Bacaterus / Film Romantis / Inilah 10 Film Perancis Terbaik yang Paling Romantis

Inilah 10 Film Perancis Terbaik yang Paling Romantis

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 September 2019

Kalau mendengar kata Perancis, maka kata pertama yang terlintas adalah romantis. Anggapan ini tak salah, mengingat negara ini selalu menawarkan romantisme tersendiri di tiap kotanya. Maka tak heran, bila negara ini sering dijadikan tempat beromantis ria.

Tak perlu jauh-jauh ke Perancis untuk merasakan romantisme negara ini. Kamu bisa melakukannya lewat film-film romantis yang digarap langsung di Negeri Ayam Jantan itu. Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Jules Et Jim (1962)

Jules Et Jim (1962) (Copy)

Film Perancis romantis yang pertama adalah Jules Et Jim. Film yang disutradarai Francois Truffaut ini berkisah tentang dua sahabat bernama Jules dan Jim. Keduanya berasal dari negara yang berbeda. Jules merupakan seorang penulis yang berasal dari Austria, sedangkan Jim adalah seorang warga Perancis asli.

Meski berasal dari negara berbeda, keduanya sama-sama mencintai seni dan senang hidup bebas ala bohemian. Hidup keduanya mulai berubah setelah mereka bertemu seorang perempuan bernama Chaterine.

2. Les Engants Du Paradis (1945)

Les Engants Du Paradis (1945) (Copy)

Film bernama Inggris Children of Paradise ini merupakan salah satu film hitam-putih yang diproduksi Perancis. Film ini mengisahkan seorang pelacur bernama Garance yang dicintai oleh empat pria berbeda. Keempat pria itu ada yang berprofesi sebagai aktor, penjahat, pelaku pantomim, dan aristokrat.

Keempat pria itu berusaha mendapatkan hati Garance dengan cara mereka sendiri. Kisah Garance dan keempat pria yang mencintainya itu disajikan secara apik dalam durasi yang cukup lama yaitu 3 jam. Pada 1995, film besutan Marcel Came ini didapuk sebagai “Film Terbaik Sepanjang Masa” oleh sejumlah kritikus di Perancis.

3. Le Faboleux Destin d’Amelie Poulain/Amelie (2001)

Le Faboleux Destin d’Amelie Poulain Amelie (Copy)

Selain sebagai film romantis, film ini juga tergolong sebagai salah satu film tentang introvert. Film yang dirilis pada 2001 ini mengisahkan seorang gadis introvert bernama Amelie yang tengah mencari makna dari kebahagiaan.

Selama mencari hal tersebut, Amelie melakukan sejumlah hal-hal konyol, unik, namun memberinya cukup banyak pelajaran. Dan selama masa pencariannya itu, Amelie juga berhasil menemukan cinta pertamanya yang terasa manis sekaligus canggung.

4. Jeux d’Enfants (2003)

Jeux d’Enfants (2003) (Copy)

Film yang bernama Inggris Love Me if You Dare ini merupakan film yang mengambil latar tempat dua negara berbeda. Perancis dan Belgia adalah negara tersebut. Kisah yang disajikan film ini adalah kisah pertemanan Sophie dan Julien.

Keduanya sudah berteman sejak kecil. Saat dewasa, mereka pun saling jatuh cinta. Hanya saja, mereka tak mau mengakui perasaan tersebut, dan memilih untuk mengalihkan perhatian mereka masing-masing.

5. Les Parapluies de Cherbourg (1964)

Les Parapluies de Cherbourg (1964) (Copy)

Ini merupakan film romantis yang disajikan dalam format drama musikal. Film besutan Jacques Demy ini adalah merupakan film yang menjadi penghubung dua film Demy lainnya. Dua film tersebut adalah Lola (1961) dan The Young Girls of Rochefort (1967).

Film ini mengisahkan kisah cinta Guy dan Genevieve yang dikisahkan dalam tiga bagian. Bagian pertama mengisahkan awal pertemuan Guy dan Genevieve yang saling mencintai, namun tidak direstui ibu Genevieve.

Sementara itu, bagian kedua mengisahkan Genevieve yang terpaksa harus menikah dengan pria lain. Sebetulnya, pada bagian ini, Genevieve sudah dinyatakan hamil dari hasil hubungannya dengan Guy. Namun atas desakan ibunya, Genevieve pun terpaksa harus menikahi pria selain Guy.

Adapun bagian ketiga film ini mengisahkan pertemuan kembali Genevieve dengan Guy. Di bagian ini, Guy diceritakan sudah menikah dengan Madeline, gadis yang dulu sangat mencintai Guy. Genevieve dan Guy bertemu pada saat perayaan Natal.

6. Girl on the Bridge (1999)

Girl on the Bridge (1999) (Copy)

Seperti halnya film Les Engants Du Paradis, film ini pun juga disajikan dalam format hitam-putih. Girl on the Bridge sendiri mengisahkan tentang Adele yang hendak bunuh diri dengan cara melompat dari sebuah jembatan.

Sayangnya, perbuatan itu urung terjadi setelah Adele ditolong oleh Gabor. Sukses menyelamatkan Adele, Gabor yang merupakan seorang ahli lempar pisau itu lantas membujuk Adele. Dia membujuk gadis itu agar mau menjadi target lempar pisang yang dia lakukan.

Adele pun menerima tawaran tersebut. Semenjak itu, keduanya pun kian sering bersama, dan hubungan romantis di antara keduanya pun tercipta.

7. Amour (2012)

Amour (2012) (Copy)

Suatu hari, sepasang suami istri bernama George Laurent dan Anne Laurent menghadiri sebuah pertunjukkan yang diinisiasi murid dari Anne. Mereka pun kembali ke rumah saat acara yang mereka hadiri usai. Tapi saat sampai di rumah, Anne tiba-tiba mengalami stroke dan lantas terduduk di kursi.

Selepas insiden tersebut, kehidupan George dan Anne pun tak lagi sama seperti dulu. Walau Anne harus mengalami stroke, George tetap setia menemani dan selalu berupaya untuk menyembuhkan istrinya itu. Kisah cinta Anne dan George tersebut disajikan dengan baik lewat film Amour. Amour sendiri meurpakan film Perancis romantis yang disutradarai Michael Haneke. Seorang sutradara yang berasal dari Austria.

8. The Artist (2011)

The Artist (2011) (Copy)

Walau ditayangkan pada 2011, film ini justru disajikan dalam gaya film bisu hitam-putih khas film-film jadul. Film yang mengambil latar waktu 1927 ini mengisahkan hubungan antara George Valentin dan Peppy Miller.

George dan Peppy pertama kali bertemu saat George Valentin tengah menjalani sesi pemotretan untuk film terbarunya. Saat itu, George yang tengah berfoto tidak sengaja ditabrak oleh Peppy. Bukannya marah, George justru mengajak Peppy untuk berfoto bersama. Peristiwa itu kelak akan menjadi pintu masuk untuk hubungan kedua tokoh tersebut.

9. The Story of Adele H. (1975)

The Story of Adele H. (1975) (Copy)

The Story of Adele H. merupakan film romantis yang diadaptasi dari buku harian Adele Hugo. Film ini mengisahkan hubungan antara Adele dan letnan Pinson. Dalam film ini, Adele digambarkan sangat mencintai Pinson.

Cinta Adele kepada Pinson tergolong berlebihan. Bahkan, menjurus kepada obsesi. Rasa cinta yang berlebihan itu membuat Adele melakukan sejumlah hal yang tidak wajar. Padahal, Pinson sendiri tidak menunjukkan sama sekali ketertarikan kepada Adele.

10. Rust and Bone (2012)

Rust and Bone (2012) (Copy)

Selain film Jeux d’Enfants, ada satu film Perancis romantis lainnya yang berlatar Perancis-Belgia. Rust and Bone adalah film tersebut. Film besutan Jacques Audiard ini mengisahkan perjalanan hidup Alain van Versch, mulai dari upayanya dalam mencari kerja hingga hubungan asmara yang dia jalani.

Film romantis yang dirilis pada 2012 ini terbilang cukup berprestasi. Ini terbukti dari banyaknya penghargaan yang diraih film ini. Mulai dari penghargaan dari Cesar Award, Golden Globes, hingga penghargaan dari Magritte Awards.

Romantisme Perancis tak hanya bisa kamu nikmati lewat suasana kota-kota di negara ini. Kamu pun juga bisa menikmatinya lewat film-film romantis dari Negeri Anggur ini. Dan sepuluh di antaranya sudah kami sebutkan di atas. Semoga film-film di atas bisa memberikanmu nuansa romantis ala Perancis, ya.

Oh iya, selain rekomendasi film Perancis, kami juga pernah membahas seputar film putri kerajaan. Namun, film-film yang kami rekomendasikan bukan hanya seputar Snow White atau Cinderella saja lho. Ingin tahu? Yuk, baca rekomendasinya di artikel ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar