Wajib Ditonton! 10 Film Pendek Indonesia Yang Keren Abis

Ditulis oleh Syarip Ahmad D

Dunia perfilman di Indonesia semakin semarak dengan hadirnya film pendek karya anak bangsa. Dengan narasi yang unik dan genre yang variatif, genre film yang sempat dipopulerkan oleh komedian Charlie Chaplin ini bisa menjadi tontonan di kala suntuk.

Bacaterus merangkum 10 film pendek Indonesia populer yang wajib kalian tonton. Selain memiliki jalan cerita yang menarik, beberapa film juga pernah mendapat penghargaan di ajang nasional maupun internasional. Berikut adalah daftar filmnya:

1. The Seen and Unseen

The Seen and Unseen (Copy)

Film karya Kamila Andini ini menceritakan tentang ikatan persaudaraan kembar buncing bernama Tantra dan Tantri. Tantra yang harus menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit yang menyerang otak selalu ditemani saudarinya yang selalu ceria.

Suatu hari Tantra tidak mampu lagi berinteraksi dengan saudari kembarnya. Seluruh organ tubuh Tantra semakin melemah, dan membuatnya tergolek tak berdaya di kasur rumah sakit.

Bila siang hari Tantri murung melihat saudaranya tak berdaya, namun ketika malam tiba, sosok Tantri yang ceria seperti kembali. Ia menari, bersenandung seolah sesuatu yang tidak kasat mata menemani dirinya.

Film yang memiliki unsur budaya dan kepercayaan yang kental di Bali ini, telah berhasil menghipnotis penonton dengan sinematografi yang indah. Peran pemain yang menghidupkan jalan cerita patut disanjung, dan terbukti pula film ini mendapatkan penghargaan international Grand Prix di ajang Berlinale 2018. 

2. Prenjak

Prenjak (Copy)

Film pendek yang satu ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai film pendek terbaik di Festival Film Cannes tahun 2016. Film karya Wregas Bhanuteja ini bercerita tentang perempuan bernama Diah, yang berjuang memenuhi kebutuhan hidup anak semata wayangnya.

Dalam keresahan hidup karena ditinggalkan suami, Diah memiliki ide melalui sebatang korek api yang akan dijualnya sepuluh ribu perbatang agar pembeli bisa mengintip alat kelaminnya di bawah meja. Dialog lucu antara Diah dan Jarwo saat bertransaksi mampu memberi kesan yang dalam bagi penonton.

Film liar yang satu ini memang dibuat dengan penuh tanggung jawab serta nilai moral yang dikemas secara baik. Memiliki interpretasi yang dalam di setiap adegan, membuat film ini menjadi rekomendasi wajib sebagai daftar putar dalam tontonan kalian. 

3. Moriendo

Moriendo (Copy)

Salah satu film pendek Indonesia yang populer selanjutnya adalah Moriendo. Film ini disuguhkan dalam bentuk animasi yang memiliki alur cerita unik sekaligus menyentuh.

Film karya Andrey Pratama ini bercerita tentang seorang perempuan yang baru saja kehilangan seseorang dalam kehidupanya. Di sebuah taman ia bertemu dengan sosok malaikat yang menjelma menjadi pria tua. Kesedihan yang mendalam telah menumbuhkan harapan perempuan itu tentang kematian.

Malaikat yang memberinya pilihan untuk kematiannya itu mampu memberi pesan bagi penonton untuk sedikit merenung. Meskipun film ini hanya berdurasi 6 menit, penonton akan disuguhkan dengan visual animasi yang bagus serta alur cerita yang tak kalah baik. Moriendo adalah bukti bahwa sineas Indonesia bisa melahirkan film animasi berkelas.

4. Dara

Dara (Copy)

Film karya Mo Brothers ini telah dibuat versi layar lebarnya. Versi film pendeknya sendiri berkisah mengenai perempuan bernama Dara, pemilik restauran mewah dan terkenal. Sosoknya yang cantik dan anggun memudahkan dirinya dalam menjerat pria yang akan menjadi korban untuk dijadikan bahan baku hidangan di restaurannya.

Memiliki plot twist yang apik, film pendek bergenre thriller ini memang berhasil membuat penonton merinding. Akting Shareefa Danish yang memukau dalam film telah berhasil menunjukan sisi misterius dari karakter kejam yang diperankannya, maka tak salah bisa film pendek Indonesia yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

5. Makmum

Makmum (Copy)

Satu lagi film pendek yang berhasil dibuat ke dalam versi layar lebar, berjudul Makmum. Film pendek karya Reza Pahlevi yang mengangkat teror setan yang bertugas menganggu orang sholat ini memang bikin nyali kita sedikit menciut saat hendak beribadah. Semoga kita tidak terpengaruh setelah nonton filmnya, ya!

Film pendek ini berkisah tentang seorang mahasiswi yang harus tinggal sendiri di asrama, karena teman-temannya yang lain telah pulang ke kampung halaman masing-masing. Saat hendak mengerjakan sholat malam, ia merasa sosok lain hadir sebagai makmum. Apakah yang terjadi selanjutnya? Biar tidak penasaran, mending tonton filmnya!

 6. Grave Torture

Grave Torture (Copy)

Film pendek selanjutnya yang akan kita bahas adalah Grave Torture atau siksa kubur. Membaca judulnya saja sudah membuat kita merinding. Sutradara Joko Anwar memang selalu berhasil membuat karya yang menarik. Kepiawaian dalam membuat sebuah karya selalu berhasil menjadi tolak ukur untuk kesuksesan sebuah film.

Film pendek ini berkisah tentang seorang anak yang sangat merindukan sang ayah yang telah meninggal. Ia tidak sengaja terkubur bersama jasad sang ayah yang selama hidupnya adalah seorang pembunuh berantai.

Meskipun tanpa dialog film ini telah berhasil membuat ketegangan lewat sound effect yang mencekam. Bagi yang penasaran dengan siksa kubur versi sutradara keren yang satu ini, jangan lupa tonton filmnya!

7. Sebelah

Sebelah (Copy)

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram