang lebih kompleks.

Fokus cerita ada pada seorang pemuda dari Suku Yagahl, D’Leh (Steven Strait) yang jatuh cinta pada seorang gadis bermata biru bernama Evolet (Camillia Belle). Untuk memikat hati Evolet, D’Leh pergi berburu mamut sekaligus mendapatkan tombak putih dari utara yang merupakan simbol Suku Yagahl.

Walaupun perburuan tersebut sukses dan D’Leh berhasil mendapatkan tombak putih, ia tidak mendapat pengakuan. Selain itu, Suku Yagahl justru diserang oleh Suku Naku yang menculik orang-orang dari Suku Yagahl, termasuk Evolet. 

Penyerangan Suku Naku dan penculikan Evolet, orang yang dicintai D’Leh mendorongnya untuk melakukan balas dendam dan melakukan perlawanan untuk membebaskan orang-orang Yagahl yang ditawan.

3. Apocalypto

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku 5
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Action, Drama, Thriller, Adventure
  • Produksi: Icon Production, Tehcnostone Picture
  • Sutradara: Mel Gibson
  • Pemeran: Rudy Youngblood, Raoul Trujillo, Mayra Serbulo, Dalia Hernandez

Kali ini Mel Gibson memberikan sentuhannya pada film Apocalypto (2006). Aktor serba bisa ini mengajak penonton untuk kembali ke zaman di mana manusia masih belum tersentuh teknologi.

Apocalypto mengisahkan tentang kehidupan suku yang tenang yang dipimpin oleh kepala suku Flint Sky yang mempunyai anak bernama Jaguar Paw. Suku yang telah hidup dalam selama ratusan tahun tersebut diserang oleh suku lain yang kejam dan lebih kuat dari suku ini.

Lebih parahnya lagi, setiap anggota dari suku yang dipimpin oleh Jaguar Paw dijual kepada suku penyembah dewa matahari yang menyerang tempat tinggal mereka. Suku yang dipimpin oleh Zero Wolf ini dikenal buas dan keji.

Para wanita diperkosa dan dibunuh, pria dewasa ditawan dan dipenggal kepalanya, termasuk Jaguar Paw. Namun, saat tiba giliran Paw dieksekusi, terjadilah gerhana matahari yang menjadi titik awal balas dendam Paw terhadap suku penyembah dewa matahari.

4. The Dead Lands

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku 7
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: War, Action, Adventure, Drama
  • Produksi: GFC/Fightertown
  • Sutradara: Toa Fraser
  • Pemeran: James Rollestone, Lawrence, Te Kohe Tuhaka

Film The Dead Lands mengangkat kisah tentang seorang pemuda dari suku Maori bernama Hongi yang ingin membalas dendam terhadap pembunuh yang telah membunuh ayahnya agar arwah sang ayah dapat beristirahat dengan tenang.

Dengan jumlah pengikut yang sedikit, agaknya Hongi berada pda posisi yang tidak menguntungkan. Namun, ia tak patah arang. Setelah berpikir lama dan merenungi semua siasat yang sedang disusun, Hongi akhirnya menemukan sebuah cara untuk melawan kelompok pembunuh tersebut.

Cara yang Hongi ambil memang sangat beresiko. Ia berniat memanfaatkan sebuah lahan yang sangat ditakuti oleh kawanan penduduk dari suku yang dipimpin Te Kohe Tuhaka yang menyebabkan nyawa ayahnya melayang.

Lahan tersebut disebut The Dead Lands atau lahan mati, kawasan mengerikan yang konon menjadi rumah bagi para ksatria hitam yang kejam dan buas. Keberadaan mereka tidak diketahui, namun mereka adalah ksatria yang handal dalam bertarung.

Akankah Hongi berhasil membujuk “Warrior”, para penghuni lahan mati yang sangat ditakuti oleh kelompok Te Kohe Tuhaka? Dan berhasilkah ia membalaskan dendam ayahnya?

5. Warrior of The Rainbow

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku 9
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Drama, Action, History
  • Produksi: ARS Film Production, Central Motion Pictures
  • Sutradara: Wei Te Sheng
  • Pemeran: Nolay Piho, Chih-Hsiang Ma, Masanobu Anfo, Sabu Kawahara, Vivian Hsu

Film perang antar suku selanjutnya datang dari Taiwan. Negeri ini memproduksi sebuah film yang cukup fenomenal yang diarahkan oleh sutradara Wei Te Sheng.

Sang sutradara menyoroti kisah suku Seediq Bale di pedalaman Taiwan. Suku adat ini masih memegang aturan-aturan adat warisan nenek moyang mereka dalam keseharian mereka. Bertahun-tahun suku ini hidup dalam damai berdampingan dengan suku-suku yang ada di sana.

Namun, kedamaian mereka terusik seiring dengan datangnya penjajahan Jepang atas Taiwan. Para suku-suku yang ada di pedalaman Taiwan diadu domba dan dipecah sehingga mereka tidak mempunyai kekuatan lagi untuk melawan para penjajah.

Para ksatria dari masing-masing suku berusaha mempertahankan tanah leluhurnya dari suku tetangga dan penjajah Jepang. Puncaknya adalah adalah saat para prajurit Jepang merangsek masuk ke hutan dan menyerang pemukiman mereka.

6. The 13th Warriors

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku 11
  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: History, Action, Adventure
  • Produksi: Touchstone Pictures
  • Sutradara: John Mctiernan
  • Pemeran: Antonio Banderas, Diane Venora, Omar Sharif

Sinopsis & Review Film Sejarah The 13th Warrior (1999)

Film The 13th Warriors merupakan sebuah film yang akan meninggalkan kesan mendalam bagi penontonnya. Film berdurasi 103 menit ini menyoroti kisah pahlawan berlatar belakang bangsa Arab.

Kisah berpusat pada perburuan 12 ksatria Viking dari kerajaan di Utara yang dibantu oleh seorang Arab muslim, Ahmad Ibn Fadln (Antonio Banderas) dalam perlawanan melawan Suku Barbar kuno dan kanibal yang buas dan kejam. Suku Barbar ini menghuni sebuah gua di bawah tanah yang dalam.

Suku liar yang berbahaya ini diperkirakan merupakan peradaban manusia purba terakhir Neanderthal yang ada di daratan Eropa.

Kisah dimulai saat Ahmad Ibn Fadln yang merupakan diplomat utusan Baghdad, Irak dalam perjalanan bertemu dengan Raja Saqaliba. Di tengah perjalanan ia ditangkap oleh Suku Viking. Ahmad adalah orang modern yang berbudaya dan sopan sementara Suku Viking adalah suku yang masih liar.

Mereka tidak mengenal sopan santun, berisik dan tidak mengenal tata krama. Namun, seiring waktu ia ditahan dan mengenal Bangsa Viking, ia mulai memahami sifat dan karakter mereka terutama pimpinan Suku Viking, Buliwyf dan menaruh hormat terhadapnya.

Namun, Ahmd harus bergabung dengan Suku Viking setelah mereka mendapat kabar bahwa Suku Barbar yang buas dan haus darah akan menyerang perkampungan mereka dan menghabisi setiap orang Viking yang mereka temui.

7. The Eagle

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku 13
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, History, War, Adventure
  • Produksi: Focus Features Film
  • Sutradara: Kevin McDonald
  • Pemeran: Channing Tatum, Istvan Goz, Bence Gero, Denis O’hare, Paul Ritter

Di tahun 2011, Mel Gibson kembali menelurkan sebuah karya film yang menggunakan latar waktu era kekaisaran Romawi. Jalan ceritanya dimulai saat seorang perwira pasukan Romawi dan seorang budak yang terlibat dalam sebuah petualangan yang akan membantu mengembalikan kehormatan ayah sang perwira.

Keingintahuan sang perwira terhadap peristiwa misterius yang menyebabkan nyawa ayahnya melayang tersebut membawa mereka menyusuri dataran Skotlandia. Menurut petunjuk yang ia dapatkan, dari tempat itulah ia bisa menemukan jawaban atas teka-teki kematian ayahnya.

Namun, di wilayah tersebut ia harus berhadapan dengan suku pribumi yang terkenal buas dan biadab. Perang terhadap suku buas tersebut pun pecah. Ia yang terlanjur terjebak di sana harus berusaha untuk menyelamatkan diri dan mengungkap misteri kematian sang ayah.

8. Hotel Rwanda

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku 15
  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Drama, Bipgraphy, War, History
  • Produksi: United Artist, Lions Gate Filma
  • Sutradara: Terry George
  • Pemeran: Don Cheadle, Xolani Mali, Desmond Dube, Hakeem Kae Kazim

Film menegangkan lainnya datang dari film Hotel Rwanda yang mengangkat kisah genosida yang terjadi di negara Afrika bagian timur tersebut. Peristiwa yang menelan lebih dari 1.000 orang rakyat Rwanda tersebut terjadi pada tahun 1994.

Hotel Rwanda mengambil latar tempat di Amerika, Inggris, Afrika selatan dan Itali. Kisah dalam film ini mengikuti perjalanan seorang manager hotel yang menjadi saksi peristiwa mengerikan tersebut.

Manajer hotel des Mille Collines yang bernama Paul Rusesabagina (Don Cheadle) ini harus menyaksikan peristiwa berdarah dari pertempuran suku Hutu dan Tutsi. Ia yang terlanjur terjebak di antara pertempuran tersebut harus melindungi warga dari suku Tutsi yang mengungsi di hotelnya pada saat itu.

9. Pathfinder

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku 17
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Adventure, Drama, War, Thriller
  • Produksi: 20th Century Fox
  • Sutradara: Marcus Nispel
  • Pemeran: Karl Urban, Moon Bloodgood, Russel Means, Ralf Moller

Pathfinder mengisahkan sebuah perjalanan seorang anak dari Suku Viking yang dibesarkan oleh Suku Indian. Pertempuran dua suku yang terkenal tangguh ini dilatar belakangi oleh dendam dari seorang anak yang bernama Ghost (Karl Urban).

Dikisahkan ribuan tahun yang lalu, sebuah perahu milik Suku Viking terdampat di pantai laut timur Amerika Utara. Para awak kapal banyak yang sudah menjadi mayat. Di antara mayat-mayat Viking tersebut, ada seorang anak yang masih bertahan hidup.

Anak tersebut ditemukan oleh Suku Indian yang menemukannya tergeletak di dekat pantai. Ghost kecil kemudian dibawa ke permukiman suku Indian.

Waktu berlalu dan Ghost tumbuh dengan sangat baik. Ia menjadi pemuda Indian yang jago bertarung. Meskipun masih ada suku yang tidak setuju dengan Ghost karena mempunyai darah Viking, Suku Indian tetap hidup dengan damai.

Namun, suatu hari Pathfinder (Russell Means) berkunjung ke kampung tempat Ghost tinggal. Ia melihat Ghost yang berdarah Viking dan terbersit satu firasat bahwa para Viking akan datang membawa kekacauan bagi Suku Indian.

Firasat Pathfinder benar adanya. Suatu hari Ghost pergi berburu ke hutan. Di saat itulah suku Viking menyerbu kampung dan membunuh semua suku, termasuk orang tua asuh Ghost. Itulah hal yang mendorong Ghost menghabisi Suku Viking dan membalas kekejaman mereka terhadap suku yang telah membesarkannya.

10. The Chronicles of Narnia

10 Film Terbaik yang Bercerita tentang Perang Suku 19
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Adventure, Fantasy, Family
  • Produksi: Walt Disney Picture
  • Sutradara: Andrew Adamson, Michael Apted
  • Pemeran: George Henley, Skandar Keynes, William Moseley, Anna Popplewell

Andrew Adamson dan Michael Apted adalah dua tokoh di balik kesuksesan film The Chronicles of Narnia. Film ini diangkat dari sebuah novel klasik yang dirilis tahun 1950 dengan judul yang sama.

Kisah dalam film ini mengikuti kakak adik Pevensie yang berasal dari Inggris yang dievakuasi ke sebuah desa terpencil saat terjadi peristiwa pengeboman Jerman ke Inggris pada Perang Dunia ke II.

Di tempat terpencil tersebut mereka menemukan sebuah lemari yang membawa mereka pada dunia fantasi, Narnia. Petualangan seru nan menegangkan di dunia fantasi ini pun dimulai.

Kisah selanjutnya berfokus pada Pangeran Caspian, penerus tahta kerajaan Narnia yang berseteru dengan Pangeran Miraz, raja lalim yang telah membunuh ayahnya.

Kakak adik Pevensie bertemu dengan Pangeran Caspian dan membantunya menyusun strategi untuk melawan Raja Miraz dan memenangkan pertempuran antar suku paling kuat dalam dunia fantasi Narnia.

Nah, itulah daftar 10 film perang antar suku yang bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi tontonan seru di akhir pekan. Untuk para penggemar film kolosal, film-film tersebut pasti tidak akan mengecewakan.

Pasalnya para sineas yang tergabung dalam proyek film tersebut menyajikan sebuah tontonan dengan kisah dan visual yang apik. Semoga menambah referensi tontonan kamu, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram