Bacaterus / Film Artis Korea / Yuk, Tonton 10 Film Park So Dam, Pemeran Jessica “Parasite”

Yuk, Tonton 10 Film Park So Dam, Pemeran Jessica “Parasite”

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Semua orang yang belum pernah menonton film atau drama Korea sebelumnya pasti baru kenal Park So Dam dari film “Parasite”. Padahal, proyek film Park So Dam itu banyak banget. Gadis lulusan jurusan akting Korea National University of Arts ini memulai debutnya pada tahun 2013 lewat film independen “No More No Less”.

Namanya semakin bersinar setelah ia berperan sebagai siswi yang kerasukan iblis di film “The Priests” (2016) dan mendapatkan pengakuan dunia berkat film “Parasite” (2019). Inilah daftar film Park So Dam lainnya yang seru buat ditonton versi Bacaterus.

1. Parasite

“기생충 (baca: Gisaengchung)” atau lebih dikenal dengan judul “Parasite”, adalah film yang kental dengan komedi hitamnya. FIlm ini sangat seru dan memiliki banyak pesan moral, dipadu dengan pengambilan gambar yang ciamik, dan akting para pemerannya yang sangat baik.

Jadi, sangat pantas kalau “Parasite” menjadi film Korea Selatan pertama yang mendapatkan penghargaan Palme d’Or. Film yang disebut sebagai salah satu film Korea Selatan terbaik sepanjang masa ini meraih penghasilan kotor lebih dari US$ 160 juta di seluruh dunia.

Lalu, “Parasite” ini menceritakan tentang apa, sih? Bukan mikroorganisme parasit, tapi lebih kepada sifat parasit yang ada pada manusia. Hal ini diperlihatkan dari sudut pandang kelas sosial yang berbeda, yaitu keluarga Park yang kaya raya dan keluarga Kim yang miskin. Park So Dam berperansebagai Kim Ki Jeong, si bungsu di keluarga serba kekurangan tersebut.

Mungkin karena keterbatasan ekonomi lah, Ki Jeong dan semua anggota kelaurga lainnya sepintar-pintarnya melakukan apa saja demi menghasilkan uang, seperti menipu keluarga Park yang merupkan sasaran empuk.

Semua keluarga Kim menyusup sebagai orang asing (berpura-pura tidak saling mengenal) dan bekerja sebagai asisten rumah tangga, supir, serta guru kesenian dan guru les buat anak-anak keluarga Park.

2. The Priests

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Misteri, Supernatural, Drama, Kejahatan
  • Produksi: Zip Cinema
  • Sutradara: Jang Jae Hyun
  • Pemeran: Kim Yoon Seok, Gang Dong Won, Park So Dam, Kim Eui Sung, Son Jong Hak, Lee Ho Jae

Jika biasanya film adaptasi diangkat dari novel atau komik, film “The Priests” ini berdasarkan film pendek pemenang penghargaan berjudul “12th Assistant Deacon”.

Film thriller misteri supernatural ini menceritakan seorang gadis muda bernama Young Shin (Park So Dam) dari paroki (musafir/pengembara) Pastor Kim yang mengalami koma setelah kecelakaan tabrak lari. Akan tetapi, Pastor Kim mengetahui kalau gadis itu dirasuki roh jahat.

Pastor Kim dan juga seorang seminaris muda pemberontak bernama Cho mencoba mengusir iblis yang menempel pada gadis itu. Apalagi setelah mendengar dari anggota rosikrusianisme memberi tahu Pastor Kim bahwa dua imam mereka dibunuh oleh iblis ini. Eksorsisme berlangsung, akan tetapi sang iblis semakin kuat saja, seperti menimbulkan ruam pada pastor-pastor yang menangani kasus ini.

Ketika mereka mencoba membebaskan gadis itu dari cengkeraman kuat sang iblis, mereka menyadari kalau iblis yang mereka hadapi ini iblis kuno bernama Malphas yang mana jauh lebih berbahaya daripada iblis biasa.

Mereka berhasil memindahkan sang iblis ke seekor anak babi. Tetapi polisi tetap mencoba menangkap mereka karena Young Shin dikira meninggal dunia akibat tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan.

Lewat aktingnya sebagai Young Shin, Park So Dam mendapatkan penghargaan Best New Actress dari 16th Women in Film Korea Awards, 7th KOFRA Film Awards, 11th Max Movie Awards, 52nd Baeksang Arts Awards, dan 21st Chunsa Film Art Awards. Memang, akting So Dam di sini keren dan totalitas banget. Ia juga tak ragu untuk memangkas habis rambutnya demi film ini.

3. The Silenced

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Drama, Misteri, Horor
  • Produksi: The Secret Garden, Generation Blue Films
  • Sutradara: Lee Hae Young
  • Pemeran: Park Bo Young, Uhm Ji Won, Park So Dam, Kong Ye Ji, Joo Bo Bi, Shim Hee Seop, Park Seong Yeon, Ko Won Hee

Film ini memiliki judul “Gyeongseong School: The Lost Girls”, tapi lebih sering disebut secara singkat saja yaitu “The Silenced”. Film yang dirilis pada tahun 2015 ini ber-genre misteri dan thriller. Berlatar di Gyeongseong pada tahun 1938 selama pendudukan Jepang, film ini berpusat pada Ju Ran alias Shizuko (diperankan oleh Park Bo Young).

Shizuko adalah seorang gadis muda yang sakit-sakitan. Sehingga, ia pun dipindahkan ke sanatorium (sekolah asrama putri) untuk memulihkan kesehatannya. Syukurlah, kondisi fisiknya berhasil membaik berkat program perawatan khusus kepala sekolah di sana dan juga dukungan dari teman barunya, Yeon Deok (dimainkan oleh Park So Dam).

Tapi, Shizuko segera menyadari bahwa murid-murid di sekolah tersebut menghilang satu per satu dan tubuhnya sendiri sedang mengalami perubahan abnormal yang tidak bisa dijelaskan! Bertekad untuk mengungkap kebenaran, Shizuko mulai menyelidiki kejadian misterius di sekolahnya, dan apakah pihak sekolah merupakan dalang dari keanehan tersebut atau tidak.

4. Fukuoka

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama
  • Produksi: Lu Film
  • Sutradara: Zhang Lü
  • Pemeran: Kwon Hae Hyo, Yoon Je Moon, Park So Dam, Yamamoto Yuki

FIlm yang memiliki Park So Dam sebagai pemeran utama wanita ini berjudul “Fukuoka”. Seperti judulnya, film ini berlatar di negeri sakura, Jepang. Padahal film ini ditulis dan disutradarai oleh pembuat film Korea-Cina, Zhang Lü, dan hampir semua pemainnya pun orang Korea Selatan.

Plot film ini berkutat di kehidupan Je Moon dan Hae Hyo. Mereka adalah teman baik di kampus. Akan tetapi,persahabatan mereka terganggu akibat mereka jatuh cinta pada gadis yang sama, Soon Yi.

Latar waktu maju ke 28 tahun kemudian, di mana Je Moon yang telah berusia paruh baya. Suatu ketika, ingatan masa kuliah mulai sering mengganggunya. Dan, tiba-tiba muncul gadis aneh bernama So Dam (Park So Dam) yang memintanya mencari Hae Hyo yang tinggal di Jepang.

5. Ode to the Goose

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Drama
  • Produksi: Lu Film
  • Sutradara: Zhang Lü
  • Pemeran: Park Hae Il, Moon So Ri, Jung Jin Young, Park So Dam

Masih film yang ditulis, diarahkan, dan diproduksi oleh Zhang Lü seperti film “Fukuoka” di atas, “Ode to the Goose” memiliki genre yang serupa yaitu drama. Yoon Young (diperankan oleh Park Hae Il) adalah seorang penyair, dulunya.

Masa lalunya cukup menyedihkan, karena gadis yang pernah ia sukai, Song Hyun (Moon So Ri), menikah dengan temannya sendiri. Akan tetapi, beberapa tahun kemudian, Song Hyun dan temannya itu bercerai. Yoon Young diam-diam merasa bahagia akan itu.

Yoon Young bertemu dengan SOng Hyun untuk minum-minum. Saat mabuk, mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Gunsan bersama-sama. Di sana, mereka menginap di sebuah wisma. Sementara Song Hyun merasa tertarik pada pemilik wisma (Jung Jin Young), putri pemilik wisma yaitu Joo Eun (Park So Dam) malah menunjukkan ketertarikan pada Yoon Young!

6. Underdog

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Animasi, Film anak-anak
  • Produksi: Odoltogi
  • Sutradara: Oh Sung Yoon, Lee Chun Baek
  • Pengisi Suara: Do Kyung Soo, Park So Dam, Park Chul Min, Lee Jun Hyuk, Jeon Sook Kyung, Yeon Ji Won, Kang Seok

Bukan cuma film biasa, Park So Dam juga ternyata pernah mengisi suara film kartun berjudul “Underdog”. Kartun ini mengisahkan anjing yang terlantar. Dari semua anjing liar yang telah ditinggalkan oleh manusia, mereka melakukan perjalanan dan menemukan tempat yang human-free.

Tapi, selain menemukan tempat baru, mereka juga menyadari identitas baru mereka dan arti kebebasan. Pengisi suara utama dalam film ini diantaranya adalah Do Kyung Soo, Park So Dam, dan Park Chul Min.

7. The Vampire Lives Next Door To Us

* sumber: www.koreanfilm.or.kr

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Romance, Drama, Supernatural
  • Produksi: –
  • Sutradara: Im Sang Soo
  • Pemeran: Ji Sung, Park So Dam, Kim Eung Soo, Jung Won Joong

Apa yang terbayang ketika mendengarkan kata vampir? Seram, mengerikan, pembunuh? “The Vampire Lives Next Door To Us” menceritakan takdir aneh yang terjalin antara gadis yang telah mati dan seorang vampir. Plotnya mengacu pada bencana kapal feri Sewol.

Jadi, sang gadis tenggelam di laut dan tubuhnya dibawa ke kamar mayat, tanpa diketahui kalau itu merupakan tempat tinggal vampir. Ini adalah film pendek yang hanya berdurasi 20 menit saja. Akting para pemerannya bagus-bagus, padahal, sayang filmnya hanya sebentar. Akting Ji Sung di film ini akan mengingatkan kamu pada akting gaya Johnny Depp!

8. Snow Paths

* sumber: mydramalist.com

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Romance, Drama
  • Produksi: –
  • Sutradara: Kim Hee Jung
  • Pemeran: Kim Tae Hoon, Park So Dam, Choi Moo Sung, Kim Myung Hwan, Nam Ki Ae, Kim Sung Shim, Jeon Guk Hyang

Jeong Woo adalah seorang pria yang mengalami kecanduan alkohol. Karenanya, ia dikirim ke sanatorium terisolasi yang jauh di pegunungan. Di sana, ia bertemu dengan seorang biarawati muda bernama Maria yang bisa melihat isi hati seseorang.

Maria juga sekaligus satu-satunya orang yang sungguh-sungguh merawatnya. Tak perlu waktu lama, Jeong Woo pun jatuh hati pada Maria. “Snow Paths” menceritakan pencarian jati diri dan juga cinta antara alkoholik dan seorang nun (biarawati).

9. Special Cargo

* sumber: www.hancinema.net

  • Tahun rilis: –
  • Genre: Action, Crime
  • Produksi: –
  • Sutradara: Park Dae Min
  • Pemeran: Park So Dam, Song Sae Byuk, Jung Hyun Joon, Kim Eui Sung, Yeon Woo Jin, Oh Ryoong

Dengan judul asli “특송 (baca: Teuk song)”, film ini masih TBA alias to be announced. Mengajak Park So Dam, Song Sae Byuk, dan Jung Hyun Joon sebagai bintang utamanya.

“Special Cargo” adalah film aksi kriminal tentang kejadian tak terduga yang terungkap ketika Eun Ha (Park So Dam), seorang pengemudi dengan tingkat keberhasilan 100% dalam mengantarkan sesuatu yang bernilai uang, menaikkan seorang anak ke dalam mobilnya!

10. Ghost

* sumber: mydramalist.com

  • Tahun rilis: –
  • Genre: Action
  • Produksi: –
  • Sutradara: –
  • Pemeran: Sol Kyung Gu, Lee Ha Nui, Park So Dam

Satu lagi film Park So Dam yang coming soon, judulnya dikabarkan bernama “Ghost”. Walaupun arti harfiahnya hantu, ini film aksi spy gitu (katanya). Latar waktu dan tempatnya adalah di Jepang saat masa kolonial. Wah, nggak sabar banget ingin nonton Park So Dam main di film laga!

Park So Dam lebih banyak bermain di film. Selain Parasite, ada banyak film yang sudah diperankan oleh So Dam dengan hasil akting yang berkualitas. Pernah nonton salah satu film di atas?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *