bacaterus web banner retina

Inilah 10 Film Pembawa Kutukan yang Bikin Susah Tidur

Industri perfilman Hollywood memang semakin diminati oleh para penonton di seluruh dunia. Selain karena jalan cerita yang seru, visual effect yang ditampilkan pun menarik.

Tak heran bila kemudian banyak film karya Negeri Paman Sam yang dinantikan oleh para penonton. Beberapa di antaranya seperti film-film yang akan dibahas saat ini. 

Selain memiliki kisah yang menarik, film-film tersebut menyimpan cerita yang bisa membuat penonton bergidik ngeri. Beberapa diantaranya bahkan dianggap membawa kutukan menakutkan.

Apa yang membuat film-film tersebut dicap demikian? Biar tidak menunggu lama, simak ulasan yang telah Bacaterus rangkum khusus untuk kamu melalui artikel di bawah. Berikut adalah penjelasannya.

1. The Conjuring 

the conjuring_

Film yang dirilis tahun 2013 silam ini menjadi salah satu film horor yang cukup laris. The Conjuring berkisah mengenai perjalanan Ed dan Lorraine Warren, praktisi supranatural Amerika dalam mengungkap kasus misterius yang terjadi pada keluarga Perron dan kelima anaknya di Harrisville, Rhode Island. 

Film ini dianggap sebagai film terkutuk, mengingat banyak kejadian aneh yang menimpa kru maupun aktor pendukungnya saat proses syuting.

Beberapa di antaranya adalah seperti bekas cakaran di laptop Vera Farmiga, kobaran api misterius saat syuting, hingga suara anjing menggeram yang didengar langsung oleh James Wan, sutradara film tersebut. 

2. The Possession

the possession_

Film yang dianggap membawa kutukan selanjutnya adalah The Possession. Film ini bercerita tentang Putri bungsu dari Clyde (Jeffrey Dean Morgan), yang harus mengalami banyak hal aneh setelah menemukan kotak antik berisi roh jahat. Menariknya, film The Possession sendiri merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata. 

Nah, salah satu kejadian yang cukup menakutkan saat proses syuting adalah ketika beberapa properti tiba-tiba terbakar secara misterius. Selain itu, beberapa lampu yang digunakan untuk syuting pun diketahui meledak. 

Mengingat kejadiannya yang cukup aneh, para kru film pun akhirnya memutuskan untuk tidak menggunakan kotak Dybbuk asli karena dipercaya menyimpan kekuatan roh yang dapat mengganggu saat proses syuting. 

3. Annabelle 

annabelle_

Annabelle merupakan prekuel dari film The Conjuring. Film yang pertama kali dirilis pada tahun 2014 ini bercerita tentang pengalaman John dan Mia Form yang berasal dari Santa Monica. Pasangan baru menikah yang harus mengalami banyak kejadian aneh akibat sebuah boneka terkutuk yang bernama Annabelle. 

Konon saat proses syuting film Annabelle, terdapat banyak kejadian misterius yang cukup membahayakan. Mulai dari cakaran aneh di jendela, beberapa kru yang terluka saat proses syuting, hingga aktor yang tiba-tiba terbentur di tempat sama saat proses pengambilan adegan.

Banyak yang menganggap bahwa boneka palsu Annabelle yang digunakan sebagai properti syuting telah dihantui. 

4. The Omen

the omen_

The Omen adalah film remake dari film berjudul sama yang dirilis pada tahun 1976. Film ini mengisahkan tentang kehidupan keluarga Robert Thorn (Liev Schreiber) dan Katherine (Julia Stiles), yang harus kehilangan bayi mereka pascadilahirkan.

Tanpa sepengetahuan istrinya, Robert kemudian mengadopsi bayi laki-laki sebagai pengganti anaknya yang telah meninggal. 

Namun, dari situlah awal mula teror mematikan muncul. Nah, menurut John Moore selaku sutradara, saat proses pembuatan film tersebut dirinya sempat kehilangan dua rekaman film akibat kerusakan kamera saat proses syuting. 

Menurutnya kejadian itu disebabkan oleh roh jahat yang mengganggu. Hal itu diketahui berdasarkan tampilan pesan di kamera yang bertuliskan 'Error 666', yang merupakan simbol iblis. 

5. Poltergeist

poltergeist_

Film lawas yang telah dirilis pada tahun 1982 ini dipercaya juga membawa kutukan. Poltergeist menceritakan kehidupan keluarga Steven dan Diane Freeling di Cuesta Verde, California. Kehidupan mereka yang awalnya biasa, berubah mengerikan saat banyak kejadian aneh terjadi di tempat tinggalnya. 

Sama seperti cerita filmnya, beberapa kejadian aneh dan menakutkan juga diketahui telah menimpa para pemainnya.


Heather O'Rourke yang berperan sebagai Carol Anne harus meninggal akibat kesalahan diagnosa. Sementara Dominique Dunne yang berperan sebagai Dana diketahui meninggal akibat pembunuhan yang dilakukan sang kekasih.

Kejadian aneh lainnya menimpa Oliver Robins yang berperan sebagai Robbie. Ia meninggal pada tanggal yang sama persis seperti dalam poster yang terdapat dalam adegan film bertuliskan Superbowl XXII tahun 1988.

6. The Amityville Horror

the amityville horror_

The Amityville Horror adalah remake film tahun 1979 berjudul sama yang dirilis pada tahun 2005. Film ini bermula saat putra sulung dari keluarga DeFeo, yaitu Ronald mendengar bisikan misterius untuk membunuh seluruh keluarganya. 

Setahun kemudian, rumah mereka yang berada di komoleks perumahan Amityville, Long Island, New York ditempati keluarga George Lutz (Ryan Reynolds), istrinya Kathy Lutz (Melissa George), serta ketiga anaknya Billy (Jesse James), Chelsea (Chloe G. Moretz), dan Michael (Jimmy Bennett).

Pada awalnya tidak ada hal aneh terjadi. Namun, kemudian bisikan-bisikan mengerikan itu mulai kembali muncul dan menimpa George. 

Film ini dianggap dapat membawa kutukan, mengingat saat proses syuting para kru dan pemain harus dikejutkan dengan berbagai kejadian menakutkan.

Di antaranya adalah penemuan mayat seorang nelayan di lokasi syuting dan kru yang kerap terbangun pada pukul 03.15 pagi, waktu saat pembunuhan asli terjadi. 

7. Twilight Zone: The Movie 

twilight zone the movie_

Twilight Zone: The Movie merupakan sebuah film antologi horor fiksi ilmiah yang diproduksi tahun 1983 oleh beberapa sutradara terkenal seperti John Landis, Steven Spielberg, Joe Dante, dan George Miller. Respon penonton untuk film ini memang tidak terlalu baik, bahkan jauh dari ekspektasi. 

Hal ini memang tidak terlepas dari peristiwa memilukan saat proses syuting dilakukan, di mana saat itu terjadi sebuah kecelakaan helikopter yang menewaskan aktor Vic Morrow dan dua orang figuran anak-anak yang saat itu sedang melakukan pengambilan adegan. Ketiganya diketahui tewas di lokasi kejadian akibat tertimpa helikopter. 

8. The Exorcism of Emily Rose

exorcism of emily rose_

The Exorcism of Emily Rose merupakan film yang diangkat dari kisah nyata. Film ini berfokus pada kehidupan Emily Rose (Jennifer Carpenter), seorang gadis yang harus menjalani hari-hari di sisa hidupnya dengan banyak gangguan supranatural. Film tentang pengusiran iblis ini dianggap sebagai film dengan kutukan. 

Hal itu berdasarkan pengalaman pemeran utamanya, yaitu Jennifer Carpenter. Menurutnya, ia kerap kali mengalami gangguan tidur setelah menyelesaikan syuting.

Selain itu, salah satu keanehan lainnya yang terjadi adalah radio milikinya yang terkadang menyala dan mati sendiri di tengah malam, dan memutar lagu Pearl Jam, yang berisi pesan melalui lirik I’m still alive.

9. The Innkeepers

innkeepers_

The Innkeepers mengisahkan tentang dua orang karyawan hotel bernama Claire (Sara Paxton) dan Luke (Pat Healy), yang berusaha mengungkap misteri hotel berhantu di Yankee Pedlar Inn di masa lalu. Namun, saat mulai penyelidikan mereka mengalami berbagai peristiwa aneh yang tidak biasa. 

Film yang dirilis pada tahun 2012 ini juga dianggap sebagai film dengan kutukan, karena saat proses pengambilan gambar sang sutradara sempat melihat berbagai kejadian di luar nalar. Selain itu, hal aneh juga kerap dialami oleh aktor dan para kru film. Sebagian besar dari mereka konon sering mengalami mimpi buruk selama proses syuting. 

10. The Wizard of Oz 

the wizard of oz_

Film yang diadaptasi dari novel karya L. Frank Baum ini disebut juga sebagai film pembawa kutukan. The Wizard of Oz bercerita tentang petualangan seorang gadis muda bernama Dorothy Gale (Judy Garland) di sebuah negeri fantasi bernama Oz setelah terbawa oleh badai Tornado. 

Meski mengangkat cerita anak, tetapi film ini menyimpan banyak kejadian ngeri yang dialami para kru maupun para pemainnya. Mulai dari gangguan kesehatan yang dialami beberapa aktor, kecelakaan akibat syuting, hingga kru pengganti yang mengalami kecelakaan parah akibat sebuah ledakan. Hal inilah yang kemudian membuat film ini dijuluki sebagai film pembawa kutukan. 

Nah, demikianlah pembahasan tentang film yang dianggap menjadi pembawa kutukan, yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Kehadiran film-film tersebut memang sukses mencuri perhatian penonton dunia. Nah, kira-kira film manakah yang ingin kamu tonton? Tulis komentarmu di bawah, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram