Bacaterus / Film Romantis / 10 Film Pendek Romantis untuk Kamu Pecinta Film Romance

10 Film Pendek Romantis untuk Kamu Pecinta Film Romance

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Film pendek romantis bisa menjadi pilihan tontonan yang tepat. Apalagi, untuk kamu penggemar film romantis yang tak suka dengan cerita yang terlalu panjang. Film pendek romantis juga bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu yang ingin nonton film romance, namun malas ke bioskop.

Pasalnya, film pendek lebih mudah diakses. Film pendek sendiri bisa kamu temukan di mana pun, entah di Youtube maupun Vimeo. Ngomong-ngomong soal film pendek romantis, kami punya beberapa rekomendasi di antaranya.

Siapa tahu, rekomendasi kami bermanfaat buatmu. Adapun rekomendasi yang kami maksud bisa kamu simak di bawah ini:

1. Post-It Love (2009)

Post-It Love (2009) (Copy)

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=TsKghhQ41FM

Film yang dirilis pada 2009 berkisah tentang seorang pria dan wanita yang berada di dalam sebuah kantor. Keduanya adalah teman sekantor yang saling menyukai satu sama lain. Sudah lama mereka memendam rasa masing-masing, tapi tak kunjung mengutarakannya lewat kata-kata.

Tak ingin selamanya memendam, mereka pun mencoba mengungkapkan perasaan masing-masing. Bukan lewat rangkaian kata, namun dengan kertas post-it yang mereka rangkai sedemikian rupa. Lantas, apakah perasaan mereka masing-masing akan dimengerti satu sama lain?

Kalau kamu penasaran, sila kunjungi saja situs Youtube. Pasalnya, film berdurasi 3 menit 2 detik tersebut kini bisa kamu simak di situs bikinan San Mateo itu.

2. All’s Fair (2013)

All’s Fair (2013) (Copy)

Kalau kamu doyan kisah patah hati, film pendek ini bisa menjadi tontonan yang tepat. Berdurasi 13 menit ini berpusat pada tokoh Roye. Seorang lelaki muda yang sedang dilanda patah hati lantaran baru putus dari gadis yang dia cintai.

Tak tahan dengan kesendirian, sang lelaki muda itu pun mulai mencari seseorang yang dapat kembali mengisi relung hatinya. Alih-alih mencari pacar baru, Roye justru menyewa seorang pelacur, dengan harapan sang pelacur dapat memberi kehangatan yang pernah dia terima dari mantan pacarnya.

3. Love Sick (2011)

Love Sick (2011) (Copy)

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=JFDAvcwDPTA

Seperti film sebelumnya, tokoh pada film ini pun juga merupakan seorang lelaki patah hati. Hanya saja, tokoh lelaki yang patah hati pada film ini betulan mencari pacar baru untuk menyembuhkan hatinya yang tengah patah.

Sang lelaki pada film ini berharap, kekasih baru yang bakal menjadi gadis impian dan cinta terakhirnya. Berhasilkah dia mendapatkan yang dia cari tersebut? Bila kamu penasaran, langsung saja meluncur ke channel Youtube Kevin Lacy (sutradara film Love Sick) untuk menonton film pendek berdurasi 4 menit 31 detik ini.

4. The Last 3 Minutes (2013)

The Last 3 Minutes (2013) (Copy)

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=O-H0CYKNRAE

Balada lelaki patah hati juga tersaji pada film dari Florence Van Thielen ini. Pada  film berdurasi 3 menit 7 detik ini, Van Thielen tak hanya berperan sebagai sutradara. Dia pun juga berperan sebagai pemeran utama.

Van Thielen memerankan sosok pria yang baru putus dari wanita yang dia cintainya. Setelah momen putus itu terjadi, sang pria mendapatkan kesempatan selama 3 menit untuk menentukan nasib percintaannya. Apakah dia akan move on, atau balikan lagi dengan mantan kekasihnya?

5. The Division of Gravity (2011)

The Division of Gravity (2011) (Copy)

Disutradari oleh Rob Chiu, film ini berkisah tentang sepasang kekasih yang diperankan Max Wrottesley dan Rebbeca Calder. Hubungan keduanya dikisahkan baik-baik saja, sebelum tekanan hidup menerpa keduanya.

Akibat sejumlah tekanan hidup yang mereka terima, hubungan mereka pun menjadi runyam. Akibatnya, mereka pun harus saling menjauh sementara waktu. Selama masa itu, masing-masing di antara keduanya mengalami peristiwa yang cukup menyedihkan.

6. Through of You (2010)

Through of You (2010) (Copy)

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=OBk3ynRbtsw

Beberapa film pendek romantis yang ada digarap dengan format animasi. Through of You adalah salah satunya. Film yang dirilis pada 2010 ini tidak menampilkan dialog antar tokoh sama sekali. Yang ada hanyalah visualisasi tokoh pria yang sedang menari.

Sang pria tersebut menari bersama dengan sesosok perempuan yang dia cintai. Tarian yang dilakukan semua tokoh di film ini secara tersirat menggambarkan momen-momen yang lazim terjadi dalam percintaan. Mulai dari momen pertemuan, kerinduan, hingga momen perpisahaan yang pahit.

7. Please Say Something (2009)

Please Say Something (2009) (Copy)

* sumber: www.davidoreilly.com

Ini adalah film pendek romantis lainnya yang dibuat dalam format animasi. Film garapan David O’Reilly memiliki latar waktu dan ide cerita yang unik. film berdurasi 10 menit ini mengambil latar waktu di masa depan.

Latar waktu tersebut membuat film ini terasa begitu futuristic. Adapun ide cerita yang dikedepankan film ini adalah hubungan antara seekor tikus jantan, serta seekor kucing betina. Keduanya dikisahkan menjalin hubungan percintaan yang kadang akur, kadang tidak.

Film yang sempat diputar di Sundance Film Festival ini rupanya adalah salah satu bagian dari NineNation. Sebuah antologi film animasi yang dirilis oleh The World According the Short.

8. Paperman (2012)

Paperman (2012) (Copy)

Film pendek garapan John Khars ini juga dibuat dalam format animasi. Format animasinya pun tak biasa. Animasi pada film ini dibuat dari perpaduan antara 2D dan 3D. Hal itu membuat film ini dianggap sebagai film animasi yang canggih dan inovatif.

Kisah yang disajikan film sendiri berfokus pada George. Seorang pegawai asal New York yang sehari-hari berkutat dengan banyak kertas. Pada suatu hari, George yang tengah menunggu kereta melihat gadis bernama Meg yang tengah mengejar kertas yang terbang.

Tanpa disadari George, kertas yang dia bawa tertiup angina dan salah satunya mendarat ke bibir Meg. Meg yang tertempel kertas itu bukannya marah, justru malah tertawa. Hal itu membuat George terheran-heran.

Rupanya, kertas yang mengenai bibir Meg tersebut telah terisi oleh cap bibir Meg. Dari situlah, kisah antara keduanya berlangsung hingga film ini usai. Format animasi yang unik dan ide cerita yang menarik membuat film ini meraih sejumlah penghargaan.

Salah satunya yang paling prestisius adalah pada ajang Piala Oscars 2013. Pada ajang penghargaan tersebut, Paperman berhasil meraih penghargaan Best Animated Short Film, mengalahkan sejumlah film animasi pendek lainnya.

9. Requiem for Romance (2012)

Requiem for Romance (2012) (Copy)

Digarap oleh sutradara Jonathan Ng, film sepanjang 8 menit ini menyajikan kisah percintaan yang rumit. Kisah pada film ini dimulai dari putusnya hubungan sepasang kekasih, setelah mereka selesai menelepon di waktu malam.

Walaupun kisah yang disajikan cukup modern, namun visual film ini terlihat begitu vintage dan kental bernuansa oriental. Visual pada film ini sendiri terilhami dari gaya 50’s Shanghai water ink dan film kung fu. Kalau kamu tertarik menonton film ini, kamu bisa menyaksikannya lewat situs Vimeo.

10. RPG OKC (2013)

RPG OKC (2013) (Copy)

Hubungan romantis tak hanya terjalin antar manusia semata. sepasang karakter game pun rupanya juga bisa terlibat hubungan percintaan. Tokoh-tokoh pada film RPG OKC adalah buktinya. Film garapan Emily Carmichael itu berkisah pada hubungan cinta antara sepasang karakter game RPG.

Sepasang karakter game tersebut mulanya saling mengenal via jejaring sosial. Dari situlah, hubungan kedua karakter pun semakin akrab dan romantis. Walaupun bergenre romantis, unsur humor ada film ini cukup kentara. Hal itu akan membuatmu semakin nyaman menonton film pendek ini.

Itulah beberapa film pendek romantis yang bisa kamu simak. Bagaimana, apakah semua rekomendasi film pendek di atas menarik bagimu? Atau, kamu justru punya rekomendasi film pendek romantis lainnya? Apa pun itu, yuk share ke kami via komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *